AdaHobi – Karena bahan bakunya berlimpah, barang-barang dari kayu sangat mudah dijumpai. Namun, Anda tidak harus selalu membelinya karena banyak jenis kerajinan tangan dari kayu yang bisa dibuat sendiri dengan mudah. Contoh kreasi benda-benda unik dari kayu bisa Anda lihat di bawah ini.

Rak Dinding

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://renovasi-rumah.net/

Bagi para pecinta buku, dinding rumah dapat dimanfaatkan menjadi tempat penyimpanan koleksi buku Anda. Selain buku jadi lebih mudah, menyimpan buku di rak terbuka juga menjadi salah satu trik agar ruangan tidak terasa penuh sesak.

Anda bisa membuat rak buku dengan beragam bentuk. Meski sederhana karena hanya terdiri dari rak berbentuk kotak dan lurus, tata letak rak buku yang satu ini sangat menarik. Anda juga bisa mengecatnya dengan warna kesukaan, tetapi warna putih bisa membuat ruangan terasa lebih lega.

Dekorasi Dinding

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://amazon.com/

Dekorasi dinding berbentuk rumah-rumah mungil ini merupakan contoh kerajinan tangan dari kayu bekas karena Anda tidak perlu membeli kayu khusus untuk membuatnya. Karena ukurannya kecil, Anda bisa memanfaatkan kayu sisa atau kayu bekas perabot.

Untuk setiap bentuk rumah, dibutuhkan lima bilah papan kayu. Sambungkan papan-papan kayu tersebut hingga membentuk rumah mini, lengkap dengan cerobong. Sebelum dipasang ke dinding, Anda bisa mengecatnya terlebih dahulu. Gunakan dekorasi dinding ini untuk meletakkan pajangan-pajangan unik.

Casing Ponsel

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://zasttra.com

Kini, casing ponsel tidak hanya dibuat dari plastik atau silikon, tetapi juga dari kayu. Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah kayu, busa stirofoam, double tape busa, double tape biasa, gergaji, amplas, penggaris, lem, binder clip, cutter, dan gunting.

Potong kayu dengan ukuran (panjang, lebar, dan tebal) sesuai dengan jenis ponselnya. Lubangi kayu mengikuti pola garis yang disesuaikan dengan model ponsel, baik untuk bagian depan maupun belakang. Lapisi kayu bagian luar dengan double tape busa yang sudah ditambahi stirofoam.

Satukan semua kayu yang sudah dilapisi busa stirofoam menggunakan lem, lalu jepit dengan binder clip dan tunggu hingga lem kering. Setelah itu, haluskan seluruh bagian kayu dengan amplas, khususnya di sudut-sudut casing.

Kalender Balok

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://id.aliexpress.com

Kalender kayu ini bisa digunakan seumur hidup. Karena sangat mudah, Anda pun bisa membuatnya sendiri. Ambil kayu, potong menjadi 2 buah kubus, 3 buah balok, dan 4 bilah papan untuk rak kalender. Tentukan lebih dahulu ukuran kubus karena akan menentukan ukuran balok dan rak.

Panjang balok adalah dua kali lebar kubus ditambah 1 cm, sedangkan lebarnya adalah sepertiga lebar kubus. Sementara itu, rak kalender memiliki lebar sama dengan kubus dan panjang sama dengan balok. Haluskan setiap potongan dengan amplas, warnai dengan cat, tunggu hingga kering.

Cetak nama-nama bulan pada sisi-sisi balok dan angka pada kubus, yaitu angka 0–9 dengan angka 1 dan 2 dibuat rangkap. Untuk bentuk lainnya, Anda bisa mencarinya di dalam artikel-artikel tentang kerajinan tangan dari kayu dan cara pembuatannya yang banyak terdapat di internet maupun buku-buku.

Tempat Pensil Warna

Kerajinan Tangan dari Kayu
http://pinterest.ru

Kerajinan tangan dari kayu tidak harus selalu menggunakan kayu baru atau kayu yang masih bagus. Potongan gelondongan kayu dengan bentuk tak beraturan pun bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat, contohnya seperti tempat pensil warna ini.

Hanya dengan bantuan alat bor, potongan batang kayu bisa Anda ubah menjadi tempat pensil warna yang antik ini. Retakan-retakan pada permukaan kayu justru membuat tempat pensil warna ini terlihat sangat artistik.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mengebor kayu untuk membuat lubang-lubang untuk menyimpan pensil warna. Susunan lubang bisa Anda atur rapi, bisa juga dibuat acak. Setelah itu, haluskan sedikit dengan amplas, bersihkan, dan dicat jika perlu.

Wadah Makanan

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://amazon.com/

Anda pun bisa menghadirkan suasana natural dan etnik di meja makan dengan membuat aneka wadah dari kayu. Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan membelah batang kayu secara vertikal, lalu potong sesuai ukuran wadah yang akan dibuat menggunakan gergaji.

Selanjutnya, buat cekungan dengan bantuan ujung gergaji elektrik dan lanjutkan dengan pahat manual. Lakukan pemahatan pada sisi luar terlebih dahulu untuk mendapatkan permukaan yang halus, lalu dilanjutkan pemahatan sisi dalam untuk membuat cekungan.

Setelah itu, haluskan dengan kikir besi, amplas kasar, lalu amplas halus. Wadah kayu bisa dipoles agar mengilap atau dibiarkan seperti aslinya. Anda juga bisa menambahkan hiasan berupa kerajinan tangan dari kerang yang ditempelkan di salah satu sisi wadah.

Hiasan Dapur

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://wimiu.com/

Papan tulis hitam (blackboard/chalkboard) yang sering ada di restoran atau kafe untuk menuliskan menu kini juga banyak digunakan sebagai dekorasi rumah. Papan ini biasanya diletakkan di dapur, ruang makan, bahkan kamar mandi dengan berbagai tulisan, mulai dari menu hingga kata-kata mutiara.

Anda juga bisa membuatnya sendiri karena caranya sangat mudah. Jenis kayu yang sebaiknya digunakan untuk membuat papan tulis hitam adalah kayu keras, seperti meranti atau kamper. Sementara itu, alat yang dibutuhkan terdiri dari gergaji, meteran, penggaris siku, cat hitam, dan kuas.

Potong kayu dengan ketebalan 4–2 mm, tergantung ukuran papan tulis yang akan dibuat. Kemudian, isi pori-pori papan dengan pengisi pori (wood filler). Setelah kering, haluskan papan menggunakan amplas. Sebagai langkah terakhir, warnai papan dengan pengecatan dasar dan lanjutan.

Jam Dinding Domino

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://bukalapak.com

Jam dinding berbentuk domino ini sangat sederhana dan mudah dibuat, tetapi terlihat sangat unik dan menarik perhatian. Jam antik ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan jam yang berbeda dari biasanya. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan langkah sebagai berikut.

  • Potong kayu menjadi beberapa bentuk, yaitu sebilah papan bujur sangkar, 4 batang kayu untuk bingkai, dan 12 balok kecil tipis berukuran sama.
  • Pada balok kecil, buat lubang dengan jumlah 1 hingga 12 lubang seperti pada kartu domino dengan cara mengebornya.
  • Seperti biasa, haluskan kayu-kayu yang sudah dipotong dengan amplas hingga halus.
  • Tempelkan bingkai dan potongan-potongan “kartu” domino menggunakan lem kayu.
  • Pasang mesin dan jarum jam.

Liontin Hati

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://novica.net/

Liontin berbentuk hati dari kayu ini pasti akan menjadi hadiah spesial, terlebih jika Anda membuatnya sendiri. Siapkan potongan kayu kecil setebal 0,5–1 cm, gambari bentuk hati dengan pensil. Potong kayu sesuai gambar yang sudah dibuat dengan gergaji bermata halus.

Buat lubang untuk memasang tali atau rantai kalung di sisi hati yang lebih besar. Haluskan pinggiran kayu menggunakan kikir sehingga membentuk lengkungan yang halus. Untuk bagian puncak hati yang meruncing ke dalam, gunakan kikir segitiga. Terakhir, warnai liontin hati dengan cat merah muda.

Tatakan Gelas

Kerajinan Tangan dari Kayu
https://id.aliexpress.com

Tatakan gelas unik ini merupakan kerajinan tangan dari kayu bekas dan cara membuatnya sangat mudah. Pilih dahan atau batang pohon dengan diameter berbeda-beda sesuai dengan ukuran tatakan gelas yang akan dibuat. Potong menggunakan gergaji dengan ketebalan 2 cm sampai 5 cm.

Potongan kayu tersebut selanjutnya dikikir atau diamplas supaya halus dan bersih. Gosok juga bagian luar kayu agar kulit pohon yang kasar terbuang. Tatakan dengan ukuran bervariasi ini bisa digunakan sebagai alas gelas, panci, atau lainnya.


Beberapa jenis kerajinan tangan dari kayu memang membutuhkan ketelitian dan peralatan yang cukup lengkap. Namun, jika Anda serius menekuninya, kerajinan kayu ini bisa menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik