AdaHobi – Kardus merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai kemasan barang kebutuhan sehari-hari dan sebagian besar berakhir menjadi limbah. Anda bisa berkontribusi mengurangi sampah dengan membuat kerajinan tangan dari kardus seperti contoh-contoh berikut ini.

Kerajinan Tangan dari Kardus yang Unik dan Bermanfaat

Butuh ide kerajinan tangan dari kardus yang berbeda dari yang lain? Gambar-gambar berikut ini bisa saja menjadi inspirasi Anda untuk berkreasi. Ada macam-macam ide kerajinan tangan berbahan kardus yang mungkin bisa Anda inovasikan.

Rumah Kucing

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
http://www.greengaia.kr

Bagi pecinta kucing, memberikan tempat yang nyaman bagi binatang kesayangan tentu sangat penting. Anda bisa mengganti kandang kucing yang biasa dijual dengan rumah kucing dari kardus yang bisa dibuat sendiri. Selain mudah dibuat, rumah kucing dari kardus juga tentunya sangat murah.

Anda bisa berkreasi sesuka hati dalam menentukan bentuk rumah kucing yang akan dibuat. Rumah kucing bisa dibuat dari satu kardus besar atau beberapa kardus kecil yang disusun jika Anda memiliki kucing lebih dari 1 ekor. Buatlah lubang-lubang untuk tempat kucing keluar-masuk dan bermain.

Tempat Alat Tulis

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://ahmadelhaq.com

Meja yang berantakan membuat suasana kerja atau belajar menjadi tidak nyaman. Selain itu, Anda juga sering dibuat pusing karena benda yang dibutuhkan tidak ditemukan. Untuk mengatasinya, buatlah kerajinan tangan dari kardus bekas berupa tempat alat tulis dan pernak-pernik.

Untuk membuat wadah serbaguna ini, pilih kardus yang cukup tebal dan kuat. Potong kardus dengan bentuk persegi panjang untuk bagian belakang, depan, alas, dan laci serta trapesium untuk sisi kanan dan kirinya. Sambungkan keempat bagian tersebut dengan lem dengan susunan seperti pada gambar.

Buatlah sebuah laci kecil berbentuk persegi panjang dengan lubang kecil di bagian depan untuk menarik laci. Untuk mempermanis, lapisi kotak serbaguna yang sudah dibuat dengan kertas kado, baik polos maupun bermotif, sesuai kesukaan Anda. Tambahkan aksesori jika diperlukan.

Minatur Rumah

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
https://amazon.com/

Kardus bekas juga bisa menjadi sarana mempererat hubungan antara orang tua dengan anaknya. Miniatur rumah dari kardus ini akan membuat kegiatan bermain bersama anak jadi lebih seru. Tak hanya saat memainkannya, dalam proses pembuatannya pun Anda bisa melibatkan anak.

Ada banyak bentuk miniatur rumah yang bisa dibuat, dari yang sederhana hingga yang cukup rumit. Selain dari kardus cokelat biasa, rumah miniatur juga sering dibuat sebagai kerajinan tangan dari karton berwarna sehingga lebih menarik.

Jam Dinding

Kerajinan dari Kardus Bekas
http://iroiro78.blogspot.com

Jam dinding tidak harus selalu berbentuk bulat atau persegi empat, juga tidak melulu dibuat dari plastik, kayu, dan kaca. Bahan sesederhana kardus bekas pun bisa menghasilkan kreasi jam dinding yang tak kalah bagus dari jam dinding yang dibuat dari bahan lainnya.

Jam dinding yang satu ini dibuat dengan mengambil bentuk rumah burung. Di bagian depannya dibuat sebuah jendela dan angka-angka untuk menunjukkan waktu. Setelah itu, jam dinding ini diperindah dengan dekorasi tiga dimensi di sekelilingnya dan dilengkapi bandul jam yang antik.

Jika ditekuni secara serius, kreasi jam dinding dari kardus ini bisa menjadi usaha sampingan. Selain modalnya kecil, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan kardus, tidak seperti membuat kerajinan tangan dari kaset bekas yang bahan bakunya sudah jarang ditemukan.

Bingkai Foto

Kerajinan dari Kardus Bekas
http://decorhacks.com

Bingkai ini banyak dibuat sebagai kerajinan tangan dari kardus bekas dan cara membuatnya pun tidak sulit. Anda hanya perlu memotong kardus sesuai ukuran bingkai yang akan dibuat sebanyak dua buah. Potongan yang akan digunakan untuk bagian depan diberi lubang segi empat atau lingkaran.

Langkah selanjutnya adalah menyatukan kedua lembar karton tersebut, lalu menghias bagian depannya. Pada contoh ini, pinggiran dan hiasan bingkai dibuat dari kardus bergelombang (corrugated carton box). Kardus dipotong-potong dalam bentuk geometris, lalu ditempelkan secara acak, tetapi harmonis.

Kotak Tisu

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://amazon.com/

Kotak tisu dari kardus bekas termasuk salah satu kerajinan yang sangat mudah dibuat. Selain kardus bekas, Anda hanya perlu menambahkan kertas kado sebagai pelengkap. Setelah membuat kotak utuh dengan lubang di atasnya, lapisi seluruh permukaan kotak tisu dengan kertas kado.

Untuk memasukkan tisu, Anda bisa membuat bukaan di atas maupun samping. Kotak tisu juga bisa menjadi kerajinan tangan dari kardus susu formula yang sangat praktis karena Anda hanya perlu membuat lubang di bagian atas, lalu menutup permukaannya dengan kertas kado atau pelapis yang lain.

Hiasan Dinding

Kerajinan dari Kardus Bekas
http://pinterest.com

Percaya atau tidak, hiasan dinding berbentuk hati yang artistik ini ternyata hanya dibuat dari potongan-potongan karton bekas tisu gulung. Kunci dari keindahan dekorasi ini adalah Anda harus menggunting, menyusun, dan merekatkan dengan sangat rapi.

Karton berbentuk tabung dipotong kecil-kecil dengan ketebalan yang sama, kemudian tekan di titik yang berseberangan agar kardus berbentuk seperti daun. Selanjutnya, susunlah sedemikian rupa hingga membentuk hati (atau bentuk lainnya) dan rekatkan dengan lem.

Anda bisa membuat alas terlebih dahulu dari karton yang dipotong dengan bentuk hati atau bentuk lain yang diinginkan, lalu potongan-potongan kardus dilem di atasnya, setelah itu barulah ditempelkan ke dinding. Cara lainnya, Anda bisa menyusun dan menempelkan potongan karton langsung ke dinding.

Mainan

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://id.aliexpress.com

Melatih si kecil agar gemar menabung bisa dilakukan dengan membuatkannya celengan yang menarik. Celengan ini merupakan contoh kerajinan tangan dari kardus susu dan cara membuatnya sama sekali tidak sulit. Kelebihan celengan ini adalah tahan lama karena lapisan dalamnya tahan terhadap air.

Yang perlu diperhatikan adalah kotak bekas susu ini harus dicuci dan dikeringkan dahulu. Setelah itu, rapikan bentuk kardus agar kembali ke bentuk semula, kemudian tutupi permukaannya dengan kertas polos yang digambari atau kertas bermotif. Jangan lupa, buat lubang kecil tempat memasukkan koin.

Bunga

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
https://amazon.com/

Bunga-bunga cantik ini lebih tepat dibuat dari kardus bekas susu karena lebih tipis sehingga lebih mudah digunting dan dibentuk. Caranya, gambarlah pola kelopak bunga dan daun yang akan dibuat seperti contoh yang ada pada gambar dan guntinglah sesuai pola.

Selanjutnya, warnai helaian-helaian kelopak bunga tersebut. Setelah kering, susun hingga membentuk bunga utuh dan serut bagian ujungnya membentuk lekukan agar kerajinan tangan dari kardus susu ini terlihat lebih natural. Rangkai beberapa batang bunga dan simpan dalam vas cantik.

Kap Lampu

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
http://arsitekhom.blogspot.com

Mempercantik tampilan lampu tidur atau lampu hias bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan murah. Salah satu caranya adalah dengan membuat kap lampu dari kardus bekas. Gambar di atas merupakan contoh membuat kap lampu hias yang paling sederhana.

Siapkan corrugated carton box atau kardus bergelombang, lalu potong dengan bentuk memanjang. Selanjutnya, setiap potongan kardus dibentuk menjadi segilima, kemudian disusun secara vertikal dengan posisi bersilangan seperti tampak pada gambar dan direkatkan dengan lem.

Untuk bagian atas, potong kardus lain dengan bentuk segilima dan buat lubang kecil di tengahnya untuk tempat memasukkan kabel. Setelah lampu dipasang di sisi lainnya, tutupkan bagian atas ini ke atas kap lampu yang tadi sudah dibuat.

Kerajinan dari Kardus Bekas Sederhana yang Mudah Dibuat

Kardus merupakan salah satu sampah yang banyak ditemui di lingkungan sekitar, termasuk di dalam rumah.

Daripada dibiarkan menumpuk, lebih baik kreasikan menjadi kerajinan dari kardus. Simak 10 ide kerajinan dari kardus dan cara membuatnya berikut ini.

Tempat Sampah Lucu dan Menggemaskan

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://pinterest.com

Membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan dimulai dari diri sendiri. Agar Anda dan keluarga lebih semangat untuk menjaga kebersihan, cobalah untuk membuat tempat sampah yang merupakan kerajinan dari kardus bekas ini.

Yang Anda perlukan untuk membuat tempat sampah ini adalah kardus bekas, gunting atau pisau, lem, kertas berwarna, sebatang kayu kecil, dan paku kecil.

Pertama, potong salah satu sisi kardus sehingga membentuk segitiga. Ambil kardus yang lain, lalu potong salah satu bagian kardus sehingga membentuk persegi panjang.

Pastikan persegi panjang tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan segitiga yang terbuka pada kardus yang tadi telah dipotong. Hubungkan kedua sisi kardus yang berbentuk segitiga menggunakan sebatang kayu kecil.

Bungkus permukaan kardus menggunakan kertas berwarna. Jangan lupan untuk merekatkan kertas tersebut menggunakan lem.

Tekuk potongan kardus yang berbentuk persegi panjang, lalu letakkan di atas kayu kecil yang menghubungkan dua sisi kardus. Rekatkan kardus pada kayu menggunakan sebuah paku kecil.

Hias kardus sesuka hati. Anda dapat menggambar mata dan mulut agar tempat sampah tersebut tampak lucu dan menggemaskan.

Kap Lampu Murah

Kerajinan dari Kardus Bekas
http://minimalistdesignconcept.blogspot.com

Ingin mempercantik dekorasi rumah dengan biaya yang terjangkau? Anda dapat mewujudkannya dengan membuat kerajinan dari kardus susu bayi yang dikreasikan menjadi kap lampu.

Anda hanya perlu membuka lipatan kardus dan memotongnya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tekuk potongan-potongan kardus sehingga membentuk segi lima. Buatlah beberapa segi lima dari potongan kardus tersebut.

Tumpuk beberapa segi lima yang telah Anda buat seperti yang tampak pada gambar. Tambahkan sebuah kertas karton yang dipotong membentuk segi lima yang nantinya akan digunakan sebagai pegangan lampu.

Kotak Peralatan Rias

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
https://youtube.com

Mungkin Anda telah banyak menemukan berbagai macam tutorial kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya. Salah satunya adalah cara membuat kotak peralatan rias.

Kali ini, Anda akan mempelajari cara membuat kotak peralatan rias yang mudah untuk dibuat dengan bahan dasar kardus bekas.

Untuk membuat kotak ini, Anda harus menyiapkan kardus berukuran besar, isolasi, penggaris, gunting, lem tembak, dan kertas kado.

Pertama, buka lipatan pada kardus, lalu potong kardus hingga mendapatkan bentuk persegi panjang. Tekuk persegi panjang hingga membentuk sebuah daun pintu.

Tambahkan satu persegi panjang lagi untuk mendapatkan sisi yang lain dan satu daun pintu lagi.

Buka kembali lekukan kardus, dan tambahkan dua buah sekat dari kardus pada bagian tengah. Lem sekat tersebut dan beri isolasi pada kedua sisinya agar sekat dapat berdiri kokoh. Selanjutnya, tambahkan beberapa potongan kardus kecil sebagai rak dan laci.

Jangan lupa untuk selalu melapisi bagian pinggiran kardus dan rusuk-rusuk kardus menggunakan isolasi agar kardus menyatu dengan sempurna, serta menyamarkan ketidak sempurnaan pada pinggiran kardus.

Langkah terakhir, lapisi seluruh bagian kardus dengan kertas kado, lalu hias sesuai dengan selera Anda.

Kotak Penyimpan Perhiasan

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://youtube.com

Wanita memang tidak dapat dipisahkan dari perhiasan. Tak jarang beberapa wanita gemar mengoleksi aneka macam perhiasan untuk menyempurnakan penampilannya.

Akan tetapi, perhiasan tersebut seringkali teronggok begitu saja di atas meja rias atau di dalam laci, sehingga laci menjadi berantakan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat kerajinan dari kardus susu dan mengubahnya menjadi sebuah kotak perhiasan. Jangan lupa untuk memberikan sekat pada laci kotak perhiasan tersebut agar perhiasan dapat tersimpan dengan rapi.

Pengeras Suara Ramah Kantung

Kerajinan dari Kardus Bekas
http://osxdaily.com/

Kerajinan dari karton ini akan sangat bermanfaat untuk para penikmat musik. Kini Anda tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan sebuah pengeras suara.

Dengan berbekal karton tisu gulung dan dua buah gelas plastik, Anda sudah bisa mendapatkannya.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya harus melubangi kedua gelas plastik yang telah disediakan. Pastikan lubang tersebut memiliki ukuran yang sama dengan diameter karton.

Masukkan karton pada kedua sisi gelas plastik. Lubangi bagian atas karton sebagai tempat menyelipkan ponsel. Masukkan ponsel ke dalam lubang yang berada pada atas karton, lalu mainkan musik kesukaan Anda.

Cara kerja alat sederhana ini menggunakan prinsip suara yang memantul pada permukaan benda yang keras.

Tempat Parkir Mini

Ide Kerajinan dari Kardus Bekas
https://id.pinterest.com

Isi akhir pekan Anda dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti membuat mainan dari kardus bersama buah hati. Selain mengasah kreatifitasnya, kegiatan ini juga mampu menjauhkannya dari gawai.

Anda hanya memerlukan kardus bekas, gunting atau pisau, isolasi, dan lem untuk membuat mainan dari kardus, seperti tempat parkir mobil ini.

Tanyakan kepada putra Anda tentang konsep tempat parkir mobil seperti apa yang ingin ia buat. Biarkan ia mengeksplorasi imajinasinya, dan bantulah ia menggunting kardus-kardus bekas tersebut.

Selain dapat digunakan sebagai alat untuk bermain peran, kardus ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan koleksi mainan mobil-mobilan buah hati Anda.

Istana Raja

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://www.kixcereal.com/

Kerajinan dari kardus sepatu ini juga dapat menjadi alternatif menarik untuk mengisi akhir ppekan Anda bersama sang buah hati. Dengan menggunakan kardus sepatu, Anda dan buah hati dapat menciptakan sebuah istana kardus.

Untuk membuat istana ini, Anda memerlukan kardus sepatu bekas, karton tisu gulung, kertas berwarna atau kertas lips, tali, dan spidol untuk menggambar jendela dan pintu gerbang pada kardus.

Selanjutnya, biarkan daya imajinasi buah hati Anda bekerja. Kegiatan ini dapat menjadikanny amenjadi lebih kreatif, dan pastinya dapat mengobati kecanduan terhadap gawai.

Kotak Penyimpanan Serbaguna

Kerajinan dari Kardus Bekas
https://youtube.com

Sebuah kardus bekas memang menyimpan banyak potensi. Maka dari itu, apabila Anda memiliki banyak kardus bekas di rumah, jangan buru-buru untuk membuangnya karena bisa jadi kardus tersebut bisa menjadi barang yang bermanfaat.

Kotak penyimpanan serbaguna ini, misalnya, terbuat dari kardus bekas. Cara membuatnya mudah, tetapi manfaatnya sangat besar. Kotak ini dapat membantu Anda untuk membuat rumah tampak lebih rapi.

Untuk membuat kotak penyimpanan ini, Anda perlu memotong dua sisi pendek penutup kardus. Jangan membuang potongan kardus tersebut karena Anda akan menggunakannya kembali sebagai sekat di dalam kotak penyimpanan.

Setelah itu, tutup bagian bawah kardus menggunakan isolasi agar isi di dalam kardus tidak berceceran. Lapisi seluruh permukaan kardus dengan kertas kado. Lapisi bagian dalam kardus dan bagian yang dipotong tadi menggunakan kertas berwarna putih.

Kemudian, masukkan salah satu potongan tersebut tepat di bagian dasar kardus. Lalu, tempelkan potongan yang lainnya tepat di tengah bagian dalam kardus sebagai penyekat.

Gunakan dua tutup botol Akua yang di tempel pada bagian penutup kardus sebagai gagang. Anda data menggunakan stik es krim atau tali sebagai pengunci gagang tempat penyimpanan serbaguna ini.


Ternyata begitu banyak barang unik yang bisa dibuat dari kardus. Makin banyak orang yang tertarik membuat kerajinan tangan dari kardus, makin berkurang sampah yang dibuang ke lingkungan. Karena itu, jangan ragu untuk mulai berkreasi dengan memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumah.

Setelah mempelajari kerajinan dari kardus bekas dan cara membuatnya, sekarang giliran Anda untuk berkreasi menggunakan kardus-kardus bekas yang teronggok di gudang. Selamat berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik