AdaHobi, Teknik pivot dalam bola basket – Strategi yang dilakukan pemain dalam memenangkan pertandingan sangat bervariatif, salah satu caranya adalah melalui pivot basket. Penting bagi Anda untuk mengetahuinya agar rival sulit untuk berkutik dan kemenangan bisa digenggam.

Seperti Apakah Teknik Pivot Basket Tersebut?

Strategi ini merupakan salah satu teknik dasar bermain basket di mana pemain tidak perlu mendribble melainkan mempertahankan bola di tangan. Berikut beberapa ulasan mengenai pivot yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Pivot dalam Bola Basket

pivot dalam basket
pivot dalam basket

Pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan dengan kaki sebagai tumpuannya sambil memegangi bola.

Gerakan putaran ini jangan sampai menggeser letak kaki karena nanti masuknya sebagai pelanggaran. Tujuan dari pivot adalah agar bisa menyelamatkan bola supaya tidak direbut oleh lawannya. Teknik pivot dalam bola basket merupakan aspek penting dalam mempelajari dunia basket.

Fungsi Gerakan Pivot dalam Bola Basket

Gerakan berporos pada satu kaki atau pivot dalam permainan bola basket dilakukan dengan tujuan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan. Fungsi gerakan pivot dalam bola basket yaitu pemain bisa memanfaatkannya sebagai strategi menyerang maupun bertahan.

Latihan berporos satu kaki atau pivot dalam permainan bola basket dilakukan bertujuan untuk:
  • Mengelabui lawan melalui putaran. Pivot juga berguna sebagai langkah awal pemain melakukan tembakan bola ke ring.
  • Digunakan sebagai celah pertahanan saat di mana pemain diberi area untuk melakukan passing, drive, dan juga
  • Memanipulasi lawan dengan menggunakan change direction
  • Dijadikan sebagai sarana dalam melindungi bola dari sergapan lawan. Aturan dalam basket, pemain harus melakukan dribble apabila ingin bergerak. Untuk itu teknik juga bisa digunakan.
  • Pivot difungsikan guna menghindari serangan atau terkadang juga digunakan dalam menyerang lawan.

Cara Melakukan Teknik Pivot dalam Bola Basket

Pivot dalam bola basket
Pivot dalam bola basket

Meskipun gerakan pivot bola basket terlihat sederhana. Namun, pemain harus memiliki keterampilan, karena jika salah maka jatuhnya menjadi sebuah pelanggaran. Berikut langkah-langkah cara melakukan teknik pivot dalam bola basket:

  • Langkah pertama adalah memilih salah satu kaki terkuat yang nantinya dijadikan poros putaran badan.
  • Kemudian gunakan kaki sebelahnya lagi untuk dilangkahkan ke segala penjuru dan satunya lagi tetap sebagai poros.
  • Ingat! Jangan sampai kaki yang digunakan sebagai poros bergeser.
  • Setelah usai melakukan gerakan pivot, maka langkah selanjutnya adalah pemain bersiap untuk menembak bola ke ring.

Gerakan Pivot dalam Bola Basket

Pivot merupakan bagian dari teknik bola basket yang bergandengan erat dengan strategi lainnya guna mengelabuhi lawan. Sebagai taktik dalam menyerang lawan ada beberapa macam gerakan pivot yang patut diketahui.

  • Dribbling adalah teknik menggiring bola menggunakan satu tangan yang nantinya di bawa ke berbagai titik di lapangan. Dijadikan sebagai metode paling dasar dalam basket dan wajib dikuasai oleh para pemain.
  • Passing merupakan salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh pemain basket. Di mana secara umum didefinisikan sebagai mengumpan atau mengoper bola kepada timnya. Gerakan ini bisa dilakukan menggunakan satu ataupun kedua tangan.
  • Shooting adalah melakukan tembakan bola dengan menggunakan satu atau kedua tangan menuju ring. Secara umum gerakan menembak ini dibagi menjadi dua, yaitu jumpshot dan non seperti lay up dan slam dunk.

Jenis-Jenis Pivot dalam Permainan Bola Basket

Gerakan ini terdiri dari 3 jenis yang selanjutnya diikuti oleh gerakan pendukung. Untuk mengoptimalkan pergerakannya, pemain dapat memilih salah satunya.

  • Pivot kemudian dribble, jenis gerakan ini paling sering dilakukan, umumnya ball handler seperti point guard maupun forward yang nantinya bisa menciptakan celah lainnya untuk menggiring bola.
  • Pivot lalu passing biasanya ini terjadi jika pemain memiliki insting yang baik, biasanya sang killer pass datang setelah melakukan teknik berputar tersebut.
  • Pivot lalu shooting gerakan ini sering digunakan pencetak skor. Tidak mudah melakukan tembakan setelah berputar karena keseimbangannya kurang stabil.

Itulah beberapa ulasan mengenai gerakan pivot dalam bola basket, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda terkait dunia olahraga khususnya basket. Jika kamu belum paham tentang teknik pivot bola basket, maka jangan tanggung-tanggung untuk membacanya lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like