9+ Fakta Menarik Tentang Tari Kipas Pakarena

Adahobi, Tari Kipas Pakarena – Tari kipas pakarena menjadi tarian nusantara yang memiliki sejarah, makna, fungsi dan ciri tari kipas yang khas. Ternyata ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari tari kipas ini.

Seperti properti apa saja yang digunakan untuk tari kipas, pola gerakan seperti apa saja yang ada pada tari kipas, pakaian adat seperti apa yang ada pada tari kipas dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita simak dan pelajari bersama tentang tari kipas pakarena.

Sejarah Tari Kipas Pakarena

Makna Tari Kipas
Gambar : https://www.sumber.com/

Tari kipas berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya bermula pada peninggalan Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa pernah berjaya dan menguasai bagian Selatan di Sulawesi selama ratusan tahun.

Tidak ada yang pasti mengenai awal mula adanya tari kipas ini. Menurut cerita yang beredar tari kipas berawal dari cerita berpisahnya penghuni boting langi (khayangan) dengan penghuni lino (bumi).

Konon, sebelum kisah perpisahan penghuni boting langi dengan penghuni lino, boting langi banyak mengajarkan tentang bagaimana bisa bertahan hidup dibumi. Seperti bercocok tanam, berburu dan beternak.

Pengajarnya menggunakan gerakan badan dan kaki sehingga menyerupai gerakan sebuah tarian, sejak saat itu gerakan tersebut menjadi adat istiadat oleh penghuni lino.

1. Asal Nama Tari Kipas Pakarena

Tari kipas pakarena mempunyai arti tersendiri, “pakarena” tersendiri awal katanya bermula dari “karena” yang bermakna main. Dulunya tari kipas pakarena juga dikenal dengan tari sere jaga. Tari sere jaga ini menjadi tari ritual masyarakat sebelum atau sesudah penanaman padi.

Alat yang digunakan untuk tarian ini pada zaman dahulu masih sederhana yaitu berupa seikat padi yang diumpakan sebagai dewi padi.

Tari sere jaga ditampilkan dalam waktu satu malam penuh untuk upacara adat, salah satu upacara adatnya adalah ammata-mata benteng. Seiring berjalannya waktu properti yang digunakan dalam tarian pun berubah menjadi kipas.

2. Mitos Tari Kipas

Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia mengenai mitos dan cerita legenda yang turun menurun diceritakan. Dari dahulu kala cerita tentang tari kipas pakarena tidak jauh tentang hubungan manusia dengan makhluk yang berasal dari kahayangan.

Dimana sebelum perpisahan anatara makhluk kahayangan yang dikenal dengan boting langi mengaajarkan tata cara hidup kepada manusia atau saat itu dikenal dengan sebutan penghuni lino (bumi).

Tidak hanya itu ada kisah legenda lainnya yang dimana tari kipas pakarena ini berasal dari legenda Tumanurung ri Tamalate yang dimana adalah sebuah Kerajaan Gowa. Pada cerita ini tari kipas pakarena berawal bersamaan dengan Putri Tumanurung ru Tamalate. Tarian ini juga menjadi tarian pengiring kebesaran Tumanurung ri Tamalate.

Makna Tari Kipas Pakarena

Gerakan Tari Kipas
Gambar : https://www.youtube.com/

Terdapat makna yang bisa kita pelajari dari tari kipas ini, seperti dari gerakan-gerakan tarian bisa bermakna bagaiamana masyarakat Gowa dalam bersikap. Para penari wanita membawakan gerakan-gerakan yang mengilustarsikan kesantunan, kelembutan, kesetiaan, kepatuhan dan sikap menghormati.

Makna tari kipas dari gerakan penari wanita yang menggambarkan sifat-sifat wanita Gowa. Disisi lain para pria yang mengiringi tarian dengan alat musik tradisional yang bermakna para pria Gowa memiliki sifat yang tangguh dan tangkas.

Adapun makna gerakan berputar searah jarum jam melambangkan siklus hidup manusia. Sementara gerakan naik turun tersebut mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawa dan kadang di atas.

Itulah makna tari kipas yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya, selain dijadikan hiburan masyarakat ternyata terdapat pesan yang menggambarkan kehidupan sosial masyarakat Gowa dari tariannya.

Baca juga : Tari Kecak: Mengenal Sejarah dan Pekembangannya di Bali

Fungsi Tari Kipas

Tentunya adanya tari kipas ini memiliki tujuan dan fungsi tari kipas tersendiri, berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi tari kipas pakarena:

  1. Tarian Ritual – Melihat kisah awalnya tarian ini yang berkaitan antara bumi dan langit, dimana tarian ini ditampilkan sebagai ritual untuk rasa sukur dan terimakasih terhadao bumi dan langit.
  2. Sarana Dakwah – Dengan gerakanya tari kipas mengajarkan tentang arti sabar dan tidak mudah untuk berputus asa.
  3. Tarian Pengiring Raja – Adanya kerajaan Gowa tentunya akan perlu penyambutan dan tari kipas ini menjadi pengiring Raja Gowa.
  4. Wujud Syukur – Tarian ini juga dijadikan sebagai sarana sukur atas pertanian masyarakat yang berjalan dengan baik dengan hasil yang melimpah.
  5. Sarana Hiburan – Sudah tentu bahwa tari kipas menjadi salah satu seni tari yang dimana melihatnya akan terhibur karena gerakan dan iringan iramanya.

Kostum Pakaian Adat Tari Kipas

Pakaian adat tari kipas pakarena adalah pakian adat daerah Gowa, pakaian ini memiliki ciri baju yang longgar, kain selempang dan kain sarung khas Sulawesi Selatan. Pada bagian kepala penari rambutnya dikonde dan diberikan hiasan tusuk konde berwarna meas serta bunga-bunga.

Selain itu pakaian adat tari kipas juga menggunakan aksesoris seperti gelang yang cukup banyak, kalung dan anting khas wanita daerah Gowa. Dan tentunya properti yang digunakan lainnya adalah kipas lipat dengan ukuran besar.

Properti Tari Kipas

Dalam pagelaran tari kipas tentunya peroperti yang sangat dibutuhkan dan wajib harus ada ialah kipas. Kipas yang digunakan untuk tari kipas adalah kipas lipat dengan ukuran besar. Setiap penari memiliki dua kipas yang dipegang pada tangan kanan dan kiri.

Pada umumnya warna kipas yang digunakan untuk properti tari kipas adalah warna-wana cerah, seperti, merah, kuning, putih dan lain sebagainya.

Pertunjukan ini biasanya ditampilkan kurang lebih selama 2 jam, dimana setiap penati harus memiliki keterampilan dalam memainkan kipas ditangan kanan dan kirinya.

Gerakan Tari Kipas

Tari Kipas Pakarena
Gambar : https://seringjalan.com/

Tari kipas memiliki gerakan-gerakan yang harus dipelajari dan dipahami dulu oleh para penari yang akan tampil. Salah satu pemahamannya adalah setiap gerakan tari kipas memiliki makna seperti watak para wanita Makassar.

Gerakan tari kipas lebih banyak gerakan ayunan dari kanan dan kiri, serta juga gerakan yang dilakukan dengan tempo lambat. Seperti tangan penari yang hanya boleh terangkat sebatas bahu mengartikan sifat santun.

Pola Lantai Tari Kipas

Terdapat beberapa pola pada tari kipas salah satunya adalah pola lantai tari kipas, dimana pada gerakan ini para penari harus bisa seirama dalam posisi dan gerakannya. Pola lantai tari kipas beraturan dengan posisi maju mundur dan gerakan kenanan dan ke kiri.

Pada gerakan pola tari kipas juga terdapat para penari melingkar yang dimana bermakna tari kipas mencerminkan kehidupan manusia.

Dalam melakukan gerakan tarian, para penari harus bekerjasama dalam setiap posisinya. Pola lantainya beraturan dengan maju mundur dan gerakan ke kiri serta ke kanan lebih dominan. Pada gerakannya juga terdapat pola laintai melingkar yang mencerminkan kehidupan manusia dari sebuah tari kipas.

Ciri – Ciri Tari Kipas

Properti Tari Kipas
Gambar : https://www.helloindonesia.id/

Tari kipas pakarena menggambarkan sifat wanita Makassar dimana terdapat ciri ciri tari kipas seperti adanya selendenag, gerakan tangan yang lambat, langkah yang tenang dengan iringan musik tradisional yang khas.

Tari kipas pernah mejadi kesenian di istana pada masa Sultan Hasanuddin menjadi Raja Gowa ke-16 yang dilestarikan oleh ibunya, Li’motakontu. Seiring berjalannya waktu tarian ini terus menerus menjadi warisan budaya turun temurun.

Dalam pewarisannya ada apsang surut, terutama ketika terjadinya gerakan pemurnian Islam oleh Kahar Muzakkar. Dimana pada saat itu tari kipas dianggap kesenian yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Meski begitu tari kipas tetap menjadi pilihan masyarakat sebagai kesenian budaya yang sudah turun temurun dan menjadikan tarian sebagai bagian hidup dari masyarakatnya. Dengan adanya masa itu saat ini tari kipas pakarena terbagi menjadi dua, yaitu seniman pro wisata dan seniman tradisi.


Itulah fakta menarik tari kipas pakarena yang harus kamu ketahui. Berikutnya masih ada banyak fakta menarik lainnya tentang tarian dari berbagai wilayah di Indonesia, terus simak adahobi untuk updeat terkini mengenai tari kipas dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like