11+ Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat yang Mudah Dibuat

Adahobi, Kerajinan Dari Tanah Liat – Berdasarkan sifat bahan pembuatannya, kerajinan dapat dibedakan menjadi kerajinan bahan lunak dan kerajinan bahan keras.

Seperti namanya, kerajinan bahan lunak merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan yang bersifat lunak serta mudah dibentuk baik menggunakan alat maupun tangan.

Berbeda dengan bahan keras yang membutuhkan alat khusus agar dapat dibentuk. Salah satu contohnya adalah tanah liat.

Karena merupakan bahan yang bersifat lunak dan mudah sekali dibentuk, tanah liat dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan dari tanah liat.

Berikut ini beberapa benda yang dapat dibentuk dari tanah liat.

1. Kerajinan Tanah Liat Berbentuk Bunga

bunga dari tanah liat
ngertiaja.com/

Jika kamu berpikir bahwa tanah liat tidak dapat dibentuk menjadi bunga, maka kamu salah. Pasalnya, dengan sifat tanah liat yang lunak dan mudah dibentuk, membuat bunga bukan hal mustahil.

Kenyataannya, sudah banyak yang membuat bunga dari tanah liat. Salah satu yang umum adalah bunga mawar. Cara membuatnya tidak sulit karena kamu hanya perlu membentuk tanah liat menjadi setengah lingkaran.

Karena bagian tersebut akan dijadikan sebagai mahkota bunga, maka kamu perlu membuat lebih dari satu kemudian meletakkannya dalam keadaan saling menimpa dalam satu garis.

Selanjutnya, gulung salah satu ujungnya hingga membentuk mahkota mawar.

2. Kerajinan Tanah Liat Berbentuk Vas bunga

VAS bunga dari tanah liat
cloudfront.net

Benda lain yang dapat dibuat dari tanah liat adalah vas bunga. Untuk membuat perabotan tersebut, idealnya diperlukan meja putar sehingga bentuk vas yang dihasilkan pun rapi.

Vas bunga dari tanah liat dapat dibuat dengan mempersiapkan campuran tanah liat dengan air terlebih dahulu agar teksturnya pas dan lebih mudah untuk dibentuk.

Dengan menggunakan bantuan meja putar, bentuk bagian bawah vas terlebih dahulu kemudian dilanjut dengan bagian badan vas.

Dengan menggunakan teknik tersebut, pastikan untuk membentuk tanah liat hingga sesuai dengan yang diinginkan baru kemudian menjemurnya hingga kering, membakarnya, kemudian mengecatnya agar tampilan vas bunga menjadi lebih menarik.

3. Alat Makan Unik dari Tanah Liat

Alat makan dari tanah liat
karousell.com

Tanah liat juga dapat dibuat menjadi alat makan unik. Caranya adalah dengan menggunakan tanah liat untuk membuat piring, sendok, maupun gelas yang kemudian diberi hiasan yang berupa ukiran.

Dengan begitu, tampilan alat makan pun menjadi lebih menarik. Teknik pembuatannya pada dasarnya sama dengan teknik pembuatan vas bunga, yaitu dengan menggunakan meja putar, dengan membentuk tanah liat sesuai dengan keinginan sendiri kemudian menjemur dan membakarnya.

4. Tungku Pembakaran dari Tanah Liat

tungku pembakaran
pinterest.com

Kerajinan yang terbuat dari tanah liat juga dapat berupa tungku pembakaran. Tungku pembakaran yang dimaksud adalah tungku pembakaran tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Karena merupakan tungku tradisional, bahan bakar yang digunakan pun masih menggunakan kayu bakar.

Oleh karena itulah pada desain tungku pembakaran tradisional tersebut masih terdapat lubang besar di bagian samping untuk meletakkan kayu bakar.

Lubang lainnya ada di bagian atas sehingga api yang dihasilkan dapat digunakan secara maksimal untuk memasak.

5. Miniatur dari Tanah Liat

miniatur mobil dari tanah liat
ytimg.com

Membuat kerajinan dari bahan tanah liat dapat memberikan berbagai manfaat untuk anak SD, salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik serta membantu mereka untuk mengekspresikan diri dengan bebas.

Misalnya dengan membuat miniatur mobil-mobilan yang diinginkan, miniatur buah, dan lain sebagainya.

Karena manfaat kerajinan tanah liat ini sangat baik, alangkah baiknya jika membuat kerajinan dari bahan tanah liat ini dapat dilakukan di setiap sekolah.

Dengan metode tersebut, anak pun dapat belajar sambil bermain sehingga menjadi lebih rileks saat membuat kerajinan dari tanah liat.

6. Ukiran Timbul dari Tanah Liat

Ukiran Timbul dari Tanah Liat
pinterest.com

Ukiran timbul juga dapat dibuat dengan menggunakan tanah liat. Pada dasarnya, cara membuatnya sama dengan benda lain seperti vas bunga maupun peralatan makan yang terbuat dari tanah liat.

Namun, untuk membuat ukiran timbul pada tanah liat, dibutuhkan peralatan khusus yang berupa alat pahat.

Dengan menggunakan alat itulah kamu dapat memahat pola-pola yang diinginkan pada calon tembikar. Setelahnya, baru dapat dijemur dan dibakar.

7. Celengan dari Tanah Liat

Celengan dari Tanah Liat
antarafoto.com

Tanah liat dapat digunakan untuk membuat celengan. Caranya adalah dengan memikirkan desain atau gambaran celengan yang akan dibuat kemudian membentuknya sesuai dengan gambaran tersebut.

Di masa sekarang, celengan yang terbuat dari tanah liat masih dapat ditemukan dengan berbagai bentuk yang lucu. Meski begitu, anak juga dapat diajak untuk membuat celengan sendiri.

Dengan mengajari anak untuk membuat celengan tanah liat, orang tua tidak hanya membantu anak untuk melatih kemampuan motoriknya tetapi juga dapat menanamkan semangat giat menabung kepada anak.

8. Asbak dari Tanah Liat

asbak dari Tanah Liat
alicdn.com

Salah satu kerajinan tanah liat yang mudah dibuat adalah asbak alias tempat abu rokok. Untuk membuat asbak, tanpa menggunakan meja putar pun sebenarnya dapat dilakukan selama desain asbaknya sederhana.

Namun, agar hasilnya berkualitas tinggi, pembuatan asbak sebaiknya menggunakan bantuan meja putar. Dengan begitu, asbak yang dihasilkan pun menjadi lebih rapi dan menarik.

9. Kendi atau teko

kendi dari Tanah Liat
tokopedia.net

Teko atau poci merupakan salah satu perabotan yang fungsinya adalah sebagai wadah teh maupun campuran herbal dengan air, sementara kendi adalah perabotan mirip teko yang juga terbuat dari tanah liat.

Sama seperti teko, fungsi utama kendi adalah untuk wadah air minum, terutama bagi masyarakat yang masih tradisional.

Kendi dan teko dapat dibuat di atas meja putar seperti saat membuat vas bunga.

Bedanya, kendi dan teko merupakan contoh kerajinan dari tanah liat yang ukurannya cenderung lebih kecil dari vas bunga dan memiliki bagian untuk keluarnya air sehingga cara pembuatannya pun sedikit berbeda.

Baca juga:

10. Patung dari Tanah Liat

patung dari Tanah Liat
pinterest.com

Tanah liat dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat patung. Namun, dibanding dengan batu yang lebih sering digunakan untuk membuat patung, patung yang terbuat dari tanah liat cenderung lebih pasif.

Ini karena batu memiliki sifat keras yang alami. Sebaliknya, tanah liat memiliki tekstur yang lunak sehingga lebih mudah untuk retak, patah dan pecah.

Oleh karena itulah patung atau ornamen yang terbuat dari tanah liat biasanya berukuran lebih kecil dibanding patung yang terbuat dari bahan batu.

Walau batu alam memiliki kelebihan dengan sifatnya yang kuat dan keras, tetapi patung yang terbuat dari tanah liat cenderung lebih ringan dibanding batu.

Oleh karena itulah tanah liat merupakan bahan yang aman dan sangat cocok untuk mengenalkan anak dengan seni kriya atau kerajinan.

11. Guci dari Tanah Liat

guci dari Tanah Liat
akamaized.net

Bentuk dan tampilan guci memang serupa dengan vas bunga. Namun, kedua benda tersebut nyatanya berbeda. Perbedaannya terletak pada material atau bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut.

Guci biasanya terbuat dari keramik atau tanah liat, sementara vas bunga dapat dibuat dengan menggunakan lebih banyak variasi bahan seperti kaca, plastik, kayu, dan lain-lain.

Guci juga memiliki lubang yang cenderung lebih besar dibanding vas bunga. Tergantung keterampilan pembuatnya, guci dapat diberi ornamen, misalnya kuntum bunga yang disematkan di bagian badan guci.


Itulah tadi beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari tanah liat, semoga dengan contoh sederhana tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi dalam membuat kerajinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like