Pengertian Tari Kontemporer, Unsur, Ciri dan Contohnya

AdaHobi, Tari Kontemporer – Apa yang dimaksud tari kontemporer? mungkin itu pertanyaan yang sedang sobat hobi tanyakan kali ini. Sehingga pada kesempatan kali ini AdaHobi jelaskan apa yang dimaksud dengan tari kontemporer mulai dari pengertian, fungsi, contoh, ciri-ciri, keunikan dan gambarnya.

Maka dari itu, untuk menambah wawasan dan pengetahuan sobat hobi mengenai apa itu tari kontemporer, baca artikel ini sampai selesai ya ! 

Pengertian Tari Kontemporer

Pengertian Tari Kontemporer
tby.jogjaprov.go.id

Pengertian tari kontemporer adalah suatu bentuk perubahan kecil maupun besar suatu tarian hasil dari inovasi dan revolusi pada beberapa unsur. Unsur-unsur yang mengalami revolusi atau inovasi itu seperti gerakan, busana, tata panggung, tata rias, iringan musik dan properti lainnya.

Adanya revolusi tersebut tidak hanya dialami pada tarian lokal Indonesia saja, namun juga dialami pada tarian negara di dunia.

Ciri-ciri Tari Kontemporer

Ciri-ciri Tari Kontemporer
https://i0.wp.com/

Pada tarian kontemporer, ada beberapa ciri-ciri yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu untuk mendalaminya. Beberapa ciri-ciri itu seperti:

  • Gerak tari tradisional sudah tidak lagi digunakan sebagai dasar gerakan tarian.
  • Pola gerakannya lebih bebas dari tari yang modern.
  • Penataan area tari dibuat sesuai suasana pementasan tari pada saat itu.
  • Penerapan tarian tidak memiliki ikatan pada suatu aturan yang sudah ada pada suatu tarian lainnya.

Unsur-unsur Tari Kontemporer

Unsur-unsur Tari Kontemporer
3.bp.blogspot.com

Ada 3 unsur dasar dari seni tari kontemporer yang bisa kita ketahui yaitu unsur gerakan, iringan dan busana. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai unsur-unsur tari kontemporer seperti berikut ini.

1. Unsur Gerakan

Unsur gerakan adalah unsur utama yang harus ada pada seni tari karena hal yang utama untuk dinilai pada suatu tarian adalah gerakan. Sehingga gerakan pada suatu tarian hendaklah terkonsep untuk memiliki nilai pesan, keindahan dan estetika ketika ditampilkan di area pementasan untuk disaksikan.

2. Unsur Iringan

Unsur iringan adalah alunan suara musik pengiring pada seni tari sebagai pendukung dalam penyampaian pesan pada setiap pementasan tari. Selain itu juga mampu untuk menambah nilai estetik dan keindahan, sehingga meningkatkan daya tarik kepada penonton yang menyaksikan.

3. Unsur Busana

Unsur busana adalah unsur yang memiliki perang penting pada suatu tarian terutama pada penari yang menarikan suatu tarian ketika pertunjukkan. Sebab apabila penari tidak mengenakan busana yang sesuai dengan tema pada tarian yang dipentaskan, maka tarian akan jadi terlihat aneh, namun apabila busana yang dikenakan serasi akan lebih terkesan menarik bari orang-orang yang menyaksikan.

Tujuan Tari Kontemporer

Tujuan Tari Kontemporer
pelajarindo.com

Berikut ini ada 4 macam tujuan tari kontemporer yang bisa kita ketahui.

1. Hiburan/Rekreasi

Tari kontemporer bisa menjadi tarian yang bertujuan sebagai hiburan dan rekreasi untuk melepas kesedihan dan kejenuhan pada diri sang penari maupun yang menyaksikan.

2. Pendidikan

Tari kontemporer juga bisa diterapkan pada pendidikan seperti yang diajarkan di sekolah-sekolah untuk melatih motorik gerak dan berfikir para siswa.

3. Artistik

Dengan seni kontemporer, para seniman tari bisa mengekspresikan jiwa seniman mereka dengan menyajikan karya yang artistik. 

4. Komunikasi

Seni tari kontemporer juga mampu digunakan sebagai sarana komunikasi dalam penyampaian pesan seperti kritik, saran, gagasan, kebijakan bahkan memperkenalkan suatu produk kepada para masyarakat.

Contoh Tari Kontemporer

Contoh Tari Kontemporer
kompas.com

Dalam contoh tari kontemporer ini, AdaHobi beri 2 contoh tarian kontemporer yaitu dari mancanegara dan lokal Indonesia.

Contoh Tari Kontemporer Mancanegara

Ada banyak sekali kontemporer yang dikembangkan di luar negeri/mancanegara, beberapa diantaranya seperti contoh di bawah ini.

1. Tari Daerah Kamboja

Kamboja merupakan negara bagian Asia Tenggara yang seiring perkembangan zaman mayoritas tarian disana sudah mengalami banyak pembaharuan. Gerakan tarian kamboja sebagian besar lambat gemulai seakan para penari tidak bertulang.

2. Tari Samba Brazil

Tari Samba merupakan tarian yang cukup fenomenal, dan biasanya sering terdengar di berita-berita yang berisi info sepak bola yang karena gerakan para pemain sepakbola dari Brazil seperti menarikan gerakan samba saking indahnya. Gerakannya cepat dan dinamis seperti umumnya tarian asal benua Amerika Selatan, namun akar dari tarian ini sebenarnya berasal dari Afrika dan Karibia.

3. Tarian Asal Jepang

Gerakan tarian asal Jepang pada umumnya lebih berfokus pada pola simetris dengan gerakan yang anggun. Tarian daerah ini bisa dimainkan oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita, orang tua maupun muda. Para penari jepang biasanya memakai pakaian khas adat mereka yang biasa disebut kimono dengan tampilan elegan, tata rias serta properti yang rapi dan terlihat mewah sambil diiringi musik maupun nyanyian.

4. Tari Limbo dari Afrika Barat

Tarian Limbo merupakan tari kontemporer dari Afrika Barat yang gerak tariannya ada unsur akrobatik, cepat serta dinamis. Contoh pementasan tarian limbo yang cukup akrobatik yaitu ketika menggunakan properti kayu dan para penari diharuskan melewatinya dengan melenturkan tubuhnya ke belakang, serta ketika menari sambil memainkan api.

5. Tari Katlak dari India

Dari India ada tari Katlak yang merupakan jenis tari kontemporer yang biasanya sering kita lihat di film-film Bollywood. Gerakan tarian katlak mayoritas begitu energik sehingga menimbulkan rasa semangat dan gairah hidup yang lebih tinggi.

Contoh Tari Kontemporer Indonesia

Sedangkan tari kontemporer di Indonesia pastinya memiliki ciri khas tersendiri mengikuti akulturasi budaya setempat yang ada, beberapa diantaranya adalah :

1. Tari Cak Rina di Bali

Tari Cak Rina merupakan tarian kontemporer yang berasal dari Indonesia tepatnya di Pulau Dewata Bali. Pencipta tarian ini yaitu Sardono W Kusumo dan sudah cukup terkenal sejak tahun 1972 di wilayah Banjar Teges, Bali.

2. Tari Setan Bercanda

Tari Setan Bercanda juga tarian yang berasal dari Pulau Bali, dengan namanya yang nyeleneh dan aneh. Namun itulah salah satu daya tarik dari tarian yang diciptakan oleh I Wayan Dibia.

3. Tari Yapong

Tari Yapong merupakan tarian kontemporer yang diciptakan oleh seorang seniman bernama Bagong Kussudiarjo. Tarian ini pementasan perdananya ketika hari perayaan ulang tahun Ibukota Jakarta ke 450 tahun.

4. Tari Barong-Barongan

Bali memang gedang terciptanya tarian kontemporer, selain Cak Rina dan Setan Bercanda, Tari Barong-Barongan juga berasal dari Bali. Tarian ini diciptakan seniman tari dari Bali bernama I Wayan Dibia.

5. Tari Urib Urub

Tari kontemporer satu ini berasal dari Jawa, dengan makna gambaran kehidupan pada manusia yang hidup di dunia. Sejatinya pada diri manusia harus terus menerus menyalakan kobaran semangat hidup dalam menghadapi berbagai macam dan jenis persoalan yang dihadapi.

Gambar Tari Kontemporer

Berikut ini ada beberapa gambar tari kontemporer yang bisa sobat hobi jadikan referensi dalam mempelajari seni tari kontemporer agar lebih mengetahui secara detail.

  • Gambar 1
Contoh Tari Kontemporer
kompas.com
  • Gambar 2

Tujuan Tari Kontemporer

  • Gambar 3
Unsur-unsur Tari Kontemporer
3.bp.blogspot.com
  • Gambar 4
Ciri-ciri Tari Kontemporer
https://i0.wp.com/
  • Gambar 5
Pengertian Tari Kontemporer
tby.jogjaprov.go.id

Penutup

Nah demikian yang bisa AdaHobi bagikan kepada sobat hobi sekalian mengenai pembahasan tari kontemporer. Apabila ada saran dan suatu hal yang hendak didiskusikan mengenai pembahasan kita ini silahkan isi di kolom komentar ya.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan untuk di share ke teman, sahabat, kerabat dan keluarga terdekat lainnya. Agar lebih luas lagi kebermanfaatan artikel ini dalam menambah wawasan kepada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like