AdaHobi – Anak perlu belajar sejak dini. Bukan cuma untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi juga demi melatih kreativitasnya dalam menuangkan ide-ide cemerlang dan memecahkan masalah. Salah satu caranya adalah dengan mengajak mereka membuat prakarya dari barang bekas.

Pada tahap awal, tak perlu mengenalkan anak dengan kerajinan yang rumit dan sulit dibuat. Anda lebih disarankan agar mulai memberikan pendidikan kepada mereka, tentang pentingnya memanfaatkan barang bekas untuk mengurangi risiko akibat timbunan sampah berlebihan.

Anda bisa mengajari mereka cara membuat prakarya dari bahan bekas yang mudah ditemui di lingkungan rumah. Boleh dari kertas, kardus, botol bekas, kotan, atau bahan-bahan lainnya. Berikut ide prakarya yang mudah dibuat khusus untuk anak-anak.

Origami untuk Anak

Prakarya dari Barang Bekas
https://www.thesprucecrafts.com/

Kegiatan melipat kertas ala origami akan menyenangkan. Bukan hanya untuk anak, tetapi juga bagi orang tua yang menemaninya. Origami dapat melatih kemampuan anak dalam hal perhitungan sekaligus mengekspresikan kreativitasnya.

Si buah hati mungkin tak punya ide model origami apa yang harus dia buat. Di sinilah tugas Anda sebagai orang tua, mengajarinya tentang tata cara melipat kertas untuk menghasilkan bentuk-bentuk lucu sesuai dengan usia anak.

Bahan untuk membuat origami pun dapat Anda temukan dengan mudah. Anda bisa memakai kertas bekas atau koran yang bersih dan masih layak pakai. Dengan begitu perlahan Anda juga mengajari cara memanfaatkan barang tak terpakai kepada si buah hati.

Beberapa model prakarya dari kertas origami ini, antara lain boneka tangan model kucing, pesawat terbang lipat, perahu origami klasik, katak melompat, atau kubus modular. Pastikan memilih yang tingkat kesulitannya paling sesuai dengan usia putra putri Anda.

Perhiasan Mainan

Prakarya dari Barang Bekas
https://parents.com

Anda tentu sering melihat ada anak perempuan bertingkah laku seperti orang dewasa. Dengan menjajal sepatu, sandal, baju, atau perhiasan, sampai mencoba merias wajah menggunakan peralatan make up yang biasa dipakai ibunya.

Hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa anak perempuan begitu menyukai hal-hal yang indah dan cantik. Maka dari itu sejak kecil Anda bisa mengajak mereka berlatih kreatif, dengan membuat prakarya dari sedotan atau bahan lainnya yang bertema perhiasan.

Beberapa jenis prakarya yang mudah dibuat, antara lain kalung Hawaii dari kertas dan sedotan, gelang dari kertas majalah bekas, kalung dari tutup botol, cincin dari kancing baju, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan barang-barang bekas yang tak terpakai lagi di rumah. Mengenai tata cara pembuatan prakarya kerajinan, Anda tinggal menjelajahi Google untuk menemukan situs bertema craft, yang seringkali menyajikan banyak informasi seputar hal tersebut.

Atribut Putri dan Peri

Prakarya dari Barang Bekas
https://etsy.com

Masih untuk anak perempuan yang selalu menyukai kecantikan dan keindahan. Anda bisa mengajaknya mengasah imajinasi dengan menjelajah dunia dongeng dan legenda. Biasanya anak perempuan menyukai cerita tentang putri raja dan peri cantik penolong manusia.

Cerita-cerita bertema putri raja dan peri cantik umumnya menampilkan tokoh gadis yang memakai berbagai atribut. Seperti mahkota, perhiasan dan aksesoris, serta tongkat sihir. Peri cantik sering kali juga digambarkan memiliki sayap di pundaknya.

Temukan inspirasi prakarya dari kardus, kertas, sedotan, atau bahan lainnya untuk membuat berbagai atribut tersebut. Buatlah desain secantik mungkin, dengan pernak-pernik warna-warni, plus item tambahan yang berbentuk bintang, tanda hati, atau kupu-kupu.

Anda bisa mengasah keterampilan anak dalam membuat kerajinan sekaligus melatih kemampuan imajinasi mereka. Anak-anak pasti akan senang memakainya. Apalagi jika kemudian Anda mengajak mereka untuk bermain peran sebagai peri cantik dan putri raja.

Wayang Mainan

Prakarya dari Barang Bekas
https://orientaltrading.com/

Tak perlu terlalu serius dengan membayangkan tokoh wayang, seperti pada cerita Pandawa dan Kurawa, atau kisah Rama dan Sinta. Jika tujuannya adalah membuat untuj prakarya anak SD, Anda bisa menggantikannya dengan tokoh yang lebih familiar buat mereka.

Anda bisa memilih tokoh-tokoh kartun yang berkarakter simpel, sehingga mudah dibuat menggunakan kertas dan kardus bekas. Atau biar lebih mudah, pilih beberapa karakter binatang favorit mereka untuk dituangkan dalam bentuk wayang mainan.

Kertas atau kardus bekas, alat tulis dan pewarna bisa dipakai untuk membuat bentuk wayang. Sementara untuk batangnya, Anda dapat memanfaatkan sedotan yang cukup kuat, atau stik es krim bekas.

Prakarya dari stik ini cukup mudah dibuat. Namun sebaiknya Anda tidak lupa untuk menyiapkan ide cerita seru memanfaatkan tokoh-tokoh wayang tadi. Berikan contoh cara bercerita dengan media wayang sesekali, lalu biarkan imajinasi anak Anda bekerja sendiri.

Mainan Keren Anak Lelaki

Ide Prakarya dari Barang Bekas
https://themomcreative.com

Kalau sebelumnya telah disajikan prakarya untuk anak perempuan, kali ini sasarannya adalah anak-anak lelaki. Konon memilih jenis prakarya untuk diaplikasikan buat anak laki-laki sedikit lebih rumit daripada anak perempuan.

Model prakarya paling umum untuk anak lelaki biasanya seputar alat-alat transportasi, terutama mobil, perahu, dan pesawat terbang. Tapi jika Anda jeli, ada banyak jenis kerajinan alat transportasi lainnya yang bisa ditemukan di internet, termasuk kereta api dan roket.

Kalau mau Anda bisa memilih prakarya dari botol aqua bekas, yaitu membuat jet pack. Mainan ini akan cocok buat anak aktif yang suka berlarian di halaman sambil membayangkan sedang terbang kesana kemari.

Jangan bekerja sendiri, tentunya Anda perlu melibatkan si buah hati saat membuat prakarya dari botol bekas ini. Anda juga harus menyesuaikan ukurannya pas buat si buah hati, sehingga nantinya dia dapat memainkannya dengan lebih leluasa.

Atribut Superhero

Prakarya dari Barang Bekas
https://www.spatz.com.au/

Berbeda dengan anak perempuan, anak lelaki kebanyakan menyukai tokoh-tokoh pahlawan atau superhero. Tentu saja karena mereka lebih tertarik pada hal-hal berbau petualangan, aksi-aksi menegangkan, dan sesuatu yang bersifat maskulin lainnya.

Saat bermain dengan kawan seusianya, tak jarang Anda akan melihat mereka bermain drama, memerankan aneka karakter superhero favoritnya masing-masing. Dan untuk melengkapi permainan mereka, mengapa tidak mengajaknya membuat atribut superhero?

Mulai dari topeng, perlengkapan kostum, sampai senjata andalan. Anda perlu menggali beberapa informasi terkait superhero favorit si buah hati. Tentu saja agar Anda mengetahui atribut lengkap yang dipakai superhero tersebut.

Kalau Anda tak punya kain atau kardus, beberapa lembar kertas koran yang cukup tebal dapat dipakai untuk membuat topeng superhero sederhana. Prakarya dari koran ini perlu diwarnai permukaannya, supaya lebih menarik dan sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Prakarya Benda-benda Fungsional

Ide Prakarya dari Barang Bekas
https://mycrafts.com/

Dunia anak memang hanya tentang bermain. Tapi tidak ada salahnya jika sejak kecil mereka sudah mengenal banyak hal yang akan berguna dalam kehidupan. Salah satu caranya, tentu saja dengan mengajaknya membuat prakarya barang bekas yang lebih fungsional.

Banyak benda-benda fungsional yang bisa dibuat oleh anak selain mainan. Ada kardus bekas yang bisa dipakai untuk membuat wadah khusus mainan. Kaleng bekas untuk tempat menyimpan alat tulis. Botol bekas untuk celengan, dan jenis prakarya bermanfaat lainnya.

Saat mengajak buah hati jalan-jalan keluar rumah, tuntunlah agar lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Perkenalkanlah dengan aneka benda bermanfaat di luar rumah. Anda bisa memulainya dari yang paling simpel dan dekat, kotak pos dan tong sampah misalnya.

Kemudian Anda bisa memperkenalkan barang-barang untuk memelihara binatang, seperti rumah burung, kandang ayam, kucing, atau anjing. Kalau mau, ajak mereka membuat rumah atau kandang binatang yang akan dipelihara di rumah.

Caranya pasti mudah, material yang Anda butuhkan pun dapat ditemui di sekitar rumah. Pastinya anak harus mendapat wawasan mengenai pemanfaatan barang bekas untuk membuat prakarya atau kerajinan benda-benda yang bermanfaat.


Nah, itulah beberapa jenis prakarya dari barang bekas untuk mengajak anak Anda berlatih kreativitas. Meskipun tak terbiasa dengan kerajinan, Anda tak perlu kuatir. Setiap jenis prakarya di atas tidak memerlukan keahlian khusus, sehingga bisa dikreasikan oleh siapa saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik