Seni Tari: Pengertian, Unsur-unsur, Jenis, Contoh

AdaHobi, Seni Tari – Artikel ini dibuat karena ada banyak pertanyaan dari sobat hobi tentang apa itu seni tari. Hal itu didasari karena ada banyak hal yang perlu dipahami mengenai kesenian tari, baik itu pengertian, fungsi, jenis dan unsur-unsur dari seni tari.

Di Indonesia ada beraneka ragam seni tari yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai macam warna keindahan dari keunikan khas dari setiap daerah. Bisa jadi sobah hobi pernah menyaksikan kesenian tari pada acara pernikahan, khitanan, syukuran, sambutan penghormatan dan lain sebagainya.

Nah jika kamu penasaran mengenai kesenian tari, simak artikel ini sampai habis ya!

Pengertian Seni Tari

pengertina seni tari

Apa yang dimaksud dengan seni tari?

Seni tari adalah gerakan tubuh yang teratur memiliki irama mengandung unsur keindahan sebagai bentuk menyampaikan pesan ungkapan perasaan kebahagiaan, kemenangan, bersyukur, mengagungkan dan lain sebagainya yang dilakukan perorangan maupun berkelompok.

Sehingga secara umumnya kesenian tari merupakan cabang dari suatu karya seni untuk mengungkapkan ekspresi, keindahan serta makna tertentu dengan perantara gerakan tubuh yang sudah disusun untuk diperagakan dan mampu menampilkan gerakan yang menarik penonton  untuk menyaksikannya.

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Berikut ada beberapa pengertian seni tari dari para ahli seni yang bisa sobat hobi ketahui.

1. Soedarsono

Menurut Soedarsono, pengertian seni tari merupakan sebuah ungkapan yang berasal dari dalam jiwa manusia yang kemudian diekspresikan melalui gerakan indah juga ritmis. Sehingga, bisa dimaksudkan bahwa ungkapan ini untuk menunjukkan atau melimpahkan emosional seseorang yang setiap gerakannya disesuaikan bersamaan nada serta irama yang mengiringi.

2. M.A Theodora Retno Maruh

Menurut Theodora yang mengartikan kesenian tari sebagai sebuah karya seni gerak yang sifatnya tidak akan pernah menjadi kontemporer.

3. Kamala Devi Chattopadhyaya

Menurut Kamala Devi, pengertian seni tari merupakan sebagai sebuah insting yang memberikan desakkan kepada emosi di dalam diri manusia di mana sifatnya mendorong manusia untuk berekspresi.

4. Corrie Hartong

Menurut Corrie Hartong, pengertian seni tari adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis.

5. Yulianti Parani

Menurut Yulianti Parani, pengertian seni tari merupakan gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu.

6. Pangeran Suryadiningrat

Menurut pangeran Suryadiningrat, pengertian seni tari adalah gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilakukan selaras dengan irama musik dengan maksud tertentu.

Unsur Seni Tari

unsur seni tari

Didalam kesenian tari ada banyak hal bisa memperkuat nilai dari sebuah kesenian tari, adapun hal itu adalah unsur-unsur seni tari. Apa saja unsur-unsur seni tari? Berikut rangkuman AdaHobi mengenai unsur-unsur seni tari yang bisa kita ketahui. 

Ada 2 unsur pada kesenian tari, yaitu unsur utama dan unsur pendukung yang di dalamnya terdapat beberapa unsur lagi yang bisa kita ketahui.

1. Unsur Utama Seni Tari

Di dalam unsur utama ada 3 macam, yakni unsur wiraga, wirama dan wirasa. Dengan penjelasan sebagai berikut.

A. Unsur Wiraga

Wiraga merupakan kata yang diambil dari bahasa jawa yaitu raga. Sehingga unsur wiraga mempunyai arti bahwa penari dalam kesenian tari wajib untuk menampilkan suatu gerakan tubuh dengan posisi duduk atau berdiri.

Gerakan tari yang ditampilkan penari bersifat dinamis, estetis dan ritmis. Karena disetiap tarian pasti memiliki pesan maupun makna yang hendak disampaikan sehingga penonton mampu menerima pesan dan makna tersebut.

B. Unsur Wirama

Wirama sendiri diambil dari kata irama yang artinya gerakan tari memiliki sifat ritmis yang mempu mengikuti alunan musik pengiring sehingga seirama. Baik itu musik pengiring yang berasal dari instrumen yang dibawakan langsung maupun putaran rekaman.

Ada juga beberapa tarian yang diiringi dengan alunan tepukan tangan, hentakan tangan serta nyanyian dari para penari. Itupun antara perpaduan gerakan tarian, tepuk tangan, hentakan dan nyanyian juga seirama untuk menjadikan tarian lebih hidup sesuai makna dan pesan tarian.

C. Unsur Wirasa

Suatu tarian hendaknya harus bisa menyampaikan suatu pesan dan perasaan yang terdapat dalam setiap gerakan. Baik itu gerakan kepala, tangan, tubuh, kaki, maupun ekspresi wajah. 

2. Unsur Pendukung Seni Tari

Selain unsur utama, ada 3 unsur pendukung pada kesenian tari, seperti.

A. Unsur Ragam Gerak

Suatu tarian mampu untuk melakukan kolaborasi antara setiap bagian anggota tubuh untuk menampilkan suatu pesona keindahan dan ciri khas pada tariannya. Kolaborasi itu perpaduan antara kepala, tangan, badan, kaki, raut wajah hingga lirikan mata penari.

B. Unsur Ragam Iringan

Iringan merupakan unsur pendukung yang mengandalkan irama dari alat musik maupun suara lainnya yang ritmis, seirama dan sesuai dengan tarian yang ditampilkan. Sehingga perpaduan antara tarian dan irama mampu membuat para penonton atau orang yang menyaksikan ikut larut dalam aksi pementasan. 

C. Unsur Riasan dan Kostum

Riasan dan kostum juga merupakan unsur pendukung dalam sebuah tarian supaya pada saat pementasan tari hasilnya lebih maksimal dengan menonjolkan karakter sesuai tema yang ditampilkan agar enak dipandang. Sebab, apabila penari yang menarikan suatu tarian tanpa mengenakan riasan dan kostum, sudah dapat dipastikan acara pementasan akan terasa hambar.

Jenis Seni Tari Berdasarkan Fungsi

jenis seni tari

Pada umumnya seni tari memiliki beberapa fungsi yang diantaranya seperti hiburan, pendidikan, pertunjukkan, upacara penyambutan, pendidikan, pergaulan, penghormatan dan lain sebagainya.

1. Alat Upacara

Jenis tari yang berfungsi sebagai sarana upacara ada banyak macamnya. Salah satu jenis seni tari yang digunakan sebagai sarana upacara adalah tari gantar dari Kalimantan yang diadakan sebagai upacara adat. Selain itu juga ada tari pendet dari Bali yang digunakan untuk upacara keagamaan.

2. Media Hiburan

Tidak hanya sebagai upacara saja, kesenian tari berfungsi sebagai hiburan bagi para masyarakat dan orang-orang yang menyaksikan lainnya. Karena para penonton yang menyaksikan pementasan kesenian tari akan ikut terhibur dengan gerakan dan iringan musik yang syahdu.

Adapun contoh tari yang digunakan untuk hiburan adalah tari Tayub dari Jawa Tengah yang ditujukan sebagai hiburan setelah panen. Dari Kalimantan ada tari giring-giring, dari sumatera ada tari maengket dan tari hiburan lainnya.

3. Sarana Pendidikan

Tarian juga mampu berfungsi sebagai sarana pendidikan bagi anak supaya mampu untuk bersikap dewasa. Selain itu juga mampu memberi edukasi bahwa dalam suatu pergaulan harus tetap menjaga norma-norma untuk tidak menyakiti sesama.

4. Alat Pertunjukkan

Tarian yang hendak digunakan sebagai pertunjukkan biasanya lebih melakukan persiapan yang begitu matang. Adapun hal yang perlu diperhatikan seperti koreografi, artistik, tema dan konsepsional yang menarik.

Tari pertunjukkan biasanya diadakan bertujuan untuk meningkatkan daya tarik pariwisata suatu daerah.

5. Penyaluran Terapi

Tari jenis ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus.

6. Sarana Pergaulan

Karena dalam melakukan pementasan tari dilakukan oleh beberapa orang untuk melakukan kegiatannya. Maka dibutuhkan pergaulan yang baik agar para penari mampu bergerak seirama sesuai tema.

7. Penyambutan

Kesenian tari berfungsi sebagai upacara penyambutan tamu maupun orang-orang terdekat lainnya pada suatu acara resmi seperti pernikahan, khitanan, tasyakuran, kenegaraan dan lain sebagainya.

Macam-macam Seni Tari

macam-macam seni tari


Nah demikian artikel AdaHobi mengenai seni tari, semoga bisa bermanfaat dan membantu sobat hobi sekalian dalam mencari referensi mengenai kesenian tari. Apabila ada hal yang didiskusikan silahkan isi di kolom komentar dan apabila dirasa bermanfaat silahkan di share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like