10+ Macam Latihan Keseimbangan Tubuh [Statis dan Dinamis]

Adahobi, Macam-macam latihan keseimbangan – Dalam pelajaran olahraga, pasti kalian sering menemukan pertanyaan berupa “Sebutkan Macam-Macam Latihan Keseimbangan” ya, pertanyaan tersebut merupakan salah satu bentuk soal yang sudah sangat tidak asing bagi para siswa.

Hal ini memang dikarenakan bentuk latihan keseimbangan merupakan salah satu latihan yang cukup penting untuk dipelajari dan dipahami. 

Tapi apakah kalian sudah tahu contoh latihan keseimbangan yang bisa dipelajari? Jika belum, maka pembahasan berikut ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari berbagai macam latihan keseimbangan, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Macam-Macam Latihan Keseimbangan

Apakah kalian sudah tahu, bahwa untuk menjaga tubuh agar bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan mudah, maka dibutuhkan sebuah keseimbangan, dimana untuk mendapatkan hal tersebut tentunya tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan harus dengan berlatih beberapa bentuk latihan keseimbangan. 

Adapun tujuan dan manfaat latihan keseimbangan adalah bisa meningkatkan kemampuan dan juga gerak tubuh secara leluasa.

Bukan hanya itu saja, dengan latihankeseimbangan maka otot yang ada pada inti tubuh, punggung yang ada pada bagian bawah dan juga kaki akan semakin kuat, maka dari itulah sangat disarankan untuk melakukan beberapa latihan yang bisa menjaga keseimbangan tubuh.

Berikut ini merupakan contoh latihan keseimbangan yang bisa kalian terapkan untuk menjaga tubuh agar bisa mengurangi cidera kelak saat lanjut usia!

1. Berdiri Dengan Satu Kaki

Contoh latihan keseimbangan adalah berdiri dengan menggunakan satu kaki, dimana latihan ini bisa dilakukan dengan cara mengangkat satu kaki sedangkan satu kaki lainnya digunakan untuk menyangga tubuh.

Latihan berdiri dengan menggunakan satu kaki ini termasuk kedalam jenis olahraga yang cukup sederhana.

Meskipun demikian, jangan remehkan tingkat kesulitan dari olahraga ini, karena memang tidak semua orang bisa berdiri dengan menggunakan kaki.

Tapi, bagi kalian yang sudah sering berlatih olahraga ini, maka sudah dipastikan kalian bisa berdiri dengan waktu yang cukup lama.

Adapun bagi kalian yang merupakan seorang pemula, maka kalian bisa menggunakan bantuan berupa kursi yang bisa digunakan untuk pegangan. Untuk waktunya kalian bisa melakukan latihan tersebut selama beberapa menit.

2. Berjalan Mengikuti Garis Lurus

Apakah kalian tahu, ternyata berjalan juga merupakan salah satu bentuk latihan keseimbangan loh, tapi yang dimaksud disini bukan berjalan pada sembarang arah ya, melainkan berjlan dengan mengikuti garis lurus.

Dengan berjalan mengikuti garis lurus tersebut, maka akan terbentuk sebuah keseimbangan yang sempurna.

Adapun manfaat lain yang bisa didapatkan dari berjalan dengan mengikuti garis lurus adalah bisa mealtih otot-otot kaki, sehingga kaki bisa menahan tubuh dengan baik.

Biasanya para model kecantikan lah yang sering menerapkan latihan ini untuk menghadapi sebuah kompetisi atau sebuah festival.

3. Berdiri Dengan Satu Kaki Dan Mata Ditutup

Apakah kalian pernah mendengar sebuah nama latihan berdiri dengan satu kaki dan mata ditutup? Ya, ternyata memang ada latihan dengan nama tersebutlah,dimana latihan ini juga termasuk kedalam gerakan untuk melatih keseimbangan tubuh.

Adapun gerakan yang dipakai dalam latihan ini adalah dengan mengkombinasikan gerakan berdiri dengan menggunakan salah satu kaki yang kemudian juga bersamaan dengan menutup mata.

Mungkin memang terdengar cukup susah, tapi bagi seseorang yang sudah sering latihan, mereka bahkan bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama.

4. Berjalan Dengan Benda Di Atas Kepala

Berjalan dengan menggunakan benda di atas kepala juga merupakan salah satu bentuk latihan keseimbangan.

Seperti dengan namanya, dimana latihan tersebut dilakukan dengan cara berjalan dengan adanya beban di atas kepala.

Biasanya latihan ini diterapkan bagi para model, mereka akan melakukan latihan berjalan tersebut dengan menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi.

Sedangkan untuk beban yang digunakan di atas kepala bisa berupa buku yang cukup tebal atau benda-benda yang lainnya.

5. Mengayunkan Satu Kaki Ke Depan

Mengayunkan satu kaki ke arah depan merupakan bentuk latihan untuk menjaga keseimbangan, dimana bisa dibilang bahwa bentuk latihan jenis ini cukup susah untuk dilakukan.

Adapun cara melakukan gerakan mengayunkan satu kaki ke depan adalah tubuh berada dalam posisi badan berdiri dan kaki yang dilebarkan.

Kemudian tetap bertahanlah dalam posisi tersebut dengan kaki kiri yang digunakan untuk bertumpu, sedangkan kaki kanan lah yang diayunkan secara lurus ke arah depan. Tetap bertahanlah dalam posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik.

Jika sudah melewati waktu 30 detik tersebut, maka turunkan kaki kanan secara perlahan. Lakukan hal yang sama tetapi dengan sisi kaki kiri atau kaki yang berbeda.

Kalian bisa melakukan jenis latihan mengayunkan kaki ke depan ini kurang lebih sebanyak 5 hingga 10 kali.

6. Mengangkat Satu Kaki Ke Belakang

Bentuk latihan keseimbangan selanjutnya adalah berdiri mengangkat satu kaki ke belakang.

Adapun cara yang dilakukan untuk latihan gerakan keseimbangan adalah dengan cara berdiri dengan menggunakan satu kaki sebagai tumpuan yang kemudian posisi satu kakinya diangkat dan diarahkan ke belakang.

Biasanya bentuk latihan ini dilakukan agar otot kaki bisa lebih kuat. Biasanya para siswa akan melakukan latihan gerakan ini sebagai pemanasan sebelum mereka melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti sepak bola.

7. Duduk Dan Tarik Badan Ke Belakang

Duduk dan menarik badan ke arah belakang merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan tubuh yang dilakukan dengan badan dalam posisi duduk.

Dimana latihan ini dilakukan dengan cara menggunakan alat bantu berupa kursi yang dipakai sebagai sandaran.

Kemudian bagian tubuh akan ditarik ke arah belakang, untuk menarik tubuh tersebut harus dilakukan secara perlahan sehingga bisa mencapai sebuah titik keseimbangan yang maksimal.

Untuk awalan dalam melakukan latihan ini kalian bisa dengan menggunakan otot tangan dan kemudian untuk menjaga keseimbangan tubuh maka kalian bisa beralih dengan menggunakan otot kaki.

8. Menahan Tubuh Dengan Satu Tangan

Menahan tubuh dengan menggunakan satu tangan juga merupakan salah satu bentuk latihan untuk menjaga keseimbangan.

Dimana cara melakukan bentuk latihan ini adalah dengan memposisikan badan seperti plank yakni dengan keadaan tubuh yang terangkat. 

Dimana kedua tanganlah yang digunakan untuk menopang tubuh tersebut. Kemudian tahan tubuh dengan posisi bagian pinggul tetap stabil, selanjutnya gunakan tangan kiri untuk menahan tubuh, selanjutnya untuk tangan kanan kalian bisa menggerakkan ke arah depan dan juga samping.

Apabila kalian sudah selesai melakukan tahap tersebut, maka kembalikan tangan kanan dan ulangi tahap-tahapan tersebut dengan menggunakan tangan yang sebaliknya.

Baca juga:

9. Duduk Lalu Berdiri

Duduk lalu berdiri merupakan salah satu latihan yang bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh, dimana sesuai dengan namanya, bahwa latihan ini dilakukan dengan posisi duduk dan kemudian berdiri.

Adapun cara yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan alat bantu berupa sebuah kursi.

Pertama setelah menyiapkan kursi tersebut, maka posisikan badan dalam keadaan duduk dan kemudian berdirikan tubuh tanpa menggunakan sebuah alat bantu berupa pegangan.

Apabila kalian menginginkan hasil yang maksimal, maka disarankan bagi anda untuk selalu rutin melakukan latihan ini.

Latihan duduk lalu berdiri ini bisa membantu kinerja dari jantung dan juga otak dalam waktu yang bersamaan.

Biasanya jantung bisa memompa darah secara cepat pada saat kalian berdiri setelah duduk, sedangkan untuk otak dan juga otot yang rileks secara otomatis akan dipaksa untuk menyelaraskan denyut dari jantung.

10. Memutar Tangan Searah Jarum Jam

Bentuk latihan keseimbangan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memutar tangan searah dengan jarum jam.

Dimana cara yang bisa diterapkan untuk latihan ini adalah berdiri dengan menggunakan satu kaki dengan posisi tubuh yang lurus.

Kemudian untuk tangan diletakkan di pinggang. Selanjutnya adalah gerakan sebelah tangan tersebut sebaik mungkin dengan mengikuti posisi seperti jam angka 12, 3, dan juga 9, lakukan gerakan tersebut tanpa menghilangkan keseimbangan dari tubuh.

Jika sudah maka berhentilah dengan menggunakan tangan yang lainnya dan lakukan secara berulang.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 10 macam-macam latihan keseimbangan, dimana seperti pada penjelasan-penjelasan diatas, bahwa banyak sekali jenis latihan yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh kita, dimulai dari latihan dengan tingkat kesulitan yang cukup mudah hingga latihan yang cukup susah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tentunya semoga pembahasan yang disajikan bisa dipahami dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like