AdaHobi – Kerajinan tangan merupakan salah satu komoditas industri kreatif yang memiliki prospek cerah untuk digeluti. Untuk Anda yang baru merintis usaha di sektor ini, berikut beberapa contoh kerajinan tangan unik dan cara membuatnya yang bisadicoba.

Kerajinan Tangan dari Tali Kur

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://rkb.id/

Tas dari tali kur yang unik ini dibuat dengan cara sebagai berikut.

  • Ambil dua helai tali kur sepanjag 2 meter, lipat menjadi dua sehingga terdapat 4 helai tali, sebut saja tali nomor 1,2,3, dan 4 (nomor 1 terletak di sebelah kiri Anda).
  • Ambil tali nomor 4, tarik ke kiri di bawah tali nomor 3 dan 2, lalu letakkan di atas tali nomor 1.
  • Ambil tali nomor 1, masukkan ke lubang yang dibentuk dari tali nomor 3 dan 4.
  • Arahkan tali nomor 1 ke kiri, lipat tali nomor 4 ke kanan dan masukkan ke lubang belakang untuk mengunci.
  • Tarik tali dengan kuat sehingga menjadi satu yang disebut dasar kepala. Agar tas seimbang, buatlah dasar kepala ini dalam jumlah genap.
  • Sambungkan kepala dengan cara yang sama seperti di atas.
  • Lanjutkan proses ini sampai ukuran yang diinginkan.
  • Untuk membuat motif garis-garis, tarik salah satu tali ke atas tali lain ke arah belakang sehingga membentuk lingkaran, lalu masukkan ujung tali ke dalam lingkaran tersebut dan tarik ke arah luar.

Kerajinan Tangan dari Tanah Liat

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://www.provoke-online.com/

Tanah liat dapat dibentuk menjadi apa saja, dari bentuk sederhana hingga kerajinan tangan unik yang proses pembuatannya cukup rumit. Hasilnya pun bisa sangat beragam, baik berupa barang-barang yang digunakan sehari-hari maupun dekorasi atau pajangan yang indah dipandang.

Untuk menghasilkan kerajinan tanah liat bernilai estetika tinggi, dibutuhkan daya imajinasi dan rasa seni yang tinggi pula. Vas-vas mungil yang indah ini sudah pasti dibuat melalui proses yang rumit. Namun, apa pun bentuknya, kerajinan tanah liat dibuat melalui 5 tahapan berikut.

  1. Pengolahan bahan baku: dilakukan melalui metode basah maupun kering, dengan cara manual maupun menggunakan mesin.
  2. Pembentukan tanah liat: dilakukan dengan teknik pijit tangan, pilin, cetak, atau putar.
  3. Pengeringan: untuk menghilangkan air dengan memanfaatkan angin, suhu ruangan, atau dijemur di bawah terik matahari.
  4. Pembakaran: dilakukan pada suhu sekitar 700–1.000 derajat Celsius agar hasil kerajinan menjadi padat, keras, dan kuat
  5. Pengglasiran: untuk melindungi, memperkuat struktur, dan memperindah tampilan dengan cara disemprot, dituang, atau dioles menggunakan kuas.

Kerajinan Tangan dari Teh Gelas

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://kerajinanhabib.blogspot.com

Gelas plastik merupakan salah satu jenis limbah plastik yang produksinya cukup tinggi. Untuk mengurangi beban lingkungan, gelas plastik bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat bermacam-macam kerajinan tangan simple, salah satunya piring buah.

Piring buah ini dibuat dari rangkaian cincin yang diambil dari bagian atas kemasan teh gelas. Cincin-cincin tersebut dirangkai dan diikat menggunakan tali dimulai dari bagian dasar, lalu disambung dengan bagian pinggir hingga membentuk piring buah.

Kerajinan Tangan dari Tempurung Kelapa

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://amazon.com/

Sebagai negara tropis tempat pohon kelapa tumbuh dengan subur, Indonesia memiliki banyak sekali jenis kerajinan tangan dari tempurung kelapa. Jenis kerajinan tersebut terdiri dari benda-benda dijadikan pajangan maupun barang-barang yang fungsional, seperti tempat sabun ini.

Setelah dibuang isinya dan dibersihkan, tempurung kelapa dipotong membentuk daun. Setelah itu, bagian dalam dan luar tempurung diampals untuk membersihkan sabut dan menghaluskan permukaan tempurung kelapa. Pada bagian dalam dibuat garis-garis tulang daun menggunakan pisau atau bor.

Kerajinan Tangan dari Triplek

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://amazon.com/

Hiasan dinding yang cantik ini terdiri dari sembilan motif snowflake yang dibuat dari tripleks. Pertama, potong tripleks menjadi sembilan lembar bujur sangkar dengan ukuran terserah Anda. Pada masing-masing lembar, gambarlah pola snowflake yang berlainan.

Setelah itu, potong tripleks mengikuti masing-masing pola menggunakan gergaji besi kecil atau gergaji ukir (scroll saw) dan haluskan bekas potongan dengan memakai amplas. Agar lebih elegan, Anda bisa juga mewarnai tripleks dengan warna perak atau emas dengan cat semprot.

Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

Kerajinan Tangan Unik
https://instagram.com

Dari sampah menjadi tempat sampah, itulah ide dasar kerajinan dari tutup botol Aqua ini. Buat empat buah lubang pada sisi tutup botol dengan posisi berseberangan. Rangkai tutup botol satu demi satu menggunakan tali kabel hingga membentuk lingkaran, lalu gunting sisa tali kabel.

Susun lingkaran-lingkaran tutup botol secara vertikal dengan cara yang sama, ikat dengan tali kabel. Setelah mencapai ketingian yang diinginkan, gunakan lem tembak untuk merekatkan keranjang dengan nampan plastik bekas yang berfungsi sebagai alas tempat sampah.

Kerajinan Tangan Khas Surabaya

Kerajinan Tangan Unik
https://ventnortourism.com

Dengan begitu beragamnya budaya yang ada, Indonesia juga memilik banyak sekali kerajinan tangan, seperti batik, rotan, dan sebagainya. Sudah sepatutnya masyarakat juga mengenal kerajinan tangan Indonesia dan asal daerahnya.

Bahan utama untuk membuat kerajinan tangan Indonesia ini berbeda antara daerah satu dan lainnya, tergantung sumber daya alam yang paling melimpah di tempat tersebut. Sebagai contoh, Surabaya merupakan kota yang terletak di tepi pantai sehingga banyak kerajinan yang dibuat dari kulit kerang.

Ada banyak jenis kerajinan dari kulit kerang yang bisa Anda jumpai di Surabaya, seperti tirai, kap lampu, bingkai foto atau cermin, juga hiasan dinding seperti ini. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menempelkan aneka jenis kulit kerang pada alas triplek berbentuk cincin.

Kerajinan Tangan Kain Flanel

Ide Kerajinan Tangan Unik
http://nl.pinterest.com

Para pemilik usaha makanan kini memilikii cara baru dalam men-display produknya. Makanan display kini tidak berupa makanan asli, tetapi dibuat dari bahan-bahan lain, seperti kain flanel. Kain ini memiliki tekstur lembut dan berwarna-warni sehingga cocok untuk membuat aneka jenis makanan tiruan.

Anda jua bisa membuat kerajinan tangan dari flanel lucu ini dengan mudah. Buat pola terlebih dahulu sesuai bentuk makanan yang akan dibuat, lalu gunting kain flanel mengikuti pola tersebut. Selanjutnya, isi dengan bahan isian, lalu dijahit hingga menyerupai bentuk makanan asli.

Kerajinan Tangan Kain Perca

Ide Kerajinan Tangan Unik
https://amazon.com/

Selain flanel, kain perca juga merupakan bahan kain yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan perca sederhana, misalnya bantal berbentuk bunga. Untuk membuat bantal cantik ini, terlebih dahulu Anda menyambungkan potongan-potongan kain perca menjadi sehelai kain lebar.

Gambarlah pola berbentuk bunga di atas kain dan gunting kain mengikuti pola tersebut. Potong kain berbentuk lingkaran, lalu jahitkan tepat di tengah-tengah. Selanjutnya, satukan kain bagian depan dan belakang, isi dengan dakron, busa, atau bahan isian lainnya, lalu rapikan jahitan.

Kerajinan Tangan Stik Es Krim

Kerajinan Tangan Unik
https://www.trendecors.com/

Rumah mungil yang cantik ini dibuat dari stik es krim yang dicat dengan warna putih dan merah muda serta bunga-bunga plastik. Langkah pertama untuk membuat kerajinan tangan dari es krim yang mudah ini adalah menyusun stik es krim menjadi bentuk kubus dengan aksen lubang-lubang jendela.

Selanjutnya, buat detail berupa pintu di bagian depan dan pagar di bagian samping dan tutup bagian atas dengan stik es krim yang disusun membentuk atap. Sebagai pemanis, tempelkan hiasan berupa bunga-bunga dari plastik.


Benda-benda kerajinan memang cukup menjanjikan untuk dijadikan ladang usaha. Agar bisa memberikan hasil yang memuaskan, selain terus mempelajari bermacam-macam kerajinan tangan unik dan cara membuatnya, Anda juga harus rajin berinovasi dengan menciptakan produk baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik