AdaHobi – Kain flanel atau kain felt dibuat dari serat wol yang melalui proses pemanasan dan penguapan. Karena lembut, mudah digunting, dan banyak pilihan warnanya, kain ini sering digunakan untuk membuat kerajinan. Jenis kerajinan tangan dari kain flanel pun sangat banyak, dari bros hingga boneka.

Pada umumnya, kerajinan dari kain flanel bisa dibuat dengan cara sangat mudah dengan bahan-bahan sederhana yang murah dan gampang didapat. Berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan dari kain flanel dan cara membuatnya yang bisa Anda coba.

Boneka

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://delilahiris.com/

Boneka mungil ini pasti disukai anak-anak. Gambarlah pola badan dan rambut boneka di atas kertas, lalu gunting dan tempelkan ke atas kain flanel polos. Gunting kain flanel mengikuti pola sebanyak dua buah untuk satu boneka. Ambil salah satu kain, tempelkan mata, bibir, dan hidung.

Jahit kedua helai kain berbentuk boneka, sisakan lubang kecil. Isi boneka dengan dakron atau bahan lainnya, jahit hingga rapat, lalu pasang bagian rambut pada kepala. Untuk membuat baju, gunting kain bermotif sesuai pola yang sudah dibuat sebelumnya, lalu jahit dan kenakan pada boneka.

Tatakan Gelas

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://www.craftline.co.id/

Tatakan gelas bisa dibuat dengan beragam bentuk. Buatlah pola pada kertas karton sesuai bentuk yang diinginkan. Gunting dan tempelkan pola ke atas kain flanel, lalu gunting kain sesuai pola. Tempelkan dua helai kain yang sudah dibentuk dan jahit pinggirnya. Tambahkan mata, telinga, hidung, dan lainnya.

Penutup Kotak Tisu

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://amazon.it

Kotak tisu bisa Anda percantik dengan membuat tutup dari kain flanel. Untuk itu, siapkan kotak tisu yang sudah jadi, kain flanel aneka warna, gunting, lem, jarum, dan benang. Jika tidak ada kotak tisu, Anda juga bisa membuatnya lebih dahulu dari kardus bekas.

Selanjutnya, potong kain flanel sesuai ukuran kotak tisu, tempelkan ke kotak tisu menggunakan lem. Jahit bagian pertemuan kain agar terlihat menarik. Buat hiasan dari kain flanel yang berbeda warna dengan aneka bentuk sesuai selera, lalu tempelkan ke bagian samping dan atas kotak tisu.

Boneka Jari

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://thecraftymummyblog.files.wordpress.com/

Seperti biasa, buat pola binatang dari kertas, lalu tempelkan pada kain flanel. Gunting dua helai kain sesuai pola dan tambahkan detail mata, telinga, dan mulut pada salah satu kain. Setelah itu, jahit kedua helai kain dengan menyisakan lubang pada bagian bawah sebagai tempat memasukkan jari.

Hiasan Bantal Kursi

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://studio36interiors.com/

Sarung bantal banyak dijual sebagai kerajinan tangan dari kain panel, tetapi kali ini, Anda bisa mencoba menghias sarung bantal polos dengan kain flanel. Gunting kain dengan mengikuti pola badan, sayap, hidung, mata, dan kelopak mata burung hantu, serta dahan, daun, juga buah.

Tempelkan setiap bagian pola hingga membentuk burung hantu yang lengkap. Jahit dahulu bagian dahan, daun, dan buah secara melintang. Berikutnya, barulah kain berbentuk burung hantu dijahit di atas dahan. Agar rapi dan kuat, seluruh proses menjahit sebaiknya dilakukan menggunakan mesin jahit.

Pelapis Mug

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://shopify.com/

Pelapis cantik ini akan membuat mug lama jadi tampak baru. Potong dua helai kain flanel biru berbentuk persegi panjang dengan panjang dan lebar sesuai ukuran mug dan satu helai flanel putih berbentuk cangkir. Jahit kain berbentuk cangkir ke salah satu helai flanel biru dan buatlah hiasan berupa asap.

Rekatan kedua kain persegi panjang dengan cara dijahit. Pasang kancing pada salah satu ujung kain dan pita kecil di ujung lainnya. Kain pelapis mug siap digunakan dengan cara dipasang melingkari mug, lalu pita dikaitkkan ke kancing. Nah, mug Anda sekarang jadi lebih bergaya!

Sampul Buku

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://etsy.com/

Sampul buku harian atau agenda Anda sudah kusam? Buat saja sampul buku dari kain flanel dengan cara memotong dua kain flanel sesuai panjang, lebar, dan tebal buku ditambah 1 cm untuk sampul dan dua helai berukuran kecil untuk pengait.

Hias salah satu bagian sampul buku, tumpuk kedua helai sampul kain, kemudian jahit bagian tepinya. Kedua helai kain untuk pengait juga dijahit, lalu ditempelkan di sisi sampul sebelah kanan. Untuk mengaitkannya, Anda bisa menggunakan kancing atau velcro.

Bros

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://imgurk.com

Bros mawar cantik ini dibuat dari potongan-potongan kain flanel berbentuk kelopak dan daun. Selanjutnya, susun kelopak satu demi satu dengan pola melingkar, rekatkan menggunakan lem tembak. Kemudian, tempelkan bagian daun. Terakhir, rekatkan jarum peniti, juga menggunakan lem tembak.

Selain bunga mawar, banyak bentuk bros lain yang bisa dibuat, seperti kupu-kupu, permen, serangga, kareakter kartun, dan sebagainya. Anda bisa mencari inspirasi dari artikel tentang kerajinan tangan dari kain flanel dan cara pembuatannya yang banyak bertebaran di internet.

Gelang

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://hiveminer.com

Hanya dengan kain flanel, pita, benang wol, dan jarum, Anda bisa membuat gelang cantik ini. Ingin tahu cara membuatnya? Potong kain flanel dengan panjang sesuai ukuran lingkar tangan (dilebihkan beberapa sentimeter) dan lebar sesuai keinginan.

Hias kain dengan bunga-bunga yang dibentuk dari pita dan benang wol yang dijahit. Agar lebih kaku, Anda bisa menambahkan bahan pelapis, jahit dengan kain flanel dengan tusuk feston. Untuk mengaitkan gelang, Anda bisa menggunakan pita, benang, atau lainnya.

Ikat Rambut

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://pelatihankreasiflanel.wordpress.com/

Ikat rambut adalah salah satu kerajinan kain flanel yang banyak dijumpai karena mudah dibuat. Gunting kain flanel dengan bentuk sesuai keinginan, masing-masing dua helai. Jahit bagian tepinya, isi dengan kapas, dakron atau lainnya, lalu rapatkan. Tempelkan hiasan tersebut pada karet rambut dengan lem.

Tempat Ponsel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://dekorasirumahku.com

Ponsel kini menjadi barang yang wajib dibawa ke mana-mana, jadi perlu juga tempat penyimpanan yang menarik. Anda bisa membuat tempat ponsel dengan memotong kain flanel sesuai ukuran ponsel ditambah beberapa sentimeter untuk penutup. Jahit sisi-sisi kain hingga membentuk kantung.

Agar lebih menarik, buat hiasan pada salah satu atau kedua sisi tempat ponsel, juga pada bagian penutupnya. Hiasan bisa berupa gambar apa saja, misalnya karakter binatang. Untuk mengunci tempat ponsel, Anda bisa menggunakan kancing atau velcro.

Dompet

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://ethnictara.com/

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa membuat dompet lucu ini. Potong selembar kain flanel berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang diinginkan. Lipat kain menjadi dua dengan bagian dalam di arah luar, lalu jahit ketiga sisinya dan pasang ritsleting di salah satu sisi lainnya.

Balikkan dompet, hias salah satu atau kedua sisinya dengan bentuk-bentuk yang Anda sukai. Hiasan bisa ditempelkan dengan cara dijahit maupun dilem. Selain model ritsleting, Anda juga bisa membuat dompet dengan penutup yang dikaitkan dengan kancing.

Hiasan Kaos

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
http://artchisa.blogspot.com

Kaos dengan hiasan nama dan karakter kesukaan anak, seperti binatang, kendaraan, atau bunga, pasti akan membuatnya senang. Gunting kain flanel dengan bentuk huruf sesuai nama anak dan gambar yang ingin dibuat. Selanjutnya, tempelkan potongan-potongan tersebut pada kaos polos dengan cara dijahit.

Hiasan Gantung

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://instahu.com

Hiasan gantung ini cocok untuk dipasang di pintu kamar anak. Potong kain flanel sesuai pola huruf dan karakter kartun kesukaan anak serta bentuk lainnya, masukkan bahan isian, lalu jahit tepinya. Sambungkan setiap bentuk dengan benang. Mudah, bukan?

Pembatas Buku

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
https://etsy.com

Para pecinta buku pasti menyukai kerajinan ini. Pembatas buku ini sangat sederhana tetapi menarik, dibuat dari dua lembar kain flanel aneka warna yang dijahit menyatu, lalu dihias dengan gambar bunga matahari yang juga dibuat dari kain flanel. Di salah satu sisinya, ditambahkan pita dan bunga.


Kain flanel sangat mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Selain untuk digunakan sendiri, Anda juga bisa menjadikan kerajinan tangan dari kain flanel ini sebagai sumber penghasilan tambahan. Selain contoh di atas, inovasi yang menarik dengan harga murah pasti banyak diminati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik