4+ Posisi Pemain Bola Voli [Tugas, Gambar dan Tekniknya]

Adahobi, Posisi permainan bola voli – Bola voli merupakan salah satu olahraga yang termasuk ke dalam permainan olahraga bola besar. Adapun cara memainkan bola voli yakni dengan cara memukul bola hingga bisa melewati bagian atas net yang berada di tengah lapangan untuk mencetak skor.

Namun tentunya dalam permainan bola voli ini juga terdapat berbagai macam posisi untuk pemainnya, penasaran? Yuk langsung saja simak posisi pemain bola voli berikut ini!

Macam-Macam Posisi dan Tugas Pemain Bola Voli

Gambar Posisi dan Tugas Pemain Bola Voli
kitabelajar.github.io

Bola voli merupakan salah satu permainan olahraga yang termasuk ke dalam jenis olahraga bola besar. Dimana para pemain akan memukul bola sehingga bisa melewati net yang berada di tengah lapangan untuk mendapatkan skor, pemain yang termasuk ke dalam satu tim harus memukul bola tersebut ke area lawan dengan tujuan agar bola bisa terjatuh tepat di daerah pertahanan lawan. 

Tentunya dalam sebuah olahraga bola voli ini membutuhkan pemain untuk memainkannya. Pemain tersebut tentunya sudah mempunyai posisi dan juga tugasnya masing-masing diantaranya adalah server, smasher, tosser, defender.

Lalu apa sih perbedaan dari berbagai macam posisi tersebut? Yuk langsung simak penjelasan lengkap mengenai tugas dan posisi pemain bola voli berikut ini!

1. Posisi Server

Gambar Posisi Server
perpustakaan.id

Dalam permainan bola voli terdapat posisi server, yakni pada posisi ini para pemain akan ditugaskan untuk melakukan sebuah servis dalam sebuah lapangan. Sedangkan servis sendiri adalah awalan yang digunakan untuk menyajikan bola pertama pada saat dijalankannya permainan. 

Setelah dilakukannya sebuah servis maka pemain atau server tersebut akan merangkap menjadi pemain belakang yang bertujuan untuk membantu pertahanan dalam sebuah kelompok. Biasanya para server harus menguasai berbagai macam teknik servis, baik itu servis atas atau servis bawah.

Servis atas merupakan teknik memukul bola dengan menggunakan jari-jari tangan terbuka dan juga rapat, kemudian bola akan dipukul dengan anggun aja telapak tangan. Adapun posisi bola yang akan dipukul harus terlebih dahulu dilambungkan sampai atas kepala yang kemudian dipukul sebelum melewati kepala.

Apabila servis atas menggunakan jari tangan yang terbuka dan juga rapat, maka berbeda dengan servis bawah yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan jari-jari tangan yang menggenggam. Kemudian bola voli tersebut dilambungkan dan dipukul pada bagian buah pusar perut.

2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang )

Gambar Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang )
vollyballfull.blogspot.com

Posisi selanjutnya dalam permainan bola voli adalah spiker atau smasher, dimana pemain akan ditugaskan untuk melakukan sebuah pukulan atau smash bola ke dalam pertahanan lawan. Tujuan dari posisi smasher atau spiker ini adalah untuk mendapatkan sebuah poin atau nilai dalam sebuah tim.

Smash juga bisa diartikan sebagai pukulan yang diarahkan ke dalam bawah lapangan lawan secara keras. Biasanya posisi pemainnya akan berada pada barisan paling depan, atau lebih tepatnya berada di depan net atau di sampingnya tosser.

Apakah kalian tahu, ternyata untuk posisi ini tidak bisa diisi oleh sembarang orang loh, melainkan pemain yang mengisi posisi ini harus mempunyai sebuah kemampuan yang mempunyai teknik serangan dan juga pukulan yang bagus. Para smasher juga berfungsi sebagai pemain yang bisa menjaga daerah pertahanan pada posisi depan.

Pemain dalam posisi smasher juga mempunyai tugas ganda, yakni bertugas sebagai penyerang atau melakukan serangan untuk mendapatkan sebuah poin dan juga bertugas sebagai pertahanan atau melakukan sebuah blocking untuk menghindari serangan dari tim lawan.

Bukan hanya itu saja, smasher juga harus menguasai berbagai macam jenis-jenis smash dalam permainan bola voli, jenis-jenis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Open smash biasanya digunakan pada saat bila lepas dari tangan pengoper. Dimana pukulan biasanya dilakukan pada saat smasher tersebut mencapai sebuah puncak maksimal dalam lompatan dan juga pada saat bola berada dalam jangkauan.
  2. Smash semi merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara memukul bola pada ketinggian umpan sekitar 50 cm tepat di atas net.
  3. Quick smash merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara memukul bola umpan sekitar 30 cm tepat di atas net.
  4. Straight smash merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara memukul bola pada saat bola tersebut berada tepat di tepi jaring.
  5. Drive smash merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara memukul bola yang kemudian bola tersebut diarahkan keluar net dengan jarak yang cukup panjang. 
  6. Dummy smash merupakan jenis smash yang mirip dengan smash normal, dimana perbedaan hanya terdapat pada bola yang tidak dipukul melainkan disentuh dengan menggunakan jari tangan. 
  7. Smash bola 3 meter merupakan jenis smash berupa pukulan serangan  yang dilakukan tepat di belakang garis serang. 
  8. Smash kijang merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara memukul menggunakan tangan kanan dan menolak dengan menggunakan kaki kiri. 
  9. Smash doubel step merupakan jenis smash yang dilakukan dengan cara menggunakan gerak tipu, yakni pemain akan melakukan dua kali gerak tolakan meloncat. Gerakan pertama berfungsi sebagai pengecoh block, sedangkan untuk gerakan kedua dilakukan untuk melakukan serangan. 
  10. Smash step L merupakan jenis smash uang yang terakhir, dimana jenis smash ini biasanya dilakukan dengan menggunakan 3 langkah, yakni langkah pertama akan kedepan, langkah kedua kesamping sebelum dilakukan tolakan dan yang ketiga adalah melompat naik yang bertujuan untuk melakukan sebuah serangan.

3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan )

Gambar Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan )
freedomsiana.id

Tosser atau Set-Upper merupakan posisi pemain bola voli yang bertugas untuk mengatur sebuah serangan. Dimana tosser biasanya akan memandu pada saat tim tersebut akan melakukan sebuah serangan ke tim lawan.

Adapun pemain yang berhak untuk mendapatkan posisi tosser adalah mereka yang mempunyai kualitas umpan dan juga kecerdasan untuk memberikan berbagai macam variasi umpan dalam permainan bola voli. Hal ini dikarenakan posisi tosser dalam permainan bola voli juga menjadi penentu dan juga pengatur dari sebuah serangan.

Hal tersebut juga lah yang menyebabkan bahwa tosser harus menguasai teknik smash dan juga teknik blocking yang cukup baik. Tapi, apakah kalian sudah tahu yang dimaksud dengan blocking? Jika belum, maka blocking adalah sebuah gerakan yang digunakan untuk menghalau serangan atau smash yang berasal dari tim lawan, dimana blocking juga mempunyai berbagai macam jenis loh, berikut ini penjelasannya!

  • Block Bola Open

Jenis block pertama yang ada dalam permainan bola voli adalah block bola open, berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan blok open!

  • Pemain yang bertugas sebagai tosser bertugas untuk mendekati pemain lawan yang akan melakukan sebuah smash dengan posisi tangan berada tepat di bawah dada.
  • Kemudian rendahkan posisi badan dengan cara menekuk lutut sampai lutut tersebut bisa membentuk sudut 100.
  • Kemudian pemain harus meloncat tepat pada saat smashed lawan melakukan sebuah loncatan yang setinggi mungkin dengan melompat secara vertikal.

 

  • Block Bola Semi

Jenis blok yang kedua dalam permainan bola voli adalah block bola semi, adapun langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan block bola semi adalah sebagai berikut!

  • Pemain yang bertugas sebagai tosser akan bergerak dengan cara mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi tangan dinamika tepat di depan atas kepala.
  • Kemudian rendahkan posisi badan dengan cara menekuk lutut hingga lutut berhasil membentuk sudut 110.
  • Setelah itu pemain harus meloncat tepat pada saat smasher lawan melakukan sebuah loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat secara vertikal.

 

  • Block Bola Quick

Jenis blok yang ketiga dalam permainan bola voli adalah block bola quick, adapun langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan block bola quick adalah sebagai berikut!

  • Pemain yang bertugas sebagai tosser akan mendekatkan pemain yang akan melakukan sebuah smash dengan posisi kedua tangan tersebut diluruskan. 
  • Kemudian rendahkan posisi badan dengan cara menekuk lutut hingga lutut tersebut berhasil membentuk sudut 135. 
  • Kemudian lakukan loncatan secara bersamaan dengan smasher lawan yang melakukan sebuah loncatan setinggi mungkin dengan arah lompat secara vertikal.

4. Posisi Defender atau Libero

Gambar Posisi Defender atau Libero
markijar.com

Apakah kalian sudah tahu apa itu libero dalam permainan bola voli? Jika belum, Libero atau defender merupakan sebuah posisi yang bertugas untuk menerima dan juga menahan berbagai macam serangan yang dilakukan oleh pemain lawan, biasanya Libero akan melakukan sebuah passing untuk menahan serangan tersebut.

Hal inilah yang juga menyebabkan pemain yang berada dalam posisi defender atau libero harus mempunyai teknik passing. Apa sih yang dimaksud dengan passing itu? Jadi, passing merupakan gerakan yang berguna untuk melakukan pengoperan sebuah bola yang diberikan ke arah teman timnya untuk dimainkan di daerah timnya sendiri.

Passing bukan hanya terdiri dari satu jenis saja loh, melainkan terdiri dari berbagai jenis-jenis lainnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Passing Bawah

Passing bawah merupakan sebuah gerakan yang biasanya akan dimanfaatkan para pemain untuk melakukan pengoperan bola atau untuk menerima bola dari depan badan dengan menggunakan kedua tangan secara bersama-sama.

  • Passing Atas

Apabila passing dilakukan untuk mengoper bola dari depan, maka berbeda dengan passing atas atau yang disebut dengan set up, dimana passing atas merupakan sebuah gerakan yang biasanya akan dimanfaatkan pemain untuk melakukan pengoperan bola pada saat bola berada di atas kepala dengan cara menggunakan kedua tangan secara bersama-sama.

Penutup

Demikianlah penjelasan tugas-tugas dan posisi pemain bola voli, dimana seperti yang kita lihat para pemain sudah mempunyai bagian tersendiri untuk melakukan permainan bola voli, ada yang bertugas untuk melakukan serangan, melakukan pengumpanan hingga mencegah serangan yang dilakukan oleh tim lawan.

Semoga para pembaca bisa memahami penjelasan ini dengan baik dan semoga artikel ini juga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like