Sejarah Tari Banjar Kemuning Berasal Serta Makna Gerakannya

AdaHobi, Tari Banjar Kemuning – Apakah kamu sudah tahu tentang tari banjar kemuning? Sesuai dengan namanya tari banjar kemuning berasal yaitu dari Desa Banjar Kemuning daerah Sidoarjo Provinsi Jawa TImur. Tari banjar kemuning adalah tarian daerah, menceritakan tentang kehidupan masyarakat pesisir yang mayoritas latar belakang keluarganya berprofesi sebagai nelayan.

Banyak orang yang menyaksikan merasa kagum dan terpesona dengan tarian ini. Hal itu karena alur ceritanya yang sungguh menyentuh hati penonton karena diambil dari kisah kegigihan wanita pesisir yang tegar dalam menjalani hidup. 

Untuk kamu yang ingin tau seperti apa sejarah, fungsi dan makna dari gerakan tarian ini. Mari kita simak sampai selesai artikel tentang tari banjar kemuning berikut ini.

Sejarah Tari Banjar Kemuning

Sejarah Tari Banjar Kemuning
blue.kumparan.com

Sebuah tarian biasanya ada sebagai wujud identitas yang melambangkan suatu daerah. Kemudian bentuk perwujudan itu terdapat pesan moral maupun adat istiadat kebiasaan daerah di dalamnya.

Sehingga penting bagi semua kalangan yang sedang mempelajari suatu tarian untuk mengenal daerah asal tarian yang dipelajari. Baik itu mengenal dari segi geografis, demografis maupun kebiasaan yang ada di dalam masyarakat agar bisa mengetahui dan memahami makna tariannya.

1. Asal Daerah Tari Banjar Kemuning

Asal Daerah Tari Banjar Kemuning
seringjalan.com

Tari banjar kemuning berasal dari daerah Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur tepatnya di Desa Banjar Kemuning. Nama pada tari ini diambil dari nama daerah asal terbentuknya tarian tari banjar kemuning.

Desa Banjar kemuning merupakan desa yang letaknya berada di pesisir Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Disana mayoritas latar belakang profesi penduduknya sebagai nelayan yang menjemput rezekinya di laut sekitaran pesisir Sidoarjo.

Namun seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, para masyarakat disana sudah tidak menjadikan nelayan sebagai mata pencaharian yang utama lagi.

Baca juga : Sejarah Tari Jaranan Beserta Fungsi & Makna Gerakannya

2. Pencipta Tari Banjar Kemuning

Pencipta Tari Banjar Kemuning
sidoarjokini.com

Tari banjar kemuning diciptakan oleh seniman yang bernama Agustinus Heri Sugianto pada tahun 1999 yang berprofesi sebagai guru Seni Budaya. Beliau berkarya dalam bentuk tarian yang menggambarkan kehidupan, sifat dan karakter masyarakat nelayan yang tinggal di pesisir pantai Desa Banjarkemuning Kabupaten Sidoarjo.

Awal tarian ini diciptakan untuk menghadiri acara perlombaan festival tari tingkat Jawa Timur. Terbentuknya tarian ini, terinspirasi dari masyarakat Desa Banjarkemuning Kabupaten Sidoarjo yang hidup di pesisir pantai berprofesi sebagai nelayan untuk mata pencaharian mereka.

Pada tahun 2000 tari banjar kemuning dibawa oleh Duta Seni Tingkat Internasional untuk menjadi salah satu tarian daerah di Indonesia. Pada saat itu tarian ini juga sudah ditampilkan di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Australia, Yunani, Berlin, Inggris dan Belanda.   

Fungsi Tari Banjar Kemuning

Fungsi Tari Banjar Kemuning
menaramadinah.com

Ada banyak fungsi tari banjar kemuning yang bisa anda ketahui, seperti berikut ini:

1. Hiburan

Dimana tujuannya sebagai menghibur para penonton dengan gerakan dan alunan irama yang mengiringi tarian. 

2. Penyaluran Terapi

Bisa juga digunakan sebagai sarana terapi bagi orang-orang khusus penyandang cacat fisik untuk penyaluran bakat dan minat secara langsung maupun tidak langsung.

3. Pergaulan

Karena tarian ini dilakukan oleh banyak orang dan bahkan untuk pertemuan banyak orang. Maka dengan melakukan tarian ini bisa berfungsi sebagai sarana pergaulan.

4. Pertunjukkan

Tarian ini juga cocok digunakan sebagai pertunjukkan untuk mengembangkan wisata daerah. Hal itu bertujuan memikat daya tarik masyarakat akan potensi wisata Kabupaten Sidoarjo.

5. Katarsis

Bagi orang-orang yang memiliki rasa seni tinggi, biasanya tarian ini digunakan sebagai katarsis atau pembersihan jiwa dengan penghayatan yang mendalam.

Makna Tari Banjar Kemuning

Makna Tari Banjar Kemuning
3.bp.blogspot.com

Tari banjar kemuning menceritakan tentang sifat dan karakteristik masyarakat pesisir di Desa Banjar kemuning Kabupaten Sidoarjo bekerja sebagai nelayan. Adapun sifat dan karakteristik pada nelayan yang disampaikan pada tari ini yaitu:

  • Pertama, kebiasaan nelayan yang mampu mengelola dengan mudah hasil tangkapan ikan maupun hasil dari tambak.
  • Kedua, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi nelayan seperti lingkungan, musim dan pasar.
  • Ketiga, kehidupan masyarakat pesisir yang sederhana dan belum dimasuki maupun terpengaruh oleh dunia luar. Hal itu karena masyarakat desa memiliki tujuan yang sama serta tanggung jawab dalam melaksanakan hukum yang diatur sesuai kesepakatan bersama.
  • Keempat, masyarakat disana sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.
  • Kelima, istri serta keluarga nelayan yang memiliki sikap gigih, tegar dan ikhlas ketika sedang melewati kehidupan yang keras. Sembari mendoakan suaminya kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan, kelancaran dan keberkahan rezeki.

Jumlah Penari Banjar Kemuning

Jumlah Penari Banjar Kemuning
1.bp.blogspot.com

Berapa jumlah penari dalam tarian banjar kemuning? jumlah penari tarian banjar kemuning biasanya ditarikan oleh 4 sampai 12 orang penari wanita.

Namun jumlah itu juga tidak bisa menjadi patokan, karena bisa juga jumlahnya dilebihkan menyesuaikan dengan keinginan pementas.

Baca juga : Tari Serimpi Berasal dari Mana? Simak Penjelasan Berikut

Jenis Gerakan Tari Banjar Kemuning

Jenis Gerakan Tari Banjar Kemuning
seringjalan.com

Jenis gerakan badan, kaki dan tangan pada tari banjar kemuning tergolong gerakan yang cepat dan dinamis. Hal itu karena tarian ini juga didominasi dengan gerakan pencak didalamnya.

Sehingga dengan adanya dominasi gerakan pencak, selain menimbulkan keunikan juga menunjukkan suatu pesan kepada penonton. Pesan itu adalah bahwa wanita Sidoarjo selain feminim, mereka juga memiliki semangat, sifat tegas serta tangguh.

Di Setiap gerakan tarian akan diiringi dengan gending-gending jawa khas Jawa Timuran. 

Jenis Pola Lantai Tari Banjar Kemuning

Jenis Pola Lantai Tari Banjar Kemuning
www.rumbelnesia.com

Tari banjar kemuning menggunakan pola lantai lengkung dan horizontal dalam pementasannya. Hal itu bisa anda ketahui ketika menyaksikan pertunjukkan tarian ini.

Kostum Tari Banjar Kemuning

Kostum Tari Banjar Kemuning
cdn.antaranews.com

Sebenarnya kostum yang dikenakan dalam tari banjar kemuning cukup simple dengan pilihan warna yang kalem. Biasanya kostum yang sering dipakai ketika pentas berwarna kuning.

Seiring berkembangnya zaman, dalam pemilihan atribut biasanya terdapat beberapa varian warna untuk menampilkan kostum yang lebih indah. Namun tidak meninggalkan kesan lembut pada kostumnya. 

Tatanan rambut juga dibuat simple, jika dilihat sekilas hampir menyerupai tatanan rambut bergaya china. Dalam pertunjukkan para penari juga tidak terlalu banyak mengenakan aksesoris.

Ditambah riasan pada wajah penari yang simple, menunjukkan kesederhanaan kehidupan warga masyarakat Desa Banjarkemuning. Sederhana namun cantik mempesona, itulah gambaran kostum dan tarian banjar kemuning.

Properti Tari Banjar Kemuning

Properti Tari Banjar Kemuning

  • Baju
  • Hiasan Kepala
  • Kembang Goyang
  • Cunduk Mentul
  • Mahkota
  • Selendang

Gambar Tari Banjar Kemuning

Berikut ini adalah beberapa koleksi gambar dalam pagelaran tari banjar kemuning :

  • Gambar 1

Makna Tari Banjar Kemuning

  • Gambar 2

Jenis Gerakan Tari Banjar Kemuning

  • Gambar 3

Kostum Tari Banjar Kemuning

  • Gambar 4


Demikian artikel AdaHobi mengenai tari banjar kemuning yang bisa kami bagikan. Semoga dengan mengetahui ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai kekayaan seni daerah nusantara, khususnya seni tari.

Apabila ada tambahan atau hal yang perlu didiskusikan mengenai tarian banjar kemuning ini, silahkan isi di kolom komentar. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke kerabat dan orang-orang terdekat lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like