21+ Contoh Pantun Kesehatan Tubuh, Jantung, Mata, Olahraga

Adahobi, Pantun Kesehatan – Hidup sehat harus selalu kita terapkan, karena kehidupan sehat merupakan suatu dambaan dari setiap orang. Ajakan untuk menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan cara pantun. Ya pantun tentang kesehatan. Lalu apa sih yang dimaksud dari pantun kesehatan?

Pantun kesehatan merupakan sederet kata atau sajak yang berisikan tentang ajakan untuk selalu menjaga kesehatan. Baik itu menjaga kebersihan, pola makan, olahraga dan sebagainya. 

Seperti yang kita tahu, karena kesehatan merupakan hal yang paling utama untuk menjalankan hidup. Karena jika hidup kita sehat, maka aktivitas yang dijalankan pasti akan terlaksana dengan baik, tanpa ada hambatan. Penasaran apa saja jenis-jenis dan juga contoh pantun kesehatan? Simak penjelasannya dibawah ini!

Jenis-Jenis Pantun Kesehatan

Pantun kesehatan mempunyai berbagai jenis, baik itu pantun tentang kesehatan tubuh, peredaran darah, jantung lingkungan dan masih banyak lagi. Langsung saja simak contoh-contoh pantun tersebut dibawah ini!

Pantun Kesehatan Tubuh

Pantun Kesehatan Tubuh
ytimg.com

Pergi ke pasar membeli sajadah

Karena besok mau hari raya

Semua penyakit dapat dicegah

Apabila kita rajin olahraga

 

Sore-sore turun dari bukit

Turun bukit habis lihat sumur

Apa penyebab dari badan sakit 

Karena olahraga tidak teratur

 

Ayah habis pulang dari Medan 

Pulang membawa oleh-oleh jamur 

Marilah kita jaga kesehatan

Dengan makan secara teratur

Apakah kalian sudah tahu, bahwa jika tubuh tersebut sehat, maka akan terbentuk jiwa yang kuat. Banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sangat sehat, baik cara alami ataupun dengan cara medis.

Tapi masih banyak yang masih menyepelekan kesehatan lo, mereka kebanyakan berpikir bahwa kesehatan tidak terlalu penting asalkan uang selalu mengalir. Hmmm iya sih, tapi jika kesehatan terganggu pasti keuangan juga terganggu bukan. 

Jadi untuk memperingatkan betapa pentingnya kesehatan bisa dengan cara pantun salah satunya. Ya, diatas merupakan contoh dari pantun kesehatan tubuh!

Pantun Kesehatan Peredaran Darah

Pantun Kesehatan Peredaran Darah
static.z-dn.net

Makan kue sungguh enak

Kue yang dimakan berbentuk bundar 

Janganlah makan-makanan yang berlemak

Agar darah mengalir lancar

 

Pergi ke pasar beli sepatu kaca

Sepatu kaca tertata dengan rapi

Kurangilah makan garam dan gula

Agar terhindar dari darah tinggi

Pantun tentang kesehatan selanjutnya yakni tentang peredaran darah. Peredaran darah tersebut mempunyai fungsi sebagai pengangkut zat ke dalam setiap sel. Sehingga jika peredaran darah tersebut lancar, maka tubuh juga akan sehat dan sebaliknya. 

Jadi jangan remehkan ya tentang kesehatan darah. Maka dari itu disini ada beberapa contoh pantun kesehatan tentang ajakan untuk menjaga selalu peredaran darah.

Pantun Kesehatan Jantung

Pantun Kesehatan Jantung
bangkitlistrik.blogspot.com

Pergi ke toko beli selai coklat

Jangan lupa beli juga roti

Jika ingin jantungmu sehat

Lakukan olahraga setiap hari

 

Budi ke toko membeli coklat

Beli coklat ke toko parapat

Ayo jaga pola makan yang sehat

Agar jantung tetap sehat

Seperti yang kita tahu, jantung merupakan salah satu organ vital yang ada di dalam tubuh manusia, dengan mempunyai 4 bagian, yakni serambi kiri, bilik kiri, serambi kanan, dan juga bikin kanan. Sudah tidak terhitung banyak sekali penyakit yang ditimbulkan atau berasal dari jantung. 

Hal tersebut dikarenakan jantung tersebut tidak sehat atau bahkan tidak dijaga. Sehingga mari ajak diri sendiri atau orang lain untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya dengan pantun kesehatan jantung seperti contoh yang ada di atas.

Pantun Hidup Sehat

Pantun Hidup Sehat
i.pinimg.com

Jangan lupa buang sampah

Buangnya jangan sembarangan

Jika ingin pergi ke sekolah

Jangan lupa untuk sarapan

.

Pergi ke lapangan untuk olahraga

Olahraga sambil bawa air putih

Janganlah lupa untuk olahraga

Agar badan tidak cepat letih

Pasti kalian sudah tahu kan, bahwa pada bagian tubuh kita terdiri beberapa organ yang saling terhubung. Sehingga jika salah satu tidak berfungsi maka akan mempengaruhi organ lainnya. 

Sehingga sangat penting untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara yakni dengan pantun. Ya pantun juga bisa menjadi cara alternatif untuk mengingatkan tentang kesehatan tubuh. Pantun di atas merupakan contoh pantun kesehatan tentang hidup sehat!

Baca juga :

Pantun Kesehatan Lingkungan

Pantun Kesehatan Lingkungan
2.bp.blogspot.com

Jalan-jalan ke tepi pantai

Jangan lupa bensinnya diisi

Bersihkan kamar setiap hari

Agar kamar tetap indah dan wangi

 

Pergi ke sekolah dengan berhijab

Pulang sekolah membawa makanan

Jadilah orang yang bertanggung jawab

Dengan menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua orang. Karena dengan lingkungan yang bersih terdapat jiwa yang sehat, begitu pula dengan sebaliknya jika lingkungan kotor maka banyak orang yang sakit. 

Sehingga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan lingkungan agar tetap bersih dan juga rapi. Ajakan untuk menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya pantun tentang kesehatan. 

Pantun kesehatan bertema lingkungan merupakan pantun yang berisi tentang ajakan untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, dan juga asri. Pantun di atas merupakan salah satu contoh dari pantun kesehatan lingkungan.

Pantun Cuci Tangan

Pantun Cuci Tangan
karyaku-paridahishak.blogspot.com

Bunga mekar di dalam taman

Bunga indah menambah keelokan

Sering-seringlah cuci tangan

Jangan lupa tambahkan sabun

 

Minum es biji selasih

Ditemani dengan roti

Jaga tangan selalu bersih

Agar kuman tidak mendekati

Kesehatan bisa kita jaga dengan cara apapun, baik itu dari segi pola makan, menjaga kebersihan, olahraga dan lain sebagainya. Tapi kebanyakan dari mereka pasti malas untuk melakukan cuci tangan. Padahal hal yang sepele sangatlah penting.

Sehingga perlu adanya ajakan untuk gemar melakukan cuci tangan. Salah satunya adalah pantun kesehatan tentang cuci tangan. Pantun tersebut berisi tentang selalu mengingatkan pentingnya cuci tangan agar terhindar dari kuman. Pantun di atas merupakan contoh dari pantun kesehatan tentang cuci tangan.

Pantun Kesehatan Gigi dan Gusi

Pantun Kesehatan Gigi dan Gusi
i.pinimg.com

Sore-sore pergi ke taman

Di taman ketemu sama kepompong

Ada anak yang berwajah tampan

Tapi sayang, giginya ompong

 

Sungguh banyak sekali musisi

Dengan bakat yang hebat sekali

Perhatikanlah kesehatan gigi

Agar tidak sampai sakit gigi

Kesehatan Gigi harus selalu dijaga, kan sayang wajah tampan atau cantik, eh giginya gak di rawat. Jadi jangan remehkan tentang kesehatan gigi tersebut ya.Tapi memang kesehatan gigi selalu dianggap remeh oleh masyarakat, sehingga perlu adanya ajakan untuk merawat gigi tersebut. 

Salah satunya dengan pantun. Pantun kesehatan gigi sangatlah membantu untuk mengajak mereka semua benar-benar menjaga gigi mereka, jadi wajah tampan dan juga cantik, begitu juga dengan gigi. Pantun di atas merupakan contoh dari pantun kesehatan gigi.

Penutup

Demikianlah contoh pantun kesehatan dengan berbagai kondisi. Karena kesehatan memang harus selalu dijaga baik itu kesehatan fisik atau jiwa. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pantun tentang kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like