Ketahui Informasi Lapangan Lompat Jauh [Lengkap]

Adahobi, Lapangan lompat jauh – Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam olimpiade. Sebagaimana olahraga pada umumnya, ada aturan yang harus dipenuhi dalam cabang olahraga ini. Salah satunya mengenai standar lapangan lompat jauh. Di dunia, ada standar yang harus dipenuhi oleh lapangannya agar setiap atlet dapat melakukan lompat jauh secara adil.

Fakta Menarik Lapangan Lompat Jauh

Fakta Menarik Lapangan Lompat Jauh

Berikut ini ada beberapa fakta dan informasi seputar lapangan lompat jauh yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Lapangan Lompat Jauh

Lapangan untuk olahraga lompat jauh merupakan lapangan yang sederhana, bentuknya persegi panjang dengan tambahan bak pasir. Terdapat lintasan lari dan papan untuk melakukan tumpuan melompat.

Umumnya lapangan dari cabang olah raga ini menggunakan pasir halus, tidak boleh ada kerikil ataupun batu di dalamnya. Sebelum perlombaan ataupun lompat jauh dilakukan, harus dipastikan tidak ada kerikil, batu ataupun benda lain selain pasir di dalamnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, lapangan lompat jauh harus bersih dari batu ataupun kerikil untuk melindung atlet. Jika ada batu di dalamnya, besar kemungkinan atlet akan cidera dan mengalami luka ketika pendaratan dilakukan.

2. Benda di Lapangan Lompat Jauh

Ada beberapa aspek penting yang harus disiapkan untuk membuat lapangan cabang olah raga ini, diantaranya adalah:

  • Tempat mendarat atau bak pasir, dengan ukuran yang sudah ditentukan.
  • Papan indicator.
  • Adanya papan untuk melakukan tumpuan.
  • Balok untuk melakukan lompat jangkit.
  • Lintaran lari dengan ukuran secukupnya, namun biasanya untuk ukuran lintasan lari sudah disediakan standar.

Jika Anda hendak membuat lapangan lompat jauh, pastikan semua benda dan aspek tersebut terpenuhi. Sehingga lapangan yang hendak dibuat sesuai dengan standar internasional untuk cabang olahraga yang satu ini.

Baca juga :

Lapangan Lompat Jauh dan Ukurannya

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam pembuatan lapangan olah raga ini, berikut adalah aturan dan ukuran yang harus Anda ketahui. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang sudah disepakati secara internasional. Dengan demikian, setiap atlet lompat jauh mendapatkan kesempatan melompat yang sama.

Berikut ini merupakan ukuran tiap bagian dalam lompat jauh, diantaranya:

  • Panjang bak lompat, kurang lebih ukurannya 7 sampai 9 meter.
  • Lebar bak untuk melakukan lompatan, ukurannya harus 2,75 meter, tidak boleh kurang dan lebih.
  • Lebar lintasan untuk melakukan awalan lompat jauh, ukurannya harus 1,22 meter.
  • Lebar papan untuk melakukan tumpuan lompatan, ukurannya 20 cm dan harus memiliki ukuran yang sama.
  • Panjang papan tumpuan, ukurannya harus 1,22 meter, tidak boleh kurang ataupun lebih.

Bagian lain yang perlu dipersiapkan adalah lintasan untuk berlari sebelum melakukan tolakan lompat jauh. Lapangan lompat jauh minimalnya memiliki lintasan lari sepanjang 40 meter dan ukuran tersebut merupakan ukuran minimal. Jadi membuat lapangan ini harus dipertimbangkan dengan baik.

Kemudian jarak antara balok untuk melakukan tumpuan lompat jangkit dengan papan untuk tumpuan adalah 13 meter. Dengan ukuran tersebut atlet dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan lompatan.

Pada bagian pinggir lapangan lompat ini juga harus diberikan jeda ukuran. Di bagian lintasan lari, misalnya, harus disediakan ukuran 1,2 mm garis batas lintasan lari dengan garis luar lapangan. Hal yang sama untuk tempat mendarat, dari garis luar lapangan, bak mendarat harus berukuran 2,75 mm dari garis luar.

Pasir yang digunakan untuk mengisi bak lompat jauh bukanlah pasir sembarangan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lapangan lompat jauh merupakan batas atau titik mengukur seberapa jauh lompatan atlet dari papan tolakan, sehingga pasirnya harus dalam keadaan halus.


Jadi itulah informasi mengenai ukuran lapangan lompat jauh lengkap dengan beberapa fakta yang perlu untuk Anda ketahui. Pada dasarnya pembuatan lintasan lompat jauh tidaklah sulit karena sudah ada aturan baku baik untuk standart nasional, maupun internasionalnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like