4+ Jenis Iklan Berdasarkan Isinya Lengkap Dengan Contohnya

AdaHobi, Jenis Iklan Berdasarkan Isinya – Iklan merupakan bentuk informasi yang biasanya dilakukan baik itu oleh seseorang, perusahaan, lembaga atau instansi dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang barang atau jasa. 

Iklan biasanya sering ditampilkan di televisi, radio, media sosial, baliho dan lain sebagainnya. Hal tersebut digunakan sebagai alat untuk menarik perhatian masyarakat umum tentang produk atau jasa mereka. 

Jenis-Jenis Iklan

Iklan dibedakan menjadi beberapa jenis yakni:

1. Iklan berdasarkan isinya

Iklan berdasarkan isinya, merupakan opsi periklanan yang paling cocok digunakan, tetapi iklan tersebut tergantung dengan kebutuhan dan apa yang paling efektif untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen atau target. Iklan ini biasanya berbentuk pemberitahuan atau pengumuman, iklan untuk layanan masyarakat,iklan untuk penawaran dan yang terakhir adalah iklan untuk permintaan.

2. Iklan berdasarkan media

Iklan yang berdasarkan medianya biasanya bersumber dari internet, atau bisa juga disebut sebagai jenis iklan online. Manfaat iklan tersebut bisa tampil di internet adalah dapat menghemat biaya untuk pelanggan baru, dan juga iklan tersebut bisa menjangkau khalayak global dengan biaya yang rendah.

3. Iklan berdasarkan tujuan

Iklan berdasarkan tujuan, biasanya iklan ini dibedakan menjadi iklan komersial (iklan yang digunakan untuk mempengaruhi peningkatan penjualan), dan ada juga iklan non komersial (biasanya diterbitkan oleh lembaga amal dan lebih disukai untuk meminta bantuan umum dan juga keuangan, misal sumbangan atau penjualan tiket).

Baca juga : Iklan Kolom: Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam, Unsur & Contoh

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Tapi kali ini, kita akan fokus ke pembahasan dari jenis iklan berdasarkan isinya. Seperti pada pengertian diatas. Iklan berdasarkan isinya merupakan iklan yang cocok digunakan, tetapi tetap penggunaan iklan jenis ini harus sesuai dengan kebutuhan yang bisa menjangkau target sebanyak mungkin. 

Lalu apa saja sih jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, apa pengertian dan contoh dari masing-masing jenis tersebut? Maka simak penjelasan berikut ini!

1. Iklan Pengumuman / Pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi atau pemberitahuan tentang suatu hal yang ditujukan kepada masyarakat umum agar informasi tersebut dapat diketahui oleh masyarakat sekitar. 

Iklan ini biasanya digunakan untuk berita berduka cita, iklan berita kehilangan, iklan kepemilikan merek, pemberitahuan adanya peraturan baru, informasi perubahan peraturan, iklan pemberitahuan tentang pembubaran perusahaan dan masih banyak lainnya. Berikut ini merupakan salah satu contoh dari iklan tersebut.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang isinya berupa informasi atau suatu himbauan yang ditujukan kepada masyarakat umum tentang ide atau suatu gagasan yang berguna untuk kepentingan masyarakat. Tujuan terbentuknya iklan jenis ini adalah untuk memberikan penerangan atau pencerahan tentang suatu hal. 

Iklan tersebut biasanya diterbitkan oleh instansi atau lembaga dari pemerintah. Contoh dari ikan ini adalah ajakan menjauhi narkoba, tentang program KB, taat peraturan lalu lintas, larangan merokok, bahaya berita hoax, atau sebagainya. Berikut ini merupakan salah satu contoh dari iklan tersebut.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat
www.makintahu.com

3. Iklan Penawaran

Iklan penawaran merupakan iklan yang berisi tentang penawaran terhadap suatu produk atau jasa yang berguna untuk mempengaruhi masyarakat agar menggunakan atau membeli produk dan jasa yang telah ditawarkan. Atau biasanya iklan ini disebut juga dengan iklan niaga. 

Tujuan iklan ini adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan, sehingga bisa dikatakan bahwa iklan tersebut termasuk kedalam iklan  jenis komersial

Contoh dari iklan ini adalah jual beli tanah, jual beli rumah, penjualan mobil, penjualan sepeda motor, barang-barang elektronik, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan contoh dari iklan tersebut.

Contoh Iklan Penawaran
www.nesabamedia.com

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan merupakan iklan yang ditunjukkan kepada masyarakat tertentu guna untuk mengajak bekerja sama dengan pihak pengiklan. Tujuannya yakni untuk menjalin hubungan dengan saling menguntungkan. Iklan tersebut juga bisa digunakan untuk mencari barang atau jasa yang sedang dibutuhkan. Contoh dari iklan ini adalah lowongan pekerjaan. Berikut merupakan salah satu contoh dari iklan ini!

Contoh Iklan Permintaan
www.jojonomic.com

Penutup

Demikian penjelasan tentang jenis iklan berdasarkan isinya beserta contoh dari masing-masing jenis iklan. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like