AdaHobi – Ingin tahu cara membuat kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat? Ya, membuat kerajinan memang suatu hal yang menyenangkan. Bayangkan Anda bisa menyulap bahan sederhana menjadi suatu hal baru yang lebih indah dan bermanfaat.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana Beserta Gambar Hasilnya

Saat ini ada cukup banyak ide kerajinan tangan. Anda bahkan bisa menggunakan barang bekas untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai guna. Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa ide kerajinan tangan sederhana beserta cara pembuatannya.

1. Pot Tanaman Gantung dari Botol Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana
https://freeonlinedartsgame.info

Jika Anda mencari cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas, ide kreatif ini bisa menjadi solusi yang tepat. Anda tentu memiliki botol bekas di rumah. Meskipun tidak ada, Anda bisa dengan mudah mencarinya.

Pot berbentuk kelinci ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Mulai dengan menyiapkan botol bekas minuman bersoda. Potong dan buang bagian tutupnya.

Selanjutnya, gunakan cutter untuk memotong bagian atas botol supaya membentuk telinga kelinci. Anda bisa menyesuaikan panjangnya sesuai selera.

Warnai botol tersebut dengan cat semprot. Setelah kering, tambahkan gambar mata, hidung, dan mulut kelinci dengan menggunakan kuas dan cat.

Ambil tali lalu pasangkan pada telinga kelinci yang sudah dilubangi sebelumnya. Terakhir, masukan tanaman yang sudah disiapkan lalu gantung pot tersebut sesuai selera.

2. Kreasi Anting-Anting dari Botol Plastik

Cara Membuat Kerajinan Tangan
https://id.pinterest.com

Mungkin tidak ada yang mengira jika anting-anting unik ini terbuat dari botol plastik bekas. Dengan sedikit kreativitas dan ketekunan, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan, antara lain dua botol bekas dengan warna yang berbeda, lem serbaguna, benang, dan gunting.

Untuk membuatnya, pertama-tama ambil sebagian kecil botol lalu potong-potong menjadi dua persegi panjang dan dua persegi. Potongan persegi harus lebih kecil dari persegi panjangnya (lihat gambar).

Kedua, ambil botol warna lain lalu potong sebagian kecil botol tersebut membentuk persegi panjang. Panaskan setiap sisi potongan botol tersebut menggunakan lilin supaya tidak kasar.

Selanjutnya, susun potongan-potongan botol tadi dari yang terbesar sampai terkecil seperti pada gambar. Gunakan lem supaya menempel sempurna. Anda bisa menambahkan manik-manik sebagai pemanis. Terakhir, pasangkan pengait anting-anting.

3. Kendaraan Mainan dari Botol Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana
https://id.pinterest.com

Satu lagi kerajinan tangan yang bisa Anda buat dari botol bekas adalah mainan bentuk kendaraan. Selain simpel, mainan ini bisa dibuat tanpa modal banyak. Hampir semua bahan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan tanpa mengeluarkan biaya.

Bahan yang dibutuhkan, antara lain satu botol bekas pewangi atau oli, empat tutup botol plastik, dan lem. Untuk membuatnya, pertama-tama bersihkan botol tersebut sampai steril. Kemudian, tempelkan tutup botol agar terlihat seperti bannya.

Supaya terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan hiasan pada botol tersebut, seperti stiker dan simbol tertentu.

4. Hiasan Kepala Rusa dari Kardus

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana
https://id.pinterest.com

Punya banyak kardus tak terpakai? Anda bisa menggunakannya untuk membuat hiasan kepala rusa. Untuk membuat kerajinan tangan dari kardus ini, Anda hanya perlu menyiapkan kardus, lem, gunting, dan gambar pola rusa.

Selanjutnya, unduh template kepala rusa di internet. Anda juga bisa mengunduh template binatang lain yang disukai seperti kambing, gajah, dan sebagainya. Cetak template tersebut pada kertas lalu potong sesuai pola yang tersedia.

Tempelkan gambar pola pada kardus. Potong kardus tersebut mengikuti gambar. Jika sudah, sambungkan bagian-bagian kepala rusa dan lehernya. Kemudian, tempelkan pada papan kardus yang lebih lebar. Gunakan lem serbaguna yang kuat supaya tidak mudah jatuh.

Terakhir, Anda bisa memasang hiasan kepala rusa tersebut pada dinding. Lubangi bagian belakangnya terlebih dahulu supaya dapat dikaitkan pada paku.

5. Lampu Hias dari Bambu

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana
https://id.pinterest.com

Bosan dengan kerajinan tangan dari botol plastik atau kardus? Kali ini Anda bisa memanfaatkan bambu untuk membuat lampu hias. Menariknya, cara membuat kerajinan tangan dari bambu ini tidaklah sulit.

Pertama, siapkan satu ruas batang bambu lalu potong salah satu ujungnya sedikit meruncing. Kedua, unakan bor kayu untuk membuat lubang pada permukaan bambu seperti pada gambar.

Selanjutnya, masukan lampu beserta dudukannya ke dalam bambu. Anda bisa menyalurkan kabel lampu tersebut melalui salah satu lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Lampu hias pun siap untuk digunakan.

6. Kerajinan Air Mancur dari Bambu

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana
https://id.pinterest.com

Selain lampu hias, Anda juga bisa menggunakan bambu untuk membuat kreasi air mancur. Anda bisa menaruhnya di halaman belakang untuk menambah kesan sejuk. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, antara lain batang bambu, pipa PVC, pompa air listrik. Pastikan memilih batang bambu yang masih memiliki ruas pada kedua ujungnya.

Kedua, buatlah lubang seukuran pipa PVC persis di atas ruas bambu. Hal ini dilakukan supaya air bisa dialirkan dari satu bambu ke bambu lainnya.

Selanjutnya, susun bambu seperti pada gambar. Gunakan lem dan tali untuk memastikan bambu-bambu tersebut menempel sempurna. Jika sudah Anda bisa memasang pompa air yang sudah disediakan.

Terakhir, Anda bisa memperkuat bambu dengan cara melapisinya menggunakan cat clear coating untuk batu alam. Anda juga bisa mempercantik air mancur tersebut dengan tanaman hias buatan.

7. Kerajinan Lonceng Angin dari Bambu

Cara Membuat Kerajinan Tangan
https://bopeepsbonnets.wordpress.com/

Jika Anda ingin tahu cara membuat kerajinan tangan dari bambu yang mudah, ide kreatif ini bisa dicoba. Lonceng angin ini bisa membantu Anda merasa rileks dengan suara yang dihasilkannya. Anda bisa menaruhnya di halaman belakang atau di sekitar jendela rumah.

Alat dan bahan yang perlu Anda siapkan, antara lain bambu, tali, bor listrik, dan pisau. Gunakan bambu ukuran kecil seperti pada gambar supaya Anda tidak perlu memotongnya lagi.

Bersihkan bambu sampai ke serat-seratnya dengan pisau kecil. Gunakan amplas untuk membuat permukaan bambu halus.

Selanjutnya, lubangi bagian atas bambu menggunakan bor listrik supaya bisa dimasukan tali. Siapkan pemidang yang sudah tidak dipakai untuk menyatukan bambu-bambu tersebut. Kaitkan tali pada bambu ke pemidang satu per satu. Lonceng bambu pun siap untuk digantung.

8. Kerajinan Tangan Sederhana dari Kertas

Cara Membuat Kerajinan Tangan
https://id.pinterest.com

Ingin berkreasi bersama si kecil saat liburan? Anda bisa mengajaknya membuat kerajinan tangan berbentuk tenda sederhana ini. Hanya dengan beberapa lembar kertas dan tusuk gigi saja, Anda bisa membuat mainan kreatif ini bersama si kecil.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membentuk kerucut dari kertas HVS lalu gunakan gunting untuk meratakan bagian bawahnya. Jangan lupa merekatkan kerujut tersebut dengan lem supaya tidak lepas.

Selanjutnya, tempelkan dua sampai tiga tusuk gigi di puncak kerujut menggunakan lem serbaguna. Agar lebih menarik, Anda juga bisa meminta si kecil menghias tenda kertas tersebut dengan pita atau mewarnainya menggunakan spidol dan cat.

Cara Membuat Kerajinan Botol Bekas Lengkap dengan Gambarnya

Anda punya banyak botol bekas tetapi bingung bagaimana mengolahnya? Mempelajari cara membuat kerajinan dari botol bekas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ya, botol bekas memang dapat diolah menjadi kerajinan yang bermanfaat dan bernilai jual. Anda bisa menyulapnya menjadi boneka, vas bunga, lampu hias, dan sebagainya. Sebagai inspirasi, berikut ini beberapa contoh cara membuat kerajinan dari botol bekas beserta gambarnya.

1. Kerajinan Kebun Vertikal dari Botol Bekas

https://id.pinterest.com
Anda ingin mempercantik rumah dengan tanaman? Daripada membeli pot dengan harga mahal, manfaatkan saja botol bekas yang ada di sekitar Anda.

Bahan dan peralatan yang perlu disiapkan, antara lain botol bekas, tanah, pupuk, tanaman, tali, gunting, dan cat. Jumlah botol yang disediakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Untuk membuatnya, pertama-tama potong bagian tengah botol sesuai kebutuhan. Cat botol tersebut dengan warna putih supaya terlihat lebih cantik. Kedua, campurkan tanah dan pupuk sebagai media tanam.

Selanjutnya, masukkan campuran tersebut ke dalam botol yang sudah dipotong tadi. Tanam tanaman yang sudah disiapkan. Terakhir, buatlah gantungan pada tembok menggunakan paku dan tali. Gantungkan botol yang sudah diisi tanaman dengan tali tersebut.

2. Lampu Hias dari Botol Bekas

https://coolcreativity.com/

Botol bekas juga bisa disulap menjadi lampu hias untuk kamar. Cara membuat kerajinan dari botol plastik ini cukup mudah. Anda bisa menggunakan botol minuman ukuran sedang atau besar untuk membuatnya.

Pertama-tama, sediakan bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu botol bekas, lampu beserta fitting-nya, cutter, dan cat. Potong botol tersebut menjadi dua atau seperti pada gambar. Warnai bagian luar botol dengan cat warna putih.

Selanjutnya, bentuklah botol tersebut agar menyerupai burung hantu. Anda bisa menjiplak gambar burung hantu yang tersedia di internet untuk mempermudah.

Lubangi bagian mata dan lehernya dengan cutter supaya cahaya lampu bisa keluar dari botol saat dinyalakan. Terakhir, pasang lampu beserta fitting-nya.

3. Boneka Penguin dari Botol Bekas

http://www.amazinginteriordesign.com/

Jika Anda punya sejumlah botol bekas minuman bersoda, jangan membuangnya terlebih dahulu. Anda bisa mengubahnya menjadi boneka penguin yang imut ini. Anda bisa menggunakannya sebagai pajangan setelah jadi.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Pertama, sediakan dua botol bekas minuman bersoda. Potong dan ambil bagian bawahnya saja. Satukan kedua potongan botol tersebut seperti pada gambar.

Kedua, gunakan cat semprot warna putih untuk melapisi seluruh permukaan botol. Selanjutnya, cat kembali botol tersebut dengan kuas untuk membentuk gambar penguin. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan aksesori lain, seperti syal dengan menggunakan kain perca.

4. Kerajinan Tangan Bentuk Hewan

https://id.pinterest.com

Siapa sangka jika pajangan berbentuk hewan-hewan tersebut terbuat dari botol plastik bekas? Anda juga bisa membuat kerajinan tangan unik tersebut sendiri dengan menggunakan botol bekas pewangi pakaian atau pembersih lantai.

Cara membuat kerajinan dari botol ini tidak begitu sulit. Namun, dibutuhkan ketelitian dan kreativitas dalam prosesnya.

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan aksesori yang akan digunakan untuk menghias botol bekas tersebut. Anda bisa menyediakan mata boneka, kain flanel, pita, serta mur dan baut.

Kedua, buat empat lubang pada bagian samping botol yang tidak ada pegangannya. Pasang mur dan baut pada lubang-lubang tersebut sebagai kakinya.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan mata boneka, pita untuk ekornya, serta aksesori lain sesuai selera. Tidak ada aturan khusus untuk menghiasnya, jadi Anda bisa membuatnya sekreatif mungkin.

5. Bungkus Kado dari Botol Bekas

https://id.pinterest.com

Anda ingin bungkus kado yang unik dan murah? Ide kreatif menggunakan botol bekas ini bisa menjadi solusi yang pas. Cara pembuatannya pun tidak begitu sulit.

Pertama, siapkan dua botol plastik bekas. Potong kedua botol tersebut dengan ketinggian sesuai kebutuhan lalu ambil bagian bawahnya saja.

Kedua, masukan kado ke dalam salah satu botol. Setelah itu, satukan botol tersebut dengan potongan botol lainnya. Anda bisa merekatkannya dengan lem atau selotip bening.

Selanjutnya, hias botol tersebut supaya lebih menarik. Misalnya Anda bisa menambahkan pita melingkari botol tersebut.

6. Mainan Anak dari Botol Plastik Bekas

https://id.pinterest.com

Mainan anak tidak harus mahal. Anda bahkan bisa berhemat dengan membuatkan mainan si kecil dari botol Akua bekas. Cara membuat kerajinan dari botol Akua bekas ini sangat mudah. Anda bahkan bisa mengajak si kecil untuk ikut berkreasi.

Yang perlu Anda siapkan adalah botol bekas, pom-pom (bola-bola bulu) warna hitam untuk kepala, mata boneka, dan cat. Anda bisa menyediakan botol bekas dalam berbagai ukuran supaya lebih variatif.

Mulai dengan memotong bagian ujung bawah botol lalu gunakan cat untuk mewarnainya. Tambakan titik-titik hitam seperti pada gambar. Kemudian, tempelkan pom-pom sebagai kepalanya. Jangan lupa tempelkan juga mata boneka pada pom-pom tersebut. Mudah bukan?

7. Kerajinan Sederhana dari Botol Akua

https://id.pinterest.com

Botol bekas Akua juga dapat Anda buat menjadi hiasan kebun seperti pada gambar di atas. Menariknya, cara membuat kerajinan dari botol bekas Akua ini membutuhkan waktu yang sangat singkat.

Pertama-tama, tempelkan selotip warna melingkari bagian tengah botol seperti pada gambar. Ambil pulpen dan penggaris untuk menandai bagian yang akan dipotong.

Kedua, sayatlah bagian-bagian yang sudah ditandai tadi dengan cutter. Setelah itu, tekan botol ke bawah supaya bagian tengahnya terbelah.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan hiasan lain pada botol tersebut sebelum menggantungnya di sekitar kebun.

8. Kerajinan Tangan dari Botol Akua Gelas

https://dekorrumah.net/
Anda juga bisa memanfaatkan botol Akua gelas untuk membuat kerajinan tangan. Kali ini Anda bisa menyulap barang bekas tersebut menjadi hiasan yang unik.

Cara membuat kerajinan dari botol Akua gelas ini tidaklah sulit. Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti kertas karton hitam, spidol putih, dan lem.

Kedua, gambarlah dua bentuk kaktus seperti pada gambar lalu potong dengan gunting. Gunakan spidol putih untuk membuat tanda silang kecil di seluruh permukaan kaktus tersebut.

Ketika, ambil kemasan Akua gelas lalu gunakan kain perca untuk membungkusnya. Tempelkan kain perca tersebut menggunakan lem serbaguna. Terakhir, tempelkan kaktus kertas tadi pada gelas supaya terlihat seperti aslinya.

9. Kreasi Tempat Pensil dari Botol Bekas

https://lapakonlineindonesia.id
Daripada membiarkannya berserakan di atas meja, Anda tentu membutuhkan kotak atau wadah untuk menyimpan pensil dan alat tulis lainnya. Supaya lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan botol plastik untuk membuatnya.

Mulai dengan membelah botol menjadi dua bagian. Ambil bagian bawahnya saja untuk dijadikan tempat pensil. Supaya lebih kuat, masukan adukan semen ke dalam botol tersebut setinggi 2 cm saja. Diamkan sampai semen mengering dengan sempurna.

Setelah itu, Anda bisa membersihkan sisa-sisa semen pada botol sebelum menggunakannya. Anda juga bisa menghiasnya terlebih dahulu dengan pita, stiker, dan aksesori lainnya.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Ingin akhir pekan atau liburan Anda lebih bermanfaat dan menghasilkan? Anda bisa mempelajari cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis. Selain bermanfaat, hari libur Anda tentu akan lebih menyenangkan dari biasanya.

Ada cukup banyak barang bekas yang bisa Anda manfaatkan. Menariknya, banyak di antara barang-barang tersebut yang umum ditemukan di setiap rumah.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa ide kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah.

1. Hiasan Bunga dari Tutup Botol

https://id.pinterest.com

Membuat kerajinan tangan dari tutup botol tidak perlu menghabiskan banyak modal dan tenaga. Anda hanya perlu sejumlah tutup botol plastik, lem, dan sumpit untuk membuat kreasi hiasan berbentuk bunga seperti ini.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama-tama, siapkan tujuh tutup botol dengan ukuran yang sama. Ambil salah satu sebagai bagian tengah bunga lalu tempelkan sisanya mengelilingi tutup botol tersebut.

Kedua, tempelkan rangkaian tutup botol tersebut pada sumpit bekas. Anda bisa mengecat sumpit tersebut terlebih dahulu dengan warna sesuai selera.

Selanjutnya, tempelkan kancing yang sudah tidak terpakai sebagai variasi. Anda bisa menempelkannya di bagian tengah tutup botol atau di ujung sumpit. Mudah bukan?

2. Gantungan Kunci dari Botol Bekas

https://id.pinterest.com

Anda punya banyak botol Akua bekas di rumah? Ide kreasi gantungan kunci ini bisa Anda coba. Menariknya, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas botol akua ini tidaklah sulit.

Pertama, siapkan alat dan bahannya, seperti botol Akua bekas, gunting, kuas, cat, dan ring gantungan kunci.

Kedua, buat bentuk bunga dari botol tersebut. Belah botol bekas terlebih dahulu supaya lebih mudah dibentuk. Kemudian, gambar bentuk bunga di atasnya lalu gunting sesuai pola yang sudah digambar.

Selanjutnya, cat potongan bunga plastik tadi dengan warna merah lalu biarkan sampai kering. Jika sudah, ambil tali rami warna merah untuk menyusun bunga plastik tersebut menjadi gantungan kunci. Anda bisa menambahkan manik-manik agar terlihat lebih cantik.

3. Telepon Kaleng untuk Mainan Anak

https://babbledabbledo.com

Ingin membuat kerajinan tangan yang berguna untuk anak-anak? Anda bisa mencoba kreasi telepon kaleng ini. Anda bisa mengajak si kecil membuatnya sembari mengajarkan ia soal sejarah telepon.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan dua kelang bekas susu kental manis, palu, paku, dan tali kur. Buat lubang pada kaleng dengan paku dan palu seperti pada gambar.

Kemudian masukan tali ke dalam kaleng melalui lubang tersebut. Ikat ujungnya supaya tidak lepas. Lakukan hal yang sama pada kaleng satunya. Untuk mempermanis, Anda bisa mewarnai atau memasang stiker pada kaleng tersebut.

4. Miniatur Rumah dari Kardus

https://id.pinterest.com

Jika Anda sedang mencari cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas kardus, ide kreatif ini bisa dipertimbangkan. Selain mudah, Anda juga bisa mengkreasikannya sesuai selera dan kreativitas sendiri.

Untuk membuatnya, siapkan kardus, gunting/cutter, lem, dan bekas kover buku. Pilihlah bekas kover buku dengan gambar bunga dan tanaman.

Ambil satu lembar kardus sebagai dasarnya. Kemudian, tempelkan miniatur rumah, pohon, dan bunga di atasnya. Untuk atap dan pagar keliling, belah lembaran kardus menjadi dua supaya teksturnya terlihat.

Jika Anda tidak bisa menemukan kover buku dengan gambar bunga dan tanaman, gunakan kertas warna. Anda bisa menempelkan kertas warna tersebut pada kardus lalu potong membentuk tanaman dan bunga.

5. Tempat Alat Tulis dari Barang Bekas

https://k4craft.com/

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya ini bisa Anda coba di rumah. Alat dan bahan yang diperlukan, antara lain rol bekas tisu toilet, benang, dan CD.

Pertama-tama, sediakan tiga rol bekas tisu toilet. Potong dua di antaranya agar memiliki tinggi yang berbeda.

Kedua, ambil benang lalu lilitkan pada rol tisu tadi. Lilitkan benang tersebut sampai membungkus rapat rol tisu. Lakukan hal yang sama pada CD bekas yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, susun dan tempelkan ketiga rol tisu tadi di atas CD. Gunakan lem tembak atau lem serbaguna yang kuat supaya rol tisu tersebut dapat menempel dengan baik. Terakhir, hias dengan pita atau aksesori lainnya.

6. Tempat Alat Tulis dari Majalah Bekas

https://id.pinterest.com

Selain memanfaatkan rol bekas tisu toilet, Anda juga bisa menggunakan majalah bekas untuk membuat tempat alat tulis. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas sederhana ini tak kalah mudah.

Pertama, siapkan majalah bekas, gunting, lem, dan CD. Kedua, ambil selembar majalah lalu buat menjadi lintingan. Jangan lupa untuk memberikan lem pada lintingan tersebut supaya tidak mudah lepas. Buat beberapa lintingan yang sama.

Selanjutnya, ambil CD yang sudah disiapkan tadi. Bungkus dengan kertas warna. Anda juga bisa menggunakan selembar majalah untuk membungkusnya.

Setelah itu, susun lintingan majalah tadi di atas CD yang sudah dibungkus kertas. Gunakan lem agar lintingan-lintingan tersebut dapat berdiri tegak. Terakhir, Anda bisa menggunakanya untuk menyimpan alat tulis.

7. Meja dari Ban Bekas

https://www.icreativeideas.com/

Ban bekas juga bisa disulap menjadi mejak unik seperti gambar di atas. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas ini pun tidak sulit.

Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti ban bekas, dua papan kayu berbentuk lingkaran, lem, paku, dan gunting.

Kedua, ambil kayu untuk menutup bagian tengah ban. Pasang dengan paku atau bor listrik. Sebelumnya, pastikan papan kayu yang digunakan pas dengan ukuran ban.

Selanjutnya, ambil tali goni lalu lilitkan ke seluruh permukaan ban seperti pada gambar. Gunakan lem tembak untuk menempelkan lilitan tali tersebut. Terakhir, meja pun siap untuk dipakai.

8. Pot Bunga dari Ban Bekas

https://residentialwastesystems.com/

Inilah salah satu cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat. Jika Anda merasa kerajinan tangan sebelumnya terlalu sulit, coba kreasi yang satu ini. Sama-sama memanfaatkan ban bekas, kreasi pot bunga ini sangat mudah dibuat.

Pertama-tama, siapkan beberapa ban bekas, cat, tanah, dan bunga yang akan ditanam. Cat beberapa ban bekas tadi dengan warna yang Anda suka.

Kedua, gantung ban tersebut di dinding luar rumah Anda. Anda bisa menggunakan paku untuk mengaitkan ban tersebut di dinding.

Setelah itu, taruh tanah dan bunga yang sudah disiapkan ke dalam ban seperti pada gambar. Pot bunga tersebut pun siap mempercantik halaman rumah Anda.

9. Hiasan Dinding dari Sedotan

https://www.todaysparent.com/

Jangan buang sedotan bekas Anda begitu saja. Anda bisa menggunakan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah ini sebagai inspirasi untuk mengolahnya.

Anda hanya perlu menyiapkan sedotan warna-warni, kertas warna, dan lem serbaguna saja. Untung membuatnya, potong sedotan dengan ukuran yang berbeda.

Kemudian, susun sedotan yang sudah dipotong tersebut dari yang terpanjang sampai terpendek sehingga membentuk seperti pohon cemara. Jangan lupa menempelkan sedotan-sedotan tersebut dengan lem.

Ambil dua sedotan yang masih utuh lalu tempelkan susanan sedotan tadi di atasnya. Untuk mempercantik, tambahkan juga kertas berbentuk bintang di ujungnya (lihat gambar).


Demikianlah beberapa ide seputar cara membuat kerajinan tangan yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda punya tumpukan botol, kardus, atau barang bekas lainnya, langsung saja manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Semoga ide di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik