AdaHobi – Kain perca adalah potongan-potongan kecil kain sisa jahitan yang dihasilkan dari proses produksi pakaian, tas, atau lainnya. Sisa produksi ini ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan dari kain perca yang unik dan memiliki nilai jual tinggi.

Sarung Bantal

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
http://www.focusbedding.co.uk/

Bantal tidak hanya berfungsi sebagai alas kepala saat tidur, tetapi juga bisa menjadi benda dekorasi, terutama bantal kursi. Anda bisa membuat bantal jadi lebih menarik dengan membuat sarung bantal dari kain perca.

Bahan dan alat yang diperlukan adalah potongan kain perca aneka motif dan warna, gunting, mesin jahit (bisa juga jarum dan benang), dan ritsleting. Ukur panjang dan lebar bantal yang akan dibuat. Sambung potongan kain perca dengan cara dijahit hingga ukurannya sesuai.

Bagian belakang bisa dibuat dari kain perca juga atau kain polos. Tumpuk kedua helai kain untuk bagian depan dan belakang, jahit dengan posisi kain terbalik. Setelah rapi, balikkan sarung bantal hingga ke posisi yang benar. Untuk penutup, Anda bisa menggunakan kancing, tali, atau ritsleting.

Bed Cover

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://overstock.com

Bed cover dari kain perca dibuat dengan menggabungkan teknik patchwork (menggabungkan potongan kain) dan quilt (jahit tindas). Potong kain perca aneka motif dengan ukuran sama, lebihkan 1 cm di setiap sisinya. Rangkai potongan-potongan tersebut hingga membentuk lembaran besar sesuai kebutuhan.

Susun lembaran kain untuk bagian belakang, dakron, lalu kain bagian depan. Jahit seluruh bagian pinggirnya. Potong empat helai kain untuk bagian pinggir, lalu jahit ke bagian tepi bed cover. Buat jahitan tindas di atas kain mengikuti sambungan antar potongan perca atau bisa juga dengan pola lain.

Selimut Bayi

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
http://pinterest.com

Anda ingin membuat selimut bayi seperti ini? Siapkan kain perca bermotif polkadot dengan dua warna berbeda dan yang polos. Sambung kain polkadot sehingga membentuk bukit. Tumpuk kain bawah, dakron, dan kain atas dan jahit menjadi satu, lalu jahit kain polkadot lainnya untuk pinggiran.

Tempelkan kain perca polos yang sudah dibuat menjadi bentuk domba, kupu-kupu, dan bunga di atas selimut. Setelah itu, buat jahit tindas dengan pola lengkung tak beraturan di atas kain. Selimut bayi sudah siap digunakan.

Gorden

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://staticaly.com/

Cara membuat gorden dari kain perca jauh lebih mudah dari bed cover atau selimut karena tak perlu ditambah kain pelapis dan dijahit tindas. Anda hanya perlu memotong-motong kain perca dengan bentuk dan ukuran sesuai keinginan, menyambungnya satu per satu, lalu rapikan pinggirnya.

Taplak Meja

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://ejotski.blogspot.com/

Berbeda dengan bed cover, taplak meja menggunakan pelapis yang lebih tipis. Siapkan kain perca dengan lebar sesuai keinginan, tambahkan 1 cm di setiap tepi kain. Sambung potongan-potongan kain tersebut hingga menjadi satu helai kain utama.

Susun kain alas (bisa dari kain katun lainnya), bahan pelapis (misalnya busa angin), dan kain utama. Buatlah jahitan tindas di atas kain dengan pola sederhana, misalnya mengikuti sambungan kain atau jahitan diagonal. Terakhir, rapikan taplak meja dengan menjahit kain di keempat sisinya.

Alas Makan (Placemat)

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
http://aspoonfulofsugardesigns.com/

Kreasi lain dari kain perca yang juga sangat mudah dibuat adalah alas makan atau placemat. Teknik dasar pembuatannya sama dengan kerajinan perca lainnya, yaitu dengan menyambung potongan-potongan kain perca dari berbagai motif dan warna.

Dalam membuat alas makan, Anda bisa lebih bebas bermain-main dengan kreativitas. Alas makan bisa dibuat dalam bentuk persegi empat, lingkaran, atau heksagon. Anda juga bisa menambahkan detail cantik, misalnya kantong kecil tempat meletakkan sendok dan garpu.

Keset

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://walmart.com/

Mempercantik lantai rumah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang sisa. Caranya, buat saja keset dari kain perca. Caranya sangat mudah, tetapi hasilnya indah dilihat. Untuk membuat keset ini, gunakan kain perca yang sifatnya menyerap air supaya bisa berfungsi dengan baik.

Tas

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://www.quiltingintherain.com/

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tas adalah kain perca dan kain pelapis bagian dalam. Jahit potongan-potongan kain perca hingga membentuk dua helai kain berukuran sama. Potong kain untuk lapisan dalam dengan ukuran sama seperti kain luar.

Satukan masing-masing kain lapisan luar dan lapisan dalam sehingga dihasilkan dua helai kain untuk bagian depan dan belakang tas. Tumpuk kain depan dan belakang dengan posisi terbalik, lalu jahit tepi kanan dan kirinya.

Siapkan bagian alas tas dengan lebar sesuai keinginan, jahit masing-masing sisinya dengan kain tas bagian depan dan belakang, lalu balik. Rapikan tepi atas tas dengan cara dijahit ke arah dalam atau dengan ditambah lis. Buat tali tas dari kain perca, lalu pasang pada tas.

Dompet

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://shopify.com/

Cara membuat dompet kain perca sama dengan membuat tas, tetapi tanpa alas. Kain luar dan dalam bisa langsung dipotong dengan panjang dua kali lebar dompet yang diinginkan, lalu dilipat dua dan dijahit tepi kanan dan kirinya. Setelah itu, pasang ritsleting di bagian atas dompet dan rapikan.

Sampul Buku

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://etsy.com/

Untuk membuat sampul buku, siapkan kain perca yang agak tebal. Potong dengan ukuran panjang dua kali lipat lebar buku ditambah beberapa sentimeter untuk jahitan. Ujung kanan dan kiri ditambah lagi beberapa sentimeter untuk tempat menyelipkan sampul.

Rapikan tepian kain dengn cara dijahit. Balikkan kain hingga bagian dalam berada di atas. Lipat ujung kanan dan kiri ke arah dalam sepanjang beberapa sentimeter (sesuaikan dengan ukuran buku), jahit kembali bagian tepinya. Beri hiasan bagian depan sampul dengan renda dan kancing.

Tempat Pensil

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://limabaum.files.wordpress.com/

Tempat pensil ini dibuat dengan cara menyambungkan kain-kain perca hingga menjadi sehelai kain. Bagian dalam bisa dilapisi kain lain, bisa juga tidak. Lipat kain menjadi dua, jahit tepinya, lalu pasang ritsleting. Jika ingin membuat dua sisi berbeda, gunakan dua helai kain, sambung tepat di tengahnya.

Tempat Tablet

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
http://craftygemini.com/

Membuat tempat tablet hampir sama dengan membuat dompet, tetapi panjang kain ditambah untuk bagian penutup. Lebihkan ukuran potongan kain beberapa sentimeter dari ukuran tablet. Lipat kain menjadi dua, jahit sisi kanan-kirinya. Rapikan bagian tutup dengan menambahkan kain di tepinya.

Rok

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
http://carolinescraftiness.blogspot.com

Jika Anda sudah terbiasa membuat rok sendiri dari kain baru, kali ini, cobalah membuat rok dari bahan perca. Jahit potongan-potongan perca hingga membentuk satu helai kain utuh. Lakukan langkah selanjutnya seperti membuat rok biasa, sesuaikan dengan model yang ingin dibuat.

Bola Bayi

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://lentinemarine.com

Bola-bola lucu ini dibuat dengan cara yang sangat mudah. Siapkan kain perca, potong dalam bentuk segi lima, lalu sambungkan satu dengan yang lainnya hingga membentuk bola. Sebelum jahitan ditutup sempurna, isi dengan busa, kapuk, atau bahan isian lainnya.

Boneka

Kerajinan Tangan dari Kain Perca
https://lapakonlineindonesia.id

Banyak sekali bentuk boneka yang bisa dibuat dari kain perca. Potong kain perca dengan pola sesuai bentuk boneka yang akan dibuat, lalu jahit dengan rapi. Sisakan sedikit lubang untuk mengisi boneka dengan dakron, busa, atau lainnya. Tambahkan detail yang diperlukan, seperti mata, mulut, dan telinga.


Beberapa kerajinan tangan dari kain perca dan cara pembuatannya ini hanyalah sedikit contoh yang bisa dicoba. Anda bisa menciptakan kreasi baru karena pada dasarnya, semua barang yang berbahan banyak dasar kain juga bisa dibuat dari kain perca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik