Ketahui Informasi Bagaimana Teknik Membuat Patung

Adahobi, Teknik membuat patung memang ada berbagai macam cara berdasarkan bahan dan alat yang digunakan. Adapun teknik tersebut ada yang dilakukan dengan cara memijit menambah atau mengurangi bahan, adapula yang dilakukan dengan cara merakit bahan dasar kemudian merangkainya kembali menjadi satu kesatuan dan yang paling simpel yaitu dengan mencetak.

Dari keseluruhan teknik membuat patung tersebut tentu memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Namun yang tidak kalah penting adalah bahan dasar yang digunakan harus sesuai agar bisa awet dan tahan lama tidak termakan usia.

Berikut ini adalah 6 teknik membuat patung yang perlu kamu ketahui :

1. Teknik Cor

Teknik cor untuk membuat patung
elmuhandis.wordpress.com

Teknik membuat patung yang pertama adalah teknik cor, yang teknik pembuatan patung dengan menggunakan cetakan. Prosesnya sederhana, kamu hanya perlu mencairkan material logam yang hendak dipakai, kemudian memasukannya ke bagian isian cetakan.

Tentunya sebelum proses pembuatan patung ini, kamu harus membuat dulu cetakan patung. Cetakan yang digunakan untuk membuat patung umumnya bisa digunakan berkali-kali. Namun untuk jenis khusus, jenis patung tertentu harus menggunakan cetakan yang harus dibuat saat itu juga, apalagi jika desain dan modelnya merupakan pesanan khusus.

Untuk teknik cor, bahan yang digunakan untuk proses pembuatannya berbeda-beda, bisa menggunakan perak, perunggu, maupun emas, sesuai dengan kebutuhan patung tersebut. terdapat tiga jenis teknik cor yang umum dipakai, yakni:

  • Teknik tuang sekali pakai, merupakan proses dan teknik membuat patung dengan membuat patung atau objek dengan bahan logam, namun desai yang dimiliki cukup rumit, jadi kemungkinan cetakannya hanya digunakan sekali.
  • Teknik berulang, merupakan teknik kedua dalam teknik cor, yang memiliki proses menuang sebagaimana teknik lainnya, namun cetakan yang digunakan berbeda. Cetakan yang dipakai merupakan dua pasang cetakan yang disatukan dan digunakan berkali-kali. Umumnya dipakai untuk membuat hiasan yang sederhana.
  • Teknik menempa, terakhir adalah teknik membuat patung model cor dengan cara menempa. Untuk bahan logam dari besi dan tembaga, serta kerajinan yang lain biasanya dibuat menggunakan cara ini. Contoh hasil yang dikerjakan dalam proses menempa adalah keris.

2. Teknik Cetak

Teknik cetak untuk membuat patung
idsejarah.net

Berikutnya adalah teknik cetak, sama dengan teknik cor, Anda memerlukan cetakan untuk membuatnya. Ada lima jenis cetakan yang umum dipakai dalam teknik cetak patung, diantaranya adalah:

  • Cetak datar, merupakan teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan cetakan yang datar dan memiliki permukaan rata. Hasil yang didapatkan dari proses cetak datar adalah kaca.
  • Cetak tinggi, merupakan teknik yang menggunakan cetakan dengan ukuran tinggi dan memiliki permukaan timbul. Hasil yang didapatkan adalah stempel jika Anda hendak menggunakan proses cetak tinggi.
  • Cetak dalam, merupakan teknik membuat patung dengan menggunakan cetakan yang memiliki bentuk cekung, sehingga dihasilkan gambar yang timbul dan memiliki permukaan dalam. Contoh hasil dari cetak dalam adalah plat motor.
  • Cetak saring atau sablon, Anda tentu tidak asing dengan proses cetak ini. Umumnya cetak ini tidak digunakan untuk membuat patung, sebab cetakannya menggunakan konsep buka dan tutup.
  • Cetak printing, sama seperti cetak saring, tidak ada patung yang dibuat dengan cara ini karena patung umumnya tidak di cetak dengan mesin khusus. Hasil yang didapatkan dari cetak printing adalah gambar atau objek dua dimensi.

3. Teknik Pahat

Teknik pahat untuk membuat patung
otakatikotak.com

Pembuatan patung dengan proses pahat masih sering ditemukan, umumnya patung seperti ini memiliki harga yang cukup mahal. Cara pembuatan patung dengan cara ini adalah mengurangi bahan dengan alat pahat. Anda tidak bisa menambah atau menambal pahatan yang sudah dilakukan, karena kualitas patung akan turun.

Teknik membuat patung dengan cara pahat sebenarnya sederhana, alat yang digunakan selain pahat adalah bahan utama pembuatan patung, bisa berupa kayu maupun batu. Nantinya Anda juga membutuhkan palu agar hasil pahatan jauh lebih rapi karena pahat bisa menjangkau tempat yang sulit.

4. Teknik Butsir

Teknik butsir untuk membuat patung
ayobandung.com

Berbeda dengan teknik pahat yang mengharuskan Anda hanya mengurangi bahan utama pembuatan patung, teknik butsir memperbolehkan Anda untuk mengurangi dan menambah bahan utama pembuatan patung dalam prosesnya. Bahan yang digunakan juga cenderung lunak sehingga mudah untuk dibentuk.

Seringnya bahan yang dipakai untuk membuat patung dengan teknik butsir adalah tanah liat. Alat yang digunakan untuk proses pembuatan patung dengan tanah liat adalah sudip atau butsir itu sendiri. Setelah proses pembentuk selesai, maka patung bisa dikeringkan agar mengeras.

5. Teknik Las

Teknik las untuk membuat patung
bobo.grid.id

Teknik selanjutnya adalah teknik las, yang merupakan teknik pembuatan patung dengan menggabungkan satu bahan ke bahan yang lain. Dengan teknik ini pengrajin patung bisa dengan mudah mendapatkan bentuk tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Teknik membuat patung ini umumnya digunakan untuk patung dengan bahan yang cukup keras, seringnya logam atau besi. Alat yang digunakan adalah mesin las, yang harus Anda siapkan sumber listrik untuk menggunakannya.

6. Teknik Assembling

Teknik assembling untuk membuat patung
jakpost.net

Teknik ini mempunyai maksud menyambung atau merakit. Maksudnya teknik assembling adalah teknik membuat seni patung dengan cara merangkai beberapa komponen bagian menjadi satu sehingga menjadi sebuah susunan patung yang utuh.

Adapun material yang digunakan bisa bermacam-macam, bisa menggunakan kayu, lilin, clay ataupun material yang telah dibuat secara terpisah-pisah. Jadi setelah perakitan selesai maka bisa dilanjutkan dengan proses finishing untuk mempercantik tampilan. Contohnya seperti patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dengan teknik assembling


Jadi itulah pembahasan mengenai teknik membuat patung yang banyak dilakukan oleh para seniman khususnya dalam menghasilkan sebuah karya yang memukau dan bisa menjadi sebuah icon sebuah tempat ataupun hiasan dalam sebuah dekorasi ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like