AdaHobi – Anda gemar mengonsumsi air minum dalam kemasan? Setelah meminum isinya, sebaiknya botol jangan langsung dibuang.

Anda masih bisa memanfaatkan barang bekas, yaitu botol minuman kosong tersebut. untuk membuat sesuatu. Baik itu aksesoris, pernak-pernik, maupun benda fungsional lainnya.

Bahkan bukan cuma botol minuman, Anda juga bisa memanfaatkan kaleng bekas susu bubuk, kardus, sedotan, koran bekas, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Barang Bekas menjadi Dekorasi Rumah

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mempercantik rumah dengan bahan-bahan tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa contoh berikut ini.

Menyusun Taman dari Botol Bekas

Pemanfaatan Barang Bekas
http://www.architectureartdesigns.com/

Ide ini sudah diterapkan di banyak tempat. Mudah dan murah, itulah mengapa begitu banyak orang mengaplikasikannya. Anda bisa menggunakan dinding kosong di halaman rumah, sebagai lahan untuk menanam berbagai macam tumbuhan. Ya, dengan cara menyusunnya secara vertikal.

Alih-alih menggunakan pot tanaman biasa yang harganya mahal, atau tiang dan kantong-kantong tanaman untuk taman vertikal, mengapa tidak memanfaatkan botol plastik bekas? Bahkan Anda mungkin tak akan mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya.

Kumpulkan sejumlah botol plastik. Agar tampak artistik sebaiknya pilihlah yang bentuknya sama. Anda bisa memanfaatkan botol aqua bekas misalnya. Selanjutnya Anda dapat mengaturnya sedemikian rupa untuk mendapatkan tampilan taman yang cantik.

Pastikan botol masih lengkap dengan tutupnya. Kemudian lubangi salah satu bagian badannya secara horizontal. Lubang ini merupakan tempat untuk menanam benih yang diinginkan. Karena dimensinya terbatas, pot dari botol bekas ini hanya cocok untuk tanaman yang berukuran kecil.

Selanjutnya Anda perlu memasang senar atau tali sejenis pada kedua ujungnya, sehingga pot botol ini dapat digantungkan ke sisi dinding. Setelah semua siap, Anda tinggal mengatur posisinya saat digantung. Semakin kreatif tata letaknya, akan semakin cantik pula tampilannya.

Membuat Lampu Hias Memanfaatkan Kardus Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
https://instructables.com/

Membuat pernak-pernik dekoratif memanfaatkan kardus bekas? Mudah saja. Anda hanya perlu memastikan bahwa alat dan bahannya telah tersedia. Bahan utamanya adalah kardus bekas, tetapi sebaiknya pilihlah yang teksturnya kuat agar hasilnya bertahan lama.

Jika ingin membuat lampu meja hias seperti pada gambar di atas, Anda membutuhkan beberapa item. Seperti kardus bekas dengan ketebalan sekitar 1,5 cm, pemotong, lem tembak, penggaris, pensil, dan tentunya bohlam beserta fitting-nya.

Pertama-tama Anda perlu memotong kardus dalam beberapa ukuran. Ukuran pertama 1,5 x 18 cm sebanyak 64 buah, kedua 1,5 x 12,5 cm sebanyak 4 bidang, dan ketiga 16,5 x 16,5 cm sebanyak satu lembar. Ukuran kedua dan ketiga masing-masing akan digunakan untuk puncak dan dasar hiasan.

Kemudian Anda harus melekatkan masing-masing empat stik pada setiap ujungnya, hingga membentuk oktagon atau bintang bermata delapan. Susun semua octagon sampai semua potongan habis. Lalu lubangi bagian dasar bingkai lampu untuk menempatkan fitting dan kabel.

Setelah itu, masukkan lampu pada lubang yang tersedia di puncak bingkai. Coba nyalakan kala hari gelap dan ruangan Anda akan tampak berbeda. Anda bisa menempatkannya di ruang keluarga atau kamar pribadi, sebagai pengiring tidur di malam hari.

Memanfaatkan Kaleng Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
https://vannadecor.ru/

Karena kaleng juga merupakan salah satu jenis kemasan, maka benda ini sering dimanfaatkan untuk membuat tempat penyimpanan. Misalnya untuk tempat pensil, rak sendok dan garpu, kotak surat, celengan, pot tanaman, vas bunga, dan pernak-pernik bermanfaat lainnya.

Jika dibandingkan dengan jenis barang bekas sebelumnya, yaitu botol plastik dan kardus, kaleng memiliki banyak kelebihan. Benda ini terbuat dari bahan logam, yang berarti akan lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, mengolah kaleng bekas untuk membuat benda-benda fungsional juga mudah dan murah. Anda hanya perlu menutup atau menghilangkan sama sekali, bekas merek atau identitas produk yang tertera pada kemasan kaleng.

Anda bisa menutupinya dengan kertas kado, kain perca, cat logam, lilitan tali atau benang, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya tampak cantik dan lapisan luar dari kaleng bekas tersebut benar-benar telah tertutup sempurna. Selanjutnya Anda bebas menggunakannya untuk apa saja.

Tempatkan kaleng-kaleng bekas yang telah dihias ini di beberapa sudut rumah. Baik itu di dapur, kamar tidur, maupun ruang tamu. Bahkan Anda pun dapat memasangnya di luar rumah untuk dijadikan kotak surat saat pak pos datang berkunjung.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari barang-barang bekas tersebut. Lebih jauh lagi, keterampilan dan kreativitas Anda juga mampu memberi dampak positif dalam lingkup wilayah yang lebih luas lagi.

Peluang Usaha yang Menguntungkan

Manfaatkan Barang Bekas
https://mycrafts.com/

Di zaman modern seperti saat ini, kreativitas benar-benar diperlukan. Anda telah melihat bagaimana seorang Nadiem Makarim tiba-tiba menjelma menjadi tokoh bisnis terkemuka, setelah sukses dengan Gojek-nya yang kreatif dan inovatif.

Anda bisa mencari inspirasi darinya. Memulainya dari hal-hal kecil seperti mengolah botol plastik, kaleng, atau kardus bekas, menjadi barang-barang baru yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

Jangan sepelekan barang bekas. Botol-botol air mineral yang dibuang di tempat sampah dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Jika Anda mampu mengubahnya menjadi lebih bermanfaat buat orang banyak. Apalagi jika kreativitas Anda membuatnya tampak jauh lebih bernilai estetik.

Anda pun dapat memasarkan kerajinan tersebut. Dimulai dari lingkup kecil di lingkaran kerabat atau lingkungan tempat tinggal. Lalu memanfaatkan platform media sosial atau situs-situs pasar elektronik untuk menjangkau pasar lebih luas.

Jenis usaha yang satu ini hanya membutuhkan modal kecil. Tapi keuntungan yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat. Lebih jauh lagi, Anda dapat menghidupi keluarga dan berpeluang membuka lapangan kerja buat orang banyak.

Manfaatkan Barang Bekas demi Kelestarian Lingkungan

Manfaatkan Barang Bekas
https://behance.net/

Selain menguntungkan secara finansial, usaha memanfaatkan barang bekas dapat membantu urusan penanganan sampah. Anda tentu menyadari bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui betapa bahayanya sampah plastik. Bahkan masalah ini berpotensi serius mengancam penduduk Bumi.

Coba tengok keberadaan Pacific Garbage Patch. Pulau mengambang di Samudera Pasifik, dengan luas sekitar seribu kali lipat wilayah DKI Jakarta. Semuanya berupa sampah, di mana sebagian besar adalah plastik dan serat sintetik lainnya. Mengancam habitat binatang laut dan membahayakan kehidupannya.

Belum cukup mengotori lautan, sampah-sampah ini juga masih bermasalah di darat. Lahan makin sempit, apalagi untuk menampung sampah rumah tangga yang jutaan ton jumlahnya. Dan lagi-lagi, plastik mendominasi bergunung-gunung sampah tersebut.

Sementara, persoalannya terletak pada kekuatan plastik yang sekaligus jadi ancamannya. Material buatan manusia ini baru bisa terurai secara alami dalam waktu lebih dari dua puluh tahun lamanya. Sedangkan jumlah sampah plastik tidak berkurang, bahkan kian hari makin banyak.

Mungkin suatu hari nanti, anak dari cucu Anda akan bisa mengetahui merek sampo apa yang dipakai buyutnya semasa muda. Karena pada suatu hari dia menemukan sampah plastik, kemasan produk sampo lawas tersebut dari dalam tanah.

Jadi bukan tidak mungkin dalam kurun waktu beberapa puluh tahun lagi, ketinggian tanah akan meningkat. Di mana lapisan terluar dari permukaan tanah akan dipenuhi sampah plastik dari masa sekarang yang belum sempat terurai secara alami.

Maka salah satu langkah paling tepat untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut adalah dengan memanfaatkan barang bekas menjadi bernilai guna dan ekonomi. Terutama sampah plastik yang membahayakan.

Pemanfaatan Barang Bekas menjadi Barang Berguna berupa Pernak Pernik

Pemanfaatan barang bekas untuk membuat kerajinan tangan bukan hal baru lagi. Salah satu bukti dapat terlihat saat Anda membuka laman media sosial. Di sana Anda akan menemukan segudang karya menarik dari para perajin, baik dalam maupun luar negeri.

Silakan tengok akun Instagram @maliyanti dan @ibukardus. Kedua akun tersebut adalah milik satu orang yang sama, yaitu Ibu Nur Maliyanti, atau juga dikenal dengan julukan Ibu Kardus. Sosok ini telah lama berkiprah dan menampilkan karya-karya kerajinannya lewat media sosial.

Namanya kemudian populer setelah menjadi pengusaha sukses di bidang kerajinan tangan. Ibu Nur Maliyanti memiliki spesialisasi dalam pemanfaatan barang bekas, yakni menggunakan kardus untuk membuat berbagai pernak pernik menarik, khusus untuk anak-anak.

Beliau memulai aktivitasnya ini sejak tahun 2014. Berawal dari iseng saat membuatkan mainan untuk salah satu buah hatinya. Karya pertamanya adalah kostum superhero Iron Man dari kardus. Dan kini, Ibu Kardus telah membuat beraneka ragam mainan lain dari bahan yang sama.

Di antaranya ada alat-alat bermain, seperti laptop, robot-robotan, kostum dinosaurus, dan roket terbang. Ada pula replika perkakas rumah tangga, mulai dari blender, microwave, kotak surat, sampai alat kalkulator kasir dan pom bensin mini. Cukup unik, bukan?

Jika berminat, Anda bisa mengikuti jejak Ibu Nur Maliyanti dalam memanfaatkan barang bekas untuk membuat pernak pernik menarik. Apabila Anda melakukannya dengan tekun, bukan tidak mungkin ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Tapi sebelum semuanya, Anda harus memahami betul tentang pengertian kerajinan tangan dan tata cara pembuatannya. Untuk menginspirasi Anda, berikut akan disajikan lima jenis kerajinan dari material barang bekas yang mudah didapat.

Mobil dari Kardus

Manfaatkan Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini tentu saja kardus bekas, juga kertas dan isolasi bening. Sementara untuk alatnya, gunakan pisau cutter, gunting, pensil, penggaris, jangka, serta lem tembak.

Langkah pertama dalam pembuatan mobil dari kardus adalah menyusun rangka sasisnya. Dimulai dari roda, dasar bodi, dan as roda. Pakailah kardus untuk membuat roda dan dasar bodi. Sementara as roda bisa dibuat dari gulungan kertas yang cukup tebal dan padat.

Hubungkan roda-roda dengan as-nya, lalu tempelkan pada permukaan dasar bodi, dengan dukungan kardus tambahan di atasnya. Pastikan kardus tambahan ini dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat mengunci posisi as roda di atas dasar bodi.

Selanjutnya Anda perlu membuat bodi mobil. Gambar setiap komponen bodi pada lembaran kardus, termasuk pintu, spatbor, kap, bumper, jok, spion, hingga lampu depan. Pastikan Anda menerapkannya secara detail agar tampilan mobil tersebut semakin menarik.

Tempelkan setiap bagian dari bodi mobil tersebut dengan cermat di atas sasis yang telah dibuat tadi. Usahakan serapi mungkin agar terlihat bagus. Anda pun bisa memberikan warna dengan cat akrilik jika menghendaki tampilan yang lebih realistis.

Perahu dari Kardus

Pemanfaatan Barang Bekas
https://www.wikihow.com/

Pertama-tama Anda perlu memastikan jenis perahu yang akan dibuat. Jika berencana membikin perahu layar, maka mulailah dengan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat bagian deknya dulu. Anda membutuhkan kardus bekas, alat pemotong, lem, dan isolasi.

Bagian dek atau kompartemen ini terdiri dari dua komponen, yakni alas dan pembatas. Alas dek berbentuk persegi panjang, dengan salah satu sisi menyudut seperti huruf V. Sementara pembatas adalah yang dipasang tegak mengelilingi setiap sisi alas dek kapal.

Lekatkan setiap komponen ini menggunakan lem yang kuat. Lalu berilah lapisan isolasi pada celah-celahnya, atau bila perlu seluruh permukaan dek, untuk mencegah rembesan air. Sebagai pengganti isolasi, Anda bisa menggunakan cat lateks atau pelapis antibocor lainnya.

Jika memutuskan untuk memakai cat lateks, berarti Anda bisa sekaligus memberikan hiasan pada perahu. Silakan pilih warna dasar favorit, lalu tambahkan motif-motif dekoratif agar tampilan perahu dari kardus semakin atraktif.

Setelah lapisan cat mengering, cobalah mengujinya di atas air. Jika tidak ada air yang masuk ke dalam dek, berarti pelapis tersebut sudah dapat bekerja dengan baik. Selanjutnya, Anda pun perlu mendekorasi perahu dari kardus ini agar tampilannya semakin realistis.

Gunakan stik bambu bekas tusuk sate, kain perca yang cukup tebal, dan sedikit benang untuk membuat layar perahu. Stik bambu berfungsi sebagai tiang untuk layar dari kain perca. Sementara benang digunakan untuk menjaga posisi layar tetap stabil.

Pesawat dari Kardus

Pemanfaatan Barang Bekas
https://instructables.com/

Mulailah proses membuat pesawat dari kardus dengan mencari referensi di internet. Ada banyak model pesawat yang bisa Anda aplikasikan sebagai kerajinan tangan. Kalau mau, Anda pun dapat memilih model pesawat aerodinamis yang benar-benar bisa diterbangkan.

Dalam contoh ini, model yang dipakai adalah pesawat klasik FW 190 A8. Dan hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan dimensi pesawat, baik sayap maupun bodinya. Pastikan ukurannya proporsional, sesuai dengan referensi yang Anda dapatkan sebelumnya.

Mula-mula susunlah sayapnya. Caranya dengan membuat lapisan luar dari kardus tipis, seperti kotak susu. Setiap sayap membutuhkan dua bidang berukuran sama agar bisa dilipat hingga membentuk selongsong, yang kemudian harus diisi dengan kardus lebih tebal.

Lalu buatlah rangka sebagai penguat bodi pesawat. Jika sudah, tempelkan lapisan luar melingkupi rangka tersebut. Pastikan membuatnya semirip mungkin dengan model pesawat, termasuk bagian haluan dan sayap belakang.

Perhatikan juga bahwa salah satu ujung dari kedua sayap tadi harus berposisi di dalam bodi pesawat agar tak mudah goyah. Anda harus melekatkannya kuat-kuat dengan menggunakan lem yang berkualitas baik.

Tambahkan komponen hidung pesawat, kokpit, serta baling-baling depan. Setelah semua terpasang dengan baik, Anda bisa melapisi seluruh permukaan pesawat dengan cat semprot, menggunakan warna sama seperti model aslinya.

Pesawat dari Botol Bekas

Manfaatkan Barang Bekas
https://youtube.com

Selain kardus, Anda juga bisa membuat pesawat dari botol bekas. Caranya jauh lebih sederhana daripada sebelumnya, karena botol bekas dapat dimanfaatkan sebagai bodi pesawat. Sehingga Anda tak perlu lagi membuat komponen rangka dan lapisan luarnya.

Anda hanya membutuhkan botol bekas kemasan produk minuman berukuran sedang. Lalu selembar kardus dengan lebar cukup untuk membuat sayap-sayap pesawat. Serta beberapa alat, seperti cutter, gunting, lem, pensil, dan penggaris

Anda bisa membiarkan botol bekas apa adanya. Lalu membuat lubang pada setiap sisinya untuk memasang sayap-sayap pesawat nanti. Biasanya ada sayap depan, belakang, dan satu sayap kemudi yang berdiri tegak di belakang.

Buatlah sayap-sayap secara proporsional. Anda hanya perlu memotong sebidang kardus sepanjang dua sayap ditambah diameter botol. Setelah semua terpotong sesuai modelnya, Anda tinggal memasukkannya melalui lubang tadi dan memperkuatnya dengan lem.

Agar tampilannya lebih maksimal, tambahkan baling-baling yang bisa dipasang pada bagian tutup botol. Bila di rumah ada dinamo dan beberapa panjang kabel tak terpakai, Anda bisa memasangnya pada badan pesawat untuk memutar baling-baling dengan tenaga baterai 9v.

Pernak Pernik Kamar Tidur

Manfaatkan Barang Bekas
https://ahmadelhaq.com/

Salah satu cara agar semakin nyaman di kamar tidur adalah dengan memasang pernak pernik cantik sebagai dekorasi. Jika memiliki ide spesifik, Anda pun bisa membuatnya sendiri dari berbagai benda bermanfaat yang ada di sekitar.

Beraneka macam pernak pernik kamar tidur yang bisa dibuat dengan mudah dan singkat. Agar lebih efisien, gunakan barang-barang bekas yang tak lagi terpakai. Misalnya kardus bekas untuk membuat kotak aksesoris, kaleng bekas untuk vas bunga, dan sebagainya.

Yang pasti, Anda perlu menghias tampilannya secantik mungkin. Bila perlu terapkan tema-tema tertentu sehingga tampak seragam. Dan tentunya, pernak pernik kamar tidur tersebut haruslah benar-benar memenuhi selera pribadi Anda.

Apabila Anda merasa beberapa penjelasan di atas kurang jelas, silakan temukan pembahasan secara lebih mendetail di internet. Atau temukan video tutorial tentang pemanfaatan barang bekas dari para youtuber. Pasti akan lebih mudah dengan nonton video.


Agar memperoleh lebih banyak referensi, sebaiknya sering-seringlah menonton video atau membaca artikel bertema kerajinan tangan di AdaHobi, ya. Cara tersebut dapat melatih daya kreatif Anda. Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik