5+ Cara Bikin Anyaman Mudah dan Sederhana

Adahobi, Cara Bikin Anyaman – Anyaman merupakan salah satu jenis kerajinan seni kriya tradisional asli yang berasal dari Indonesia.

Teknik menganyam sendiri sudah dipraktikkan sejak zaman dahulu, kala masih banyaknya suku-suku pedalaman yang bermukim di penjuru Nusantara.

Dan seiring perkembangan zaman, anyaman mulai banyak dijadikan benda hias, aksesoris, atau barang kebutuhan lainnya, seperti tas, tikar, vas bunga, dan lain sebagainya.

Pemanfaatan anyaman menjadi berbagai macam benda bernilai seni tinggi ini bisa menjadi potensi yang besar bagi ekonomi Indonesia jika didukung dengan SDM dan SDA yang kuat.

Untuk itu, pelajaran seni kerajinan tangan anyaman jangan sampai dilupakan dan diabaikan begitu saja di era modern ini.

Penting untuk generasi muda memiliki keterampilan menganyam guna melestarikan kesenian lokal.

Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa contoh anyaman dari berbagai bahan yang mudah ditemukan di sekitar.

1. Cara Bikin Anyaman dari Kertas Karton

cara bikin anyaman dari kertas karton
masfikr.com

Membuat anyaman dari kertas karton adalah salah satu teknik anyaman dasar yang cukup mudah.

Kerajinan tangan ini bahkan kerap dipraktikkan di masa Sekolah Dasar.

Sebelum membuatnya, siapkan bahan dan alat, seperti dua lembar kertas karton beda warna, gunting, lem kertas, pensil, penggaris, dan cutter/gunting. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah pola dengan menggunakan pensil dan penggaris pada kertas karton yang akan digunakan. Pola dibuat bergaris-garis dengan jarak antar garis sebesar 1 sampai 1,5 cm. Sisakan jarak 2 cm pada setiap tepi.
  2. Setelah selesai membuat pola pada kertas karton pertama, potong kertas dengan menggunakan cutter atau gunting mengikuti pola garis yang sudah dibuat.
  3. Selanjutnya, ambil kertas karton kedua dan buat pola serupa kertas karton pertama dengan ukuran yang sama pula, kemudian potong kertas karton kedua serupa langkah nomor 2.
  4. Setelah kedua kertas karton sudah dipotong, kerajinan anyaman bisa dimulai sesuai dengan motif yang diinginkan. Jika masih pemula, kamu bisa membuat motif anyaman sederhana, yaitu dengan memasukan bagian horizontal ke bagian vertikal selang-seling.
  5. Jika menganyam sudah selesai, rapikan ujung-ujung kertas karton agar terlihat pola anyaman yang rapi.
  6. Untuk yang terakhir, pada tepi kertas karton, beri sedikit lem kertas dan tempelkan agar anyaman lebih kuat sehingga tidak terkelupas.

2. Cara Bikin Anyaman dari Bambu

Anyaman dari Bambu
tokopedia.net

Kerajinan tangan dari bambu biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional dalam bidang seni anyaman. Kerajinan tangan anyaman bambu juga sudah memiliki nilai guna dan nilai seni tinggi.

Kamu  bisa memulai belajar membuat anyaman bambu dengan cara berikut:

  1. Siapkan bahan utama, yaitu bambu. Pilihlah bambu yang kuat dengan usia yang pas, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Bambu yang terlalu tua akan sulit dibentuk, sedang yang terlalu muda seratnya masih tajam. Pastikan juga ruas bambu sejajar.
  2. Siapkan beberapa alat seperti pisau dan paku berukuran kecil, gergaji, dan juga parang sebagai alat pemotong.
  3. Setelah alat dan bahan siap, belah bambu dengan presisi di buku-bukunya menggunakan parang atau gergaji.
  4. Keringkan bambu di bawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering, guna menghilangkan kandungan air di dalam bambu.
  5. Belah lagi bamboo tersebut sehingga menjadi 2 potong, lakukan secara vertical agar bisa mendapat lekukan bambo.
  6. Rautlah potongan bambu dengan menggunakan pisau.
  7. Masuk ke proses menganyam. Siapkan 2 helai potongan bambu, satu menghadap ke dading dan satunya menghadap ke arah kulit.
  8. Siapkan sehelai potongan bambu panjang sebagai sumbu untuk mempermudah teknik anyam.
  9. Buatlah sudut anyaman dengan menyilangkan anyaman loka dan begitu seterusnya. Atur hitungan bambu 1-3-1 untuk hiungan anyaman bambu yang paling mudah dan sederhana.

3. Cara Bikin Anyaman dari Bungkus Kopi

cara bikin anyaman
ytimg.com

Sebelum membuat anyaman dari bahan bungkus kopi, bahan yang perlukan tentu saja bungkus kopi instan merk apa saja.

Jumlahnya tergantung dari besarnya anyaman yang ingin dibuat. Kemudian, gunting, penggaris, jarum dan benang, serta kain furing dan risleting (jika ingin membuat kerajinan tas anyaman bungkus kopi).

Setelah alat dan bahan sudah siap. Berikut cara membuat anyaman dari bungkus kopi:

  1. Gunting bagian atas dan bawah bungkus kopi merk apa saja.
  2. Bersihkan bungkus kopi menggunakan air mengalir hingga tidak tersisa bubuk-bubuknya. Kemudian, keringkan dengan cara dijemur atau dilap menggunakan kain bersih.
  3. Lipat bungkus kopi kurang lebih 1 cm masing-masing bagian ujung atas dan bawah, sehingga lebarnya menjadi 2 cm. Buatlah lipatan model ini sebanyak yang dibutuhkan.
  4. Ambil 4 lipatan bungkus kopi dan jejerkan menjadi 4 bungkus ke atas. Kemudian, ambil barisan ketiga dan apitkan pada barisan keempat secara vertikal.
  5. Selanjutnya, apitkan barisan kedua bungkus kopi dan apitkan pada barisan ketiga secara horizontal.
  6. Apitkan kembali barisan satu ke barisan kedua, kemudian masukan ke barisan keempat hingga terkunci.
  7. Rekatkan dan padatkan keempat bungkus kopi pertama.
  8. Selanjutnya, ulangi langkah 4 sampai 7 hingga membentuk kerajinan anyaman yang sempurna.
  9. Jika ingin membuat kerajinan tas, rapikan dengan cara dijahit.

4. Cara Bikin Anyaman dari Plastik Bekas

Anyaman dari Plastik kresek
hipwee.com

Kerajinan tangan anyaman juga bisa dibentuk dari plastik kresek. Bahan-bahan dan alat yang diperlukan juga cukup sederhana, yaitu kantong plastik kresek dengan warna berbeda, gunting/cutter, penggaris, dan lem tembak atau selotip.

Berikut cara membuat anyaman dari plastik yang bisa kamu ikuti di rumah:

  1. Gunting plastik pada kedua ujung atas dan bawahnya, sehingga tersisa bagian tengahnya.
  2. Lipat plastik menjadi dua bagian, kemudian lipat lagi dua bagian. Tujuannya, untuk memudahkan pengguntingan plastik hingga siap dianyam.
  3. Gunting-gunting plastik yang sudah dilipat 4 bagian menjadi beberapa helai plastik memanjang. Gunting kira-kira selebar 1 sampai 2 cm.
  4. Susun helai kresek warna merah secara vertikal, kemudian beri selotip pada satu sisinya. Tujuannya bukan untuk merekatkan, tetapi untuk memudahkan proses menganyam agar tidak berantakan.
  5. Selanjutnya, mulai proses menganyam dengan cara memasukkan helai plastik putih secara horizontal ke plastik merah. Helai pertama merah di bawah putih di atas, selanjutnya merah di atas putih dibawa, dan begitu seterusnya bergantian hingga ujung plastik merah habis.
  6. Ulangi langkah nomor 5 hingga helasi plastik putih tidak bersisa.
  7. Rekatkan dan rapikan anyaman hingga terkunci dan rapi. Perhatikan betul jangan sampai masing-masing helaiannya miring.
  8. Kamu bisa merekatkannya menggunakan selotip atau lem tembak untuk hasil yang maksimal.

Baca juga:

5. Cara Bikin Anyaman dari Lidi Kelapa

Anyaman dari Lidi Kelapa
tokopedia.net

Lidi kelapa juga bisa dijadikan anyaman dengan nilai guna tinggi. Anyaman dari lidi kelapa ini bisa dibuat piring atau mangkok yang ramah lingkungan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat anyaman dari lidi kelapa, yaitu 42 atau lebih lidi kelapa, tali rafia, dan cutter/gunting. Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Pilah lidi kelapa menjadi masing-masing 6 batang, setiap bagian yang akan dianyam jumlahnya 6 batang.
  2. Letakkan 6 batang lidi pertama secara vertikal di bagian paling bawah sebagai tumpuan.
  3. Letakkan 6 batang lidi kedua menyerong ke kanan di atas 6 batang lidi pertama.
  4. Letakkan 6 batang lidi ketiga secara horizontal di atas 6 batang lidi kedua.
  5. Injak ujung lidi bagian paling bawah, kemudian letakkan 6 batang lidi keempat di bawah 6 batang lidi pertama di bagian atas lidi lainnya dengan bentuk serong kiri. Sehingga, 6 batang lidi keempat menjadi pengunci bagian lidi paling bawah.
  6. Selanjutnya, letakkan 6 batang lidi kelima di bawah 6 batang lidi kedua dan di atas bagian lainnya, sehingga mengunci lidi kedua.
  7. Lakukan langkah 5 dan 6 hingga kelompok lidi yang paling akhir.
  8. Setelah bagian tengahnya terbentuk serupa lingkaran, siapkan tali rafia dan bagi menjadi tiga kelompok lidi untuk mengunci lidi hingga terbentuk anyaman lidi.

Itulah beberapa cara menganyam dengan menggunakan berbagai jenis bahan.

Beberapa bahan diatas tadi memang ada yang susah dibentuk menjadi anyaman, namun sebagian lainnya ada yang cukup mudah dibentuk menjadi anyaman.

Kamu bisa mempraktikkannya di rumah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat anyaman. Mulailah dari teknik menganyam yang paling dasar.

Teknik menganyam yang paling dasar, yaitu kerajinan tangan menggunakan kertas karton.

Teknik anyaman ini kerap dipelajari semasa Sekolah Dasar dan bisa dipraktikkan pada segala bentuk karya anyaman.

Kamu yang masih pemula dalam menganyam, bisa menggunakan teknik ini sebagai latihan. Teknik anyaman akan berhasil dilakukan dan bisa menjadi mahir hanya jika terus-menerus dipraktikkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like