3+ Cara Mudah Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

Adahobi, Tempat Pensil dari Botol Bekas – Bicara mengenai sampah botol plastik memang tidak akan ada habisnya. Sebab, botol plastik merupakan salah satu jenis sampah yang paling menjadi masalah di Indonesia.

Ia menumpuk di rumah-rumah, di gedung, di restoran, di tempat makan siap saji, dan di mana saja.

Bahkan, PT Inocycle Technology Group Ybk. (INOV) berhasil mengumpulkan sebanyak 11.600 ton sampah botol plastik pada awal 2021.

Hingga kini memang permasalahan sampah botol plastik belum sepenuhnya bisa diatasi dengan baik dan teratur.

Bisa dikatakan botol plastik merupakan salah satu barang yang setiap hari pasti kita jumpai.

Mendaur Ulang Botol Plastik

Nyaris seluruh kebutuhan rumah tangga berwadahkan botol plastik, di antaranya botol kecap, wadah minyak goreng, wadah saus, dan lain sebagainya. Rasanya memang cukup sulit menghindari botol plastik di Indonesia.

Jika Anda salah satunya yang masih sering menghasilkan sampah botol plastik, baik dalam skala besar maupun skala rumah tangga, sebaiknya kelolalah sampah botol plastik tersebut dengan baik.

Mengelolanya berarti memisahkan botol plastik dengan jenis-jenis sampah lainnya dan tidak membiarkan sampah botol plastik berakhir di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bergabung dengan jenis sampah lainnya.

Sebaiknya, sampah botol plastik yang Anda hasilkan dibersihkan dengan baik dan dipisahkan untuk nantinya didaur ulang.

Lebih baik lagi, jika Anda bisa melakukan daur ulang sendiri di rumah untuk menjadikan botol plastik tersebut sesuatu yang memiliki nilai guna baru.

Baca juga: Ide Kreasi Kerajinan Botol Bekas yang Membuka Peluang Bisnis

Kerajinan Dari Botol Plastik

Botol plastik dapat dijadikan sebagai kerajinan yang memiliki nilai tinggi, salah satunya yakni dengan membuat tempat pensil dari botol bekas.

Selain unik dan bermanfaat, membuat tempat pensil dari botol plastik bekas ini juga bisa melatih kreativitas Anda, serta memunculkan hobi baru.

Sehingga, waktu luang menjadi lebih bermanfaat. Lantas, bagaimana cara membuat tempat pensil dari botol bekas?

Ada beberapa model dan cara untuk membuat tempat pensir dari botol plastik bekas yang bisa diikuti di rumah.

Langkah-langkah yang kami berikan ini mudah dan sederhana. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Tempat Pensil Standing Table dari Botol Bekas

Tempat Pensil Standing Table dari botol plastik
bacaterus.com
  • Bersihkan botol bekas dengan melapaskan label air mineral, cuci bersih, lalu keringkan.
  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti gunting, cat warna, lem plastik, dan botol air mineral bekas. Jangan lupa untuk menyiapkan juga aksesoris yang ingin digunakan untuk menghias tempat pensil dari botol.
  • Setelah bahan dan alat siap, potong bagian atas botol, sehingga bagian atas bisa dimasukkan beberapa pensil. Usahakan untuk mengguntingnya yang rapi.
  • Tempel bagian pinggir botol bekas guntingan dengan menggunakan selotip agar tidak tajam. Jika memiliki amplas, bagian ini juga bisa diamplas sedikit hingga halus.
  • Kreasikan badan botol sesuai dengan kreativitas dan imajinasi Anda, misalnya bisa dengan mengecatnya dan menempelkan dengan aksesoris yang telah disiapkan.
  • Setelah selesai berkreasi, jemur tempat pensil dari botol hingga cat mengering.
  • Taraaa! Tempat pensil ‘standing table’ buatan Anda sudah siap digunakan. Masukkanlah semua alat tulis ke dalam botol bekas yang telah Anda kreasikan dan letakkan di meja belajar Anda.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Resleting

Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Resleting
makeit-loveit.com

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa mencoba membuat tempat pensil dari botol plastik bekas dengan kreasi lainnya, misalnya dengan menambahkan resleting.

Sehingga, praktis untuk dibawa ke mana-mana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti botol plastik, gunting/cutter, lem tembak, aksesoris untuk menghias tempat pensil, serta resleting bergigi besar dan sesuaikan dengan diameter botol.
  • Cuci botol plastik bekas hingga bersih dari segala kotoran dan keringkan di bawah terik matahari.
  • Setelah kering, gunting botol plastik sesuai dengan ukuran tinggi yang diinginkan. Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan 2 botol plastik dengan bagian yang sama untuk digabungkan menjadi satu tempat pensil atau bisa juga menggunakan 1 botol plastik saja.
  • Ukur juga resleting sesuai dengan leher potongan botol bekas. Jika resleting terlalu panjang, potong bagian yang menjuntai.
  • Setelah semua sudah sesuai dengan ukurannya, rekatkan resleting pada bagian dalam botol dengan menggunakan lem tembak. Tunggu beberapa saat hingga lem tembak kering dan resleting benar-benar menempel pada botol plastik.
  • Jika sudah dipastikan resleting kuat menempel pada botol plastik bekas, rekatkan/tutup kedua sisi resleting dan kreasikan tempat pensil dari botol bekas yang sudah Anda buat. Anda bisa menempelkannya dengan kain flannel, mewarnai full dengan cat, atau menggambar abstrak sesuai kreasi Anda.
  • Taraaa! Tempat pensil resleting dari botol bekas milik Anda selesai dibuat dan bisa langsung digunakan untuk di bawa ke mana-mana.

Cara Membuat Tempat Pensil ‘Stationery Stand’ dari Botol Bekas

Tempat Pensil Stationery Stand
youtube.com

Model tempat pensil dari botol bekas yang satu ini agak berbeda dengan kedua model sebelumnya.

Model tempat pensil yang satu ini membuat Anda bisa memisahkan masing-masing jenis alat tulis yang dimiliki, seperti pensil dengan pensil, pulpen dengan pulpen, dan sebagainya.

Berikut ini langkah-langkah membuat tempat pensil ‘stationery stand’ dari botol plastik bekas:

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti botol plastik bekas (minimal 2 atau 3), kardus bekas, kain flannel bekas, lem tembak, gunting, tali kur.
  • Setelah alat dan bahan siap, bersihkan botol bekas dan keringkan hingga benar-benar kering.
  • Potong kardus berbentuk lingkaran dan sesuaikan ukurannya dengan jumlah botol bekas yang ingin digunakan.
  • Potong botol plastik bekas menjadi beberapa ukuran ketinggian yang diinginkan.
  • Lapisi kardus dengan kain flannel dengan cara menempelkannya dengan lem tembak.
  • Lapisi juga masing-masing botol plastik bekas dengan kain flannel, sesuaikan warna kain flannel pada botol plastik dengan kain flannel yang melapisi kardus.
  • Kreasikan botol bekas sesuai dengan kreativitas Anda, misalnya dengan menambahkan potongan kain flannel membentuk huruf atau membentuk ikon smiley.
  • Satukan dan susun botol plastik bekas di permukaan kardus dengan susunan sesuai keinginan Anda. Agar terlihat lebih rapi, letakkan botol bekas dengan potongan tertinggi di paling belakang, potongan sedang di bagian tengah, dan potongan terpendek di bagian depan.
  • Setelah yakin dengan susunannya, gunakan lem tembak untuk menempelkan tempat pensil dari botol bekas ke kardus sebagai tatakannya.
  • Tempat pensil ‘stastionery stand’ kreasi Anda siap digunakan dan diletakkan di meja belajar Anda.

Itulah beberapa kreasi tempat pensil dari botol bekas yang bisa dibuat di rumah.

Cara-cara ini juga bisa dijadikan ide mengisi waktu luang orangtua bersama si kecil untuk menyalurkan kreativitasnya, lho!

Bisa juga dipraktikkan oleh guru di sekolah sebagai tugas prakarya bagi anak muridnya. Selain memiliki nilai guna baru, membuat tempat pensil dari botol plastik bekas bisa membuat Anda lebih peka terhadap lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like