AdaHobi – Barang bekas sudah menumpuk di rumah dan bingung bagaimana membereskannya? Jangan buru-buru membuangnya. Anda masih bisa mengolahnya menjadi kreasi DIY barang bekas yang bermanfaat.

DIY Barang Bekas Untuk Interior Kamar

Dengan sedikit kreativitas dan kesabaran, berbagai barang bekas bisa disulap menjadi suatu hal yang menarik dan bernilai guna. Berikut ini beberapa ide menciptakan kreasi menarik dari barang bekas yang biasa ada di rumah.

Rak Buku dari Tangga Lama

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://homebnc.com/

Tangga lama yang sudah tidak Anda pakai bisa disulap menjadi rak buku seperti ini. Selain bermanfaat, rak buku dari tangga lama ini juga terlihat unik untuk menghiasi kamar atau ruangan lainnya.

Proses pembuatannya pun tidak begitu sulit. Mulai dari memotong tangga menjadi dua bagian. Kemudian, paku kedua ujung tangga supaya tetap berbentuk ‘L’.

Selanjutnya, gantung tangga tersebut di dinding rumah. Anda bisa menambahkan sedikit penahan supaya rak tidak terlalu menempel pada tembok.

Anda bisa memilih untuk mengecat tangga lama tersebut lebih dulu atau membiarkannya. Mudah bukan?

Tempat Lilin dari Tutup Botol Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
http://pinterest.com

Umumnya botol kaca memiliki tutup yang terbuat dari bahan seperti kaleng atau metal. Anda bisa menggunakan tutup botol tersebut untuk membuat tempat lilin. Proses pembuatannya pun sangat mudah.

Anda hanya perlu menuangkan lilin pada tutup botol tersebut. Jangan lupa membuat sumbunya terlebih dahulu lalu letakkan pada cairan lilin tersebut sebelum mengering.

Anda bisa membeli lilin dan sumbunya dari toko-toko bahan kimia atau gunakan sisa pembakaran lilin lain. Jika demikian, Anda bisa membuat sumbunya dari benang kasur.

Anda juga bisa menambahkan aromatherapy supaya lilin tersebut wangi saat dibakar. Terakhi, lilin kreasi Anda pun bisa digunakan sewaktu-waktu.

Lampu Cantik dari Botol Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Botol bekas kecap atau sirop ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang menarik. Salah satunya adalah lampu cantik yang satu ini. Ide DIY dari barang bekas ini cocok menjadi pajangan di meja kamar.

Cara pembuatannya pun tidak begitu sulit. Anda hanya perlu menyediakan satu botol kaca bekas dan lampu tumblr. Kemudian, masukkan lampu tumblr tersebut ke dalam botol. Anda bisa menyembunyikan stekernya di belakang botol.

Selain dibuat lampu duduk seperti ini, botol kaca bekas juga bisa dikreasikan menjadi lampu gantung yang indah. Yang pasti, kreasi lampu dari botol bekas ini sangat ampuh untuk mempercantik ruangan Anda.

Pot Bunga Sederhana dari Kaleng Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Kaleng-kaleng bekas susu atau makanan tentu akan membuat rumah terlihat berantakan. Tetapi sebelum membuangnya, Anda perlu mencoba kreasi pot bunga sederhana ini.

Mengubah kaleng bekas menjadi pot bunga tidaklah sulit. Anda hanya perlu membersihkan kaleng tersebut terlebih dahulu lalu hias sesuai selera. Misalnya, Anda bisa menempelkan stiker bergambar bunga seperti pada gambar.

Anda bisa melubangi bagian bawah kaleng tersebut untuk drainase. Gunakan paku dan palu untuk melubanginya. Setelah itu, baru masukan tanah dan tanaman atau bunga yang ingin Anda tanam. Selesai.

Hiasan Dinding dari Jari-Jari Sepeda

DIY Barang Bekas
http://www.articleblog.info

Jari-jari sepeda yang rusak atau sudah tidak digunakan tentu akan sangat mengganggu jika disimpan di dalam rumah. Daripada membiarkannya begitu saja, ubah menjadi hiasan yang menarik seperti ini.

Anda hanya perlu mewarnainya dengan cat semprot lalu menambahkan hiasan. Jika perlu, Anda juga bisa menyulapnya menjadi jam dinding. Tambahkan jarum jam dan angka-angka sesuai kreativitas Anda. Jari-jari sepeda yang sudah tak terpakai pun menjadi barang yang berguna kembali.

Gantungan Baju dari Sendok Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Daripada menumpuk di lemari dan tidak pernah dipakai, Anda bisa menjadikan sendok bekas sebagai gantungan baju. Proses pembuatannya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu memipihkan ujung sendok yang oval lalu lengkungan ujung lainnya membentu seperti gantungan baju pada umumnya. Kemudian, tempelkan sendok tersebut pada kayu menggunakan paku dan palu.

Anda juga bisa menggunakan bor listrik untuk melubangi sendok tersebut. Kemudian, pasang mur dan baut untuk menempelkan sendok pada kayu. Mudah bukan?

Tempat Sampah dari Tutup Botol

DIY Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Bukan hanya botol bekas yang bisa Anda manfaatkan menjadi barang bernilai guna. Tutup botol juga bisa Anda ubah menjadi barang yang berguna seperti tempat sampah ini. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, siapkan tutup botol dalam jumlah banyak, lem serbaguna, dan papan kayu berbentuk bulat. Jangan lupa untuk menyesuaikan diameter papan kayu dengan ukuran tempat sampat yang ingin Anda buat.

Selanjutnya, susun tutup-tutup botol tersebut melingkari papan kayu tadi. Susun sampai ke atas sambil ditempelkan satu sama lain dengan lem serbaguna. Buat sampai setinggi yang Anda inginkan. Tempat sampah pun siap untuk digunakan.

Tempat Alat Tulis dari Rol Bekas Tisu

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Rol tisu dan dus bekas juga bisa Anda sulap menjadi barang yang bermanfaat. Proses pembuatan DIY dari kardus dan rol bekas tisu ini juga tidak begitu sulit.

Alat dan bahat yang diperlukan adalah rol bekas tisu, dus sepatu (tanpa tutup), kertas kado, dan cat warna-warni. Pastikan rol bekas tisu yang Anda siapkan bisa memenuhi dus sepatu.

Untuk membuatnya, warnai permukaan luar rol bekas tisu dengan cat. Sembari menunggu cat kering, bungkus dus sepatu menggunakan kertas kado.

Jika sudah, susun rol bekas tisu yang sudah dicat tadi di dalam dus sepatu. Gunakan lem supaya rol-rol bekas tisu tersebut menempel sempurna. Selesai.

Tempat Kuas dari Kaleng dan Stik Es krim

DIY Barang Bekas
http://www.yummymummyclub.ca/

Kreasi tempat kuas dari kaleng dan stik es krim ini bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Ide kresi barang bekas ini bahkan bisa dilakukan oleh anak-anak.

Anda hanya perlu menyediakan satu kaleng bekas, sejumlah stik es krim, lem, dan cat warna. Untuk membuatnya, warnai stik es krim terlebih dahulu dengan cat. Anda bisa memilih paduan warnanya sesuka hati.

Kemudian, tempelkan stik-stik es krim tersebut pada kaleng seperti pada gambar. Tempelkan semua stik es krim sampai seluruh permukaan luar kaleng tertutup. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan hiasan lain atau langsung memakainya saja. Sangat mudah bukan?

Tempat Pensil dari Botol Sampo

DIY Barang Bekas
http://theownerbuildernetwork.co/

Mungkin Anda tidak mengira jika tempat pensil yang terlihat lucu dan unik ini sebenarnya terbuat dari botol bekas sampo. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah botol bekas sampo, gunting, lem, stiker (hitam dan putih), lem, cutter, dan gunting.

Untuk membuatnya, gambar garis setengah lingkaran pada bagian atas botol untuk kepala monster. Gunakan cutter untuk memotong pola setengah lingkaran tersebut.

Kemudian, ambil bagian atas botol yang terpotong tadi. Gambar tangan lalu potong. Lem bagian lengannya lalu tempelkan pada belakang botol plastik (gunakan botol plasti bagian bawah).

Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat mulut, gigi, dan tangan menggunakan stiker hitam dan putih. Terakhir, Anda bisa menggantung tempat pensil tersebut pada dinding atau menaruhnya di atas meja.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Ingin akhir pekan atau liburan Anda lebih bermanfaat dan menghasilkan? Anda bisa mempelajari cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis. Selain bermanfaat, hari libur Anda tentu akan lebih menyenangkan dari biasanya.

Ada cukup banyak barang bekas yang bisa Anda manfaatkan. Menariknya, banyak di antara barang-barang tersebut yang umum ditemukan di setiap rumah.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa ide kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah.

Hiasan Bunga dari Tutup Botol

DIY Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Membuat kerajinan tangan dari tutup botol tidak perlu menghabiskan banyak modal dan tenaga. Anda hanya perlu sejumlah tutup botol plastik, lem, dan sumpit untuk membuat kreasi hiasan berbentuk bunga seperti ini.

Cara membuatnya pun mudah. Pertama-tama, siapkan tujuh tutup botol dengan ukuran yang sama. Ambil salah satu sebagai bagian tengah bunga lalu tempelkan sisanya mengelilingi tutup botol tersebut.

Kedua, tempelkan rangkaian tutup botol tersebut pada sumpit bekas. Anda bisa mengecat sumpit tersebut terlebih dahulu dengan warna sesuai selera.

Selanjutnya, tempelkan kancing yang sudah tidak terpakai sebagai variasi. Anda bisa menempelkannya di bagian tengah tutup botol atau di ujung sumpit. Mudah bukan?

Gantungan Kunci dari Botol Bekas

DIY Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Anda punya banyak botol Aqua bekas di rumah? Ide kreasi gantungan kunci ini bisa Anda coba. Menariknya, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas botol aqua ini tidaklah sulit.

Pertama, siapkan alat dan bahannya, seperti botol Aqua bekas, gunting, kuas, cat, dan ring gantungan kunci.

Kedua, buat bentuk bunga dari botol tersebut. Belah botol bekas terlebih dahulu supaya lebih mudah dibentuk. Kemudian, gambar bentuk bunga di atasnya lalu gunting sesuai pola yang sudah digambar.

Selanjutnya, cat potongan bunga plastik tadi dengan warna merah lalu biarkan sampai kering. Jika sudah, ambil tali rami warna merah untuk menyusun bunga plastik tersebut menjadi gantungan kunci. Anda bisa menambahkan manik-manik agar terlihat lebih cantik.

Telepon Kaleng untuk Mainan Anak

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://babbledabbledo.com

Ingin membuat kerajinan tangan yang berguna untuk anak-anak? Anda bisa mencoba kreasi telepon kaleng ini. Anda bisa mengajak si kecil membuatnya sembari mengajarkan ia soal sejarah telepon.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan dua kelang bekas susu kental manis, palu, paku, dan tali kur. Buat lubang pada kaleng dengan paku dan palu seperti pada gambar.

Kemudian masukan tali ke dalam kaleng melalui lubang tersebut. Ikat ujungnya supaya tidak lepas. Lakukan hal yang sama pada kaleng satunya. Untuk mempermanis, Anda bisa mewarnai atau memasang stiker pada kaleng tersebut.

Miniatur Rumah dari Kardus

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Jika Anda sedang mencari cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas kardus, ide kreatif ini bisa dipertimbangkan. Selain mudah, Anda juga bisa mengkreasikannya sesuai selera dan kreativitas sendiri.

Untuk membuatnya, siapkan kardus, gunting/cutter, lem, dan bekas kover buku. Pilihlah bekas kover buku dengan gambar bunga dan tanaman.

Ambil satu lembar kardus sebagai dasarnya. Kemudian, tempelkan miniatur rumah, pohon, dan bunga di atasnya. Untuk atap dan pagar keliling, belah lembaran kardus menjadi dua supaya teksturnya terlihat.

Jika Anda tidak bisa menemukan kover buku dengan gambar bunga dan tanaman, gunakan kertas warna. Anda bisa menempelkan kertas warna tersebut pada kardus lalu potong membentuk tanaman dan bunga.

Tempat Alat Tulis dari Barang Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://k4craft.com/

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas beserta gambarnya ini bisa Anda coba di rumah. Alat dan bahan yang diperlukan, antara lain rol bekas tisu toilet, benang, dan CD.

Pertama-tama, sediakan tiga rol bekas tisu toilet. Potong dua di antaranya agar memiliki tinggi yang berbeda.

Kedua, ambil benang lalu lilitkan pada rol tisu tadi. Lilitkan benang tersebut sampai membungkus rapat rol tisu. Lakukan hal yang sama pada CD bekas yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, susun dan tempelkan ketiga rol tisu tadi di atas CD. Gunakan lem tembak atau lem serbaguna yang kuat supaya rol tisu tersebut dapat menempel dengan baik. Terakhir, hias dengan pita atau aksesori lainnya.

Tempat Alat Tulis dari Majalah Bekas

DIY Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Selain memanfaatkan rol bekas tisu toilet, Anda juga bisa menggunakan majalah bekas untuk membuat tempat alat tulis. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas sederhana ini tak kalah mudah.

Pertama, siapkan majalah bekas, gunting, lem, dan CD. Kedua, ambil selembar majalah lalu buat menjadi lintingan. Jangan lupa untuk memberikan lem pada lintingan tersebut supaya tidak mudah lepas. Buat beberapa lintingan yang sama.

Selanjutnya, ambil CD yang sudah disiapkan tadi. Bungkus dengan kertas warna. Anda juga bisa menggunakan selembar majalah untuk membungkusnya.

Setelah itu, susun lintingan majalah tadi di atas CD yang sudah dibungkus kertas. Gunakan lem agar lintingan-lintingan tersebut dapat berdiri tegak. Terakhir, Anda bisa menggunakanya untuk menyimpan alat tulis.

Meja dari Ban Bekas

Do-It-Yourself Barang Bekas
https://www.icreativeideas.com/

Ban bekas juga bisa disulap menjadi mejak unik seperti gambar di atas. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas ini pun tidak sulit.

Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti ban bekas, dua papan kayu berbentuk lingkaran, lem, paku, dan gunting.

Kedua, ambil kayu untuk menutup bagian tengah ban. Pasang dengan paku atau bor listrik. Sebelumnya, pastikan papan kayu yang digunakan pas dengan ukuran ban.

Selanjutnya, ambil tali goni lalu lilitkan ke seluruh permukaan ban seperti pada gambar. Gunakan lem tembak untuk menempelkan lilitan tali tersebut. Terakhir, meja pun siap untuk dipakai.

Pot Bunga dari Ban Bekas

DIY Barang Bekas
https://residentialwastesystems.com/

Inilah salah satu cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat. Jika Anda merasa kerajinan tangan sebelumnya terlalu sulit, coba kreasi yang satu ini. Sama-sama memanfaatkan ban bekas, kreasi pot bunga ini sangat mudah dibuat.

Pertama-tama, siapkan beberapa ban bekas, cat, tanah, dan bunga yang akan ditanam. Cat beberapa ban bekas tadi dengan warna yang Anda suka.

Kedua, gantung ban tersebut di dinding luar rumah Anda. Anda bisa menggunakan paku untuk mengaitkan ban tersebut di dinding.

Setelah itu, taruh tanah dan bunga yang sudah disiapkan ke dalam ban seperti pada gambar. Pot bunga tersebut pun siap mempercantik halaman rumah Anda.

Hiasan Dinding dari Sedotan

DIY Barang Bekas
https://www.todaysparent.com/

Jangan buang sedotan bekas Anda begitu saja. Anda bisa menggunakan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah ini sebagai inspirasi untuk mengolahnya.

Anda hanya perlu menyiapkan sedotan warna-warni, kertas warna, dan lem serbaguna saja. Untung membuatnya, potong sedotan dengan ukuran yang berbeda.

Kemudian, susun sedotan yang sudah dipotong tersebut dari yang terpanjang sampai terpendek sehingga membentuk seperti pohon cemara. Jangan lupa menempelkan sedotan-sedotan tersebut dengan lem.

Ambil dua sedotan yang masih utuh lalu tempelkan susanan sedotan tadi di atasnya. Untuk mempercantik, tambahkan juga kertas berbentuk bintang di ujungnya (lihat gambar).


Itulah beberapa contoh DIY barang bekas dan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis. Hampir semua ide kreasi dari barang bekas di atas sangat mudah untuk dibuat. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik