8+ Cara Membuat Pesawat Dari Kertas Mudah

Adahobi, Cara Membuat Pesawat Dari Kertas – Origami merupakan seni melipat kertas yang asalnya dari Negeri Sakura.

Seni origami yang kerap diajarkan pada anak salah satunya adalah membuat pesawat kertas.

Namun, tahukah kamu jika ada banyak varian atau model pesawat kertas yang dapat diajarkan kepada anak?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan simak sampai akhir artikel ini.

Jenis dan Cara Membuat Pesawat Dari Kertas

Berikut merupakan beberapa jenis model pesawat kertas yang paling sering digunakan beserta cara membuatnya agar bisa terbang lama.

1. Glider – Pesawat Kertas Terpopuler

pesawat kertas glider
pinterest.com

Pesawat kertas “Glider” merupakan salah satu varian origami pesawat kertas yang kerap diajarkan kepada anak-anak. Ini karena Glider tidak membutuhkan banyak langkah.

Cara membuatnya pun mudah, yaitu dengan menyiapkan kertas yang berbentuk persegi panjang.

Lipat menjadi dua bagian yang sama atau simetris pada bagian kertas yang pendek.

Setelah itu, buka kembali lipatan kemudian lipat bagian ujung atas sehingga bertemu di tengah dan membentuk segitiga sama sisi di bagian atas kertas.

Lipat lagi kedua bagian sisinya hingga sudut segitiga menjadi lebih kecil dan lancip.

Lipat bagian yang lancip ke bawah dan kemudian lipat ke belakang secara simetris. Buat bagian sayap pesawat dan Glider pun sudah siap untuk dimainkan.

2. Glider #2 – Pesawat Kertas Tercepat

pesawat glider
pinterest.com

Glider #2 merupakan bentuk lain dari glider, tetapi dengan ujung yang lancip. Karena bentuknya mirip dengan Glider, model pesawat kertas ini pun mudah dibuat.

Beberapa langkah awal seperti melipat kertas menjadi dua hingga membentuk segitiga sama sisi di bagian atas kertas sama seperti saat membuat Glider.

Berikutnya, lipat bagian segitiga sama sisi ini ke bawah dengan sedikit ruang yang dilebihkan hingga membentuk segitiga terbalik.

Buat lagi segitiga sama kaki yang ditimpakan pada segitiga sebelumnya. Lipat bagian lancip segitiga terbalik ke atas.

Selanjutnya, lipat kertas ke belakang menjadi dua bagian simetris, kemudian lipat lagi untuk membuat sayap pesawat.

3. The Shuttle – Pesawat Kertas Unik

pesawat kertas shuttle
pinterest.com

Jika sebelumnya menggunakan kertas berbentuk persegi panjang, The Shuttle dibuat menggunakan kertas yang berbentuk persegi.

Caranya dengan melipat kertas berdasarkan garis diagonal. Tepatnya melipat ujung bawah kanan ke ujung atas kiri hingga membentuk segitiga.

Lipat sudut kanan dan sudut kiri bawah segitiga ke ujung kiri atas hingga membentuk persegi. Selanjutnya, lipat kembali menjadi segitiga untuk membuat sayap.

Lipat segitiga di bagian depan dan belakang ke bawah, kemudian masukkan bagian ujung segitiga atas ke dalam dan lipat lagi ke atas sedikit hingga membentuk ekor pesawat.

Buang sedikit bagian lancip pada ujung kepala pesawat. The Shuttle yang meniru bentuk pesawat asli pun sudah jadi.

3. Silke – Pesawat Kertas Sederhana

pesawat kertas silke
popmama.com

Tidak seperti model pesawat lain yang kerap membentuk segitiga, Silke memiliki bentuk akhir yang unik dengan sayap persegi panjang.

Cara membuatnya adalah dengan melipat kertas menjadi dua untuk menciptakan garis imajiner di bagian tengah kertas. Selanjutnya, lipat seperempat bagian atas kertas ke bawah.

Lipat lagi bagian ujung kanan dan kirinya ke tengah hingga membentuk trapesium kemudian ambil bagian tengan trapesium dan lipat ke bawah.

Balik kertas, kemudian lipat lagi bagian setengah trapesium ke bawah dan buka kembali. Lipat menjadi dua bagian simetris.

Pada bagian trapesium, buat bagian kepala pesawat dengan melipat bagian tengah kertas hingga membentuk dua trapesium kecil di bagian depan dan belakang. Buat sayap pesawat berdasarkan kepala tersebut.

4. The Delta – Pesawat Kertas Terbang Lama

cara membuat pesawat dari kertas
pinterest.com

Model pesawat The Delta serupa dengan Glider, tetapi cara membuatnya lebih rumit.

Caranya tempatkan kertas pada posisi landscape kemudian lipat ke bawah menjadi dua (garis imajiner 1).

Buat juga titik di tengah yang membagi bagian kanan dan kiri kertas. Buat dua garis imaginer tambahan di bagian atas dan bawah garis imajiner 1 (hanya pada bagian kiri kertas) dibuat sehingga kertas landscape terbagi menjadi empat.

Lipat bagian kanan kertas hingga ke titik tengah, kemudian lipat ujung bawah dan atasnya ke garis imajiner yang telah dibuat sebelumnya.

Lipat ujung segitiga di bagian kanan ke dalam, kemudian lipat ke belakang secara simetris untuk membentuk sayap pesawat.

5. Canard – Pesawat Kertas Keren

pesawat kertas canard
popmama.com

Seperti The Shuttle yang meniru pesawat asli, Canard juga sama. Ciri khas dari model ini adalah memiliki sayap depan dengan ukuran yang lebih kecil daripada sayap belakang.

Untuk membuat pesawat kertas dengan model ini, kertas harus dalam posisi portrait, kemudian buat garis vertikal di tengah kertas dengan cara melipat kertas secara simetris dan membukanya kembali.

Lanjutkan dengan melipat ujung kanan atas dan ujung kiri atas kertas ke tengah kemudian balik kertas.

Lipat lagi ujung kanan dan ujung kiri kertas hingga bertemu di garis tengah. Sementara itu, buka lipatan pertama pada bagian belakang kertas hingga membentuk belah ketupat di bagian atas kertas.

Ambil bagian tengah belah ketupat dan lipat kertas ke bawah, kemudian lipat kembali ke atas hingga membentuk dua sayap kecil di bagian kepala pesawat.

Lipat kertas ke belakang secara simetris, kemudian buat bagian sayap belakang dengan melipat bagian kanan dan kiri kertas.

6. Locked – Pesawat Kertas Origami

cara membuat pesawat kertas
kidspressmagazine.com

Pesawat kertas model Locked sebenarnya mudah dibuat. Namun, bagi anak yang masih pertama kali membuat, mungkin akan sedikit bingung karena ada banyak lipatan.

Dimulai dengan lipatan segitiga sama sisi di bagian atas kertas, kemudian sudut kanan atas dan kiri atas dilipat lagi hingga bertemu di tengah.

Lipatan tersebut dibuka kembali sebagai panduan di mana sudut kanan dan kiri kertas harus dilipat hingga mencapai garis tersebut.

Setelah itu, lipat lagi bagian sudut kanan dan kiri berdasarkan garis tersebut. Lipat ujung kertas yang lancip ke belakang, kemudian balik kertas.

Lipat lagi sedikit ujung yang lancip ke atas kemudian lipat kertas menjadi dua bagian yang simetris.

Agar ujung pesawat tetap lancip, lipat sedikit bagian tengah di ujung kepala pesawat ke dalam, kemudian buat sayap pesawat.

7. Gomez – Pesawat Kertas Terbang Tinggi

pesawat kertas Gomez

Model pesawat kertas Gomez meniru pesawat tempur siluman yang mampu menghindari deteksi radar.

Gomez dapat dibuat dengan memosisikan kertas pada posisi portrait. Seperti biasa, buat garis imajiner vertikal terlebih dahulu dengan melipat kertas menjadi dua bagian kanan dan kiri yang sama persis kemudian membukanya kembali.

Berikutnya buat dua garis imajiner diagonal pada bagian atas kertas. Lipat kertas ke bawah berdasarkan pertemuan kedua garis diagonal sekaligus lipat ke dalam bagian kanan dan kirinya hingga membentuk segitiga.

Langkah berikutnya cukup rumit dan cenderung sulit dipahami dalam bentuk paragraf.

Oleh karena itulah kamu dapat lebih disarankan untuk mencari gambar yang menunjukkan langkah-langkah membuat pesawat kertas model ini.

Baca juga:

8. The Hawkeye – Pesawat Kertas Tempur

pesawat kertas
pinterest.com

The Hawkeye adalah model pesawat kertas yang memiliki dua ujung lancip di bagian kepalanya. Oleh karena itulah model pesawat kertas yang satu ini termasuk unik.

Meski langkah-langkahnya termasuk mudah dibuat, ketika akan membuat ini kamu disarankan mencari referensi tutorial dalam bentuk gambar atau video saja yang jauh lebih mudah untuk dipahami.


Demikianlah beberapa tutorial cara membuat pesawat dari kertas dengan mudah dan sederhana, sebenarnya masih ada model pesawat bentuk lain seperti kelelawar namun akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like