Tari Modern: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Contoh

AdaHobi, Tari Modern – Pada artikel kali ini membahas tentang pengertian apa itu tari modern? Kemunculan tari modern lengkap dengan jenis, fungsi beserta contohnya tentu memiliki sejarah seiring berkembangnya seni tari ini. 

Karena seiring berjalannya waktu dari zaman ke zaman berikutnya, kesenian tari di dunia tentu mengalami perkembangan karena dipengaruhi oleh adanya perubahan zaman yang semakin maju serta aktivitas manusia dalam berkehidupan selalu mengalami pembaruan.

Adanya perkembangan pada suatu kehidupan karena terpengaruh dari masuknya kebudayaan asing yang biasa disebut kebudayaan modern. Dalam KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata modern memiliki arti cara berpikir, sikap serta cara bertindak menyesuaikan tuntutan zaman.

Pengertian Tari Modern

Pengertian Tari Modern

Apa pengertian tari modern? Tari modern adalah tarian yang telah mengalami perkembangan dengan nyata di dunia seni tari, pada berbagai rangkaian aspek elemen yang ada di dalam tarian tersebut

Adapun perbedaan antara tari tradisional dengan tari modern, terdapat di tiap unsur inti pada tarian. Unsur inti itu terdiri dari gerakan, busana, iringan musik serta makna dan pesan yang dibawakan pada saat pementasan.

Selain pada unsur tarian, tujuan umum adanya tarian modern bertujuan sebagai pendongkrak popularitas penarinya yang memiliki skill tari.

Sejarah tari modern sudah ada pada awal abad ke 20’an, yang artinya tari modern ini bisa dikatakan sangat baru adanya namun mampu berkembang dengan cepat. Pada saat ini, bahkan di pelosok-pelosok desa juga tidak asing dengan tari modern.

Ada beberapa jenis tari modern yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dunia, yaitu hip hop dance, robot dance, locking, break dance, ballroom dance, popping dan shuffle dance. 

Terbentuknya tari modern pada dasarnya berasal dari kombinasi antara rasa dan emosi sehingga tidak ada batasan gerak atau mengandung suatu kebebasan pola dalam melakukan gerakan tari.

Pengertian Tari Modern menurut Ahli

Pengertian Tari Modern menurut Ahli

Supaya memperjelas pengertian dari tari modern, berikut ini ada beberapa pendapat dari para ahli yang mengemukakan argumen mengenai tari modern:

  • Kenneth Macgowan

Dalam bukunya yang berjudul “The Living Stage: A Story of The World Theater”, dia menyebutkan bahwa arti tari modern adalah tari yang dipengaruhi oleh emosi atau rasa, sebagaimana ciri kodrati emosi manusia yang memiliki desakan untuk ingin bebas, maka jenis tari ini lebih mengarah untuk bebas dari tradisi.

  • Horosko

Beliau adalah seorang pakar tari modern, mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan tari modern adalah salah satu genre yang paling sulit untuk mendefinisikan dengan teknik. Modern tidak selalu cepat atau lambat atau dilakukan untuk musik tertentu atau musik apapun.  

Sejarah Tari Modern

Sejarah Tari Modern

Berawal dari penari bernama Loei Fuller pada tahun 1981 ada seorang penari yang melakukan uji coba untuk mengembangkan pola gerakan alam serta improvisasi teknik. Hal yang dilakukan uji coba itu dipakai dalam peralatan pencahayaan revolusioner dan kostum transparansi menggunakan sutra.

Isadora Duncan pada  tahun 1903 mengemukakan teknik tari yang dipengaruhi filsafat Friedrich Nietzsche dengan keyakinan pada tarian Yunani Kuno bahwa di masa depan telah diprediksi menjadi pelopor tarian. Kemudian filsafat itu mulai dikembangkannya berkonsep spiritual dan alam.

Namun Isadora Duncan menerima, menganjurkan dan mengedepankan seni tari murni menjadi seni tinggi. Sebab dia memiliki keyakinan bahwa di masa depan filsafat yang dikembangkannya akan memiliki nilai yang tinggi.

Pada tahun 1905 ada seseorang yang cukup berpengaruh di dunia tari bernama Ruth St Denis. Di suatu saat dia terpengaruh dari aktor Sarah Bernhardt dan Jepang Sadha yang merupakan penari Yacco, mereka mengembangkan terjemahannya kebudayaan serta mitologi India. 

Kemudian pengembangan ini menjadi populer serta diminati masyarakat ketika beberapa pertunjukkan dilakukan. 

Ruth St Denis Dorthy dengan suaminya bernama Ted Shawn pada tahun 1915 mendirikan sekolah tari bernama Denishawn. Pasangan suami istri itu berbagi tanggung jawab, seperti karya kreatif ditempati oleh St Denis dan Suaminya Shawn memiliki tanggung jawab dalam mengajar teknik dan komposisi.

Seiring berjalannya waktu semua murid dari sekolahan yang dibangun itu menjadi anggota perusahaan dansa pada saat itu.

Baca juga :

Ciri-ciri Tari Modern

Ciri-ciri Tari Modern

Tari modern memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa anda ketahui seperti berikut ini.

  1. Gerak tariannya berlawanan dengan kaidah-kaidah tari tradisi yang sudah berlaku di masyarakat pada umumnya.
  2. Ekspresi yang dimunculkan ketika melakukan tarian merupakan ekspresi pribadi yang sifatnya tidak kolektif atau beramai-ramai.
  3. Irama musik pengiring tarian cenderung lepas dari nada yang melodis dan ritmis, namun tetap menghibur.
  4. Konsep dari tariannya memiliki hubungan dengan keadaan maupun kemanusiaan terkini.
  5. Pola gerakan dan musik menyatu dalam suasana.
  6. Ketika menarikan tarian modern pada segi gerakan, ekspresi dan durasi waktunya tidak konstan apabila diulang.
  7. Keberadaan tariannya cenderung tidak mampu dipertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Fungsi Tari Modern

Fungsi Tari Modern

Bentuk ekspresi seseorang maupun sekelompok orang, bisa dilakukan dengan cara melakukan tarian dan salah satunya adalah tari modern. Tari modern yang memiliki gerakan berirama serta iringan musik sehingga bisa menghasilkan gerakan yang indah. 

Namun dalam prakteknya, tarian mempunyai nilai serta fungsi yang terkandung di dalamnya. Adapun fungsi tari modern sebagai berikut:

1. Sebagai Hiburan

Tari berfungsi sebagai hiburan ketika dipentaskan untuk memeriahkan maupun merayakan suatu acara. Penyajian tari pada suatu acara tersebut di titik beratkan sebagai hiburan, namun ada yang tetap menjaga keindahan ada pula yang tidak.

Biasanya penyajian tari ini memberikan kesempatan bagi para penonton yang berkunjung bisa mendapat kesempatan untuk menyalurkan dan mengembangkan hobi tarinya.   

2. Sebagai Pertunjukkan

Ketika digunakan sebagai pertunjukkan, gerakan tari akan di konsep begitu estetis. Hal itu bertujuan untuk mendapat apresiasi dari para penonton sebagai suatu karya seni yang bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Sehingga diperlukan pengamatan yang lebih serius untuk menikmati estetisnya pertunjukkan tari tersebut.

Contoh Jenis Tari Modern

Ada beberapa jenis tari modern yang memiliki keunikan serta ciri khas dari masing-masing tarian dan dari mana asal tarian tersebut berkembang. Keunikan tarian itu mulai dari iringan musik, gerak, ritme dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa jenis tari modern yang bisa anda ketahui:

1. Tari Tango

Tari Tango

Tarian ini dilakukan dengan cara berpasangan pria dan wanita yang diiringi alunan nuansa musik yang memiliki ciri khas. Tarian modern ini sudah terkenal di Argentina sejak tahun 1800. Kata tango sendiri berasal dari kata latin yaitu tangere yang artinya menyentuh.

Ada 16 sampai 32 ketukan pada tarian ini dengan irama gerakan yang berderap. Pada awalnya iringan musik yang digunakan pada tarian ini menggunakan alat biola, flute dan gitar.

 2. Tari Balet

Tari Balet

Tari balet merupakan salah satu tari modern yang berjenis teatrikal yang biasanya diajarkan pada sekolah-sekolah formal modern. Gerakan pada tarian ini dipadukan dengan kostum, dekorasi panggung dan musik yang cukup baik.

Di Italia tarian ini terbilang cukup terkenal di khalayak masyarakat umum sejak abad ke 15. Balet berasal dari kata ballo yang memiliki arti tarian. Seiring berjalannya waktu tarian ini mulai terkenal di Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya.

3. Tari Flamenco

Tari Flamenco

Tari ini memiliki arti tentara yang pulang dari Flander atau warna nyala dari burung flamingo yang hidup di daerah selatan Eropa, India dan Afrika Utara. Seiring berjalannya waktu gerak tarian ini berkembang dengan dibarengi dengan musik flamenco dan biasa dipentaskan di cafe-cafe.

4. Tari Salsa

Tari Salsa

Jika anda belum mengetahui tarian salsa, tarian ini adalah tarian di tempat. Tarian yang dilakukan oleh pasangan laki-laki dan perempuan ini tidak banyak melakukan gerakan mengelilingi lantai tari, hanya menari pada area tertentu saja.

5. Tari Disko

Tari Disko

Pada tahun 1941 tarian Disko populer pertama kali di negara Amerika. Namun kata disco sendiri berasal dari bahasa Perancis yang kata dasarnya discotheque yang artinya lantai dansa atau tempat berdansa.

6. Tari Waltz

Tari Waltz

Tari Waltz mempunyai gerakan yang santai, romantis serta mempunyai hitungan yang slow sehingga musik pengiring pada tarian ini menggunakan tempo yang lambat pula. Biasanya musik pengiring untuk mengiringi tarian ini bertemakan kisah cinta.

7. Tari Breakdance

Tari Breakdance

Breakdance merupakan tarian yang gaya gerakannya berevolusi ke bagian udaya hip-hop yang ada pada antara masyarakat hitam dan Amerika Latin, pemuda di Bronx Selatan, New York City pada tahun 1970’an.

8. Tari Kontemporer

Tari Kontemporer

Sifat tarian kontemporer adalah kekinian yang mengacu pada sesuatu arti keadaan yang terjadi belakangan ini di kehidupan. Tarian ini tidak memiliki patokan aturan gerakan seperti tarian tradisional namun tarian ini biasanya dipadukan antara unsur modern tanpa menghilangkan makan asli serta penjiwaan ketika dipentaskan.


Penutup

Nah mungkin demikian artikel tentang pengertian tari modern yang lengkap dengan sejarah, fungsi, ciri-ciri dan contoh jenis-jenis tari modern. Apabila ada saran serta hal yang didiskusikan mengenai tari modern silahkan isi di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua mengenai tai modern. Apabila dirasa bermanfaat, silahkan share ke teman, kerabat, sahabat dan orang terdekat lainnya agar lebih tersebar kebermanfaatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like