AdaHobi – Sereal gandum memang menyehatkan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan bagus untuk jantung. Kardus bekas kemasannya pun berguna untuk dijadikan barang kerajinan. Anda bisa membuat pigura dari kardus bekas sereal. Artikel ini akan menjelaskan beberapa langkah membuat pigura dari kardus tak terpakai.

Cara‌ ‌Buat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌

Yang perlu Anda dilakukan sekarang adalah meluangkan waktu sejenak untuk membuat pigura dari bahan bekas. Akan menjadi kebanggaan jika Anda berhasil memasang foto di pigura unik buatan sendiri. Jadi tak usah berlama-lama lagi. Yuk, simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Mengumpulkan Alat dan Bahan

Membuat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Jika Anda dan keluarga bisa mengonsumsi sereal, jangan terburu-buru membuang kardusnya. Terutama jika Anda terbiasa membeli sereal dalam kemasan besar. Kotak sereal dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pigura, untuk memajang foto keluarga atau karya seni Anda.

Sisihkan kotak sereal yang berukuran cukup besar. Temukan juga beberapa kardus yang cukup tebal dan kaku dari bekas kemasan lainnya. Nantinya kardus tersebut juga akan digunakan untuk membuat pigura dari bahan bekas. Setelah itu, kumpulkan lagi perkakas kerajinan Anda.

Anda akan membutuhkan alat potong, seperti gunting atau pisau cutter. Juga penggaris dan pensil atau alat tulis lain untuk menandai ukuran potong. Jangan lupa membeli lem berkualitas baik secukupnya. Semakin baik kualitas lem, masa pakai pigura Anda juga akan semakin lama.

Setelah potongan bingkai berhasil dibuat, nantinya Anda harus membuat tampilannya sedemikian artistik. Untuk itu Anda akan memerlukan peralatan menghias, misalnya menggunakan pensil warna, kuas dan cat, kertas motif, kain perca, atau bahan lainnya.

Pilih salah satu atau beberapa bahan dekoratif favorit Anda. Pastikan Anda telah merencanakan penggunaannya semaksimal mungkin. Dan setelah semuanya siap, Anda bisa memulai langkah selanjutnya untuk membuat pigura dari barang bekas.

Langkah 2: Potong Kardus Sesuai Ukuran

Membuat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Pertama-tama Anda harus mengetahui berapa ukuran foto atau gambar yang ingin dipajang lalu menyesuaikannya dengan dimensi bingkai. Sedikit tips, lebar pigura biasanya 1 inci atau sekitar 2,5 cm. Untuk foto berukuran 4R (10 x 15 cm), maka bingkainya adalah 12,5 x 17,5 cm.

Namun ukuran tersebut tidaklah baku. Tentu saja Anda dipersilakan untuk menentukan ukuran potongan sendiri, sesuai dengan besarnya foto. Pastikan juga dimensi kardus bekas kemasan sereal tadi dapat memenuhi ukuran tersebut.

Ambil gunting atau alat pemotong lainnya, serta pensil dan penggaris. Potong kardus bekas menjadi dua bagian, di mana masing-masing memiliki dimensi yang cukup untuk ukuran bingkai Anda.

Gunakan pensil dan penggaris untuk menandai ukuran potong pada sisi kardus yang polos. Kemudian potong kardus kemasan sesuai ukuran tadi sebanyak dua lembar. Jika ukuran Anda sama persis dengan tips di atas, berarti bingkai yang didapatkan akan memiliki lebar 2,5 cm.

Untuk hasil potongan lebih lurus, Anda bisa menggunakan alat pemotong khusus kertas. Namun Anda masih bisa menggunakan gunting atau pisau cutter biasa, sepanjang bisa dipastikan bahwa hasil potongan tetap terjaga kelurusannya.

Langkah 3:  Lubangi Bagian Tengah Potongan Kardus

‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌
https://instructables.com/

Pada tahap ini Anda hanya akan memerlukan selembar potongan kertas saja. Sementara itu sisihkan potongan kardus satunya, karena nanti masih akan dipakai lagi untuk menjadi alas bingkai foto.

Ambil salah satu potongan kertas. Lembaran inilah yang digunakan untuk bingkai foto. Selanjutnya ambil juga foto yang ingin dipasang, tempelkan persis di bagian tengah lembaran tadi. Maksudnya, untuk mendapatkan ukuran lubang yang pas sesuai dimensi foto.

Raih pensil untuk menandai setiap sudut foto pada permukaan kertas dengan titik-titik. Lalu gunakan penggaris dan hubungkan masing-masing titik tersebut. Berikan tambahan dua atau tiga millimeter di bagian dalam garis penanda, tandai juga kelilingnya.

Pada contoh ini foto yang digunakan berukuran 10 x 15 cm, maka ukuran lubang yang pas adalah 9,7 x 14,7 cm. Pakailah pisau cutter yang tajam untuk memudahkan pemotongan. Gunakan juga penggaris agar hasil potongan lurus dan halus.

Jika lembaran kertas sereal tadi berhasil dilubangi, cobalah menempelkan foto pada salah satu sisinya. Anda akan menemukan bahwa beberapa milimeter di bagian tepi foto akan tertutupi oleh bingkai. Ini bukan masalah, karena tidak akan mengurangi tampilan foto.

Langkah 4: Bingkai Tambahan di Bagian Dalam

‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌
https://instructables.com/

Bila perlu Anda bisa menggunakan sepotong kertas yang cukup tebal. Seperti bekas kotak makanan berwarna putih bersih untuk mengisi bagian dalam frame. Potongan ini disebut inner liner atau lis. Pilihan warna dasar putih ditujukan agar tampilan foto tampak lebih menonjol.

Ambil kardusnya dan tentukan ukuran potong secara tepat. Anda bisa membuatnya sama persis dengan dimensi bingkai. Hanya saja pada bagian tengahnya, pastikan Anda memberi lebihan dua atau tiga millimeter.

Inner  liner dipasang di antara foto dan bingkai. Rapatkan inner dan bingkai hingga benar-benar pas, lalu lekatkan keduanya dengan memberi sedikit lem di setiap sudutnya. Setelah basah oleh lem, tekanlah hingga mengering dan melekat dengan baik.

Langkah 5: Menerapkan Hiasan

Membuat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghias bingkai polos Anda. Anda bisa menggunakan cat akrilik, potongan kertas kado bermotif cantik, kain perca, atau jenis hiasan lain sesuai selera. Sebaiknya Anda harus memastikan coraknya masih senada dengan foto yang ditampilkan.

Cara paling mudah adalah dengan membubuhkan cat pada permukaan bingkai, baik monokrom maupun multitone. Jika Anda terbiasa menggunakan cat air, hindari mencampurkan air secara berlebihan. Sebaliknya, Anda dianjurkan menggunakan cat murni tanpa campuran air.

Pastikan seluruh permukaan telah tertutup dengan cat secara merata. Untuk memberi efek berbeda, Anda bisa mengaplikasikan teknik cipratan dengan warna lain, pada permukaan bingkai yang telah dicat. Setelah puas dengan tampilannya, diamkan pigura hingga mengering.

Langkah 6: Pasang Foto di Posisi Seharusnya

Membuat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Ada beberapa alternatif cara untuk menempatkan foto di balik bingkai dan lis putih tadi. Bisa dengan menggunakan isolasi atau lem. Setiap item tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Isolasi adalah pilihan tepat jika Anda ingin sering-sering mengganti foto dalam pigura dan tak ingin merusaknya. Namun mungkin Anda harus memeriksa foto di bingkai secara berkala. Pasalnya isolasi tidak dapat lengket dalam waktu lama.

Jika Anda memutuskan untuk memakai lem, perlu diingat bahwa penggunaan lem berisiko merusak permukaan foto sekaligus inner bingkai. Anda juga harus rela memajang foto yang itu-itu saja untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Penggunaan lem tetap disarankan dengan memperhatikan intensitas volumenya. Pastikan Anda memakai lem berkualitas tinggi, sehingga hanya membutuhkan satu dua tetes saja untuk melekatkan foto dan bingkai selama-lamanya.

Langkah 7: Perkuat Bagian Belakang Bingkai

‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Pigura dari kardus bekas masih belum sempurna. Meski foto telah menempel pada bingkai, bukan berarti Anda bisa langsung memajangnya di dinding atau meja di rumah. Masih ada lagi yang perlu dilakukan agar pigura unik buatan sendiri ini dapat bertahan lebih lama.

Demi memperkokoh bingkai tersebut, Anda membutuhkan beberapa lembar kardus lagi. Kali ini yang lebih tebal, misalnya kardus bekas kemasan perangkat elektronik. Ini dipakai untuk mendukung kekuatan sekaligus melapisi bagian belakang bingkai.

Pada langkah pertama tadi, Anda memotong kardus bekas sereal sebanyak dua lembar. Karena hanya satu saja yang sudah digunakan, berarti masih ada sisa potongan selembar lagi. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi dasar atau alas foto.

Potonglah lembaran kardus tebal menurut ukuran pigura yang telah Anda buat tadi. Potong juga bagian tengahnya sesuai dengan ukuran lubang pada lis atau inner liner. Kemudian tempel dan lekatkan kardus tebal dan alas bingkai pada pigura dengan lem tipis di beberapa sudut.

Langkah 8: Menyempurnakan Pigura dari Kardus

Membuat‌ ‌Pigura‌ ‌dari‌ ‌Kardus‌ ‌Bekas‌
https://instructables.com/

Pada tahap akhir ini Anda perlu menentukan terlebih dulu lokasi pemasangan pigura. Pilihannya ada dua, yakni menempel dinding atau diletakkan di atas meja, rak, kabinet dan lain sebagainya. Tapi bukan tidak mungkin Anda memilih yang lebih fleksibel dengan menerapkan keduanya.

Jika berencana memajang foto di atas meja, Anda hanya akan membutuhkan selembar karton lagi. Untuk hasil lebih baik, sebaiknya gunakan kertas karton yang kuat dan cukup tebal, karena ini akan digunakan sebagai sandaran bingkai foto Anda.

Selanjutnya bayangkan bentuk dasi standar, lalu gambarlah pada permukaan kertas karton. Pastikan ukurannya sepadan dengan setengah dari panjang diagonal pigura Anda tadi, kemudian tambahkan sekitar 2 cm lagi di ujung yang berbentuk persegi.

Tambahan sepanjang dua sentimeter tadi dipakai sebagai media tempel pada bagian tengah di sisi belakang bingkai. Berikan lipatan pada bagian ini, sehingga ujung lain dari sandaran mendapatkan jarak cukup lebar dari sisi belakang bingkai.

Jika karton yang digunakan cukup tebal, pakailah cutter untuk memberikan sedikit potongan tepat di garis lipatan. Pastikan menggoreskan cutter secara lurus dan perlahan agar tidak sampai memotong lipatan. Kalau sudah, oleskan lem dan lekatkan pada bingkai.

Setelah lem kering, pigura dari kardus bekas kemasan sereal Anda siap dipasang. Anda bisa meletakkannya di atas meja kerja, kabinet dapur, rak koleksi, atau lokasi lain yang mudah terlihat. Jika ingin menggantungnya di dinding, gunakan benang nilon atau tali cantik lainnya.

Pigura Unik Buatan Sendiri

Kini Anda telah memiliki pigura unik buatan sendiri. Untuk projek selanjutnya, kerajinan apa lagi yang ingin Anda buat? Selain pigura dari kardus, Anda juga bisa membuat berbagai benda lain, misalnya hiasan gantung, alas gelas, mainan anak, bahkan miniatur lansekap.

Semua akan tergantung ketekunan dan kreativitas Anda. Perkara ide, Anda bisa dengan mudah menemukannya di laman-laman kreatif, Pinterest misalnya. Atau situs-situs bertema craft dan DIY lain yang banyak bertebaran di internet.

Tahukah Anda?

Sedikit tambahan informasi, tahukah Anda bahwa pengertian pigura yang banyak dipahami oleh masyarakat selama ini ternyata salah? Salah di sini berarti tidak sama dengan definisi pigura yang tercantum di laman KBBI daring.

Dalam versi daring, KBBI mengartikan pigura sebagai gambar atau lukisan yang berbingkai. Sementara arti pigura yang kita pahami selama ini bukanlah gambar atau lukisan, melainkan bingkai itu sendiri.

Sayangnya orang terlanjur mengasumsikan pengertian pigura bukan berdasarkan rumusan KBBI. Hal ini telah menyebar luas dalam waktu yang begitu lama. Baik lewat lisan maupun tulisan, masyarakat masih menyamakan pigura dengan bingkai, yang salah menurut KBBI.

Namun terlepas dari perbedaan tersebut, KBBI sendiri merupakan pedoman kosakata dalam Bahasa Indonesia resmi, yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di bawah Kemdikbud. Versi cetaknya telah sampai pada edisi kelima, diterbitkan pada tahun 2016.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik