10+ Bentuk Latihan Daya Tahan Tubuh dan Kekuatan Otot

Adahobi, Bentuk Latihan Daya Tahan – Apakah kalian sudah paham bahwa untuk melakukan berbagai macam aktivitas dengan waktu yang lama, maka tubuh dituntut untuk mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Hal tersebutlah yang mendorong bahwa manusia hendaknya melakukan berbagai macam bentuk latihan daya tahan secara rutin, lalu apa saja latihan yang bisa dilakukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Bentuk Latihan Daya Tahan Tubuh

Endurance merupakan sebutan lain untuk daya tahan tubuh, dimana tubuh manusia hendaknya mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

Hal tersebut dikarenakan agar tubuh tidak mengalami kardiovaskuler atau kondisi tubuh yang mengalami penyempitan pada pembuluh darah dan bisa memicu terjadinya serangan jantung atau penyakit yang lainya.

Hal ini jugalah yang mengharuskan manusia untuk selalu meningkatkan stamina dengan cara menjaga pola makan yang seimbang dan juga berbagai macam latihan yang berhubungan dengan daya tahan.

Karena apabila daya tahan tubuh tersebut bisa terjaga, maka sudah dipastikan bahwa kesehatan jantung dan paru-paru bisa dalam kondisi yang lebih sehat.

Lalu apa saja bentuk latihan daya tahan yang bisa diterapkan? Langsung saja yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Berenang

latihan daya tahan dengan berenang
kompas.com

Apakah kalian suka berenang? Jika iya, maka anda sudah melakukan salah satu bentuk latihan untuk menjaga daya tahan tubuh loh.

Ya, ternyata memang berenang bisa membantu kita untuk menyeimbangkan dan juga bisa menjaga ketahanan tubuh di dalam air.

Maka dari itu lah, tidak diragukan bahwa semakin sering kalian melakukan olahraga renang, maka semakin kuat pula kalian bisa bertahan di air dalam waktu yang cukup lama.

Bukan hanya itu saja, dengan berenang maka kalian juga dapat meningkatkan kekuatan bahu, pinggul hingga leher.

Tapi, tentunya hal yang harus kalian ingat adalah bahwa sebelum berenang, hendaknya kalian selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kram atau cedera pada saat kalian berada di air, k tetap keselamatan menjadi hal paling pertama yang harus selalu dijaga.

2. Bersepeda

latihan daya tahan dengan bersepeda
medkomtek.com

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang sudah ada cukup lama, tetapi meskipun demikian, olahraga ini masih banyak diminati loh.

Dengan bersepeda maka kalian sudah menjaga kesehatan fisik, menghilangkan stress atau menjaga psikis dan juga bisa melatih kekuatan otot kaki loh.

Jadi banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga bersepeda, maka dari itu jangan pernah remehkan olahraga bersepeda ya!

3. Jogging

latihan jogging
guim.co.uk

Bentuk latihan daya tahan tubuh yang lainya adalah jogging, dimana dengan jogging maka kalian bisa melatih kekuatan otot kaki dan juga bisa menjaga sistem pernafasan loh.

Bagi kalian yang merupakan seorang pemula, kalian bisa melakukan latihan ini paling minimal 10 menit saja.

Tetapi, untuk seorang atlet atau seseorang yang sudah professional, biasanya mereka bisa melakukan jogging dengan waktu yang lebih lama.

Jogging ini termasuk kedalam salah satu olahraga yang cukup memungkinkan untuk dilakukan.

4. Aerobik

latihan dengan aerobik
pinterest.com

Aerobik merupakan salah satu olahraga yang paling identik dilakukan oleh perempuan.

Dimana latihan ini biasanya dilakukan dengan cara menggabungkan gerakan senam dengan beberapa gerakan tarian loh, jadi tidak heran bukan apabila olahraga ini identik dengan perempuan.

Pada saat ini banyak sekali peminat untuk melakukan bentuk latihan ini, biasanya mereka akan mendaftar kelas senam yang memang sudah lengkap dengan instrukturnya hingga latihan secara individu dengan melihat tutorial video.

5. Yoga atau Pilates

latihan yoga dan pilates
everydayhealth.com

Yoga merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan yang bisa membantu untuk mempertahankan keseimbangan dan juga memperkuat imun.

Untuk gerakannya sendiri, biasanya para peserta yoga dituntut untuk mempunyai kekuatan fisik dan juga kelenturan yang baik, biasanya olahraga ini dilakukan diatas matras.

6. Skipping atau Jumping

latihan daya tahan dengan skipping
idntimes.com

Skipping atau Jumping merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan tubuh yang sederhana, sehingga kalian bisa melakukan latihan ini di rumah masing-masing.

Biasanya latihan ini membutuhkan alat bantu seperti tali yang berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh dan juga membantu sistem pernafasan.

Tapi, bagi kalian yang memang belum mempunyai peralatan untuk melakukan skipping, maka anda tidak perlu khawatir.

Hal tersebut dikarenakan kalian bisa melakukan secara manual, yakni dengan cara melompat sesuai irama dalam beberapa waktu, tunggu apalagi, yuk dicoba.

7. Angkat Beban

latihan angkat beban
cloudfront.net

Angkat beban merupakan bentuk latihan daya tahan yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu loh.

Bukan hanya itu saja, dengan melakukan olahraga angkat beban maka kalian juga secara otomatis akan menambah stamina dan tentunya juga daya tahan tubuh.

Semakin sering kalian melakukan olahraga angkat beban, maka otot anda akan bertambah kuat atau terbentuk dan juga anda tidak akan merasa lelah pada saat melakukan aktivitas berat sekalipun.

Banyak sekali yang berpikiran bahwa olahraga angkat beban hanya dilakukan oleh seorang atlet atau pegulat, padahal semua orang bisa melakukan olahraga ini begitu pula dengan perempuan.

8. Stretching Break

latihan streching
uniphore.com

Stretching Break merupakan bentuk latihan daya tahan yang berupa peregangan, dimana latihan ini bisa dilakukan pada saat waktu yang senggang.

Latihan stretching break ini sangat membantu anda untuk melemaskan otot yang sedang tegang atau lelah akibat pekerjaan dan juga bisa digunakan untuk memperbaiki mood yang buruk loh.

Sesuai dengan manfaatnya, bahwa latihan ini bisa dilakukan dengan waktu yang cukup singkat, yakni bisa dilakukan selama dua jam sekali dengan durasi waktu 10 hingga 15 detik.

Adapun gerakan yang dilakukan adalah gerakan peregangan seperti biasanya, tidak susah bukan?

9. Berjalan

jalan sehat
medkomtek.com

Apakah kalian sudah tahu, ternyata berjalan juga termasuk kedalam jenis bentuk latihan daya tahan loh, hanya dengan berjalan seperti biasanya tetapi ternyata malah memberikan cukup banyak manfaat.

Maka dari itulah sangat dianjurkan untuk selalu berjalan kaki secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Lalu apa saja sih manfaat dari berjalan kaki ini? Jadi, dengan berjalan kaki kalian bisa menambah stamina, membuat sistem peredaran darah menjadi lancar dan juga bisa membantu mengurangi stress yang diakibatkan oleh sekola, bekerja atau yang lainnya. Wah banyak bukan manfaatnya? 

Tetap, ada hal yang perlu diingat, bahwa apabila kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka disarankan untuk menambah kecepatan berjalan tapi jangan berlari ya, bukan hanya itu saja, anda juga disarankan untuk menambah jarak cukup jauh jika dibandingkan sebelumnya.

10. Circuit Training

latihan dengan Circuit Training
sehatq.com

Circuit training merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan aerobic.

Tetapi, perbedaanya terletak pada temponya, yakni circuit training ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan senam aerobic.

Dengan melakukan latihan circuit training, maka kalian bisa mendapatkan stamina yang lebih cepat, tetapi tentunya dengan catatan selalu melakukan latihan dengan rutin ya, jadi tunggu apalagi, yuk segera melakukan bentuk latihan daya tahan tubuh.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 10 macam-macam bentuk latihan daya tahan, dimana seperti pada penjelasan-penjelasan diatas.

Bahwa dengan selalu berlatih berbagai macam latihan daya tahan, maka kondisi jantung dan juga paru-paru akan semakin sehat, bukan hanya itu saja, kalian juga bisa mendapat beberapa manfaat yang lainnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tentunya semoga pembahasan yang disajikan bisa dipahami dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like