5+ Macam Poster Globalisasi: Pengertian dan Gambarnya

Adahobi, Poster Globalisasi – Sudah banyak bertebaran poster globalisasi di luar sana, baik di media sosial maupun di dinding-dinding pengumuman. Tapi kira-kira siapa yang belum tahu apa itu poster globalisasi?

Nah, kali ini kita akan membahas apa itu poster globalisasi, macam-macam poster globalisasi, dan cara menggambar poster dengan mudah dan sederhana. Penasaran kan? Yuk segera baca sampai tuntas artikel di bawah ini.

Pengertian Poster

Poster merupakan suatu karya seni grafis yang mengandung suatu pesan, biasanya poster memuat ilustrasi gambar dan kata-kata.

Poster dibuat dengan bertujuan sebagai media sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi, maupun sekedar dekorasi.

Poster biasa digambarkan pada suatu media kertas dan ditempelkan pada dinding atau permukaan datar lainnya. Poster dapat dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat, agar mudah menarik perhatian. Poster digambar dengan melukis dengan cat poster atau cat-cat lainnya.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari globalization, yaitu gabungan kata global dan lization. Global yang berarti dunia atau mendunia, sedangkan lization berarti proses.

Sehingga globalisasi merupakan tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan di setiap penjuru dunia ke belahan dunia lainnya, sehingga tidak ada lagi terciptanya sekat-sekat maupun batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Fenomena globalisasi melibatkan integrasi ekonomi, budaya, kebijakan pemerintahan, teknologi, ilmu pengetahuan dan gerakan politik di seluruh dunia.

Apa Itu Poster Globalisasi?

Poster globalisasi merupakan karya seni grafis yang mengandung pesan dengan tema globalisasi. Poster ini dapat menyuarakan pesan sebagai ajakan atau peringatan dalam melakukan sesuatu yang bersangkutan dengan tema yang dipilih, yakni tema globalisasi.

Macam-macam Contoh Poster Globalisasi

Poster globalisasi dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan bidangnya. Adapun macam-macam poster globalisasi adalah sebagai berikut:

Poster Globalisasi Ekonomi

Poster globalisasi ekonomi merupakan karya seni grafis yang mengandung suatu pesan tentang proses globalisasi di bidang ekonomi. Biasanya pesan yang ingin disampaikan adalah menjaga kualitas milik negara atau daerah sendiri agar perekonomian di dalam suatu daerah tersebut dapat berputar.

Poster bertema globalisasi ekonomi juga biasanya menyampaikan suatu ajakan untuk bertindak secara bijak dan baik untuk perekonomian, atau mencegah suatu tindakan yang merugikan perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat. Contoh poster globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut:

poster globalisasi
himagrifpunand.wordpress.com

 

Poster Globalisasi Pendidikan

Poster globalisasi pendidikan merupakan karya seni grafis yang mengandung suatu pesan tentang proses globalisasi di bidang pendidikan.

Adanya globalisasi pendidikan menghadirkan ilmu pengetahuan secara cepat dan berjalan begitu deras. Dengan demikian, adanya poster globalisasi pendidikan mengajak setiap orang untuk membudayakan membaca sebagai kebiasaan yang penting dan esensial. Berikut contoh poster membudayakan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari manusia:

pendidikan
Penuliscilik.com

Selain membaca, kebiasaan yang harus dibentuk adalah antusiasme dalam belajar. Sebab dengan adanya pengaruh globalisasi pendidikan, tentunya manusia harus terus belajar agar tidak mudah tergilas kemajuan zaman dan bijak dalam segala tindakan.

Poster Globalisasi Teknologi

Poster globalisasi pendidikan merupakan karya seni grafis yang mengandung suatu pesan tentang proses globalisasi di bidang pendidikan.

Adanya peran serta globalisasi menghadirkan kemajuan di bidang teknologi terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dengan menggunakan poster ini dapat diharapkan menyampaikan suatu ajakan untuk bijak dalam menggunakan sosial media.

Karena sosial media telah menyajikan ruang bebas tanpa batas bagi setiap orang untuk bersosial, jika tidak diimbangi dengan kebijaksanaan diri maka bukan hanya merugikan diri sendiri bahkan akan merugikan bagi orang lain.

teknologi
Simakterus.com

Poster Globalisasi Budaya

Poster globalisasi budaya merupakan karya seni grafis yang mengandung suatu pesan tentang tema globalisasi di bidang budaya.

Salah satu dampak globalisasi adalah masuknya budaya-budaya dari bangsa lain ke dalam Indonesia, budaya dari segala sumber berdatangan secara bebas dan minim sekali filterisasi. Sehingga adanya media poster, dapat menyuarakan pesan tentang tindakan bijak dalam memilih dan memilah budaya yang masuk ke Indonesia.

ekonomi
Oriflameid.com

Selain itu, poster diharapkan dapat menyuarakan ajakan bagi masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak mudah hilang bahkan diakui budaya bangsa lain.

Menggambar Poster Globalisasi Sederhana dan Mudah

Sebenarnya menggambar poster mudah dan dapat dilakukan dengan sederhana, serta melibatkan kreativitas sang pembuat. Dan dalam menggambar poster dapat dilakukan dengan dua teknik:

Teknik manual

Teknik manual adalah cara menggambar poster dengan teknik melukis atau menggambar dengan tangan manual. Biasanya menggambar poster dengan teknik ini menggunakan media kertas. Dan menggunakan beberapa alat tulis lainnya, seperti krayon, pensil warna, spidol, atau juga dengan cat poster.

Teknik digital

Teknik digital merupakan cara membuat poster dengan menggunakan program grafis komputer. Biasanya menggambar poster ini membutuhkan suatu aplikasi atau tools untuk mendesain poster. Aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar poster digital adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, atau Canva.

Poster digital dapat dicetak menjadi poster kertas yang kemudian ditempel di tempat datar, atau juga bisa tetap dalam bentuk digital dan disebarkan ke beberapa platform sosial media.

Tips Menggambar Poster dengan Mudah

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam menggambar poster dengan mudah, yaitu:

  1. Gambarkan ilustrasi yang secara simbolis telah menggambarkan pesan poster.
  2. Tuliskan pesan maksimal dua kalimat singkat dan padat. Contohnya: “ Orang hebat menggunakan gadget dengan tepat dan sehat.”
  3. Gunakan warna-warna kontras, sehingga mudah menarik perhatian.
  4. Gunakan ukuran tulisan yang besar, agar mudah dibaca dan pesan mudah diterima.
  5. Jangan mendesain poster terlalu ramai dan penuh, hal itu membuat tidak fokus.

Penutup

Demikian artikel tentang poster bertema globalisasi, beserta contoh dan tips dalam menggambar poster dengan mudah dan sederhana. Semua orang pasti bisa menggambar poster tanpa terkecuali kamu, karena menggambar poster sebenarnya mudah dan bisa dipelajari.

Bagaimana? Sudahkan kamu membuat poster? Dan bagaimana reaksi orang melihat poster buatanmu? Tulis pengalamanmu di kolom komentar setelah membuat poster ya. Dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman lainnya agar mereka juga bisa menggambar poster bertema globalisasi sepertimu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like