4+ Posisi Pemain Sepak Bola [Tugas, Kemampuan dan Gambar]

Pernahkah kamu bermain sepak bola? Sudah paham betul apa saja posisi pemain sepak bola? Nah, kali ini kita bisa belajar bersama-sama mengenai posisi pemain sepak bola lengkap dengan tugasnya di lapangan loh.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Yuk mari kita simak penjelasan mengenai posisi pemain sepak bola lengkap dengan tugasnya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Sepak Bola

nama pemain sepak bola
wikipedia.org

Sepak bola sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang permainannya menggunakan bola. Bola yang dimainkan biasanya dibuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Dinamakan sepak bola, karena permainan bola ini hanya dilakukan dengan cara disepak maupun disundul menggunakan kepala, bahkan seluruh tubuhnya kecuali menggunakan tangan. 

Hanya ada satu pemain yang diperkenankan menggunakan tangannya dalam permainan sepak bola, yakni seorang kiper atau penjaga gawang dalam tugasnya menangkap bola agar tim lawan tidak sampai mencetak gol di gawang timnya.

Dalam permainannya, sepak bola kerap dimainkan dalam lapangan terbuka yang dibuat berbentuk persegi panjang. Lapangan biasanya diisi dengan rumput atau rumput sintetis sebagai medan permainannya.

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Dalam pertandingan atau permainan sepak bola terdiri dari 11 pemain, dimana kesebelas pemain tersebut dapat dibedakan menjadi 4 macam pemain penting. Keempat pemain sepak bola dikenal dengan sebutan penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang.

Nah, untuk mengetahui bagaimana keempat posisi pemain sepak bola dan tugasnya dapat disimak sebagai berikut:

1. Penjaga Gawang (Keeper)

penjaga gawang
pemain penjaga gawang : wikipedia.org

Penjaga gawang atau juga kerap dikenal dengan sebutan keeper merupakan salah satu posisi dalam olahraga sepak bola yang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan pertandingan. Seorang penjaga gawang diharuskan memiliki skill khusus dalam tugasnya untuk mencegah bola masuk ke dalam gawang.

Skill atau kemampuan yang dibutuhkan sebagai seorang penjaga gawang adalah refleks yang baik, kecepatan, postur tubuh yang ideal. Selain itu, seorang penjaga gawang juga harus memiliki beberapa kriteria seperti insting yang kuat terhadap lawan, refleks yang sempurna, serta bakat yang mumpuni.

2. Posisi Bek

Pemain Bek Sepak Bola
Pemain Bek Sepak Bola : 99.co

Selain penjaga gawang, pada permainan sepak bola terdapat posisi pemain yang disebt sebagai bek atau juga dikenal dengan sebutan posisi pemain belakang. 

Sesuai namanya tersebut, pemain sepak bola tersebut memiliki posisi yang berada di bagian belakang dan bertugas membantu penjaga gawang agar tidak tercetak gol dan menghasilkan skor bagi pemain lawan.

Pemain bek sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yakni bek tengah dan bek sayap. Untuk lebih jelasnya dapat diamati pada penjelasan sebagai berikut:

  • Bek Tengah

Pertama adalah bek tengah, pemain sepak bola ini memiliki peranan sebagai penjaga sektor tengah dan bertugas untuk menjaga pertahanan tim. Jika counter attack dan bek sayap terlambat kembali, maka kondisi inilah bek tengah dapat menjaga sektor sayap.

Bek tengah dan bek sayap memiliki posisi di bagian belakang permainan bersama penjaga gawang untuk menghindari tercetaknya gol. Jika seorang bek tengah memiliki keahlian sundulan yang bagus, mereka biasanya juga maju dan membantu melakukan penyerangan, seperti pada saat terjadi tendangan bebas dan tendangan sudut yang dilakukan bek tengah.

  • Bek Sayap

Selain bek tengah, pada permainan sepak bola juga terdapat bek sayap yang memiliki peranan sebagai penjaga sektor pertahanan sayap. 

Tidak hanya itu, seorang bek sayap juga kerap maju membantu melakukan penyerangan tim dari sektor sayap dengan memberikan dukungan serangan maupun berupa umpan kepada para pemain penyerang.

3. Gelandang

Pemain Gelandang Sepak Bola
Pemain Gelandang Sepak Bola : 99.co

Pemain sepak bola selanjutnya dikenal dengan sebutan gelandang. Pemain gelandang ini juga dikenal dengan sebutan pemain tengah. Peran gelandang sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan bola
  2. Menjaga dan menguasai bola
  3. Memberikan bola kepada para penyerang

Sementara tugas gelandang sendiri meliputi:

  1. Menerima bola yang ditujukan ke depan.
  2. Melakukan pertahanan atau tekel (tackel) terhadap pemain lawan.
  3. Mencetak atau membantu menciptakan gol.

Sebagai seorang pemain gelandang pada permainan sepak bola dapat dibedakan menjadi 3 macam gelandang, yakni:

  • Gelandang Bertahan

Gelandang jenis pertama adalah gelandang bertahan. Gelandang bertahan juga kerap dikenal dengan sebutan tukang angkut air. 

Pemain gelandang bertahan berperan sebagai pembangun serangan bagian pertama, perusak permainan lawan, dan pemain pertama yang menghadang serangan balik dari lawan pemain.

  • Gelandang Sayap

Selain gelandang bertahan, pada permainan sepak bola juga terdapat gelandang sayap. Pemain gelandang sayap ini memiliki tugas sebagai pemberi sinyal dan pulsa serangan di bagian sektor sayap lapangan.

Tidak hanya itu, gelandang sayap juga kerap melakukan pertahanan jika sewaktu-waktu timnya mengalami serangan dari tim lawan.

  • Gelandang Tengah

Setelah membahas mengenai gelandang bertahan dan gelandang sayap, kali ini kita akan membahas bersama mengenai gelandang tengah. Pada permainan sepak bola juga dilengkapi dengan pemain gelandang tengah, sesuai dengan namanya, posisi pemain sepak bola tersebut berada di tengah dan bertugas menjaga sektor tengah permainan sepak bola. 

Selain itu terdapat pula beberapa tugas dan peranan penting dari gelandang tengah yang meliputi mengatur ritme permainan serta menjaga pertahanan dari serangan tim lawan, baik di sektor tengah maupun sayap.

4. Penyerang

Pemain Penyerang Sepak Bola
Pemain Penyerang Sepak Bola : 99.co

Pada permainan sepak bola juga dilengkapi dengan pemain penyerang atau pemain depan. Posisi pemain penyerang merupakan pemain yang berada paling dekat dengan gawang lawan.

Peranan penting dari posisi penyerang ini adalah menghasilkan skor dengan mencetak gol pada gawang lawan. Posisi pemain penyerang membutuhkan tiga hal utama, yakni kecepatan, teknik, dan bakat. Selain itu para penyerang juga dibutuhkan naluri dan konsentrasi yang tajam dalam permainan sepak bola.

Selain penyerang, posisi lainnya yang serupa juga dikenal dengan penyerang bayangan atau penyerang lubang atau gelandang serang. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada penjelasan sebagai berikut:

  • Penyerang Bayangan

Penyerang bayangan atau juga kerap dikenal dengan sebutan penyerang lubang atau trequarista. Posisi pemain sepak bola ini berada di sektor belakang penyerang murni.

Penyerang bayangan merupakan pemain sepak bola yang bertugas memberikan umpan kepada penyerang murni, membuka pertahanan tim lawan, serta mengupayakan gol untuk timnya, bahkan penyerang bayangan juga membantu pertahanan bagi timnya.

  • Penyerang Murni

Selain penyerang bayangan, terdapat pula pemain penyerang murni yang memiliki peran dan tugas untuk mencetak gol sehingga akan menghasilkan skor bagi timnya. Posisi pemain sepak bola bagian penyerang murni berada di bagian garda terdepan tim sepak bola.

  • Penyerang Sayap

Posisi pemain sepak bola selanjutnya diisi pemain penyerang sayap. Pemain penyerang sayap ini berada di sisi atau sektor sayap permainan sepak bola.

Penyerang sayap memiliki tugas dan peranan dalam permainan yakni mencetak gol juga membantu serangan dari sektor sayap. Biasanya penyerang sayap akan memberikan umpan kepada penyerang murni serta membuka ruang untuk para penyerang murni agar dapat mencetak gol di gawang lawan.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai posisi pemain sepak bola lengkap dengan tugasnya. Bagaimana? Kamu tertarik bermain sepak bola? Yuk berlatih dan belajar kembali bagaimana pertandingan sepak bola dan permainannya berlangsung agar tim kita bisa menang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like