AdaHobi – Aktivitas membuat kerajinan tangan untuk anak SD dapat membantu si kecil mengeluarkan ide-ide kreatifnya. Oleh karena itu, orang tua dan guru di sekolah dapat membantu mempertajam imajinasi dan kreativitas anak-anak dengan mengajak mereka membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang bisa dibuat anak-anak pun sangat beragam. Mulai dari membuat origami hingga mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang berguna, ada banyak ide kerajinan tangan yang bisa Anda coba.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa kerajinan tangan sederhana untuk anak SD, TK, maupun anak usia dini.

Kerajinan Tangan untuk Anak Usia Dini

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
https://id.pinterest.com

Membuat kerajinan tangan sederhana bisa membantu mengasah motorik halus dan meningkatkan keterampilan anak. Untuk anak-anak usia dini, ide kerajinan tangan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa mengenalkan nama-nama warna pada anak sembari mereka berkreasi membuat kerajinan tangan tersebut. Alat dan bahan yang Anda perlukan pun tidak banyak.

Cukup sediakan cat dalam berbagai warna dan kertas putih. Anda juga bisa memanfaatkan koran atau kertas bekas untuk membuat keterampilan ini.

Tuangkan cat ke dalam piring kecil atau wadah lain. Kemudian, ajak si kecil untuk menempelkan telapak tangannya pada cat tersebut.

Selanjutnya, arahkan untuk menempelkan telapak tangan yang sudah berlumur cat tersebut pada kertas. Setelah itu, Anda bisa membiarkan si kecil mencoba melakukannya sendiri.

Kerajinan Tangan untuk Anak TK

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
https://pinterest.com

Kerajinan tangan untuk anak-anak terutama yang masih berusia TK tidak perlu sulit. Anda bisa mengajak mereka membuat kerajinan tangan berbentuk payung ini.

Selain mudah dikreasikan oleh anak-anak, hasil akhirnya bisa dijadikan hiasan di kamarnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Anda hanya perlu menyediakan satu lembar kertas buffalo warna apa saja, cup kertas untuk kue bolu, dan tali warna-warni. Anda bisa mengganti tali warna-warni dengan sedotan minuman kemasan yang pendek. Sediakan juga gunting dan lem.

Untuk membuatnya, pertama-tama ambil cup kertas yang biasa dipakai untuk membuat bolu kukus. Pipihkan lalu lipat menjadi dua (membentuk setengah lingkaran).

Selanjutnya, buat lubang di tengah lipatan supaya bisa dimasuki tali warna-warni. Masukkan tali tersebut membentuk tangkai payung.

Setelah itu, tempelkan cup kertas yang sudah diberi tangkai tersebut pada kertas. Bentuk tangkai dari tali tadi agak melengkung supaya terlihat seperti payung. Tempelkan beberapa payung dari kertas tersebut supaya lebih meriah. Selesai.

Kerajinan Tangan untuk Anak SD Kelas 2

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
http://www.lisbonlx.com/

Anak-anak usia SD sering mendapat pelajaran kerajinan tangan. Tak jarang mereka diminta untuk membuat kerajinan tangan di rumah sebagai tugas.

Jika anak Anda yang baru kelas 2 mendapatkan tugas demikian, ajak mereka mencoba kerajinan tangan yang satu ini. Selain mudah dibuat, alat dan bahan yang diperlukan pun tidak membutuhkan modal banyak.

Siapkan sejumlah stik es krim dan kertas warna. Kemudian, susun empat stik es krim membentuk bingkai. Setelah itu, tempelkan kertas warna di belakang bingkai tersebut.

Lengkapi bingkai pertama dengan menyusun stik es krim lainnya di belakang kertas yang sudah ditempelkan tadi. Susun stik-stik es krim tersebut memuncak membentuk seperti atap rumah. Jika sudah, tambahkan hiasan sesuai selera.

Si kecil bisa menuliskan namanya pada kertas warna yang ditempelkan tadi. Anda juga bisa menyediakan cat atau spidol warna agar ia dapat mewarnai bingkai tersebut. Bagaimana? Mudah bukan?

Kerajinan Tangan untuk Anak SD Kelas 4

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
https://blitsy.com/

Anda ingin membuat kerajinan tangan yang bisa dijadikan mainan juga? Kreasi kerajinan tangan berbentuk kepiting ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain dibuat seperti kepiting, Anda juga bisa mengkreasikannya menjadi hewan lainnya.

Kerajinan tangan ini cukup mudah untuk anak SD kelas 4. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan cup kertas atau gelas plastik (Anda bisa memanfaatkan bekas kemasan minuman seperti kopi dan teh).

Selain itu, sediakan juga kertas karton dan cat warna merah, mata boneka, serta spidol hitam. Bagaimana langkah-langkah membuatnya?

Ambil cup kertas atau gelas plastik. Warnai seluruh permukaan luarnya dengan cat merah. Diamkan sampai kering. Sambil menunggu kering, Anda bisa membuat kakinya terlebih dahulu.

Anda bisa menyediakan cetakan gambar kaki kepiting agar si kecil bisa dengan mudah menjiplaknya di kertas karton. Anda juga bisa membiarkan si kecil menggambar kaki tersebut sendiri. Kemudian, gunting sesuai pola yang digambar.

Selanjutnya, tempelkan kaki tersebut pada bagian belakang cup kertas menggunakan lem serbaguna. Tempelkan juga mata boneka pada bagian depan cup. Jangan lupa menggambar bibirnya juga dengan spidol. Selesai.

Kerajinan Tangan untuk Anak SD Kelas 5

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
https://livingwellmom.com/

Ingin mulai mengajari si kecil menabung? Jika celengan yang Anda sediakan unik dan lucu, bisa jadi si kecil semakin termotivasi untuk menabung. Apalagi jika celengan tersebut mereka buat sendiri.

Untuk anak SD kelas 5, membuat celengan sederhana ini tentu tidak sulit. Selain mengenalkan menabung sejak dini, Anda juga memberi ruang untuk si anak berkreasi dengan barang-barang di sekitarnya.

Pertama-tama, siapkan alat dan bahannya, seperti stoples yang sudah tidak terpakai dan cat warna-warni. Anda bisa membuatkan lubang celengan terlebih dulu pada tutup stoples tersebut. Gunakan palu dan paku jika tutup stoples tersebut terbuat dari bahan metal.

Selanjutnya, ajak si kecil untuk mengecat seluruh permukaan luar stoples dengan warna putih terlebih dahulu. Jika cat dasar sudah kering, barulah ajak dia untuk menggambarnya dengan car warna lain.

Disini, Anda bisa memberi kebebasan untuk si kecil. Dia bisa menggambar karakter favoritnya atau melakukannya sesuai kreativitasnya. Jika sudah, si kecil pun bisa mulai menyimpan sebagian uang sakunya untuk ditabung dalam celengan.

Kerajinan Tangan untuk Anak SD Kelas 6

Kerajinan Tangan untuk Anak SD
https://pinterest.com

Anak-anak SD kelas 6 yang mulai beranjak remaja bisa Anda ajak membuat kerajinan tangan dari barang bekas seperti pada gambar di atas.

Mengenalkan pengolahan limbah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat sangat penting untuk anak-anak. Dengan ini, mereka bisa sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan sejak dini.

Kerajinan tangan dari kaleng bekas ini sangat cocok untuk anak-anak SD kelas 6. Selain mudah, anak-anak juga nantinya bisa menggunakan hasil kreasi tersebut.

Pertama-tama, siapkan kaleng bekas, kain goni, pita, hiasan berbentuk bunga, lem, dan gunting. Anda bisa mendapatkan kain goni, pita, dan hiasan berbentuk bunga di toko kerajinan tangan.

Kedua, gunakan kain goni untuk membungkus permukaan luar kaleng. Rapikan lalu tempelkan menggunakan lem serbaguna.

Selanjutnya, ambil hiasan berbentuk bunga lalu lingkarkan di bagian atas kaleng. Tambahkan juga pita di bawah hiasan bunga tersebut. Simpulkan pita terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Tempat alat tulis dari kaleng bekas pun siap untuk dipakai. Jika Anda tidak menemukan kain goni, kreasikan kaleng bekas tersebut dengan kertas kado atau selotip warna-warni.


Demikianlah beberapa contoh kerajinan tangan untuk anak SD yang mudah dan praktis. Sekarang, jangan ragu untuk mengajak si kecil berkreasi menggunakan barang-barang di sekitarnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik