5 Langkah Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas Dengan Model Kekinian

https://i0.wp.com/homemize.com/wp-content/uploads/2018/05/diy-project-cardboard-box-shelves-homes-youtube-inside-diy-bookshelf-out-of-boxes.jpg?w=1280&ssl=1

AdaHobi – Seperti diketahui bahwa kerajinan tangan atau hasta karya adalah sebuah proses pembuatan suatu produk yang bermanfaat dan indah, serta memiliki nilai jual. Maka artikel ini akan membahas tentang kerajinan, yaitu cara membuat rak buku dari kardus.

Bahan baku untuk membuat kerajinan tangan tidak harus selalu baru. Akan tetapi bisa juga dengan memanfaatkan material tak terpakai, atau barang bekas. Selain menghemat pengeluaran, cara ini juga dapat berfungsi untuk menyelamatkan lingkungan.

Kerajinan tangan bisa menjadi ladang usaha. Terlebih lagi jika kualitas dan mutunya dapat bersaing dengan produk bikinan pabrik. Rak buku buatan sendiri pun memiliki nilai lebih karena dikerjakan dengan tangan, sehingga risiko cacat produk bisa diminimalkan.

Beberapa material bekas yang biasa dipakai untuk membuat kerajinan, misalnya kardus, karton, aqua gelas hingga kemasan plastik. Nantinya, bahan-bahan tersebut bisa menjadi produk baru yang memiliki nilai guna dan bermanfaat.

Anda bisa membuat berbagai barang bermanfaat dari bahan-bahan tadi. Seperti tas, rak buku, jam dinding, wadah alat tulis dan make up, hingga mainan robot dari kardus. Tentu saja akan membutuhkan daya kreatif untuk dapat membuat produk-produk tersebut.

Nah, kali ini kami akan membahas mengenai cara pembuatan rak buku dari barang bekas. Anda pasti tahu jika rak buku biasanya berbahan dasar kayu. Namun apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk membuat rak dari kardus bekas?

Ya, rak buku bisa dibuat dari kardus bekas. Resep rahasianya akan kami ungkap melalui tutorial di bawah ini. Jika Anda penasaran, mari simak langkah-langkah untuk membuat rak buku dari kardus bekas yang unik dan menarik.

Konsep Rak Buku

Rak Buku Dari Kardus Bekas

https://homemize.com/

Sebelum membuat rak dari kardus, Anda harus memikirkan konsepnya terlebih dahulu. Anda bisa memilih rak dinding dari barang bekas atau rak buku kecil yang ditempatkan berdiri di atas meja kerja. Semua tergantung kebutuhan Anda.

Setelah mendapatkan model yang diinginkan, berikutnya Anda pertama kali harus menentukan ukuran rak buku yang ingin Anda buat. Pastikan Anda menyesuaikan ukuran terrsebut dengan lokasi penempatan rak buku nantinya.

Gunakan juga imajinasi Anda untuk menyusun pola hiasan yang tepat pada rak buku. Anda bisa memakai kertas bermotif atau cat untuk mempercantik tampilannya. Bila perlu, catat semua konsep tersebut sehingga Anda dapat menerapkannya secara konsisten.

Siapkan Alat dan Bahan

Rak Buku Dari Kardus Bekas

https://instructables.com/

Selanjutnya Anda bisa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Seperti halnya pada resep kerajinan tangan dari aqua gelas, Anda pun harus menyiapkan bahan utama pada prakarya kali ini, yaitu kardus bekas.

Tapi bukan hanya itu, Anda juga membutuhkan beberapa material dan perlengkapan lainnya. Pada penjelasan berikut ini, akan dijabarkan mengenai beberapa jenis alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan rak dari kardus, yaitu:

  1. Kardus bekas. Carilah kardus bekas yang masih bagus, rapi dan bersih. Usahakan untuk memilih kardus bekas yang cukup tebal. Agar nantinya Anda dapat menghasilkan rak buku yang kuat dan kokoh.
  2. Kertas samson dan HVS. Kertas samson diperlukan untuk menutupi permukaan rak buku, atau lebih tepatnya menyamarkan tekstur kardus. Sementara kertas HVS berfungsi untuk menutupi tepi atau pinggiran rak buku agar tampak lebih rapid an menarik.
  3. Alat tulis. Alat tulis ini akan digunakan untuk membuat pola untuk setiap bagian dari rak. Anda bisa memakai alat tulis jenis apa saja, tetapi kami lebih menyarankan pensil dan penghapus agar memudahkan koreksi jika terjadi kesalahan.
  4. Penggaris. Anda membutuhkan alat untuk mengukur dimensi pola secara akurat. Maka siapkan juga penggaris dengan panjang yang cukup. Anda bisa memakai penggaris logam dengan panjang 100 cm atau 50 cm.
  5. Pisau Cutter. Selain gunting, Anda juga membutuhkan pisau cutter. Alat ini berguna untuk mempermudah pemotongan lembaran kardus tebal, sehingga hasilnya akan lebih halus dan rapi. Tapi pastikan Anda memilih pisau cutter yang masih tajam.
  6. Gunting. Gunting bersifat opsional. Hanya diperlukan jika Anda kesulitan memotong kardus atau kertas menggunakan cutter. Usahakan menggunakan gunting dengan ketajaman yang cukup.
  7. Lem. Anda bisa saja menggunakan lem putih, tetapi akan lebih kuat jika mendukungnya dengan lem tembak. Fungsinya untuk menyatukan setiap komponen rak buku dari potongan-potongan kardus tadi.

Sekarang semua peralatan dan bahan-bahan telah terkumpul. Selanjutnya baru Anda bisa memulai tahap demi tahap dalam pembuatan rak buku dari kardus. Silakan menyimak panduan berikut ini untuk mengetahuinya.

Langkah dan Cara Pembuatan Rak Buku Dari Kardus Bekas

  • Membuat Pola dan Ukuran

    https://cdn.instructables.com/F0O/G97U/FYAJC1FR/F0OG97UFYAJC1FR.LARGE.jpg?auto=webp&width=1024&height=1024&fit=bounds

    https://instructables.com/

Siapkan area untuk memulai proses pembuatan rak buku. Gunakan meja kosong yang cukup lebar, atau Anda bisa mengerjakan semuanya di lantai. Namun pastikan area kerja Anda benar-benar dalam kondisi bersih.

Ambil semua alat dan bahan. Dimulai dari lembaran kardus yang akan Anda buat menjadi rak buku. Pilih salah satu bidang pada permukaannya untuk membuat pola sesuai dengan konsep yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Anda bisa membuat pola rak buku berbentuk persegi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dimensi ruangan yang tersisa untuk menempatkan rak buk tersebut nantinya. Juga ukuran dan jumlah buku koleksi Anda di rumah.

Ini akan menentukan seberapa lebar luas bidang yang dibutuhkan, serta berapa susun rak yang perlu dibuat agar semua buku Anda dapat tersimpan rapi di dalamnya. Catat semua ukuran di kertas kosong, lalu terapkan angka-angka tersebut pada permukaan kardus.

  • Memotong Kardus Sesuai Pola dan Ukuran

Picture of Cut Out the Shapes

https://instructables.com/

Pastikan semua telah terukur dan ditandai dengan baik. Langkah selanjutnya, Anda harus memotong pola tersebut.

Usahakan serapi mungkin, menggunakan gunting atau pisau cutter, pilihlah yang paling nyaman buat Anda.

  • Menyatukan Bagian Yang Sudah Dipotong

https://cdn.instructables.com/FGZ/M5T4/FYAJL2MX/FGZM5T4FYAJL2MX.LARGE.jpg?auto=webp&width=1024&height=1024&fit=bounds

https://instructables.com/

Setelah Anda memotong semua bagian yang dibutuhkan, kini saatnya menyatukan bagian-bagian tersebut untuk menjadi rak buku.

Susun bagian-bagian tersebut menggunakan lem tembak agar kuat dan kokoh. Anda juga bisa menggunakan lem kayu agar lebih maksimal.

Saat menyatukan bagian-bagian ini, Anda harus waspada dan berhati-hati.

Pertama, jangan sampai salah menempelkan bagian di tempat yang tidak seharusnya. Kedua, gunakan sarung tangan untuk menghindari terkena lem panas dari alat lem tembak.

  • Menutupi Permukaan Rak Buku Dengan Kertas Coklat

Hasil gambar untuk brown wrapping paper

https://etsy.com/

Selagi menunggu lem kering agar semua bagian rak buku bisa melekat sempurna, ambillah lembaran kertas samson yang telah disiapkan tadi.

Letakkan lembaran yang lebar tersebut di atas rak buku. Lalu lipat mengikuti setiap bagian dari permukaan luar rak buku.

Sesuaikan pula dengan bentuk rak buku, kemudian tandai dengan lipatan. Lipatan tersebut akan menjadi panduan Anda saat memotong kertas samson.

Setelah ditandai seluruhnya, gunting lalu tempelkan masing-masing bagian pada permukaan rak buku.

  • Memberi Lis dengan Kertas Putih

Hasil gambar untuk diy cardboard bookshelf instructions

https://dapurindonesia.web.id

Berikutnya Anda perlu mengambil kertas HVS putih yang telah disiapkan tadi. Kertas ini juga berfungsi sebagai pelapis luar rak buku dari kardus.

Hanya saja digunakan untuk menutupi permukaan yang tidak dilapisi dengan kertas Samson, yaitu lis tepian rak buku.

Ukur setiap permukaan tepian rak buku yang masih belum terlapisi secara akurat.

Kemudian aplikasikan pada kertas putih dan buatlah potongan memanjang mengikuti ukuran tersebut. Selanjutnya, tempelkan pada setiap tepian rak buku agar tampilannya semakin rapi.


Nah, setelah semua bagian terlapisi kertas dan tertempel dengan rapi, artinya proses pembuatan rak buku dari kardus telah selesai. Untuk panduan yang lebih detail tentang rak buku buatan sendiri, silakan lihat laman Youtube berikut ini. Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu