10+ Hobi Remaja yang Bermanfaat dan Nambah Penghasilan

AdaHobi, Hobi Remaja – Saat di usia remaja, mungkin masih banyak yang merasa bingung mengenali minat dan bakat diri, ya?

Ternyata mengenali minat dan bakat ini bisa dilihat dari hobi yang paling sering dilakukan. Apa yang dijadikan hobi juga bisa dijadikan pedoman akan menekuni jurusan kuliah apa nantinya.

Misalnya saja untuk anak remaja yang hobi olahraga, tidak ada salahnya mengambil kuliah di bidang olahraga. Kurang lebih seperti itulah pentingnya mempunyai hobi bagi para remaja.

Apakah saat ini masih bingung kira-kira apa hobi yang paling cocok dengan karakter Anda? Jika iya, mari langsung saja kita simak daftar hobi remaja yang bermanfaat berikut ini.

1. Olahraga

Daftar Hobi Remaja

Umumnya para remaja laki-laki akan mempunyai kecenderungan menekuni hobi olahraga. Tidak hanya sekedar melakukan aktivitas yang menyenangkan, olahraga ini juga akan sangat menyehatkan. Hobi ini berolahraga akan membuat siapapun mempunyai tubuh yang lebih segar dan bugar.

Untuk para remaja wanita, umumnya olahraga ini dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Ada juga yang menekuni hobi olahraga untuk menjaga keindahan bentuk tubuh.

Apapun tujuannya, pastikan Anda berolahraga sesuai dengan porsinya, ya? Tidak akan berdampak baik olahraga yang dilakukan secara berlebihan.

2. Yoga

Daftar Hobi Remaja

Yoga bisa dikatakan sebagai salah satu hobi sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Sebenarnya yoga ini masih tergolong sebagai olahraga, ya?

Hanya saja yang membedakan adalah tujuannya. Dimana yoga ini bukan sekedar dilakukan untuk membuat tubuh sehat, namun juga berdampak baik bagi kesehatan mental.

Dengan melakukan yoga secara teratur, Anda tidak akan mengalami gangguan stres maupun depresi. Gerakan yoga memang dirancang untuk membuat pikiran lebih rileks dan konsentrasi semakin meningkat.

3. Meditasi

Hobi Remaja

Nah, apa bedanya meditasi dengan yoga? Sebenarnya jika diruntut yoga adalah salah satu jenis dari meditasi. Dimana meditasi ini memang terbagi menjadi beragam jenis seperti tai chi, meditasi mantra dan lainnya.

Saat melakukan meditasi, tubuh manusia akan masuk pada kondisi rileks dan tenang. Itulah mengapa meditasi menjadi salah satu hobi yang banyak digemari oleh banyak kalangan. Hobi ini bisa dibilang sangat tepat ditekuni oleh siapapun yang rentan terkena gangguan kecemasan.

4. Menari

Daftar Hobi Remaja

Menari ini tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga bisa memberikan rasa senang saat melakukannya. Tidak sekedar membawakan tarian tradisional, para remaja saat ini juga sangat tertarik dengan jenis tarian modern. Terutama dance dari negeri ginseng Korea Selatan, ya?

Saat menari, kalori di dalam tubuh akan terbakar secara lebih maksimal. Selain itu oksigen yang terhirup juga lebih efektif.

Dampaknya tentu saja membuat organ jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat. Stamina fisik secara keseluruhan juga akan semakin baik karena kekuatan dan kesehatan otot lebih terlatih.

5. Fotografi Alam

Hobi Remaja

Anda suka mengabadikan momen dalam sebuah foto? Misalnya saja foto pemandangan alam di sekitar yang menakjubkan. Hobi fotografi ini sekaligus bisa dilakukan berbarengan dengan hobi pendukung lainnya.

Misalnya saja hobi traveling ke beberapa destinasi wisata alam. Anda bisa bebas berburu banyak foto ciamik di alam sekitar.

Tidak hanya menyenangkan, hobi fotografi ini jika ditekuni sungguh-sungguh juga berpotensi mendatangkan penghasilan tambahan.

Fotografi alam ini bisa dikatakan sebagai salah satu hobi remaja yang bermanfaat. Selain mengasah kemampuan fotografi, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Hal ini karena tubuh Anda selalu aktif bergerak di tempat-tempat yang kaya oksigen.

6. Berkebun

Hobi Remaja

Untuk Anda yang memang suka dengan tanaman, maka berkebun bisa menjadi hobi yang bisa ditekuni. Hobi yang unik ini tidak hanya menyehatkan karena membuat Anda aktif bergerak namun juga menghadirkan rasa senang.

Merawat tanaman kesayangan mulai dari menanam benih, membersihkan hama, pemupukan dan proses lainnya aan terbayar saat tanaman tampak sehat terawat.

7. Berenang

Hobi Remaja

Bermain air memang terasa sangat asik dan seru, bukan? Jangan hanya sekedar bermain air, Anda juga perlu mencoba belajar berenang. Tidak hanya menyehatkan secara fisik, namun berenang juga berdampak baik bagi kesehatan mental.

Bahkan hobi berenang ini juga bisa membuat seseorang bekerja atau mengerjakan banyak hal dengan lebih produktif.

Anda bisa merasakan sendiri bagaimana sensasinya menyatu dengan air dengan memacu kecepatan renang. Atau bisa juga dengan berenang santai agar tubuh kembali rileks.

8. Tidur Siang

Hobi Remaja

Tidur sudah menjadi kebutuhan mutlak setiap orang. Dimana tubuh manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga nantinya bisa berfungsi kembali dengan optimal. Lalu apakah rutinitas tidur ini bisa dikategorikan menjadi sebuah hobi?

Katakanlah untuk tidur siang yang mana bukan kebutuhan mutlak layaknya tidur saat malam hari. Hobi yang unik ini bagi sebagian orang memang terkesan kurang produktif. Rasanya seperti membuang waktu dan tidak terlalu memberikan dampak baik untuk kesehatan fisik.

Kabar baiknya, kegemaran untuk tidur siang ini justru dibuktikan bisa membuat Anda semakin produktif. Tentu saja dengan catatan tidur siang ini dilakukan secara tidak berlebihan atau sesuai porsinya.

Lebih dianjurkan bagi para remaja untuk tidur siang selama kurang lebih 20 menit. Tidak hanya memulihkan energi, tidur siang ini juga berdampak baik pada pulihnya mood baik seseorang.

9. Berjualan

Daftar Hobi Remaja

Menjual ini bukan kemampuan yang dimiliki oleh orang dewasa saja. Saat ini banyak juga anak sekolah yang sudah memulai sampingan dengan berjualan.

Bahkan beberapa remaja juga bisa mendapatkan pemasukan yang tidak bisa dikatakan sediikit. Bukan sekedar menambah uang jajan, hasil dari jualan ini bahkan ada yang digunakan untuk menabung.

Nah, yang menjadi pertanyaan apakah berjualan termasuk hobi? Bagi beberapa orang, berjualan ini bisa juga masuk dalam kategori hobi.

Dimana jualan ini tidak hanya ditujukan untuk mendapatkan keuntungan semata, namun juga rasa bahagia saat berhasil menjualnya.

10. Hiking

Hobi Remaja

Remaja umumnya sangat suka bepergian mendatangi tempat tertentu, misalnya saja gunung. Remaja yang mempunyai hobi mendaki gunung biasanya tergabung ke dalam komunitas pecinta alam. Walaupun bukan termasuk ke dalam hobi yang produktif, namun hiking ini terbukti menyehatkan jiwa dan raga.

Tubuh akan semakin kuat karena otot sangat terlatih dengan maksimal, dan pikiran menjadi lebih fresh. Jika tidak percaya, Anda bisa mencoba ikut sesekali untuk mendaki gunung.

Meskipun terasa melelahkan dan menguras tenaga, namun ada rasa bahagia dan puas saat berhasil mencapai puncak gunung dengan selamat.


Bagaimana, diantara hobi remaja yang bermanfaat di atas kira-kira mana yang paling cocok dengan Anda? Dimana saat melakukannya Anda merasa senang dan ingin terus mengulanginya di lain waktu.

Selama hobi yang ditekuni positif, maka dampaknya juga akan baik untuk banyak hal. Jangan lupa juga utamakan keselamatan saat melakukan hobi apapun, ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like