Permainan Kendhi Gerl: Pengertian, Teknik Dasar, Alat, dan Cara Bermain

Adahobi, Permainan Kendhi Gerl –  Di bidang olahraga dan kesehatan, terdapat permainan yang asyik dan tentunya menyehatkan. Permainan tersebut dikenal dengan sebutan permainan Kendhi Gerl. Permainan ini dilakukan secara berkelompok dan berpasangan, sehingga tidak hanya menyehatkan tapi juga melatih kekompakan dan sportivitas bagi anak.

Nah pada artikel kali ini, kita akan belajar bersama apa itu permainan Kendhi Gerl. Mulai dari apa pengertiannya, alat apa yang digunakan, teknik apa yang diterapkan, serta bagaimana cara bermain permainan tersebut.

Daripada semakin penasaran, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas ya.

Pengertian Permainan Kendhi Gerl

Contoh Permainan Kendhi Gerl
Contoh Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

Permainan Kendhi Gerl adalah permainan gendong-gendongan berpasangan yang dilakukan secara berkelompok dan membentuk pola lingkaran. Permainan tersebut menerapkan teknik dasar melempar dan menangkap bola untuk mencetak poin dalam permainan.

Bermain Kendhi Gerl memang gampang-gampang susah, karena butuh keseimbangan dan kekuatan untuk menggendong lawan pemain. Di sisi lain, permainan ini cukup menyenangkan karena menangkap dan melempar bola dalam kondisi digendong adalah tantangan sekaligus aktivitas yang seru bagi anak-anak.

Oleh karena itu, pada saat bermain Kendhi Gerl sangat dianjurkan untuk didampingi oleh orang yang ahli agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

Tujuan Bermain Permainan Kendhi Gerl

Di setiap permainan pastilah terdapat tujuan dilakukannya permainan tersebut. Nah, pada permainan Kendhi Gerl memiliki beberapa tujuan diantaranya:

  1. Dengan melakukan permainan kendhi gerl diharapkan anak dapat mengaplikasikan teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan baik dan benar.
  2. Dengan melakukan permainan kendhi gerl diharapkan anak dapat menjunjung tinggi nilai sportivitas, kerjasama, dan kekompakan dalam bermain.
  3. Dengan melakukan permainan kendhi gerl diharapkan anak dapat bermain dan belajar bersama teman dengan asyik dan menyenangkan.

Kelompok pada Permainan Kendhi Gerl

Permainan Kendhi Gerl terdiri dari dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang atau lebih. Jumlah anggota kelompok haruslah sama pada tiap-tiap kelompok.

Kelompok pertama adalah kelompok yang menggendong. Sedangkan kelompok kedua adalah kelompok yang digendong. Setiap kelompok membentuk pola lingkaran seperti pada gambar yang ditunjukkan berikut ini.

Pola Lingkaran Permainan Kendhi Gerl
Pola Lingkaran Permainan Kendhi Gerl: files1.simpkb.id

Baca juga :

 

Teknik Dasar Permainan Kendhi Gerl

Teknik dasar yang dibutuhkan dalam melakukan permainan Kendhi Gerl adalah teknik melempar bola dan menangkap bola. Kedua teknik tersebut akan dijabarkan pada penjelasan di bawah ini.

Teknik Melempar Bola

Teknik dasar pertama yang diterapkan pada permainan kendhi gerl adalah teknik melempar bola. Teknik melempar bola terdiri dari beberapa macam, yaitu teknik lemparan bola melambung, teknik lemparan bola mendatar, dan teknik lemparan bola menyusur tanah.

Ketiga teknik melempar bola tersebut akan kita jabarkan lebih luas pada penjelasan di bawah ini:

1. Lemparan Bola Melambung

Teknik Lemparan Bola Melambung
Teknik Lemparan Bola Melambung : youtube.com

Lemparan bola melambung merupakan lemparan yang dilakukan dengan melambungkan tangan ke atas kepala sehingga bola melambung melewati atas kepala pelempar. Lemparan dengan teknik ini dapat dilakukan pada saat bermain kendhi gerl, karena dengan teknik ini dipastikan tidak ada gangguan dari pemain lain yang menghalangi datangnya bola.

Apabila teknik melempar melambung ini dikuasai dengan baik, maka para pemain akan cepat mendapatkan poin dengan mudah. Hal ini dikarenakan teknik melempar melambung cukup mudah untuk dilakukan pada saat digendong.

2. Lemparan Bola Mendatar

Teknik Lemparan Bola Mendatar
Teknik Lemparan Bola Mendatar : youtube.com

Teknik dasar selanjutnya adalah teknik melempar bola mendatar. Teknik ini dapat digunakan pada saat melakukan permainan kendhi gerl. Teknik dapat dilakukan dengan cara melempar bola dengan mencondongkan lengan ke belakang sebelum akhirnya mengayun dan menolak bola secara mendatar tepat di depan dada pemain.

Teknik ini cukup mudah dan dapat diaplikasikan pada saat bermain kendhi gerl, maka dari itu para pemain harus menguasai teknik ini terlebih dahulu.

3. Lemparan Bola Menyusur atau Memantul ke Tanah

Teknik Lemparan Bola Menyusur Tanah
Teknik Lemparan Bola Menyusur Tanah : youtube.com

Pada saat bermain kendhi gerl, lemparan bola dengan teknik menyusur atau memantul ke tanah merupakan salah satu teknik andalan. Hal ini dikarenakan ada bantuan dorongan tanah untuk memantulkan bola agar dapat ditangkap para pemain yang menjadi sasaran.

Teknik Menangkap Bola

Dalam permainan kendhi gerl, dibutuhkan pemain yang bertugas menangkap bola. Jika para pemain berhasil menangkap bola sebanyak 1 putaran, maka tim mereka akan menang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai teknik menangkap bola. Adapun teknik menangkap bola dibedakan menjadi tiga, yaitu teknik menangkap bola yang datangnya melambung, teknik menangkap bola yang datangnya mendatar, dan teknik menangkap bola yang datangnya menyusur tanah.

Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga teknik menangkap bola pada permainan kendhi gerl:

1. Menangkap Bola yang Datangnya Melambung

Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Melambung
Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Melambung : youtube.com

Teknik menangkap yang dapat diaplikasikan pada saat bermain kendhi gerl adalah teknik menangkap bola yang datangnya melambung. Teknik ini merupakan teknik menangkap dengan menengadahkan tangan ke atas kepala dan fokus pada arah datangnya bola.

2. Menangkap Bola yang Datangnya Mendatar

Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Mendatar
Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Mendatar : youtube.com

Teknik menangkap yang kedua yaitu teknik menangkap bola yang datangnya mendatar. Teknik ini adalah cara menangkap dengan menjulurkan kedua tangan tepat ke depan dada.

Apabila pada saat bermain kendhi gerl, teknik harus dikuasai dengan baik agar dapat menangkap bola dari lawan bermain. Pasalnya teknik ini agak sulit dilakukan, karena posisi pemain yang digendong pasti terhalang kepala si pemain yang menggendong.

3. Menangkap Bola yang Datangnya Menyusur Tanah

Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Menyusur Tanah
Teknik Menangkap Bola yang Datangnya Menyusur Tanah : youtube.com

Teknik ketiga dalam menangkap bola adalah menangkap bola yang datangnya menyusur tanah. Teknik ini terbilang sulit dilakukan karena bola yang datangnya menyusur tanah sulit dicapai oleh pemain yang digendong, sehingga teknik ini jarang digunakan pada saat bermain kendhi gerl.

Cara Permainan Kendhi Gerl

Bermain kendhi gerl memanglah menyenangkan dan pastinya menyehatkan. Meski begitu, kita harus memperhatikan bagaimana cara bermain kendhi gerl dengan aman. Oleh karena itu mari kita simak bagaimana cara bermain permainan kendhi gerl dengan baik dan benar berikut ini.

Alat Permainan Kendhi Gerl

Pada permainan kendhi gerl, dibutuhkan beberapa alat yaitu:

Bola Kasti
Bola Kasti : finansialku.com
  1. Bola Kasti
  2. Lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 3 meter
  3. Pancang atau bendera

Cara Bermain Permainan Kendhi Gerl

Adapun cara melakukan permainan kendhi gerl adalah sebagai berikut:

1. Bentuklah dua kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan jumlah yang sama, misal 3, 4, 5, dan seterusnya.

Cara 1 Permainan Kendhi Gerl
Cara 1 Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

2. Buatlah tiga titik atau lebih sesuai dengan jumlah anggota dari tiap-tiap kelompok.

Cara 2 Permainan Kendhi Gerl
Cara 2 Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

3. Masing-masing kelompok membuat lingkaran dan berpasangan dengan kelompok lawan. Salah satu kelompok menggendong lawan pasangannya.

Cara 3 Permainan Kendhi Gerl
Cara 3 Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

4. Kelompok pertama sebagai kelompok digendong sekaligus kelompok yang melempar bola. Kelompok yang terdiri dari tiga orang ini harus melempar bola secara berurutan dari teman satu ke teman lainnya. Kelompok ini harus berhasil melempar dan menangkap bola.

Cara 4 Permainan Kendhi Gerl
Cara 4 Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

5. Apabila kelompok pertama gagal melempar atau menangkap bola, maka kelompok pertama berganti posisi menjadi kelompok yang menggendong. Sehingga kelompok kedua bertugas melempar dan menangkap bola.

6. Kelompok yang berhasil melempar dan menangkap bola serta melewati satu putaran permainan kendhi gerl, maka kelompok tersebut akan mendapatkan poin.

Cara 6 Permainan Kendhi Gerl
Cara 6 Permainan Kendhi Gerl : youtube.com

Penutup

Demikian penjelasan mengenai permainan kendhi gerl yang berhasil adahobi paparkan buat kamu. permainan yang melibatkan kekompakan, sportivitas, dan aktivitas fisik ini sangatlah menyenangkan dan pastinya menyehatkan tubuh.

Bagaimana? Kamu tertarik mencobanya? Yuk latihan bersama temanmu bermain permainan kendhi gerl dan jangan lupa ditemani para ahli agar terhindar dari cedera ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like