10+ Kerajinan dari Bahan Serat Alam yang Mudah Dibuat

Adahobi, Kerajinan dari Bahan Serat Alam – Apakah kamu menyukai kerajinan tangan dan tertarik ingin membuatnya? Kamu bisa membuat kerajinan dari bahan serat alam.

Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa serat alam bisa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan. Bahan ini mempunyai keunikan dan keindahan yang berbeda dari bahan lain.

Bahkan dari kerajinan inilah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi jika kamu ingin menjual kerajinan tangan yang satu ini.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang membuat kerajinan tangan dari bahan serat alam. Apa saja yang mereka buat dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Pengertian Serat Alam

Sebelum kamu mengetahui apa saja kerajinan dari bahan serat alam, tentunya kamu harus mengetahui apaitu serat alam terlebih dahulu.

Apa itu serat alam? Serat alam adalah suatu bahan yang merupakan gabungan dari beberapa bahan lain yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi suatu jaringan yang utuh dan memanjang.

Serat alam berasal dari hal-hal yang alami seperti hewan,tumbuhan, bahkan benda mati. Dari bahan inilah maka manusia menggunakannya untuk berbagai macam keperluan seperti kertas, kain, tali, bahkan kerajinan tangan.

Apalagi di zaman seperti sekarang dimana orang-orang sedang menggalakan kampanye untuk mendaur ulang, maka kerajinan dari bahan serat alam menjadi lebih populer.

Hal ini karena manusia akan memanfaatkan serat alam untuk dibentuk menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah, karena serat ini terbuat dari bahan alami maka bisa terjadi pelapukan. Tidak seperti serat sintetis yang lebih tahan lama.

Kamu harus lebih berhati-hati untuk menjaga keawetan dari serat alami ini.

Fungsi dan Manfaat Serat Alam

Serat alam yang terbuat dari tumbuhan atau pangan mempunyai kandungan selulosa, hemuiselulosa, dan juga lignin. Serat alam yang bisa kamu temukan sehari-hari adalah kain rami dan katun.

Serat dari tumbuhan juga bisa digunakan untuk pembuatan kain dan kertas. Ada pula yang menggunakan serat alam untuk mencukupi kebutuhan nutrisi manusia.

Sedangkan serat alam yang berasal dari hewan memiliki kandungan protein tertentu. Contohnya serat pada bulu domba yang akan dimanfaatkan sebagai kain wol.

Ada juag serat yang berasal dari batang kayu yaitu serat kayu. Selain itu ada pula serat mineral yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan maupun karya seni.

Baca juga:

Alat untuk Membuat Kerajinan Dari Bahan Serat Alam

Alat untuk Membuat Kerajinan Serat Alam
gerejabonoharjo.net

Jika kamu sudah mendapatkan serat alam yang nantinya akan dibuat menjadi kerajinan tangan, maka sekarang kamu perlu menyiapkan alat pendukung agar bisa membuat kerajinan tangan dengan rapi.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua alat bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan tangan dari serat alam.

Hal ini karena serat alam cukup rentan bahannya, sehingga kamu perlu menyiapkan alat-alat tertentu yang tidak akan merusak bahan serat alam.

1. Cutter

Cutter digunakan untuk memotong bahan serat alami. Cutter biasanya digunakan untuk memotong serat alam untuk dibentuk menjadi suatu lingkaran.

Pemotongan yang menggunakan cutter akan mendapatkan hasil yang rapi dan juga mukus terutama pada bagian pinggir.

2. Gunting

Meskipun kamu sudah menyiapkan cutter sebagai alat pemotong, kamu tetap perlu menggunakan gunting. Karena potongan yang dihasilkan oleh cutter dan gunting akan menghasilkan potongan yang berbeda pula.

Hasil potongan yang dihasilkan oleh gunting akan lebih cocok jika kamu menggunakannya untuk bahan serat alam yang tipis.

3. Lem Tembak

Tentu saja kamu akan membutuhkan lem tembak untuk menempel serat alam pada kerajinan tangan kamu. Lem tembak lebih direkomendasikan karena hasilnya yang lebih rapi, mulus, dan berkualitas.

4. Pisau

Pisau juga perlu digunakan untuk memotong karena terkadang ada bahan serat alam yang cukup tebal sehingga akan lebih baik jika dipotong menggunakan pisau.

5. Jarum Jahit

Alat untuk membuat kerajinan dari bahan serat alam yang terakhir adalah jarum jahit. Sesuai dengan namanya, jarum jahit akan kamu gunakan untuk menjahit serat alam.

Kerajinan dari Bahan Serat Alam yang Mudah Dibuat

Berikut ini beberapa kerajinan yang menggunakan bahan serat alam yang mudah dibuat dan sederhana. Yuk, segera cari tahu bagaimana cara membuatnya.

1. Tas dari Serat Daun Nanas

Tas dari Serat Daun Nanas
umkmjogja.com

Masih banyak orang yang tidak tahu bawha serat daun nanas bisa kamu gunakan untuk dibuat menjadi tas yang cantik.

Kerajinan tangan yang satu ini mempunyai jenis serat alam yang terbuat dari tumbuhan nanas.

Kamu perlu menyiapkan daun nanas yang sudah dikeringkan selama satu minggu. Pastikan bahan tersebut sudah benar-benar kering dan tidak mengandung air.

Selanjutnya serat daun nanas dipotong menjadi memanjang. Siapkan pola tas yang akan dibentuk lalu gunting lembaran daun nanas tersebut sesuai dengan pola.

Anyam serat daun nanas mengikuti pola tas. Untuk bagian tali tas bisa kamu gunakan dengan membuat anyaman dari serta daun nanas.

2. Skamul dari Serat Eceng Gondok

Skamul dari Serat Eceng Gondok
masfikr.com

Eceneg gondok juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat skamul lho. Cara membuatnya pun cukup sederhana.

Kamu perlu menyiapkan pola skamul yang ukuran sudah sesuai dengan kaki kamu, lalu anyam serat eceng gondok hingga berbentuk skamul.

3. Keset dari Serat Kelapa

Keset dari Serat Kelapa
slatic.net

Contoh karya kerajinan tangan selanjutnya adalah serat kelapa. Serat kelapa mempunyai daya menyerap air yang baik sehingga bisa dijadikan sebagai keset.

Kamu cukup menganyam serta kelapa tersebut hingga berbentuk keset yang kamu inginkan.

4. Kain dari Serat Sutra

Kain dari Serat Sutra
alicdn.com

Untuk membuat kain dari serat sutra tentu kamu membutuhkan peralatan yang lebih canggih yaitu pemintal benang.

Dengan alat inilah maka kamu bsia memintal serat sutra untuk dijadikan sebagai kain sutra.

5. Tempat Pensil dari Serat Pohon Pisang

Tempat Pensil dari Serat Pohon Pisang
pinterest.com

Serat pohon pisang bisa kamu manfaatkan untuk membuat tempat pensil.

Buatlah tempat pensil dengan menggunakan kertas karton terlebih dahulu lalu tempeli tempat pensil tersebut dengan serat pohon pisang.

6. Dompet dari Serat Daun Pandan

Dompet dari Serat Daun Pandan
detik.net

Begitu pula denga dompet, kamu perlu menyiapkan dompet polos atau dompet yang sudah rusak lalu kamu lapisi dengan daun pandan sehingga menjadi dompet baru yang cantik.

7. Bunga dari Serat Kulit Jagung

Bunga dari Serat Kulit Jagung
kibrispdr.org

Untuk kerajinan dari bahan serat alam selanjutnya adalah bunga. Gunakan serat kulit jagung untuk membuat bunga dengan cara membuat polanya terlebih dahulu.

8. Gelang dari Serat Rami

Gelang dari Serat Rami
padukata.com

Banyak sekali penjual gelang yang menggunakan serat rami sebagai bahan utamanya. Cukup ambil serat rami yang tipis dan bisa kamu anyam menjadi gelang.

9. Bantal dari Serat Kapuk

Bantal dari Serat Kapuk
hipwee.com

Kerajina tangan yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi kamu. Gunakan kain yang sudah dibentuk menjadi bantal, lalu masukan serat kapuk ke dalam kain tersebut.

10. Boneka dari Serat Wol

Boneka dari Serat Wol
akamaized.net

Kamu juga bisa membuat boneka dengan menggunakan serat wol. Kamu harus merajutnya terlebih dahulu. Buatlah bagian-bagian boneka secara terpisah lalu kamu satukan tiap bagiannya dengan teknik merajut.

Itu dia 10 kerajinan dari bahan serat alam yang mudah dibuat dan sederhana. Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan ini di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like