AdaHobi – Botol bekas adalah salah satu sampah yang sering ditemukan berserakan dimana saja. Agar sampah tersebut tidak menumpuk dan mencemari lingkungan, cobalah untuk membuat kerajinan botol bekas yang bisa saja membuka peluang bisnis.

Ide Kerajinan Botol Bekas yang Mudah Dibuat

Berikut adalah beberapa ide kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bisa saja ide-ide berikut ini dijadikan sebagai peluang usaha aksesoris dekorasi rumah.

Lukisan Abstrak dari Tutup Botol

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
http://zivetisaprirodom.rs/

Kerajinan yang satu ini terinspirasi oleh kerajinan cangkang telur sederhana. Siapa sangka tutup botol plastik yang biasa berserakan di jalan dapat dikreasikan menjadi sebuah lukisan abstrak yang indah? Anda pun dapat membuatnya di rumah.

Untuk membuat lukisan abstrak ini, Anda akan membutuhkan banyak sekali tutup botol plastik dalam aneka ukuran dan warna. Anda juga akan memerlukan sedikit imajinasi dan kreativitas tentunya.

Kemudian, siapkan selembar styrofoam dan lem. Tempelkan tutup botol tersebut dengan menggunakan lem sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Lakukan hingga seluruh permukaan styrofoam tertutup oleh tutup botol.

Boneka Penguin Lucu

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://ud-adhika.com/

Kerajinan botol plastik bekas yang satu ini dapat Anda agendakan sebagai kegiatan pengisi waktu luang bersama putra-putri di akhir pekan ini. Hal ini tentu dapat menjauhkan mereka dari gawai, serta meningkatkan kreativitas mereka.

Untuk membuat boneka penguin ini, Anda membutuhkan 2 buah botol minuman bersoda kemasan 1 liter, cat minyak, kuas, gunting atau pisau, lem, dan kain perca.

Pertama, potong salah satu botol plastik pada bagian tengahnya. Kemudian, potong botol yang satunya sekitar 5 sentimeter dari bagian dasar. Satukan kedua potongan botol tersebut dengan menggunakan lem.

Warnai seluruh permukaan botol dengan cat berwarna putih. Lalu gambar bagian perut penguin. Kemudian, cat seluruh badan penguin dengan warna hitam, kecuali pada bagian perut yang telah ditandai dengan garis tadi.

Cat bagian kepala penguin dengan warna cerah sesuai selera Anda dan si kecil. Bagian kepala yang dicat ini adalah topi dari penguin. Kemudian, gambar mata dan hidung penguin, serta lilitkan kain perca sebagai syal untuk mempermanis tampilan penguin.

Vas Bunga Cantik dan Sederhana

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://narutonamikaze.com/

Bunga merupakan suatu dekorasi yang banyak digunakan untuk mempercantik ruangan di rumah sembari memberikan sentuhan alami pada ruangan tersebut. Biasanya, bunga tersebut akan diletakkan dalam sebuah vas agar tampak lebih cantik.

Daripada membeli vas baru yang bisa saja cukup menguras dompet Anda, cobalah untuk membuat vas cantik dan sederhana dari botol kaca.

Cara membuat vas dari botol kaca sangatlah mudah. Bahannya pun mudah untuk didapatkan. Anda dapat menggunakan botol kaca bekas kecap, sirup, atau saus. Kemudian, cat bagian luar botol menggunakan cat semprot.

Anda juga dapat memberikan aksen pada botol dengan menempelkan selotip dengan motif tertentu, lalu semprotkan cat pada seluruh permukaan botol. Kemudian, cabut selotip tersebut.

Tempat Perhiasan Susun

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://m.yukle.mobi

Sebagian besar wanita tidak dapat dipisahkan dari perhiasan karena perhiasan seperti anting dan cincin dapat menunjang penampilan.

Akan tetapi, ukuran yang kecil dan jumlah yang banyak dari perhiasan tersebut akan membuat meja atau laci menjadi berantakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk membuat tempat perhiasan susun seperti ini. Anda hanya perlu memotong bagian bawah dari beberapa botol plastik dan melubangi bagian tengah dari potongan-potongan tersebut.

Kemudian, rangkai potongan-potongan tersebut dengan menggunakan sebuah baut panjang dan mur. Letakkan tempat perhiasan tersebut di atas meja rias agar Anda lebih mudah untuk mengambil dan meletakkan perhiasan.

Lampu Gantung dari Botol Kaca

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://imagez.com

Di era sekarang ini, lampu telah beralih fungsi dari hanya sekedar pelita yang menerangi ruangan menjadi salah satu pelengkap dekorasi rumah.

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk mendapatkan sebuah lampu hias yang elegan. Dengan berbekal botol kaca bekas, Anda bisa mendapatkan sebuah lampu gantung yang tidak hanya menerangi ruangan, tetapi juga mempercantiknya.

Anda hanya perlu mendapatkan botol kaca bekas yang bening. Bersihkan botol tersebut, lalu potong botol dengan melilitkan benang pada bagian yang akan dipotong. Ambil lilitan tersebut, kemudian rendam benang ke dalam cairan aseton.

Ikat kembali botol dengan menggunakan benang yang telah direndam aseton. Pastikan ikatannya sangat kuat. Bakar ikatan tersebut hingga api melapisi seluruh permukaan benang. Kemudian, rendam botol ke dalam air dingin.

Botol tersebut akan terbelah dengan sendirinya. Anda hanya perlu memperhalus bagian potongan botol dengan menggunakan amplas. Lalu, lilitkan kawat sebagai hiasan lampu gantung, dan pasang lampu pijar ke dalam botol.

Lampu Gantung dari Botol dan Sendok Plastik

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://instructables.com/

Apabila Anda ingin memiliki lampu gantung dengan bentuk yang lain tanpa harus menguras tabungan, cobalah lampu gantung yang terbuat dari botol dan sendok plastik ini.

Anda hanya perlu mengumpulkan banyak sendok plastik dan memotong bagian kepala sendok. Setelah itu, rekatkan kepala sendok ke permukaan botol plastik hingga botol tertutup sempurna.

Anda dapat menambahkan hiasan pada bagian atas lampu agar lampu tampak lebih cantik. Jangan lupa untuk memotong bagian bawah botol untuk mempermudah Anda ketika hendak mengganti lampu. Mudah, bukan?

Hiasan Gantung Warna-warni dari Botol Bekas

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://blogmujer.net/

Mempercantik kamar buah hati Anda ternyata tidak sulit, lho. Anda bahkan dapat mengajaknya ikut serta untuk membuat hiasan gantung warna-warni ini.

Untuk membuat hiasan ini, Anda memerlukan beberapa botol plastik bekas, pisau, cat, dan tali. Potong botol sekitar 10 sentimeter dari bagian atas botol. Lalu, bentuk pola yang Anda sukai dengan menggunakan pisau.

Warnai botol-botol tersebut sesuai selera. Lubangi bagian tutup botol, lalu rangkai botol-botol tersebut dengan menggunakan tali.

Tirai Cantik Motif Bunga

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Tirai cantik ini dapat menjadi solusi dekorasi mewah nan murah untuk kamar Anda. Siapa sangka tirai yang tampak seperti kristal ini ternyata terbuat dari botol plastik bekas?

Untuk membuat tirai cantik ini, Anda hanya perlu memotong bagian bawah botol plastik bening yang sudah dibersihkan. Rapikan bagian potongan tersebut dengan menggunakan gunting.

Panaskan pasir, lalu masukkan tepian yang terpotong tadi agar menjadi lebih halus. Kemudian, lubangi bagian tepi potongan botol yang tampak seperti kelopak bunga dengan menggunakan paku yang telah dipanaskan.

Rangkai potongan-potongan botol plastik dengan menggunakan benang. Ulangi langkah tersebut hingga Anda mendapatkan jumlah tirai yang diinginkan.

Pot Bunga Mewah

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Pot bunga ini tampak mewah, bukan? Bayangkan jika ruang tamu Anda dihiasi dengan pot bunga seperti ini. Pasti akan tampak lebih menawan.

Jangan hanya dibayangkan saja! Anda pun dapat memiliki pot bunga yang mewah ini. Yang perlu Anda lakukan hanya mengumpulkan botol plastik bekas minuman bersoda ukuran 1 liter. Lalu, potong botol tersebut.

Anda dapat menggunakan bagian atas dan bawah botol. Jika ingin menggunakan bagian atas botol, rekatkan bagian tutup botol pada sebuah compact disk bekas. Lalu, warnai seluruh permukaan pot dengan cat berwarna emas atau perak.

Bunga Gantung Warna-Warni

Ide Kerajinan Botol Bekas
http://totallygreencrafts.com/

Bunga gantung warna-warni ini dapat menjadi dekorasi yang cantik pada acara-acara tertentu. Anda hanya perlu memotong bagian bawah botol dan membentuknya seperti bunga.

Warnai bunga-bunga tersebut, lalu panaskan ujung bunga pada sebuah lilin agar dapat membentuk kelopak bunga yang cantik.

Ide Kreatif Kerajinan dari Barang Bekas Botol Akua

Salah satu sampah yang banyak ditemui di jalan adalah botol plastik. Pada artikel ini, Anda akan menemukan beberapa ide kreatif kerajinan dari barang bekas botol Akua.

Anda juga akan mempelajari kerajinan dari barang bekas dan cara membuatnya khususnya botol plastik.

Tempat Pensil

Ide Kerajinan Botol Bekas
http://emaksuper.com/

Tempat pensil merupakan salah satu dari kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat. Anda dapat membuat sebuah tempat pensil dari kardus, kertas koran, atau botol plastik bekas Akua seperti ini.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan dua buah botol plastik bekas, sebuah ritsleting, gunting, dan lem tembak. Kemudian, potong bagian atas dari kedua botol tersebut.

Setelah itu, potong bagian bawah salah satu botol tadi. Lalu, satukan bagian bawah yang dipotong ke botol yang lebih panjang. Bagian bawah botol ini akan menggantikan fungsi penutup botol.

Untuk menyatukan dua bagian yang terpisah ini, gunakan ritsleting yang telah Anda persiapkan. Lekatkan ritsleting dengan menggunakan lem tembak. Tempat pensil pun siap untuk digunakan.

Pesawat Terbang dari Botol Plastik

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://hamparan.net

Biasanya pesawat terbang mainan terbuat dari kerajinan dari barang bekas kardus. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan botol Akua bekas untuk membuat sebuah pesawat terbang mainan.

Anda hanya perlu membungkus botol bekas tersebut dengan kertas manila dan membuat baling-baling pada bagian tutup botol. Kegiatan ini dapat Anda lakukan bersama dengan buah hati, sehingga mereka dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitas.

Tempat Peralatan Tulis Berbentuk Minions

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://www.apbastadium.com/

Anda mungkin telah mempelajari cara membuat tempat yang merupakan kerajinan dari barang bekas koran. Ternyata, tempat pensil yang unik tidak hanya terbuat dari kertas koran, lho. Anda juga dapat membuat tempat pensil yang terbuat dari botol Akua.

Pertama, potong bagian atas botol sehingga membentuk seperti gelas. Lalu, bungkus dengan kain flannel berwarna kuning. Rekatkan kain tersebut dengan menggunakan lem tembak.

Rapikan bagian atas kain flannel dengan cara melipatnya ke dalam, sehingga bagian potongan botol yang kurang rapi dapat tersamarkan. Jangan lupa untuk membubuhka sedikit lem tembak untuk merekatkannya.

Kemudian, gambar pola baju minions pada kain flannel berwarna biru, potong, lalu rekatkan di atas kain flannel berwarna kuning. Jangan lupa untuk membuat matanya juga.

Selain menggunakan kain flannel, Anda juga dapat menggunakan kertas berwarna sebagai alternatif.

Dompet untuk Uang Receh

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://mhwhandmade.cafeblog.hu/

Kini Anda tidak perlu lagi mencari uang receh yang berserakan di meja-meja di rumah. Dengan dompet ini, uang receh Anda dapat tersimpan dengan rapi dalam satu tempat.

Dompet ini merupakan kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat. Anda hanya perlu menggunakan dua botol Akua dan sebuah ritsleting untuk membuatnya.

Potong bagian bawah dari kedua botol tersebut. Satukan potongan tersebut dengan menggunakan ritsleting yang dilekatkan dengan lem. Mudah, bukan?

Anda pun bebas berkreasi dengan menambahkan manik-manik, pita, atau aksesori lainnya agar dompet tersebut terlihat lebih cantik.

Pohon Hias dari Botol Akua

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://ngumuminaja.blogspot.com

Meletakkan pohon hias kecil di salah satu sudut ruang tamu akan mempercantik dekorasi rumah Anda.

Hal yang paling menarik adalah Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli pohon hias. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Dengan berbekal botol Akua, cat, dan kardus bekas, Anda bisa mendapatkan sebuah pohon hias yang sangat cantik.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong bagian bawah botol-botol Akua bekas yang telah dikumpulkan. Rapikan bagian yang telah dipotong dengan cara sedikit membakarnya dengan api.

Kemudian, warnai potongan botol dengan warna kesukaan Anda sehingga tampak seperti bunga atau serbuk salju. Lalu, selipkan pita atau benang pada potongan botol tersebut, dan gantung pada pohon yang terbuat dari kardus atau karton.

Keranjang dari Tutup Botol Plastik

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Hampir semua bagian dari botol plastik dapat dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan.

Jika pada kegiatan sebelumnya Anda hanya menggunakan bagian bawah botol untuk diubah menjadi bunga, manfaatkan pula bagian tutup botolnya agar tidak terbuang sia-sia.

Tutup botol Akua ternyata dapat diubah menjadi sebuah keranjang serbaguna seperti ini. Anda dapat menggunakannya sebagai wadah untuk pakaian kotor, tempat sampah, atau wadah mainan.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyusun tutup-tutup botol dengan pola seperti piramida. Rekatkan satu tutup-tutup botol tersebut dengan menggunakan lem.

Akuarium Mini dari Botol Akua

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
http://ceritamedan.com/

Ternyata, sebuah botol Akua dapat disulap menjadi sebuah akuarium mini yang cantik ini, lho. Bahannya yang unik dan mudah didapat, serta desain yang menawan telah mengubah barang bekas ini menjadi barang yang bernilai rupiah tinggi.

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat akuarium mini ini. Salah satunya adalah dengan cara membuat lubang pada salah satu sisi botol. Lalu, tempelkan beberapa tutup botol Akua pada sisi lainnya sebagai penyangga.

Masukkan hiasan akuarium ke dalam botol, lalu isi botol tersebut dengan air. Masukkan beberapa ikan-ikan kecil, dan lihatlah ikan-ikan tersebut berenang dengan indah di dalam akuarium mini. Sangat mudah, bukan?

Tas dari Tutup Botol Akua

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://kompasiana.com/

Selain menjadi keranjang serbaguna yang telah dibahas sebelumnya, tutup botol Akua juga dapat disulap menjadi tas belanja yang dapat Anda bawa untuk berbelanja di pasar.

Untuk membuat tas ini, Anda hanya perlu mengumpulkan banyak tutup botol Akua. Lubangi bagian samping tutup botol dengan menggunakan paku.

Rangkai tutup-tutup botol tersebut dengan menggunakan tali nilon pengikat kabel dengan memasukkan tapi tersebut melalui lubang-lubang yang berada di sisi tutup botol. Sebenarnya Anda juga dapat menggunakan lem, tetapi tas akan menjadi rapuh.

Celengan dari Botol Plastik

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://apkpure.com

Salah satu kerajinan tangan dari botol plastik yang mudah dibuat dan sangat bermanfaat adalah celengan. Buatlah celengan ini bersama dengan buah hati Anda agar dia selalu bersemangat untuk rajin menabung.

Untuk membuat celengan ini, potong bagian tengah botol. Kemudian, gabungkan bagian atas dan bawah botol, sehingga Anda mendapatkan sebuah botol yang lebih pendek.

Buatlah lubang kecil pada salah satu sisi botol sebagai tempat memasukkan uang.Warnai botol tersebut dengan cat semprot. Gambar mata, hidung, dan tambahkan dua buah daun telinga agar celengan tampak lucu.

Lampu Hias dari Botol

Ide Kerajinan Botol Bekas
https://achmadchamdaniixf01.wordpress.com/

Botol plastik bekas juga dapat diubah menjadi lampu hias yang cantik. Anda hanya perlu memotong bagian bawah botol, lalu merangkainya dengan benang senar hingga membentuk sebuah lingkaran.

Jangan lupa untuk membiarkan bagian bawahnya terbuka. Gunakan bagian atas botol yang telah dipotong tadi sebagai penyangga. Masukkan lampu dan kabel, lalu Anda akan mendapatkan sebuah lampu hias yang murah dan menawan.

Bunga dari Tutup Botol dan Botol Plastik

Kreasi Kerajinan Botol Bekas
https://www.charleypapercompany.com/

Membuat bunga tidak hanya merupakan salah satu bentuk kerajinan dari barang bekas sedotan. Dengan memanfaatkan sisa barang bekas botol Akua, Anda juga dapat membuat bunga cantik yang berwarna-warni.

Anda hanya memerlulan bagian atas botol dan tutup botol untuk membuat bunga-bunga ini. Guntinf bagian atas botol hingga membentuk kelopak bunga. Tak lupa beberapa cat untuk mempermanis tampilan bunga.


Ternyata botol bekas mudah untuk dibuat menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat, bukan? Dengan membuat kerajinan dari barang bekas botol, Anda telah mengurangi jumlah sampah yang menumpuk.

Selain itu Anda juga menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar. Bahkan, Anda juga dapat meraup keuntungan apabila menjualnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik