Mengenal Sejarah dan Makna Tari Kupu-Kupu Bali

Adahobi, Tari kupu kupu adalah tarian yang berasal dari Pulau Bali, disini kita akan membahas bagaimana gerakan tangan saat menari tari kupu kupu, makna tari kupu kupu, jenis gerakan tangan tari kupu kupudan gambar tari kupu kupu.

Terlepas dari itu semua Pulau Bali memiliki banyak kekayaan alam dan budayya yang menjadi minat para wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan luar negeri, langsung saja kita membahas tentang tari kupu kupu.

Sejarah Tari Kupu Kupu

Sejarah tari kupu kupu
Gambar: https://id.pinterest.com/

Tari kupu kupu menjadi kesenian yang tercipta oleh salah satu seniman Bali yang bernama I Wayan Beratha pada tahun 1960 Masehi. Pria kelahiran 1926 di Banjar Belaluan Denpasar menjadi seniman senior.

Dalam silsilah keluarganya memang kental dengan darah seniman, bagaimana tidak Kakeknya I Kentut Kenengan adalah seorang seniman bali yang memiliki nama cukup besar pada masanya yang dikenal sebagai ahli pada bidang karawitan dan pagambuhan.

Selain tai kupu kupu ada banyak tari tari lainnya yang tercipta oleh karya ciamiknya sepertu Tari Tani, Tari Yudha Pati dan tari lainnya. Tari kupu kupu saat ini menjadi tari yang cukup populer bagi anak-anak Sekolah Dasar di Bali.

Karena dengan adanya sanggar seni anak-anak ini mempelajari terus kebudayaan yang sudah melekat sejak zaman dahulu dan tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Sejarah Tari kupu kupu memiliki cerita yang menarik untuk dipelajari, lebih kesiapa sih terciptanya dan bagaimana asal usul terciptanya tari kupu kupu ini.

Baca juga : Tari Kecak: Mengenal Sejarah dan Perkembangannya di Bali

Makna Tari Kupu Kupu

Makna tari kupu kupu
Gambar: https://toriqa.com/

I Wayan Beratha memaparkan tentang makna tari kupu kupu, menurutnya tari kupu kupu ini menggambarkan eksotisme, kedamaian dan keindahan yang terdapat di Pulau Bali. Dinamakan tari kupu kupu juga karena memberikan gerakan yang menyerupai kupu kupu.

Seperti kita ketahui kupu kupu adalah hewan yang indah jika terbang, inilah yang menjadi makna keindahan tari kupu kupu. Pakaian para penarinya juga memiliki warna yang ramai yang menambah keindahan dalam pandangan.

Perbedaan warna tari kupu kupu seperti warna gelam dan terang menjadi satu memiliki makna tari kupu kupu sebagai tari yang menerima perbedaan dan memberikan kedamaian bahwa meskipun berbeda kita bisa hidup damai.

Selain itu makna tari kupu kupu lainnya bermakna kondisi sosial, keindahan alam, kebudayaan, keyakinan, keberagaman dan keindahan alam yang memberikan keharmonisan dalam sebuah gerakan.

Tari Kupu Kupu Berasal Dari?

Tari kupu kupu berasal dari Provinsi Bali, Tari kupu kupu juga termasuk ke dalam tari kreasi baru yang berasal dari Provinsi Bali. Seperti yang sudah dibahas diatas tari kupu kupu ini tercipta dari seniman Bali yang bernama I Wayan Beratha yang terlahir dari keluarga seniman Bali.

Gerakan Tari Kupu Kupu

Bagaimana Gerakan Tangan Saat Menari Tari Kupu-Kupu
Gambar: https://id.pinterest.com/

Sebenarnya gerakan Tari kupu kupu lebih banyak menggunakan semua anggota badan tapi secara keseluruhan gerakan ada 2 bagian yang paling banyak bergerak, yaitu gerakan tangan tari kupu kupu dan gerakan kaki yang bergerak mengikuti irama musik.

Untuk menjawab bagaimana gerakan tangan saat menari tari kupu kupu adalah tangan para penari kupu kupu bergerak mengikuti aluran irama yang mengiringi. Gerakan tangan tari kupu kupu juga digunakan untuk memaikan properti tari kupu kupu yaitu selendang.

Selendang yang memiliki beragam warna menjadikan nuasa pada penampilan lebih mencolok dan memberikan keindahan jika para penari berhasil menari dengan kompak. Berikut adalah istilah gerakan tari kupu kupu yang ada:

  • Nyledet
  • Ngagem
  • Ngesej
  • Ngaed
  • Cagut
  • Ileh-ileg
  • Ngegol
  • Nyeliyer

Berikut adalah jenis-jenis bentuk gerakan tari kupu kupu yang bisa teman teman pelajari,

  1. Gerakan kupu kupu sedang terbang ditempat
  2. Gerakan kupu kupu sedang terbang berputar
  3. Gerakan melompat
  4. Gerakan melayang-layang
  5. Gerakan menutup dan membuka sayap (gerakan tangan kanan dan kiri)
  6. Gerakan kibasan dengan selendang
  7. Gerakan ayunan tangan dan kaki
  8. Gerakan kepala yaitu menoleh kanan dan kiri

Semoga penjelasan diatas menjawab sudah pertanyaan mengenai bagaimana gerakan tangan saat menari kupu kupu.

Properti Tari Kupu Kupu

Properti tari kupu kupu
Gambar: https://www.antarafoto.com/

Tari kupu kupu tentunya memiliki properti khusus salah satunya adalah sayap kupu kupu, yang menggambarkan kupu kupu itu sendiri. Selain sayap kupu kupu terdapat juga selendang yang diikatkan pada bagian pinggang penari untuk gerakan tari kupu kupu.

Properti ini biasanya sangat lekat dengan tarian tarian pada umumnya, meski begitu setiap selendang pada jenis tarian memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Seeiring dengan berjalannya waktu terdapat berbagaimacam pembaharuan pada tari kupu kupu ini.

Kostum Busana Tari Kupu Kupu

kostum tari kupu kupu
Gambar: http://www.cintaindonesia.web.id/2

Selain properti yang digunakan pada tari kupu kupu kita juga membutuhkan kostum tari kupu kupu yang menunjang tarian kupu kupu agar terlihat lebih mirip dengan kupu kupu. Untuk kostum tari kupu kupu bagian atas mengenakan kemben.

Dan kain batik digunakan untuk bagian bawahan, untuk warnanya sendiri bisa menyesuaikan dengan keadaaan. Tidak ada warna yang wajib digunakan tapi yang pasti adalah warna yang digunakan haruslah warna warna cerah.

Berikut adalah kostum tari kupu kupu yang menjadi hal wajib untuk digunakan dalam pementasan seni tari kupu kupu:

  1. Penutup dada.
  2. Angkin
  3. Badong, gelungan yang melingkar di leher atau kalung.
  4. Bunga emas.
  5. Ampok-ampok.
  6. Hiasan untuk sayap kupu-kupu.
  7. Centing
  8. Kemben
  9. Kace yang menggambarkan keindahan.
  10. Klat bahu dan cakep sebagai hiasan.
  11. Mahkota yang melambangkan keagungan.
  12. Bunga perak.
  13. Kain batik berwarna, seperti hijau.
  14. Kain sampur berwarna seperti merah dan kuning.
  15. Kamen, sejenis jarik atau jarit.

Gambar Tari Kupu Kupu

Berikut kami tampilkan beberapa gambar tari kupu kupu yang bisa kamu jadikan reverensi untuk makalah atau untuk pembelajaran lainnya.

kostum tari kupu kupu
Gambar: http://www.cintaindonesia.web.id/2
Properti tari kupu kupu
Gambar: https://www.antarafoto.com/
Bagaimana Gerakan Tangan Saat Menari Tari Kupu-Kupu
Gambar: https://id.pinterest.com/
Makna tari kupu kupu
Gambar: https://toriqa.com/
Sejarah tari kupu kupu
Gambar: https://id.pinterest.com/

Itulah penjelasan yang bisa kamu pelajari mengenai tari kupu kupu yang berasal dari Bali ini. Kamu juga bisa membaca artikel tarian khas bali lainnya untuk dipelajari dan tentunya akan menambah pengetahuan kamu dibidang seni tari ini loh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like