12+ Contoh Kerajinan Bahan Keras dari Alam dan Buatan

Adahobi, Kerajinan Bahan Keras – Kerajinan, kriya, atau craft merupakan suatu aktivitas pembuatan suatu barang dengan menggunakan keterampilan tangan.

Benda-benda ini dapat memiliki fungsi tertentu maupun bernilai seni. Untuk menghasilkan suatu kerajinan, dibutuhkan bahan-bahan untuk membuat kerajinan.

Bahan yang digunakan dapat berupa bahan keras atau bahan lunak. Oleh karena itulah kerajinan terbagi menjadi kerajinan bahan keras dan kerajinan bahan lunak.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan keras antara lain kayu, batu, logam, besi, kawat, semen, kaca, bambu, dan lain-lain. Informasi yang lebih rinci akan diuraikan di bawah ini:

1. Kerajinan dari Bahan Logam

Kerajinan dari Bahan Logam
selasar.com

Logam adalah salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan atau kriya. Logam termasuk dalam kelompok bahan keras karena memang memiliki tekstur yang keras.

Akibatnya, proses pembentukan logam menjadi hasil kerajinan pun tidak mudah. Meski begitu, terdapat teknik tertentu yang dapat digunakan untuk membuat logam menjadi kerajinan, misalnya teknik ukir tekan, tempa, pahatan, etsa, drag, dan trap-trapan.

Logam yang biasanya digunakan antara lain kuningan, tembaga, emas, perak, perunggu, alumunium, platina, seng, monel, pewter, serta timah putih.

Logam-logam tersebut dapat diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan seperti ornamen, vas bunga, patung, perhiasan, meja dan kursi, miniatur, peralatan makan, dan lain sebagainya.

Baca juga:

2. Kerajinan dari Bahan Besi

Kerajinan dari Bahan Besi
gatra.com

Kerajinan dari bahan besi dapat dibuat dari besi hollow, yaitu besi yang memiliki rongga di dalamnya maupun besi yang tidak berongga.

Bahan ini dapat diolah menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan dengan menggunakan beberapa teknik misalnya teknik las.

Contoh kerajinan yang terbuat dari bahan besi antara lain meja dan kursi, rak, ornamen, dan masih banyak lagi.

3. Kerajinan dari Bahan Kaca

Kerajinan dari Bahan Kaca
gizigo.id

Kerajinan dari bahan kaca menggunakan kaca sebagai bahan utama pembuatannya. Layaknya beberapa bahan sebelumnya yang tidak mudah dibentuk, kaca juga sama.

Untuk membentuk bahan yang satu ini, pengrajin harus menggunakan teknik cetak dan teknik tiup.

Teknik tersebut membuat kerajinan yang dihasilkan memiliki bentuk yang mulus sesuai dengan keinginan. Contohnya seperti pada gelas, piring, vas bunga, botol, dan lain sebagainya.

Meski begitu, bukan berarti hanya teknik ini yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan dari kaca.

Contohnya adalah lampu hias yang terbuat dari limbah kaca yang dibuat dengan cara menempelkan potongan demi potongan limbah kaca hingga menjadi lampu hias yang cantik.

4. Kerajinan dari Bahan Kawat

Kerajinan dari Bahan Kawat
artforia.com

Kawat merupakan suatu benda yang terbuat dari logam. Benda ini sangat panjang dengan diameter yang kecil sehingga sifatnya pun lentur dan lebih mudah dibentuk (dibengkokkan) dibanding logam lainnya.

Karena sifatnya yang mudah dibengkokkan, kerajinan yang dibuat dari bahan kawat biasanya menggunakan sifat tersebut untuk membentuk kawat menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan.

Misalnya kendaraan dari kawat, miniatur bonsai dari kawat, lampu hias, hiasan dinding, ornamen berbagai bentuk, dan masih banyak lagi.

Walau cenderung lebih mudah dibentuk dibanding logam lainnya, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membuat kerajinan dari kawat agar apa yang dihasilkan bentuknya sesuai dengan keinginan.

5. Kerajinan dari Bahan Semen

Kerajinan dari Bahan Semen
inibaru.id

Jika kamu berpikir bahwa semen hanya digunakan di lingkup proyek konstruksi, maka kamu salah. Pasalnya, material ini juga dapat digunakan untuk membuat kerajinan.

Karena bentuk serta sifatnya yang mudah mengeras, teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan bahan keras yang satu ini umumnya merupakan teknik cetak.

Caranya adalah dengan mencampur semen dengan pasir dan air terlebih dahulu kemudian mengaduknya hingga rata.

Selanjutnya, gunakan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Misalnya jika kamu ingin membuat pot bunga, maka kamu perlu menggunakan dua cetakan, yaitu cetakan yang besar dan cetakan yang kecil kemudian menunggu hingga semen mengering baru melepaskannya dari cetakan.

Kerajinan yang terbuat dari bahan semen dapat bervariasi tergantung dari kreativitas pengrajin, misalnya pot bunga, meja, kursi, hiasan dinding, book holder, dan masih banyak lagi.

6. Kerajinan dari Bahan Kaleng

Kerajinan dari Bahan Kaleng
pinterest.com

Jika kamu memiliki kaleng bekas di rumah, jangan dibuang karena kaleng tersebut dapat disulap menjadi barang-barang cantik buatan tangan seperti tempat pensil, celengan, lampu tidur, pot tanaman, lentera, tempat handuk, bahkan figura.

Kerajinan yang mudah dibuat ini tidak membutuhkan teknik pembentukan yang rumit layaknya kerajinan logam lainnya karena sifat kaleng yang tidak terlalu tebal dan cenderung lebih mudah dibentuk.

Kamu hanya perlu memberikan sedikit polesan misalnya dengan memberinya cat sesuai dengan keinginan.

Selain itu, kamu juga dapat memotong kaleng menjadi bentuk yang diinginkan maupun melubanginya jika kamu ingin menjadikannya lentera atau lampu hias.

7. Kerajinan dari Bahan Kayu

Kerajinan dari Bahan Kayu
berempat.com

Kayu merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan, misalnya perabotan atau furnitur yang kerap digunakan di rumah seperti lemari, meja, kursi, rak, dan lain sebagainya.

Meski begitu, kayu juga dapat digunakan untuk membuat kerajinan lain yang unik dan menarik seperti alat makan, tatakan gelas, vas bunga, kalender, gantungan baju, papan penanda, jam tangan, radio, tempat tisu, lampu meja, bahkan casing smartphone.

Kayu yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan antara lain kayu jati, kayu mahoni, kayu akasia, kayu pinus atau jati belanda, dan kayu trembesi.

Karena sifatnya yang alami serta corak khasnya, furnitur maupun hasil kerajinan yang terbuat dari kayu biasanya dihargai lebih mahal dibanding bahan lainnya.

8. Kerajinan dari Bahan Bambu

Kerajinan dari Bahan Bambu
failfaire.org

Bambu merupakan suatu tumbuhan yang memiliki ruas-ruas pada batangnya dan dapat ditemukan di nusantara. Selain itu, batang bambu juga memiliki rongga di bagian dalamnya.

Kerajinan bahan keras dari bahan bambu umumnya dibuat dengan teknik anyam. Caranya adalah dengan membagi batang bambu menjadi bagian-bagian tipis yang panjang kemudian dijalin dan dianyam hingga membentuk pola tertentu.

Contoh kerajinan yang terbuat dari bambu antara lain perlengkapan dapur seperti tampah, bakul, bahkan rak piring.

Disamping dapat disulap menjadi aneka benda yang unik dengan cara dianyam, batang bambu juga dapat dijadikan berbagai bentuk kerajinan dengan memanfaatkan rongga pada batangnya.

Misalnya dengan menjadikannya pot bunga, lampu kamar, vas bunga, asbak, bahkan tatakan ponsel.

9. Kerajinan dari Bahan Batu

Kerajinan dari Bahan Batu
geneannsyarns.com

Jenis kerajinan yang terbuat dari bahan keras salah satunya adalah kerajinan yang terbuat dari batu.

Umumnya, kerajinan yang dimaksud merupakan kerajinan yang dibuat menggunakan batu besar dengan cara dipahat hingga membentuk patung, cobek, meja, kursi, meja, dan banyak lagi.

Meski begitu, membuat kerajinan dari batu tidak terbatas pada batu berukuran besar, tetapi juga dapat menggunakan jenis batu yang ukurannya kecil.

Batu yang berukuran kecil-kecil justru dapat digunakan untuk membuat berbagai kerajinan yang unik dan lebih menarik dibanding batu besar.

Ini karena batu kecil-kecil dapat memberikan tekstur yang unik. Misalnya dengan membuatnya menjadi tatakan teko, hiasan dinding, papan tanda, pot bunga, tempat lilin, figura, bahkan keset batu.

10. Kerajinan dari Bahan Pasir

Kerajinan dari Bahan Pasir
ytimg.com

Kerajinan bahan keras berikutnya adalah kerajinan dari bahan pasir. Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat hiasan yang berupa lukisan.

Lukisan buatan dari pasir tersebut dapat dibuat dengan menggunakan pasir sebagai bahan untuk melukis. Lebih tepatnya, kamu mengoleskan lem pada suatu media (misalnya triplek) dengan bentuk tertentu.

Namun sebelum mengoles lem, pastikan kamu telah membuat sketsa terlebih dahulu sehingga lem yang dioles rapi.

Setelah triplek diolesi lem, taburkan pasir pada bagian triplek yang diberi lem tersebut dan biarkan hingga mengering.

Selanjutnya, oleskan lem pada bagian lain dan taburi dengan pasir sesuai dengan warna yang diinginkan.

11. Kerajinan dari Bahan Rotan

Kerajinan dari Bahan Rotan
pinterest.com

Selain kayu, bahan kerajinan yang juga berasal dari tumbuhan adalah rotan. Rotan bukanlah kayu, melainkan berasal dari tumbuhan merambat yang termasuk dalam suku palem-paleman (Arecaceae).

Tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki batang yang langsing, tidak berongga, dan berduri. Batang rotan tersebutlah yang diambil untuk membuat berbagai kerajinan.

Kelebihan rotan dibanding kayu adalah sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk. Rotan bahkan dapat dianyam secara langsung tanpa dipotong tipis-tipis terlebih dahulu seperti halnya bambu.

Rotan hanya perlu direndam di dalam air terlebih dahulu sehingga tidak mudah patah saat dianyam.

Kerajinan yang terbuat dari rotan antara lain keranjang makanan, anyaman furnitur, alas gelas dan piring, kap lampu, tikar, dan banyak lagi.

12. Kerajinan dari Bahan Timah

Kerajinan dari Bahan Timah
kibrispdr.org

Kerajinan bahan keras yang terakhir adalah kerajinan dari bahan timah.

Kerajinan khas dari Bangka Belitung ini dikenal dengan kerajinan pewter karena dibuat menggunakan material pewter, yaitu logam campuran yang terbuat dari timah, tembaga, dan antimony.

Pewter dapat dibuat dengan cara meleburkan bahan baku terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan teknik cetak.

Hasil kerajinan ini umumnya berupa miniatur. Namun, ada juga yang berupa gantungan kunci, maupun perlengkapan dapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like