AdaHobi – Es krim adalah jajanan yang disukai semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, bahkan orang tua. Tak heran jika sampah berupa stik es krim pun cukup banyak dihasilkan. Daripada terbuang begitu saja, akan lebih baik jika Anda mendaur ulang sampah ini menjadi kerajinan tangan dari stik es krim.

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim dan Cara Membuatnya

Apa saja kerajinan yang bisa dibuat dari stik es krim? Jawabnya, banyak sekali, mulai dari yang mudah dibuat hingga yang cukup rumit. Bagi Anda para pemula, contoh kerajinan tangan dari stik ice cream berikut ini cukup mudah untuk dicoba.

Pajangan Meja Berbentuk Karavan

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://id.pinterest.com

Pajangan meja cantik berbentuk karavan ini dibuat dari stik es krim, kayu bulat untuk roda, renda, dan bunga plastik. Langkah pertama untuk membuat karavan adalah menyusun stik es krim secara mendatar untuk membentuk alas.

Selanjutnya, buat buat dinding-dinding karavan dengan menyusun stik es krim secara vertikal maupun horizontal. Sisakan lubang untuk jendela di bagian samping dan pintu di bagian depan. Atap karavan dibuat dengan bantuan karton yang dibentuk melengkung.

Pada sisi-sisi atap, rekatkan potongan-potongan stik es krim dan renda untuk mempercantik karavan. Agar lebih tampak menyerupai aslinya, buat daun jendela, daun pintu, pagar, dan tangga di bagian depan. Terakhir, pasang keempat roda karavan yang dibuat dari kayu atau bisa juga bahan lainnya.

Lampu Tidur

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://instagram.com/

Tak perlu membeli, Anda bisa membuat kerajinan tangan dari stik es krim lampu tidur sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan stik es krim, cutter, kardus, lampu, kabel, dan dudukan lampu. Rekatkan 4 buah stik es krim membentuk bujur sangkar. Buat beberapa buah.

Susun setiap bujur sangkar tersebut hingga mencapai tinggi yang diinginkan, rekatkan dengan lem. Potong kardus sesuai ukuran bujur sangkar, pasang dudukan lampu dan bola lampunya di tengah kardus. Hubungkan dengan kabel dan letakkan di dalam kap lampu dari stik es krim.

Vas Bunga

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://bukalapak.com/

Vas bunga unik dari stik es krim ini dijamin tidak akan pecah sehingga aman untuk Anda yang memiliki anak kecil. Susun batang stik es krim membentuk tabung dengan ukuran sesuka Anda, rekatkan dengan lem. Buat alas vas bunga dengan menyusun stik es krim membentuk papan, rekatkan dengan lem.

Pasang tabung stik es krim yang sudah dibuat di atas alas dan rekatkan menggunakan lem. Letakkan bunga hias di dalam vas. Untuk mempercantik, Anda bisa menambahkan hiasan berupa pagar, mengikatnya dengan pita, atau mengecat vas dengan warna kesukaan.

Kotak Tisu

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://bukalapak.com/

Kotak tisu yang cantik ini juga bisa dibuat dengan cara yang sangat mudah. Pertama, warnai stik es krim dengan warna apa pun yang Anda sukai. Setelah kering, buat alas kotak tisu dengan cara menyusun stik es krim secara mendatar dan rekatkan dengan lem.

Langkah selanjutnya, susun stik di keempat sisi alas secara berselang-seling hingga tingginya sesuai dengan yang diinginkan. Buat tutup kotak dengan cara yang sama seperti alas, tetapi sisakan lubang pada bagian tengah. Untuk merekatkan tutup, pasang magnet di tepi kanan dan kiri kotak dan tutupnya.

Miniatur Burung

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
http://r4hmad23.blogspot.com/

Untuk membuat miniatur burung ini digunakan dua jenis stik es krim jenis posicle dan sendok es krim dari kayu yang biasa dipakai pada es krim cup. Sebelum dirangkai, Anda bisa mewarnai stik es krim lebih dulu hingga menyerupai bulu burung.

Ambil satu buah sendok es krim, gunakan sebagai badan burung. Selanjutnya buat sayap burung dengan merangkai sendok es krim satu per satu membentuk sayap yang sedang mengembang. Lakukan pada sisi kanan dan kiri. Karena susunannya cukup tebal, gunakan lem yang cukup kuat.

Selanjutnya, bentuk ekor burung dengan merekatkan beberapa potong stik es krim yang sudah dipotong menjadi dua. Susun hingga menyerupai ekor burung yang sedikit mengembang. Buat gambar mata dan pasang paruh burung yang juga dibuat dari sendok es krim yang dipotong kecil.

Tempat Pensil

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://pinterest.com

Tempat pensil lucu ini pasti disukai anak-anak dan membuat mereka makin bersemangat dalam belajar. Membuatnya juga tidak sulit. Warnai stik es krim dengan warna kesukaan anak, lalu buat alas tempat pensil dengan menyusun stik pensil secara mendatar hingga membentuk bujur sangkar.

Selanjutnya, buat susun stik es krim secara vertikal, rekatkan dengan lem dengan ukuran sesuai alas. Buatlah sebanyak empat buah karena akan digunakan sebagai sisi-sisi tempat pensil. Rekatkan keempat sisi kotak ke bagian alas dengan lem.

Sebetulnya, tempat pensil ini sudah bisa digunakan, tetapi akan lebih menarik jika Anda menambahkan beberapa hiasan, misalnya bentuk bunga atau serangga lucu berwarna-warni. Tempelkan hiasan di salah satu sisi tempat pensil, tambahkan juga pita pemanis di bagian atas kotak.

Pembatas Buku

Kreasi Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
http://pinterest.com

Bagi yang memiliki hobi melukis, stik es krim juga bisa menjadi media untuk mengekspresikan bakat seni Anda. Buat pembatas buku dengan cara melukis stik es krim dengan karakter manusia, binatang lucu, tokoh kartun, atau apa saja. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan kertas aneka motif.

Dekorasi Dinding

Kreasi Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://pinterest.com

Menghias ruangan dengan dekorasi dinding tidak harus selalu menguras isi dompet. Anda bisa berhemat dengan membuat hiasan dinding dari stik es krim. Selain mudah dibuat, Anda juga bisa berkreasi sesuka hati dalam membuat bentuk hiasan dinding yang menarik.

Rak berbentuk heksagon ini sangat menarik, bukan? Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyusun stik es krim hingga membentuk segi enam. Buat sebanyak mungkin, lalu susun hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Anda bisa menyusun beberapa rak heksagonal sesuai selera.

Selain rak heksagonal, rak segitiga juga tak kalah menarik. Rak ini dibuat dengan menyambung dua stik es krim pada bagian alas dan tiga stik es krim untuk dua sisi lainnya. Seperti juga rak heksagonal, susun segitiga-segitiga tersebut hingga ketebalan tertentu.

Jam Dinding

Kreasi Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://mesineskrim.co/

Jam dinding unik ini dibuat dari stik es krim, kardus, mesin jam dan lengan jam dinding, CD bekas, dan manik-manik. Gunakan CD bekas sebagai alas untuk menyusun stik es krim hingga membentuk lingkaran. Sisakan lubang di bagian tengah untuk memasang lengan jam dinding.

Pasang manik-manik di sela-sela stik es krim dengan jarak sesuai selera Anda. Selanjutnya, pasang mesin jam dinding dan baterai di bagian belakang. Perlu diperhatikan, gunakan double tape atau lem yang kuat untuk merekatkan stik es krim dengan manik-manik dan dengan CD.

Bingkai Foto

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim
https://bukalapak.com/

Salah satu kerajinan tangan dari stik ice cream yang mudah dibuat adalah bingkai foto. Dengan bahan stik es krim, kuas, gunting, dan kertas tebal, Anda sudah siap membuat bingkai foto ini. Anda bisa membuat bingkai foto dengan bentuk paling sederhana hingga yang sangat artistik.

Untuk membuatnya, siapkan pola bingkai yang hendak dibuat, lalu warnai cat stik es krim dengan warna yang Anda sukai. Susun stik sesuai pola, rekatkan dengan lem yang kuat, kemudian tambahkan hiasan seperti pita, stiker, glitter, atau lainnya. Terakhir, pasang tripleks atau karton di bagian belakang bingkai.


Begitu banyak kerajinan tangan dari stik es krim yang bisa dibuat. Jadi, mulai sekarang, jangan buang stik es krim Anda. Namun, selain mengumpulkan sendiri, Anda juga bisa membeli stik es krim yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik