4+ Macam Teknik Dasar Lompat Jauh & Gambarnya [Lengkap]

Adahobi, Teknik Dasar Lompat JauhLompat jauh merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah tidak asing lagi bukan? Bahkan lompat jauh juga sudah menjadi salah satu olahraga yang termasuk kedalam jenis olahraga atletik.

Adapun pengertian lompat jauh adalah sebuah gerakan berupa lompatan yang dilakukan ke arah depan sehingga badan akan melayang di udara, sehingga nantinya akan mencapai jarak jauh yang bisa dijangkau.

Untuk melakukan olahraga ini dibutuhkan beberapa teknik dasar, berikut ini merupakan teknik dasar lompat jauh!

Beberapa Teknik Dasar Lompat Jauh

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa olahraga lompat jauh termasuk kedalam jenis olahraga atletik, dimana tujuan lompat jauh sendiri adalah untuk mencatat jarak yang paling jauh atau panjang diantara tumpuan balok dengan titik jatuh yang berada di bak pasir.

Maka dari itulah peserta lompat jauh harus bisa melakukan tolakan sejauh mungkin agar bisa mendapatkan skor yang lebih unggul jika dibandingkan dengan peserta yang lainnya.

Olahraga lompat jauh tentunya dilakukan dengan beberapa teknik dasar yang baik, sehingga tidak semua orang bisa melakukan olahraga ini.

Teknik dasar lompat jauh ini meliputi teknik awalan, teknik tolakan, teknik melayang atau sikap badan pada saat di udara dan yang terakhir adalah teknik untuk melakukan pendaratan.

Lantas apa saja sih perbedaan dari masing-masing teknik dasar lompat jauh tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Teknik Awalan

teknik awalan lompat jauh
kompas.com

Teknik awalan atau yang bisa disebut dengan gerakan ancang-ancang adalah sebuah gerakan awalan yang dilakukan dengan cara berlari.

Adapun tujuan dari berlari tersebut adalah agar peserta bisa mendapat kecepatan waktu pada saat akan melakukan sebuah lompatan atau tolakan.

Biasanya jarak awalan yang digunakan oleh seorang atlet putri dan juga putra dalam lompat jauh tentunya berbeda, yani atlet putri biasanya dengan jarak antara 30 hingga 45 meter. Sedangkan untuk atlet putra biasanya dengan jarak antara 40 hingga 50 meter.

Sedangkan untuk seorang pelajar putri biasanya dilakukan dengan jarak awalan 15 hingga 20 meter, sedangkan untuk pelajar putra biasanya dengan jarak awalan 15 hingga 25 meter.

Tetap, sebenarnya jarak untuk siswa tersebut juga bisa disesuaikan dengan kemampuan anak-anak seusianya.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan gerakan ancang-ancang atau teknik awalan!

  1. Untuk jumlah langkah yang dilakukan dalam gerakan lari ancang-ancang sangatlah beragam, biasanya mereka akan menggunakan 10 hingga 20 langkah.
  2. Sebelum bertolak atau bertumpu, maka tambahlah kecepatan lari ancang-ancang secara sedikit demi sedikit.
  3. Pertahankan kecepatan lari ancang-ancang maksimal hingga bisa mencapai papan untuk bertolak.
  4. Turunkan pinggang sedikit pada saat sudah mencapai akhir dari langkah ancang-ancang.

2. Teknik Tolakan

Teknik Tolakan lompat jauh
olahragapedia.com

Teknik tolakan merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan perpindahan dari gerakan horizontal menjadi gerakan vertical secara cepat dan tepat.

Adapun sebelum atlet tersebut mencapai langkah yang terakhir, mereka akan mempersiapkan diri untuk bisa melakukan tolakan secara kuat.

Maka dari itu lah, biasanya seluruh tubuh bisa terangkat ke atas dan juga melambung tepat di udara.

Hal inilah yang menandakan bahwa seorang atlet tersebut sudah melakukan sebuah tolakan berupa mengubah kecepatan dari horizontal menjadi vertikal.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan sebuah teknik tolakan dalam lompat jauh!

  1. Pertama-tam, ayunkan terlebih dahulu paha kaki baik kanan atau kiri secara cepat dalam posisi horizontal, kemudian tetap pertahankan posisi tersebut.
  2. Kemudian pada saat melakukan tolakan luruskan sendi mata kaki, lutut dan juga pinggangnya.
  3. Lakukan tolakan ke arah depan dan juga ke atas dengan sudut tolakan sebesar 45

3. Teknik Melayang atau Sikap Badan Di Udara

Teknik Melayang lompat jauh
percepat.com

Dalam melakukan sebuah lompat jauh, maka badan dari para atlet diharuskan bisa melayang dengan waktu yang cukup lama diudara dan juga tentunya badan harus berada dalam posisi yang seimbang.

Maka dari itulah sangat penting untuk meluruskan kaki dan ditumpu agar badan bisa melayang lebih tinggi.

Badan dituntut harus lebih rileks pada saat naik dan kemudian para atlet harus siap untuk melakukan gerakan agar tubuh bisa menjaga keseimbangan, dimana apabila tubuh seimbang, maka sikap pendaratan juga bisa menjadi lebih sempurna.

Gerakan akhir tersebutlah yang dinamakan sebagai gaya pada saat melakukan lompat jauh.

4. Teknik Mendarat

Teknik Mendarat lompat jauh
gstatic.com

Pendaratan merupakan salah satu teknik dasar lompat jauh yang terakhir, dimana teknik ini dialkukan dengan cara membawa kedua kaki ke depan dan lurus dengan cara mengangkat paha ke arah atas.

Kemudian badan harus dibungkukkan ke arah depan, kedua tangan yang diarahkan ke depan dan mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar bisa mengeper dengan lutut yang bengkok. Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga bertujuan agar badan tidak berada I belakang yang kemudian kepala  harus ditundukkan dengan kedua tangan lurus ke arah depan.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 4 macam teknik dasar lompat jauh, dimana seperti pada penjelasan-penjelasan diatas, bahwa untuk melakukan olahraga lompat jauh.

Maka peserta dituntut terlebih dahulu untuk menguasai beberapa macam teknik dasar lompat jauh yang memang dibutuhkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tentunya semoga pembahasan yang disajikan bisa dipahami dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like