AdaHobi, Kebudayaan Jawa Tengah – Provinsi Jawa Tengah memiliki kebudayaan yang sangat kaya akan tradisi, kesenian, kerajian, kuliner dan nilai-nilai leluhur yang sampai saat ini masih kental kita rasakan.

Kebudayaan ini berkembang sejak jaman kerajaan dimana seperti yang kita lihat banyak ditemukannya candi dan peninggalan sejarah  lainnya yang tentunya menjadi cikal bakal kebudayaan yang melekat di wilayah tersebut.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang menjadi Kebudayaan Jawa Tengah, kami akan mengelompokan Kebudayaan Jawa Tengah ini untuk mudah dipahami dan dipelajari pastinya.

Asal Mula Kebudayaan Jawa Tengah

Kebudayaan Jawa Tengah merupakan Kebudayaan yang banyak dipengaruhi dari budaya Jawa (Kejawen). Di Jawa Tengah sendiri Kebudayaan ini berpusat di Kraton Surakarta, dengan hal ini patokan bagi masyarakat Jawa Tengah bertumpu di Kraton Surakarta.

Terdapat dua Kebudayaan pada Provinsi Jawa Tengah, diantaranya adalah Kebudayaan Jawa Pesisiran dan Banyumasan. Perkembangan Kebudayaan Jawa pesisiran berada di daerah pantai khusunya pada pantai utara, Kebudayaan ini memiliki banyak penerapan dari Kebudayaan Islam.

Sedangkan Kebudayaan banyumasan sendiri adalah Kebudayaan hasil perpaduan Jawa, Sunda dan Cirebon. Untuk bukti bahwa Kebudayaan Jawa Tengah menjadi pusat adalah perihal ditemukanya salah satu unsur budaya kuno manusia, seperti stegodon (gajah purba).

Hal ini membuktikan bahwa sebelum adanya zaman kerajaan di Jawa Tengah sudah berkembang Kebudayaan yang lainnya. Tempat ditemukannya fosil ini terdapat di Sangiran, Kabupaten Sragen.

Macam-Macam Kebudayaan Jawa Tengah

Kita ketahui bersama bahwa terdapat banyak unsur Kebudayaan Jawa Tengah, langsung saja kita bahas bersama. Berikut adalah macam-macam Kebudayaan Jawa Tengah yang berkembang pada masyarakat hingga saat ini.

No Kebudayaan Jawa Tengah Jenisnya
1 Bahasa Daerah Bahasa Jawa
2 Rumah Adat
  • Rumah Limasa
  • Rumah Joglo
  • Rumah Kampung
  • Rumah Panggape
  • Rumah Tajug
3 Pakaian Adat
  • Jawi Jangkep (Pria)
  • Kebaya (Wanita)
4 Kesenian Daerah
  • Tari
  • Alat Musik
  • Kerajinan
5 Upacara Adat
  • Upacara Lopisan (Pekalongan)
  • Upacara Surodilogo (Wonosobo)
6 Senjata Tradisional
  • Pedang Gada
  • Tombak
  • Keris
  • Perisai
7 Kuliner Berbagai macam kuliner

1. Bahasa Daerah

Bahasa daerah Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://www.krjogja.com/

Seperti halnya yang kita ketahui bersama bahwa bahasa daerah Kebudayaan Jawa Tengah adalah Jawa. Bahasa Jawa menjadi bahasa keseharian yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah, bahasa Jawa di Jawa Tengah merupakan bahasa yang unik.

Karena bahasa Jawa ini memiliki huruf Jawa yang kita kenal dengan sebutan HANACOROKO, hampir setiap daerah di Jawa Tengah memiliki perbedaan dialek atau aksen sendiri tiap daerahnya.

Bahasa Jawa juga terbagi menjadi dua klasifikasi, yang pertama adalah bahasa Jawa dialek daerah dan bahasa Jawa dialek setempat. Perbedaannya terdapat pada wilayah, karakter, budaya dan sosial yang berlaku di tiap daerahnya.

2. Rumah Adat 

Rumah Adat Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://akumaubelajar.com/

Disetiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat Kebudayaannya masing-masing hal itu juga terdapat pada rumah ada Kebudayaan Jawa Tengah. diketahui terdapat lima jenis rumah adat Kebudayaan Jawa Tengah ini.

Hal ini dibedakan dengan bentuk atapnya, seperti rumah limasan, rumah joglo atau dikenal juga dengan rumah tikelan, rumah kampung, rumah panggangpe, dan juga tajug atau masjid. Terdapat fungsi di setiap sudut ruangan pada rumah adat Kebudayaan Jawa Tengah ini.

Sama halnya dengan rumah-rumah pada umumnya, rumah adat Kebudayaan Jawa Tengah ini memiliki dapur, pintu gerbang, kamar tidur dan lain sebagainya. Hanya saja pada jenis-jenis rumah lainnya berbeda dengan rumah pada umumnya.

3. Pakaian Adat 

Pakaian Adat Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Pakaian adat Kebudayaan Jawa Tengah juga tidak luput dari salah satu Kebudayaan yang dimiliki oleh provinsi ini. Salah satu pakaian adat yang menjadi simbol atau bisa dibilang sebagai identitas di Jawa Tengah ini adalah pakaian adat yang berasal dari Surakarta.

Terdapat dua jenis pakaian adat pada Kebudayaan Jawa Tengah, yang pertama adalah pakaian adat untuk kaum bangsawan (kerabat keraton) dan yang kedua adalah pakaian adat untuk rakyat biasa.

Untuk pesta pernikahan sendiri penganten memiliki pakaian adat tersendiri yang kita kenal dengan nama Jawi Jangkep untuk pengantin pria dan Kebaya untuk pengantin wanita. Dan pada acara adat atau pesta adat lainnya biasanya menggunakan batik khas Jawa Tengah.

4. Kesenian 

Kesenian Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://dtechnoindo.blogspot.com/

a. Kesenian Tari 

Seni tari Kebudayaan Jawa Tengah dikelompokan menjadi dua bagian, yang pertama tarian keraton dan tarian rakyat. Seni tarian keraton berasal dari lingkungan kekeratonan dan untuk acara kekeratonan.

Sedangkan tarian rakyat biasanya digelar atau diselenggarakan pada upacara-upacara adat atau bisa juga pada pesta rakyat yang mengambil tema Kebudayaan Jawa Tengah. Untuk tarian keraton ada yang namanya tarian Bedhaya.

Sedangkan untuk tarian rakyat sendiri ada tarian Dolalak yang sudah dikenal di Jawa Tengah. terdapat banyak nama-nama tarian di Kebudayaan seni tari Jawa Tengah ini, berikut adalah ulasannya.

Tari Bambang Cakil, Tari Lengger, Tari Angguk, Tari Kuntulan, Tari Golek, Tari Bondan, Tari Klono Topeng/ Sewandono, Tari Tayub, Tari Rebana, Tari Mbatil, Tari Tani, Tari, Eko Prawiro, Tari Retno Tanding, Tari Menak Koncar, Tari Bondoyudo, Tari Prawiroguno, Tari Bugis Kembar, Tari Srimpi, Tari Gambyong, Tari Gambiranom, Tari Gathutkaca Gandrung, Tari Gathutkaca Gaadhungkawuk, Tari Gunungsari, Tari Dewi Ciptoroso, Tari Bismo Gugur, Tari Srikandi Ajar Manah, Tari Jaran Kepang, Tari Gambiranom Banyumasan, Tari Calung, Tari Capat Cipit, Tari Sintren, Tari Angguk, Tari Tek-Tek, dan Sendratari Kamandaka.

b. Kesenian Alat Musik 

Kebudayaan Jawa Tengah memiliki kesenian alat musik, yang menjadi kesenian alat musik dari Jawa Tengah yang paling poluler adalah gamelan. Sebenarnya gamelan ini adalah kumpulan dari beberapa alat musik.

Pada gamelan terdapat kendang, bonang barung, bonang penerus, saron, slenthem, gender, gambang, kempul, kenong, kethug, sitter, suling, rebab, keprak dan kepyang, bedug, serta gong. Ada dua laras pada gamelan, yaitu pelog dan laras slendro.

Sebenarnya ada lagi kesenian alat musik Kebudayaan Jawa Tengah yang perlu kita ketahui seperti, tambur, rebana, terompet dan calung. Alat -alat ini biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian khas daerah Jawa Tengah.

c. Kesenian Kerajinan 

Terdapat banyak kesenian kerajinan Kebudayaan Jawa Tengah yang bisa kita pelajari dan ketahui, salah satu diantarnya yang paling populer adalah batik. Ya batik menjadi salah satu kebanggaan hasil kerajinan di Jawa Tengah.

Dua kota yang menjadi pusat batik di Jawa Tengah ini adalah kota Solo dan Pekalongan, dimana disana terdapat banyak ragam, jenis, dan motif batik yang tersedia. Kamu juga bisa belajar membatik di tempat tempat tertentu.

Selain batik sebenarnya ada juga yang namanya kesenian kerajinan Kebudayaan Jawa Tengah yaitu ukiran kayu yang terkenal pada daerah Kabupaten Jepara. Pusat kerajinan ukir kayu ini berada di Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan.

5. Upacara Adat 

Selametan merupakan upacara adat yang menjadi Kebudayaan Jawa Tengah, dimana kata selametan sudah tidak asing lagi bukan ditelinga kita. Teryata kata selametan memiliki makna yaitu agar yang mengadakan mendapatkan keselamatan hidup dan terhindari dari gangguan hal-hal yang buruk.

Sebenarnya di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Tengah memiliki nama tersendiri untuk upacara adat ini. Seperti upacara lopisan yang berasal dari Kota Pekalongan dan Upacara Surodilogo yang berasal dari Kabupaten Wonosobo.

6. Senjata Tradisional

Senjata Adat Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://www.selasar.com/

Ada beberapa senjata yang menjadi Kebudayaan Jawa Tengah, diantaranya seperti pedang, gada, tombak, keris dan perisai. Bagi masyarakat Jawa Tengah sendiri keris dapat dijadikan sebagai tingkat sosial seseorang.

Selain itu keris juga memiliki hal spesial lainya seperti anggapan benda pusaka yang memiliki kesaktian dan dijadian benda keramat. Karena itulah ada keris keris yang memiliki nama tertentu, seperti halnya Kyai Setan Kober milik Arya Penangsang (Adipati Jipang).

Pada senjata adat Kebudayaan Jawa Tengah khusunya keris ini terdapat tiga bagain, yaitu wilahan, wrangka (rangka) dan juga ukiran atau bisa disebut juga hulu keris. Kegunaan keris sendiri berubah seiring waktu.

Dulunya keris dipakai sebagai senjata perang, lalu menjadi barang keramat yang dipuja, dan untuk saat ini keris dijadikan sebagai pelengkap atau bisa dikatakan aksesoris untuk pakaian adat Jawa Tengah itu sendiri.

7. Makanan dan Minuman 

Makanan dan minuman Kebudayaan Jawa Tengah
gambar : https://moondoggiesmusic.com

Makanan dan minumam Kebudayaan Jawa Tengah tentunya tidak sedikit, karena hampir disetiap kabupaten atau kota memiliki makanan khas nya masing-masing. Secara umum makanan dan minuman Kebudayaan Jawa Tengah berasal dari potensi alam di Jawa Tengah.

Berikut ini adalah makanan dan minuman Kebudayaan Jawa Tengah, mari kita simak bersama-sama.

Semarang = Tahu pong, tahu petis, tahu gimbal, wingko, lumpia, dan bandeng presto.
Solo = Timlo, tengkleng, dan sega liwet.
Pekalongan = Lopis, soto kriyik, nasi gandul, dan soto taoco.
Kudus = Jenang kudus, dodol, sate kerbau, dan nasi pindang.
Jepara = es gempol dan blenyik ikan teri.
Banyumas = Soto sokaraja, jenang jaket, dan cimplung.
Tegal = Kacang asin, pilus, dan young tahu.
Pemalang = Nasi grambyong, lontong dekem, dan sate loso.
Klaten = Jenang, krasikan, ayam panggang kalasan, dan kripik paru.
Purworejo = Lanting, clorot, slondok, dan geblek.
Boyolali = Nasi tumpang, marning, brem cap suling gading.
Salatiga = Enting-enting, ampyang, dendeng, dan abon.
• Wonogiri = Nasi tiwul, gathot, balung kethek, besengek.
Wonosobo = kacang dieng, buah kaleng carica, keripik jamur.
Purbalingga = Rujak kangkung, tahu gecot, es duren, dan lanting.


Itulah penjelasan dan paparan mengenai Kebudayaan Jawa Tengah yang bisa kamu pelajari dan bisa kamu jadikan makalah juga jika diperlukan. Jangan sungkan untuk membaca bacaan lainnya karena disini banyak bacaan yang dapat menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like