Iklan Kolom: Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam, Unsur & Contoh

Adahobi, Iklan Kolom – Iklan kolom merupakan jenis iklan yang sering kita temui pada koran selain iklan baris. Tetapi iklan ini berbeda dengan iklan baris. Lalu apa itu iklan kolom? Simak pembahasan berikut ini tentang pengertian, ciri-ciri, fungsi, macam-macam, unsur dan contoh dari iklan kolom!

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom merupakan jenis iklan yang dimuat di dalam kolom. Iklan ini juga hampir sama dengan iklan baris, bedanya pada iklan ini pada umumnya akan terdiri dari teks dan juga gambar ilustrasi, gambar tersebut berguna untuk menarik perhatian dari konsumen. Hal itu lah yang membedakannya dengan iklan baris. 

Pengertian Iklan Kolom
cilacapklik.com

Bentuk dari iklan ini biasanya berupa tulisan yang selalu dilengkapi dengan ilustrasi, atau tulisan yang menggunakan font menonjol. Kemudian untuk ukuran dari iklan ini juga lebih besar daripada iklan baris. 

Biasanya informasi yang dimuat dalam iklan ini adalah sama dengan jenis-jenis iklan lainnya, yaitu tentang menawarkan sebuah produk atau jasa, bisa juga berupa informasi tentang suatu hal yang sengaja dibuat untuk disampaikan kepada masyarakat umum. 

Iklan kolom juga bisa dikatakan sebagai iklan display. Karena kesamaan yang terdiri dari teks kalimat dan juga adanya foto atau gambar. Bukan hanya tentang menawarkan jasa, tetapi iklan ini juga bisa berisikan informasi pribadi, iklan layanan masyarakat, iklan keluarga dan lain sebagainnya. 

Biasanya iklan ini akan dimuat di dalam berbagai media informasi. Baik itu berupa kedai cetak seperti koran, atau media online seperti website. Dimana semakin menarik tampilan, maka semakin besar konsumen membaca iklan tersebut. 

Iklan kolom juga termasuk salah satu jenis yang dikategorikan berdasarkan ruangan dari iklannya. Dimana biaya dari pemasangan iklan tersebut akan tergantung dengan berapa besar kolom yang digunakan. Berbeda dengan iklan baris yang biayanya dihitung berdasarkan jumlah kata atau baris.

Ciri-ciri iklan kolom

Setelah kalian mempelajari tentang pengertian diatas, maka berikut ini merupakan ciri-ciri dari iklan kolom yang perlu diketahui. Ciri tersebut antara lain sebagai berikut!

  1. Memuat informasi dengan kata-kata yang singkat dan juga memuat foto atau gambar ilustrasi.
  2. Ukuran yang lebih besar dari pada iklan baris
  3. Berisi tentang penawaran berupa barang atau jasa, pengumuman pribadi atau keluarga dan bisa juga ajakan dan himbauan mengenai suatu hal.

Fungsi dan Tujuan Iklan Kolom

Iklan yang baik adalah iklan yang dapat mencapai apa yang sudah direncanakan. Berikut ini merupakan beberapa tujuan pembentukan iklan, antara lain sebagai berikut!

  1. Menyebarkan informasi penting kepada masyarakat umum mengenai suatu penawaran produk atau jasa.
  2. Dapat mempengaruhi masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Dapat mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan atau membeli dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  4. Memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  5. Menarik perhatian penonton terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Macam-Macam Iklan Kolom

Iklan kolom juga terbagi menjadi beberapa macam. Adapun macam-macam dan penjelasan dari iklan kolom adalah sebagai berikut

1. Iklan Penjualan Produk

Iklan kolom produk merupakan iklan komersial yang berisi tentang berbagai informasi penjualan dari suatu produk, seperti iklan penjualan sepeda motor, penjualan mobil, penjualan rumah dan sebagainya. 

Karena tujuan dari iklan tersebut adalah menarik masyarakat luas, maka perlu disertakan berbagai informasi pokok yang menarik tentang produk yang ditawarkan.

Biasanya pihak perorangan atau perusahan yang menggunakan iklan ini, mereka pasti akan menyertakan informasi-informasi yang bisa digunakan untuk menarik perhatian. Contohnya adanya undian berhadiah menarik apabila membeli mobil. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat dari para customer untuk membeli produknya. 

Bukan hanya itu, pihak dari pengiklan juga biasanya akan menambahkan informasi menarik lainnya, diantaranya adalah mencicil, mendiskon, beli dua gratis satu dan sebagainya. Hal ini digunakan agar para customer tersebut semakin ingin membeli produk yang sedang ditawarkan. Berikut ini merupakan contoh iklan dari penjualan produk!

Contoh Iklan Penjualan Produk
pulpent.com

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan kolom layanan masyarakat merupakan iklan ini biasanya memuat informasi yang disampaikan oleh pemerintah kepada masyarakat umum mengenai suatu hal atau berita yang sifatnya penting. 

Contoh dari iklan layanan masyarakat yang biasanya kita jumpai di tengah-tengah kehidupan adalah iklan tentang pencegahan narkoba, pentingnya vaksinasi, pentingnya menjaga sampah, keluarga berencana dan lain sebagainnya. 

Iklan layanan masyarakat sendiri sudah terbukti efektif untuk menyebarkan informasi dan juga dapat menjangkau masyarakat luas secara cepat dan tepat, baik itu melalui surat kabar, televisi, media sosial, atau banner yang ada di pinggir jalan umum.

Hal ini membutuhkan bahwa keberadaan media cetak atau media elektronik mampu menyebarkan informasi semenjak pertama kali dipublikasikan. Berikut ini merupakan contoh dari iklan layanan masyarakat!

Contoh Iklan Layanan Masyarakat
salamadian.com

3. Iklan Dikoran

Iklan di koran merupakan iklan yang sudah di desain dan difungsikan secara khusus untuk ditempatkan pada tempatnya, yakni di koran. 

Karena ciri-ciri dari iklan kolom adalah singkat pada dan jelas, maka iklan di koran bisa menjadi salah satu media yang sering dimanfaatkan oleh wirausahawan UMKM, baik itu usaha kuliner, pendidikan, retail atau percetakan, dan masih banyak lainnya.

Jika kalian ingin membuat sebuah iklan untuk mempromosikan usaha anda, maka sebaiknya buat iklan tersebut menjadi semenarik mungkin. Seperti menambahkan gambar atau ilustrasi yang ada pada space halaman iklan.

Contoh Iklan Dikoran
tedas.id

Unsur Unsur Iklan Kolom

Unsur-unsur iklan kolom sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan yang ada di lowongan kerja, iklan pemberitahuan dan juga iklan pendidikan. Karena pada umumnya struktur dari iklan tersebut terdiri dari.

  1. Judul
  2. Nama Produk
  3. Kalimat atau Deskripsi
  4. Nomor Telp 
  5. Alamat Email

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Berdasarkan penjelasan dari uraian diatas, maka sebenarnya secara tidak langsung sudah terlihat beberapa perbedaan antara kedua jenis iklan tersebut. Tetapi berikut ini merupakan penjelasan secara singkat tentang perbedaan antara iklan kolom dan iklan baris. Perbedaannya adalah sebagai berikut.

1. Teks Kalimat

Iklan baris biasanya akan menggunakan teks singkat, atau berupa singkatan-singkatan dari kata. Tetapi iklan kolom akan menggunakan kata-kata singkat tetapi bervariasi dengan bentuk font yang menarik.

2. Penggunaan Gambar/Ilustrasi

Iklan baris biasanya hanya terdiri dari kata-kata tanpa adanya gambar dalam proses pembuatannya. Tetapi iklan kolom akan menggunakan gambar atau ilustrasi sebagai tambahan agar tampilan semakin menarik.

3. Ukuran Ruang Iklan

Iklan baris biasanya memiliki ruang yang kecil, dan dikategorikan berdasarkan sub-sub menu tertentu. Tetapi iklan kolom akan memiliki ruang yang lebih besar, bahkan bisa mencapai satu halaman.

4. Biaya Periklanan

Iklan baris cenderung lebih murah karena ukurannya yang lebih kecil, serta biaya iklan tersebut tergantung dari kata-kata yang digunakan. Sementara untuk iklan kolom akan cenderung lebih mahal, hal ini dikarenakan iklan tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar dan terdapat gambar pula pada proses pembuatannya

Contoh Iklan Kolom dapat Memikat Konsumen

Berikut ini merupakan contoh-contoh dari iklan kolom yang dapat menarik atau memikat para konsumen. Berikut ini contoh-contohnya.

1. Contoh Iklan Strategi Pemasaran

Iklan ini menggunakan strategi pemasaran di dalamnya, dimana produk tersebut memberikan diskon sebesar 50% . Hal tersebut bertujuan agar konsumen menjadi tertarik untuk menggunakannya.

Strategi Pemasaran
thegorbalsla.com

2. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini berisikan tentang mengajak masyarakat untuk melakukan imunisasi agar anak menjadi sehat. Iklan tersebut termasuk kedalam iklan layanan masyarakat.

Layanan Masyarakat
1.bp.blogspot.com

3. Contoh Iklan Pendidikan

Iklan ini berisikan tentang pendaftaran Kartu Indonesia Pintar. Dimana target dari pemilik kartu tersebut adalah SD, SMP  dan juga SMA. Sehingga iklan ini tersebut termasuk kedalam iklan pendidikan.

Iklan Pendidikan
toriqa.com

 

4. Contoh Iklan Ungkapan Duka Cita

Iklan ini berisikan tentang berita duka. Sehingga iklan tersebut dimasukkan kedalam iklan ungkapan duka cita.

Ungkapan Duka Cita
2.tstatic.net

5. Contoh Iklan Ucapan Selamat

Iklan ini berisikan tentang ucapan selamat dari pelantikan salah satu pejabat. Sehingga iklan tersebut bisa dikatakan sebagai iklan ucapan selamat.

Ucapan Selamat
2.tstatic.net

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri, fungsi, macam-macam, unsur dan juga contoh iklan kolom. Semoga artikel tersebut dapat dipahami dengan baik bagi para pembaca sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like