Salam Pramuka: Pengertian, Fungsi, Macam, Cara Memberikan Salam

Adahobi, Salam Pramuka – Salam menjadi salah satu kebiasaan dan adat untuk masyarakat Indonesia, tidak terkecuali saat kegiatan pramuka. Ketika kegiatan pramuka berlangsung, salah yang digunakan adalah salam pramuka yang tentu saja berbeda dengan salam yang bisa diucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salam pramuka biasa diucapkan ketika berjumpa dengan sesama anggota pramuka. Lantas apa yang disebut dengan salam pramuka itu? Apa fungsinya dan bagaimana cara memberikan salam pramuka yang benar?  Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Salam Pramuka

Pengertian salam pramuka
Pengertian salam pramuka

Salam pramuka merupakan sebuah salam yang pada hakikatnya digunakan sebagai wujud penghargaan yang diberikan oleh anggota Pramuka kepada anggota lainnya. Pada umumnya, salam antar anggota Pramuka dilakukan dengan memberikan hormat kemudian menyerukan “Salam Pramuka!” secara tegas.

Sementara orang yang diberi salam akan menjawab “Salam!” dengan posisi tangan hormat juga kepada sang pemberi salam.

Fungsi Salam Pramuka

Setelah mengetahui pengertian dari salam pramuka, lantas apa fungsi sebenarnya dari salam pramuka tersebut? Sama seperti salam-salam pada umumnya, setiap salam pasti memiliki fungsi tersendiri.

Misalnya salam selamat pagi, berfungsi menciptakan keakraban dan lain sebagainya.

Adapun fungsi salam pramuka tersendiri, yaitu

  • Untuk menumbuhkan sikap disiplin,
  • Sebagai wujud saling menghargai dan menghormati sesama anggota Pramuka,
  • Untuk menumbuhkan sikap kekeluargaan antar anggota pramuka.

Terlebih lagi jika sebuah salam pramuka dilakukan dengan tulus serta kerendahan hati maka akan menumbuhkan suatu hubungan yang hangat dan akrab satu sama lain.

Hendaklah ketika anggota pramuka mengucapkan “Salam Pramuka!” maka segeralah menjawabnya dengan “Salam!” sembari memberikan hormat satu sama lain.

Macam-Macam Salam Pramuka

Macam-macam salam pramuka
Macam-macam salam pramuka

Tahukah Anda bahwa salam pramuka tidaklah hanya satu macam saja seperti yang dikenal sebelumnya. Akan tetapi salam pramuka memiliki beberapa macam yang dibedakan sesuai dengan kegunaan serta kondisi pengucapannya.

Salam pramuka dibedakan menjadi 3 macam, antara lain:

1. Salam Biasa

Jenis salam pramuka yang pertama yakni salam biasa. Di mana salam biasa adalah salam yang diberikan oleh sesama anggota pramuka. Siapa yang melihat terlebih dahulu maka sebaiknya dialah yang mengucapkan salam dengan tersenyum dan tulus.

Salam biasa hendaknya dilakukan oleh siapa saja sesama anggota pramuka dengan tidak membedakan tingkatan dalam pramuka dan membedakan yang tua atau yang muda.

Berbeda dengan salam pramuka yang lain, salam pramuka biasa sifatnya lebih fleksibel, yaitu boleh dilakukan saat berjalan, naik sepeda atau berkendara bahkan saat sedang duduk. Dengan kata lain tidak harus dilakukan dengan posisi berdiri.

2. Salam Hormat

Salam pramuka yang selanjutnya yaitu salam hormat. Lain halnya dengan salam biasa yang bisa diberikan oleh siapa saja, salam hormat adalah salam yang dilakukan oleh anggota pramuka kepada anggota lain yang tingkatan atau pangkatnya lebih tinggi.

Pada umumnya, salam hormat diberikan kepada:

  • Bendera Merah Putih Kebangsaan Indonesia yang dikibarkan maupun diturunkan ketika acara upacara.
  • Jenazah yang sedang diiring maupun jenazah yang telah dikebumikan.
  • Para petinggi negara atau pejabat, misalnya Presiden atau Wakil Presiden, para Duta besar, panglima dan juga para menteri negara.
  • Ketika dinyanyikannya lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

3. Salam Janji

Yang terakhir adalah salam janji. Salam janji merupakan salah satu macam salam pramuka yang diterapkan saat acara pelantikan anggota Pramuka.  Salam tersebut diberikan ketika anggota yang dilantik mengucapkan Dwi Satya dan Tri Satya.

Selain itu, salam janji juga dilakukan ketika pengucapan ulang Tri Satya pada acara Ulang Janji.

Cara Memberikan Salam Pramuka

Cara Memberikan Salam Pramuka
Cara Memberikan Salam Pramuka

Hampir semua kegiatan yang ada dalam pramuka memiliki tata cara atau ketentuan yang harus dilakukan. Hal ini juga berlaku pada salam pramuka, adapun beberapa ketentuan atau tata cara memberikan salam pramuka yaitu:

  • Memberikan salam pramuka yang terbaik adalah dilakukan dalam keadaan terhenti.

Pada umumnya salam pramuka dilakukan dengan sikap sempurna atau sikap siap dan memposisikan telapakan tangan kana ndengan kelima jari rapat ke sebelah pelipis dengan menyentuhkan telunjuk dan jari tengah.

  • Selain itu Anda juga harus memperhatikan bahwa siku-siku kanan telah membentuk sudut 15°, pergelangan lurus, bahu tegap serta pandangan menuju kepada sasaran salam.
  • Biasanya dalam acara tertentu, anggota pramuka akan membawa tongkat. Lantas bagaimana cara mengucapkan salam ketika sedang membawa tongkat?

Ketika melakukan salam biasa, gunakan tangan kanan untuk mengangkat tongkat dan tangan kiri diposisikan berada di depan dada dengan pungging tangan di atas, telapak tangan terbuka serta kelima jari saling rapat satu sama lain.

  • Sementara ketika melakukan salam janji dan penghormatan maka tongkat dimiringkan ke sebelah kiri dengan tangan kiri dengan pangkal tongkat masih dalam posisi semula (tetap).
  • Kemudian tangan kanan melakukan sikap hormat yaitu telapak tangan terbuka dengan kelima jari rapat, punggung tangan berada di bagian atas dan posisi telapak tangan miring.
  • Pemberian salam pramuka juga bisa dilakukan dalam posisi duduk. Adapun caranya adalah dengan menekuk lutut, merapatkan kedua kaki, badan dalam posisi tegak dan tangan kiri rapat di sebelah kiri tubuh sebatas siku serta lengan bawah diposisikan di atas paha.
  • Sementara itu, tangan kanan mengambil sikap hormat dengan tangan miring, bagian punggung tangan berada di atas, telapak tangan terbuka dan kelima jari rapat.
  • Dalam beberapa konteks atau kasus yang tidak memungkinkan seperti ketika berkendara, maka salam bisa dilakukan tanpa mengambil posisi sempurna. Anda hanya perlu mengambil sikap hormat. Biasanya hal ini terjadi pada salam biasa.
  • Pemberian salam biasa harus dilakukan dengan tata cara di atas dan menyerukan “Salam Pramuka!” namun pada pemberian salam penghormatan dan salam janji maka tersebut tidak perlu dilakukan.

Nah itulah beberapa informasi mengenai salam pramuka. Sebagai anggota pramuka yang baik, hendaklah kita menjawab ketika seseorang memberi salam pramuka. Adapun ucapan menjawabnya adalah “Salam!” dan mengambil posisi tangan hormat.

Setelah memahami informasi di atas, maka Anda akan lebih mengerti apa maksud dari salam pramuka sebenarnya. Apa saja jenisnya, bagaimana cara pelaksanaannya dan beberapa hal lain.

Dengan begitum Anda juga bisa memberikan salam pramuka secara benar terhadap anggota lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like