AdaHobi – Artikel ini akan membahas tentang cara membuat celengan dari botol bekas. Celengan adalah tempat untuk menabung uang secara mandiri. Biasanya celengan dijual dalam berbagai bentuk, desain, motif dan warna dengan harga yang bervariasi.

Mengajarkan konsep hemat sangat penting bagi anak-anak usia dini. Hal ini dikarenakan agar mereka mengerti bahwa menabung merupakan salah satu cara untuk menghargai diri, sehingga diharapkan nantinya mereka akan terbiasa menghemat uang.

Agar lebih hemat lagi, Anda tidak harus membeli celengan yang sudah jadi. Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang bekas, seperti kaleng, botol plastik, kardus susu, karton bekas, kertas kado hingga kardus sepatu.

Cara membuat celengan dari bahan bekas ini pun begitu mudah, hanya membutuhkan waktu luang, imajinasi, dan kreativitas. Selanjutnya akan dijelaskan langkah dan panduan cara membuat celengan dari botol bekas. Jadi simak terus artikel ini sampai habis.

Langkah Membuat Celengan dari Botol atau Barang Bekas Lainnya

Namun sebelum memulai langkah-langkah tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan pertama kali. Apa sajakah hal-hal tersebut? Perhatikan dua poin berikut ini dengan seksama.

Menentukan Model

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://designbundles.net

Celengan yang dijual di pasaran ada bermacam-macam bentuknya. Tapi, tempat penyimpanan uang ini umumnya mengambil bentuk hewan, seperti babi, ayam, dan sebagainya.

Anda bebas menentukan sendiri pilihan model celengan yang diinginkan. Hanya saja pastikan nantinya Anda dapat menuangkan gagasan tersebut secara akurat. Agar lebih mudah, Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu.

Model yang Anda pilih ini juga akan berpengaruh pada bahan dasar yang paling tepat dipakai dalam pembuatannya. Penggunaan jenis material yang tepat akan mempermudah Anda saat memulai cara membuat celengan dari barang bekas.

Jika memilih model babi, maka Anda bahan yang diperlukan adalah botol plastik bekas. Tapi jika memilih model lainnya, Anda pun harus siap dengan material yang akan dibutuhkan. Apabila ini pengalaman pertama Anda, sebaiknya pilihlah yang termudah.

Menentukan Ukuran

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://www.doterra.com/

Setelah menentukan model celengan yang akan dibuat, selanjutnya Anda dapat mulai menentukan ukuran celengan tersebut. Jika berhasrat menyimpan uang dalam waktu lama, sebaiknya buatlah celengan ukuran besar, dan sebaliknya.

Sesuaikan ukuran tersebut dengan material yang tersedia. Untuk botol plastik bekas, ukuran terbesarnya bisa mencapai 3 liter. Akan tetapi ukuran tersebut cukup susah ditemukan. Sedangkan ukuran botol besar yang paling umum adalah 1,5 liter.

Jika berencana memanfaatkan kardus atau karton, semakin lebar lembarannya, akan semakin besar pula dimensi celengan yang bisa dibuat. Sementara untuk bahan kaleng, ukuran terbesarnya adalah 800 gram atau hampir 1 kilogram.

Pikirkan Konsep Hiasannya

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://www.howtoxp.com/

Di sinilah Anda akan membutuhkan daya imajinasi dan kreativitas secara intensif. Nantinya setelah celengan berhasil dibuat dari barang bekas, Anda perlu memberikan sentuhan akhir untuk mempercantik tampilannya.

Buat semenarik mungkin agar si buah hati nantinya semakin terpacu untuk menabung di dalamnya. Anda bisa memakai aneka material dekoratif, mulai dari kertas kado, kain perca, potongan gambar unik, hiasan daur ulang, atau sekadar mengecatnya saja.

Pada akhirnya nanti Anda juga perlu mengatur penempatan elemen dekoratif tersebut untuk memperoleh tampilan yang atraktif. Karenanya, carilah referensi sebanyak mungkin mengenai cara membuat celengan dari botol plastik dan bahan lainnya.

Cara Membuat Celengan dari Barang Bekas

Nah, setelah menentukan ketiga poin tersebut, Anda bisa mulai meluangkan waktu cukup panjang untuk memulai proses pembuatan. Berikut akan dijelaskan cara-cara membuat celengan dari berbagai macam material daur ulang, di antaranya.

Celengan dari Botol Plastik

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://www.howtoxp.com/

Alat dan bahan untuk membuat celengan dari botol plastik, antara lain botol bekas air minuman, kertas kado atau jenis kertas bermotif lainnya, karton putih, isolasi, pisau dan gunting, spidol permanen atau cat hitam, 4 tutup botol dan sekrup.

Pertama, cuci botol bekas kemasan minuman sampai bersih. Lalu buatlah lubang memanjang selebar 5 – 7,5 cm di bagian tengah botol untuk memasukkan uang nantinya. Kemudian siapkan kertas karton, kertas kado, serta tutup botol dan sekrup untuk melengkapi hiasannya.

Potonglah karton menyerupai bentuk telinga babi, lalu berilah lapisan kertas kado pada permukaannya. Potonglah juga kertas kado selebar keliling botol minuman. Lalu lekatkan bagian-bagian tersebut pada botol untuk mempermanis tampilannya.

Tutup botol tambahan beserta sekrup digunakan untuk membuat kaki babi. Tempatkan secara proporsional dan simetris di bagian bawah. Dan akhirnya, Anda perlu membuat mata palsu dan lubang hidung dengan menggunakan spidol atau cat hitam.

Celengan dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Cara membuat celengan dari kaleng bekas ini bahkan jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Anda hanya membutuhkan kaleng, boleh bekas kemasan susu, makanan ringan, atau apa saja yang sekiranya berukuran cukup besar.

Sementara untuk dekorasi ca, Anda bisa melapisinya dengan cat semprot, membungkusnya memakai kertas kado, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu memastikan bisa membuat lubang pada tutup kaleng dengan lebar yang cukup untuk memasukkan uang.

Celengan dari Kardus

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://instructables.com/

Cara membuat celengan dari kardus ini juga cukup mudah. Anda hanya memerlukan bahan utama, yaitu kardus bekas dan tali kur. Lalu peralatan untuk menggambar pola, memotong kardus dan tali, serta sesuatu untuk membuat lubang.

Pertama-tama buatlah pola bangun kubus pada kardus, lalu potong dan susun menggunakan lem perekat. Terakhir, tali kur digunakan sebagai hiasan sekaligus penguat lem. Buatlah lubang di sudut-sudut kubus, lalu rangkai tali melalui titik lubang tersebut.

Celengan dari Kardus Sepatu

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Jangan buang kardus sepatu Anda, manfaatkan untuk membuat celengan bagi si buah hati. Hampir sama dengan sebelumnya, cara membuat celengan dari kardus sepatu juga relatif mudah dan tak makan banyak waktu.

Anda hanya perlu membuat lubang untuk memasukkan koin atau uang kertas. Lalu memberikan hiasan dekoratif pada permukaan kardus sepatu, menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti kertas kado, potongan gambar, dan sebagainya.

Celengan dari Kardus Susu Bekas

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Demikian pula dengan kardus susu bubuk, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat celengan. Namun pastikan isinya telah benar-benar kosong dan dibilas dengan air sampai bersih.

Anda bisa menggunakan kardus susu bubuk jenis apa saja, hanya saja pastikan kondisinya masih memungkinkan. Sebagai hiasan, aplikasikan kertas kado atau semprot dengan cat berwarna putih, lalu biarkan anak Anda mengkreasikan permukaannya.

Bila perlu, Anda pun dapat mencari pola-pola hiasan di internet yang bisa dicetak ulang dan dilekatkan pada kardus susu bekas tadi. Namun pastikan juga, ukurannya telah benar-benar pas dengan kardus bekas yang Anda gunakan untuk membuat celengan.

Celengan dari Kertas Kado

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://www.clubcrafted.com/

Mengenai cara membuat celengan dari kertas kado ini, aplikasinya adalah sebagai hiasan atau pemanis tampilan. Sebab kertas kado umumnya tipis, sehingga tidak dapat menahan beban terlalu berat dari koin atau uang kertas yang terkumpul nantinya.

Maka dari itu, kertas kado umumnya dipakai untuk melapisi permukaan luar celengan. Baik celengan dari botol bekas, kardus, kotak susu, kaleng, atau material apa saja. Sedikit saran, sebaiknya pilihlah motif kertas kado yang dapat menarik perhatian buah hati Anda.

Celengan dari Kertas Karton

Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Untuk mengetahui cara membuat celengan dari kertas karton, mudah saja. Anda hanya perlu menyimak poin ke-3, yaitu cara membuat celengan dari kardus yang diawali dengan menggambar pola kubus pada permukaan kertas karton.

Sementara untuk hiasannya, silakan menerapkan pernak-pernik apa saja sesuai keinginan Anda. Hasil cetakan printer dari pola yang Anda unduh di internet juga memungkinkan untuk menjadikan permukaan celengan lebih menarik buat si buah hati.


Dan itulah tulisan mengenai cara membuat celengan dari botol bekas dan bahan lainnya. Yuk, terus manfaatkan barang bekas di sekitar kita jadi lebih bermanfaat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik