10+ Contoh Model Rak Bunga dari Kayu [Minimalis, Sederhana, Dll]

Adahobi, Rak bunga dari kayu – Untuk dekorasi rumah kita biasanya menanam beberapa jenis tanaman hias, namun semakin banyak tanaman malah justru membuat rumah kurang tertata rapi. Sehingga kita membutuhkan rak untuk menata tanaman tersebut agar lebih rapi dan tidak memakan banyak tempat. Salah satu rekomendasi rak bunga yang mudah dicari dan dibuat adalah rak bunga dari kayu.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang rak bunga dari kayu sebagai rekomendasi untuk mendekorasi rumah agar lebih rapi dan indah. Apa saja rak bunga dari kayu tersebut? Dan bagaimana cara membuat rak bunga dari kayu secara manual dengan mudah? Yuk segera simak penjelasan di bawah ini.

Macam-macam Model Rak Bunga dari Kayu

Ada beragam model rak bunga dari kayu, mulai dari sederhana hingga model rak unik lainnya. Beberapa model rak bunga tersebut akan kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Model Rak Bunga Susun Bertingkat

rak bunga dari kayu
Model Rak Bunga Susun Bertingkat
tokoreklame.id

Rak bunga dari kayu yang pertama adalah rak dengan model susun bertingkat. Model ini cukup sederhana dan mampu menata bunga-bunga dengan rapi. Rak bunga model ini disusun dengan beberapa kayu dan berbentuk seperti tangga yang semakin naik ke atas. Model rak kayu ini bisa dibuat dengan berbagai ukuran, salah satu rekomendasi ukuran yang bisa memuat banyak tanaman adalah 60 cm x 56 cm x 60 cm. Dan tinggi setiap anak tangga sebesar 20 cm.

2. Model Rak Bunga Standing

rak bunga dari kayu
Model rak bunga standing
home-designing.com

Rak bunga dari kayu yang kedua adalah model rak bunga standing. Rak model ini cocok untuk dekorasi rumah suka berganti-ganti desain. Pergantian secara berkala tentu tidak akan merasa kesulitan untuk memindahkan rak bunga model ini.

Selain mudah dipindahkan, model rak bunga dari kayu ini juga cukup simpel untuk dipadu-padankan dengan perabot interior rumah lainnya. Rak model ini berbentuk seperti kaki meja yang berjumlah 4 kaki sebagai penahan pot bunga agar tidak memakan banyak tempat di dalam ruangan.

3. Model Rak Bunga Kecil Serbaguna

rak bunga dari kayu
Model rak bunga kecil serbaguna
home-designing.com

Rak bunga yang ketiga adalah model rak bunga kecil serbaguna. Rak model ini biasa diletakkan di meja kerja atau di meja ruang tamu. Meskipun bentuknya kecil, tapi rak model ini cukup menarik dan menambah keindahan rumah. Bahkan tidak hanya bisa digunakan untuk rak bunga, rak kayu ini juga bisa digunakan untuk menyimpan telepon seluler.

4. Model Rak Bunga Ladder

rak bunga dari kayu
Model rak bunga ladder
home-designing.com

Model rak bunga selanjutnya adalah model rak bunga ladder. Model rak bunga dari kayu ini sangat tidak memakan banyak tempat. Karena model rak bunga ini juga sederhana semacam tangga. Model rak kayu ini juga bisa loh dikombinasikan di dapur, sehingga menambah kesegaran dan keindahan ruangan.

5. Model Rak Bunga Kayu Ayunan

rak bunga dari kayu
Model Rak Bunga Kayu Ayunan
home-designing.com

Rak bunga dari kayu selanjutnya adalah rak bunga yang dibuat dengan model ayunan. Rak bunga model ini cukup unik dan cantik. Rak ayunan dibuat dari bahan kayu yang diberi tali simpul sebagai alat untuk menggantungkan beberapa pot tanaman hias.

Karena rak jenis ini bisa digantung di dinding rumah, sehingga dengan adanya rak ayunan dapat menata bunga hias tanpa harus memakan banyak tempat di rumah. Dengan demikian, rak ayunan sangat cocok digunakan untuk menghias rumah yang kecil dan minimalis.

6. Model Rak Bunga Dinding

rak bunga dari kayu
Model Rak Bunga Dinding
weheartit.com

Selain rak bunga dengan model ayunan, ada pula jenis rak bunga dinding. Model rak bunga dari kayu ini berbentuk segi enam yang disusun menempel di dinding. Biasanya rak ini berjumlah lebih dari satu, sehingga bisa disusun sesuai kreativitas pemilik rumah.

Karena bentuknya yang unik, tak jarang model ini digunakan untuk menambah dekorasi rumah. Selain itu, bentuknya juga simpel dan tinggal tempel. Beberapa macam tanaman yang biasa diletakkan di rak kayu ini contohnya adalah Lavender, Chinese Money, ataupun Daun Asparagus.

7. Model Rak Bunga Sudut

rak bunga dari kayu
Model Rak Bunga Sudut
weheartit.com

Rak sudut ini merupakan salah satu model alternatif yang bisa digunakan untuk mendekorasi rumah. Rak bunga dengan model sudut ini biasa diletakkan di sudut-sudut ruangan rumah, sehingga tidak memakan banyak tempat. Rak bunga semacam ini cukup simpel dan juga menambah keindahan rumah dengan gaya estetiknya.

Rekomendasi Model Rak Bunga dari Kayu Bekas

Siapa sangka kayu bekas yang menumpuk dan tidak terpakai bisa juga loh digunakan sebagai rak bunga. Rak bunga dari kayu bekas lebih hemat dan tentunya bisa mendaur ulang kayu-kayu daripada dibuang dan berserakan. Kira-kira apa saja ya kayu bekas yang bisa didaur ulang menjadi rak bunga? Yuk simak beberapa macam rak bunga dari kayu bekas berikut ini.

1. Rak Bunga dari Kayu Jendela Rustic Bekas

rak bunga dari kayu
Rak Bunga dari Kayu Jendela Rustic Bekas
rumahcor.com

Rak bunga dari bahan kayu bekas yang pertama adalah rak bunga dari kayu jendela rustic bekas. Jendela kuno ini bisa digunakan sebagai media untuk menggantungkan tanaman hias di dinding. Selain estetik, rak ini juga dapat menghemat biaya untuk mendekorasi rumah. Dan tentunya menghemat tempat untuk meletakkan bunga di rumah.

2. Rak Bunga dari Kayu Palet Bekas

rak bunga dari kayu
Rak Bunga dari Kayu Palet Bekas
stellamariscollege.org

Rak bunga dari bahan kayu bekas selanjutnya adalah rak bunga dari bahan kayu palet bekas. Kayu palet yang biasanya digunakan untuk wadah telur ini ternyata juga bisa loh digunakan untuk menghias rumah. Tidak hanya itu, palet bekas juga bisa dirangkai dan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi rak bunga yang estetik.

3. Rak Bunga dari Kayu Bambu Bekas

rak bunga dari kayu
Rak Bunga dari Kayu Bambu Bekas
rakrumahminimalis.blogspot.com

Siapa sangka jika bambu bekas bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat rak bunga. Rak bunga semacam ini lebih murah dan tentunya ramah lingkungan karena limbah bambu bekas tidak berserakan. Rak ini juga bisa dikreasikan dengan bentuk tangga bersusun atau lain semacamnya. Selain murah, rak semacam ini bisa dibuat sendiri di rumah loh.

Cara Membuat Rak Bunga dari Kayu Mudah dan Sederhana

Rak bunga dari kayu juga cukup mudah untuk dibuat sendiri. Rak bunga yang dibuat sendiri bisa menyesuaikan kebutuhan, sehingga bisa lebih hemat karena tidak membutuhkan banyak alat dan bahan. Bagaimana cara membuat rak bunga yang terbuat dari kayu dengan sederhana? Yuk simak cara selengkapnya berikut ini.

1. Alat dan Bahan

Untuk membuat rak bunga dari bahan kayu tidaklah membutuhkan banyak bahan. Hanya ada 4 alat dan bahan utama yang dibutuhkan, berikut adalah daftar keempat alat dan bahan tersebut:

  • 12 Papan kayu ukuran 100 cm x 8 cm x 1,8 cm
  • Siku rak “L” atau daun bracket kayu 8 inch x 10 inch
  • Paku sekrup
  • Bor

2. Langkah-langkah Pembuatan

Membuat rak bunga dari bahan kayu cukuplah mudah, bagaimana caranya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

rak bunga dari kayu
Langkah 1-2 Cara Membuat Rak Bunga dari Kayu
www.borukaro.com
  1. Karena lebar papan hanya 8 cm, maka buatlah satu rak dengan dua papan dengan jarak tertentu.
  2. Sambung papan dengan daun bracket dengan sekrup di kedua sisi sampai kedua kayu papan menempel kokoh di daun bracket. Pastikan posisi daun bracket sama dari kedua sisi dengan menggunakan meteran.
rak bunga dari kayu
Langkah 3-4 Cara Membuat Rak Bunga dari Kayu
www.borukaro.com
  1. Kemudian tentukan posisi dinding tempat untuk menempelkan papan rak bunga dari kayu ini.
  2. Susun rak bunga sesuai dengan titik yang sudah dibor sebelumnya dan paku dengan kayu beton.
  3. Rak bunga dari kayu sudah siap diisi dengan beberapa tanaman hias. Bentuknya mirip rak buku kan? Ini juga bisa dibuat alternatif rak lainnya.
rak bunga dari kayu
Rak bunga dari kayu
www.borukaro.com

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi rak bunga dari kayu yang berhasil penulis rangkum untuk kamu. Tidak hanya model rak bunga yang biasa dijual di luar sana, melainkan juga ada beberapa rak bunga yang terbuat dari kayu bekas yang bisa menjadi alternatif untuk mendekor rumah idaman kamu. Selain itu, rak bunga juga bisa kita rangkai sendiri di rumah untuk menghemat biaya.

Bagaimana menurutmu? Tertarik membeli atau membuat rak bunga sendiri? Jangan lupa share ke teman-teman lainnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like