10+ Ciri-Ciri Merpati Balap Tinggian yang Bagus dan Berkualitas

AdaHobi, Ciri Ciri Merpati Balap Tinggian | Burung merpati adalah burung yang setia terhadap pasangannya. Saking terkenalnya hal tersebut membuat burung merpati menjadi simbol dalam pernikahan, biasanya gambar merpati diletakkan pada cover undangan.

Burung merpati juga memiliki kecerdasan yang tidak biasa. Ada banyak penelitian yang menguji kemampuan burung ini. Merpati dapat mengenal wajah manusia serta mamapu mengklasifikasikan barang dengan cermat.

Selain itu burung merpati merupakan burung yang kuat. Burung ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 110 km/jam. Hal tersebut juga yang membuat burung ini sering di ikut sertakan dalam lomba.

Terdapat beberapa jenis lomba burung merpati, seperti lomba balap, lomba hias, lomba tomprang dan juga lomba tinggian atau kolongan.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai burung merpati balap dan merpati tinggian.

Perbedaan Merpati Balap dan Tinggi

perbedaan merpati balap dan tinggian
hewanesia.com

Apa saja perbedaan burung merpati balap dan tinggian? Dalam hal jenis burung merpatinya, tidak ada yang membedakan.

Yang membedakan dari merpati balap dan tinggian adalah cara bermainnya. Merpati balap adalah lomba burung merpati yang beradu dengan kecepatan (sprint) pada jarak, anatara 500 meter hingga 1 kilometer.

Sedangkan merpati tinggian atau kolong adalah lomba yang beradu pada kecepatan turun (dive) dari burung merpati. Jarak yang di tempuh dalam lomba tinggian ini biasanya 1 sampai 2 kilometer.

Dan jenis burung merpati yang di gunakan dalam kedua lomba tersebut sebenarnya sama. Hanya saja, terkadang ada burung merpati yang cocok untuk balap dan tidak cocok untuk tinggian, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Merpati Balap Tinggian

ciri merpati balap tinggian
merpatibalap.com

Seperti apa burung merpati balap tinggian yang baik dan berkualitas bagus? Langsung saja simak beberapa ciri-ciri merpati balap tinggian secara umum di bawah ini.

1. Kepala

Ciri-ciri merpati balap tinggian yang pertama harus memiliki kepala yang cukup besar seperti pinang muda. Batok kepala depan burung merpati harus lebih tinggi dari batok kepala belakang.

Leher merpati tidak terlalu panjang, terlihat pendek dan tegak agar dapat menjaga posisinya tetap streamline saat terbang.

2. Mata

Mata merupakan hal yang paling penting untuk menentukan apakah burung merpati balap tinggian ini bagus atau tidak.

Burung merpati harus memiliki pupil mata yang dapat merespon cahaya dengan cepat. Jika terkena cahaya pupil matanya menjadi super kecil, dan jika cahanyanya sudah hilang, pupil matanya kembali normal dengan cepat.

Tinggalkan segera jika burung merpati tidak memiliki pupil mata yang baik.

3. Paruh

Ciri-ciri merpati balap tinggian yang bagus harus memiliki paruh dengan bentuk yang lurus dan terlihat kuat, tapi tidak terlalu panjang,.

Memiliki ujung paruh yang terlihat sedikit melengkung dan runcing.

 4. Bulu

Burung merpati balap tinggian yang berkualitas memiliki bulu halus yang terlihat spesial.

Bulu halus tersebut akan terlihat mengkilap dan bercahaya, jika disentuh terasa halus seperti lilin.

Dan jika terkena air tidak akan menempel pada bulu tersebut.

5. Postur Tubuh

Postur burung merpati yang baik memiliki bentuk yang terlihat seperti jantung pisang. Dan memiliki daging yang lentur jika dipegang.

Hal tersebut membuat burung merpati dapat bermanuver dengan baik di ketinggian dan kecepatan yang tinggi.

6. Bentuk Tulang

Ciri-ciri merpati balap tinggian calon juara harus memiliki kerangka tulang yang kokoh, hal tersebut dapat kita ketahui dengan cara meraba pada bagia tulang supitnya.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bila merpati juara dengan stut keras dan tidak kapokan memiliki tulang supit yang keras dan kokoh.

Selain itu, merpati harus memiliki supit udang dengan jarak 1 cm sampai 2 cm. Merpati yang memiliki supit udang denga jarak tersebut dapat memiliki kecepatan turun dari ketinggian dengan stabil.

Jadi kamu harus menghindari merpati dengan supit udang rapat atau terlalu sempit.

7. Sayap

Ciri-ciri merpati balap tinggian yang bagus memiliki sayap lentur dan tidak kaku. Bulunya tebal, rapi, rapat dan tidak bergelombang.

Burung merpati balap tinggian memiliki sayap terbang primer dan sekunder. Burung merpati dapat terbang menggunakan kecepatan maksimalnya jika kondisi sayapnya lengkap.

Biasanya jumlah sayap primer terdapat 10 helai.

8. Bulu Ekor

Merpati balap tinggian yang berkualitas memiliki bulu ekor yang rapat, tebal dan juga panjang.

Saat memegang bulu ekor merpati, burung tersebut akan menyatukan bulu ekornya menjadi satu.

Hal itu menandakan bahwa pinggang merpati berukuran kecil, yang artinya merpati tersebut dapat turun dari ketinggian dengan kecepatan yang tinggi.

Tapi jika bulu ekor tersebut di pegangn dan malah melebar, ujung bulu ekor tidak mengumpul menjadi satu, hal tersebut menandakan bahwa pinggang merpati besar dan ketika burung tersebut turun dari ketinggian akan tidak stabil.

9. Kaki

Burung merpati yang bagus memiliki kaki kering mbesik dan panjang.

Ada juga pecinta burung merpati yang mengatakan kalalu kaku burung merpati yang bagus itu jika dipegang kakinya, burung tersebut akan mendorongnya kebelakang hingga kakinya sejajar dengan ekor.

10. Mental

Ciri-ciri merpati balap tinggian yang terakhir yang harus dimiliki oleh burung merpati calon juara adalah mental petarung yang kuat.

Ciri-ciri fisik burung merpati di atas tadi, mau sebagus apapun tidak akan berguna jika merpati tidak memiliki mental yang kuat.

Lalu bagaimana cara membuat mental burung merpati bagus? Jawabannya yang itu di latih. Memang harus banyak jam terbang.

Tapi ada juga burung merpati yang awalnya bermental bagus, tapi semakin kesini mentalnya berubah menjadi jelek.

Hal tersebut biasanya terjadi karena suatu trauma yang di alami burung tersebut. Mungkin pernah terjadi kecelakaan saat bermanuver, sehingga membuatnya menjadi seperti itu.

Jika mental bertarungnya sudah menghilang. biasanya burung merpati tersebut di budidayakan untuk dilestarikan keturunannya.

Ciri-Ciri Merpati Tinggian Terbang Nitik

Apa itu merpati nitik? Merpati nitik adalah burung merpati yang sedang terbang dalam ketinggian hampir tidak terlihat. Karena terbangnya sangat tinggi itu, biasanya hanya terlihat seperti titik.

Karena hal tersebutlah di namakan merpati tinggian terbang nitik. Hanya orang yang sudah berpengalaman yang bisa melihatnya.

Untuk ciri-ciri dari merpati tersebut tentu saja sama dengan penjelasan sebelumnya, hanya saja untuk penjelasan ini, agar lebih mudah dipahami kita akan menggunakan video.

Silahkan simak video ciri-ciri merpati tinggian super nitik diatas.


Nah, itulah beberapa ciri-ciri merpati balap tinggian yang dapat membantumu untuk mengindentifikasi apakah burung merpati yang kamu miliki saat ini cocok untuk menjadi calon juara.

Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *