AdaHobi – Proses daur ulang sangat penting dalam mengurangi produksi sampah, salah satunya dengan membuat kerajinan tangan dari botol bekas, baik botol plastik maupun kaca. Berikut ini beberapa contoh kerajinan botol bekas unik dan bermanfaat yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah.

Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Bekas dan Cara Pembuatannya

Kesadaran akan bahaya limbah plastik belakangan ini kian meningkat dengan banyaknya produk daur ulang plastik kemasan, seperti kerajinan tangan dari bungkus kopi. Bukan hanya itu, berbagai kerajinan dari gelas plastik air mineral dan kemasan sabun atau sampo bekas kini makin mudah ditemukan.

Selain membuat kerajinan dari gelas plastik dan kemasan lain, banyak juga yang memanfaatkan botol plastik bekas air mineral, minuman ringan, susu, jus buah, dan lainnya. Bagi Anda yang tertarik, beberapa contoh kerajinan tangan dari botol plastik bekas berikut bisa dicoba.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Aqua

Bunga Teratai

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://artcraftideas.club/

Siapkan dua botol Aqua besar, gunting bagian atasnya. Botol yang satu dilengkapi tutup, sedangkan botol lainnya tidak. Buat pola kelopak bunga dari kedua bagian tersebut, lalu susun dan rekatkan dengan lem. Buat beberapa kelopak lagi dari bagian tengah botol, rekatkan.

Potong bagian atas botol kecil, lalu gunting kecil-kecil membentuk benang sari dan rekatkan. Bagian tengah botol digunakan untuk membuat daun dan pot. Tangkai dibuat dari kawat yang digulung koran bekas, kemudian lapisi dengan kain. Terakhir, warnai kelopak dan daun bunga teratai.

Tempat Sampah

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://simplesite.com/

Untuk membuat tempat sampah, kumpulkan botol bekas dengan ukuran seragam, lalu cuci dan jemur hingga bersih dan kering. Susun dan rekatkan botol satu demi satu pada kerangka kawat atau besi berbentuk tabung. Sebagai alas, potong tripleks atau bahan lain sesuai ukuran tabung.

Tempat Pensil

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://artmyideas.com/

Tempat pensil ini dibuat dari dua buah botol plastik bekas dan ritsleting. Botol pertama dibuang bagian kerucutnya untuk dijadikan wadah, sedangkan botol kedua diambil bagian dasarnya untuk digunakan sebagai tutup. Sambung kedua bagian botol tersebut, tempelkan ritsleting menggunakan lem tembak.

Kanopi

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://colegioindonesia.edu.mx/

Jika Anda memiliki koleksi botol bekas Aqua cukup banyak, manfaatkan untuk membuat kanopi. Selain botol bekas, siapkan juga tali atau kawat, kayu atau besi, dan cat. Langkah pertama untuk membuat kanopi adalah mengecat bagian bawah botol untuk mencegah sengatan sinar matahari.

Susun botol sesuai bentuk yang dikehendaki, ikat dengan tali atau kawat. Sementara itu, buat penyangga dari kayu maupun besi sebagai tempat menggantungkan kanopi dari botol bekas ini. Kanopi unik dari botol bekas Aqua pun sudah siap melindungi mobil Anda.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Yakult

Boneka Mini

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://paisrelativo.net/

Meskipun kecil, botol Yakult bekas juga bisa menjadi bahan untuk membuat kerajinan yang lucu seperti boneka ini. Siapkan kertas atau kain perca, gunting, spidol, lem, pita kecil, kancing baju, atau kerajinan dari daun pisang untuk menghias baju.

Gambarlah bentuk wajah, lalu balut botol Yakult dengan kertas atau kain dengan motif dan pola yang diinginkan. Hiasi bagian baju dan kepala dengan hiasan kecil. Agar tidak mudah roboh, Anda bisa menggabungkan boneka dengan kerajinan dari CD bekas sebagai dudukan.

Tempat Cat Air

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Daripada dibuang, manfaatkan botol bekas Yakult menjadi wadah cat air. Hanya dengan memotong bagian bawah botol, Anda sudah mendapatkan wadah-wadah mungil sebagai pengganti palet. Jangan lupa, ratakan bekas potongan agar tidak melukai tangan.

Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Lainnya

Taman Vertikal

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://vallartaopina.net/

Anda bisa membuat rumah tampak hijau dan asri, meskipun tidak memiliki halaman. Caranya adalah dengan membuat taman vertikal di dinding dengan memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman.

Buat lubang di tengah botol dengan ukuran secukupnya, isi dengan media tanam, lalu tanam berbagai jenis tumbuhan, bisa tanaman hias, sayuran, atau tanaman lain berukuran kecil. Ikat botol-botol tersebut dengan tali sehingga saling berhubungan, kemudian gantung di dinding kosong.

Boneka Penguin

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://www.diyspins.com/

Anda yang memiliki anak kecil bisa mencoba membuat kreasi boneka penguin dari botol bekas ini. Caranya, siapkan dua buah botol bekas minuman ringan. Potong bagian atas salah botol, sedangkan botol lainnya lagi dipotong bagian bawahnya. Satukan kedua potongan tersebut dengan selotip.

Selanjutnya, lukis botol sehingga menyerupai penguin yang sedang memakai topi. Tambahkan aksesori berupa tali dari kain perca yang diikat di tengah botol dan hiasan dari benang wol di atas topi. Anda juga bisa menambahkan pernak-pernik hasil kerajinan tangan kain flanel pada boneka penguin ini.

Lampu Rumah Peri

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://emaksuper.com/

Untuk membuat lampu rumah peri, siapkan beberapa botol plastik bekas, lempung kertas (paper clay), cat, aluminium foil, dan lem tembak. Buang bagian tengah botol, kemudian satukan bagian bawah dan atas botol dengan lem. Rekatkan ketiga botol dengan lem.

Buat atap kerucut dan menara-menara kecil dari aluminium foil, rekatkan pada botol, lalu tutup seluruh botol dengan lempung kertas, kecuali jendela. Agar lebih hidup, buat detail di beberapa bagian, seperti genting, pintu, dan dinding. Selanjutnya, warnai rumah peri dan pasang bola lampu kecil di dalamnya.

Wadah Perhiasan

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://pinterest.com

Botol plastik juga bisa dimanfaatkan untuk membuat wadah perhiasan. Siapkan beberapa botol plastik sesuai kebutuhan, potong bagian bawahnya dan lubangi tengahnya. Susun wadah-wadah tersebut pada sebatang besi dengan posisi wadah paling bawah dibalik agar berfungsi sebagai kaki.

Kap Lampu Meja

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://scoopraempire.com/

Selain lampu gantung, botol bekas juga bisa dibuat menjadi penutup lampu meja. Caranya hampir sama, potong bagian bawah botol plastik bekas, lalu rangkai hingga membentuk seperti buket bunga berbentuk bulat. Botol plastik tidak perlu dicat agar saat lampu dinyalakan terlihat cantik.

Kerajinan Tangan dari Botol Kaca Bekas dan Cara Pembuatannya

Kemasan botol kaca biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik sehingga sangat bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan. Mau mencoba? Ini dia beberapa contohnya.

Tempat Lilin

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://candleinventor.com/

Selain untuk penerangan, lilin juga bisa menjadi dekorasi yang menarik. Pilih botol kaca berwarna yang bentuknya unik. Potong bagian bawahnya, lalu amplas bekas potongan tersebut sampai halus. Botol bisa diletakkan langsung, bisa juga menggunakan dudukan dari kayu, besi, dan sebagainya.

Dekorasi Rumah

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://livingmarch.com/

Mempercantik rumah dengan cara hemat bisa dilakukan dengan membuat dekorasi sendiri dari botol kaca bekas. Caranya sangat sederhana, hanya dengan mengecat dan melilitkan tali ke botol, lalu tambahkan kerajinan tangan dari daun kering atau ornamen lainnya.

Pot Gantung

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://kidmagz.com/

Seperti contoh kerajinan lainnya, pot gantung dari botol kaca ini juga sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu memasukkan tanaman dan medianya secara terballik ke dalam botol yang bagian dasarnya sudah dipotong. Selanjutnya, gantung botol di dalam ruangan atau di teras rumah dengan tali atau kabel.


Selain contoh-contoh di atas, masih banyak kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa Anda coba atau ciptakan sendiri. Selain itu, Anda juga bisa membuat kreasi sendiri menggunakan bahan lain, misalnya dengan membuat kerajinan dari bungkus rokok atau lainnya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik