AdaHobi – Mengubah sampah menjadi barang bermanfaat yang berdaya jual? Mengapa tidak? Berikut kerajinan dari botol bekas berikut ini yang tidak hanya mudah untuk dibuat, tetapi juga dapat membuka peluang bisnis yang menggiurkan.

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas yang Berdaya Jual

Saat ini masih banyak orang yang memilih membuang botol-botol bekas begitu saja. Padahal, botol-botol tersebut terbuat dari bahan yang sulit diurai secara alami.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengubah barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang lebih berharga. Berikut ini beberapa kreasi dari botol bekas yang bisa Anda coba di rumah.

Gelang Sederhana dari Botol Plastik

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Aksesori merupakan pelengkap penampilan. Beberapa orang memiliki koleksi aksesori yang sangat banyak untuk menyempurnakan penampilan sehari-hari. Anda dapat menggunakan peluang ini untuk menjual aksesori.

Mungkin Anda akan berpikir bahwa menjual aksesori juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jangan salah! Dengan bermodalkan botol plastik bekas, Anda sudah dapat mengkreasikan aksesori yang murah dan berdaya jual.

Kerajinan dari botol plastik bekas ternyata dapat menciptakan gelang sederhana yang keren seperti ini. Kerajinan dari botol Aqua ini juga sangat mudah dibuat.

Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik, setrika, cat kuku atau cat acrylic, isolasi, dan gunting.

Pertama, lilitkan isolasi pada sekeliling botol plastik untuk membentuk pola gelang. Potong bagian yang telah diberi isolasi. Lepaskan isolasi dari bagian yang dipotong.

Rapikan bagian tepian yang dipotong dengan menggunakan setrika panas. Kemudian, warnai gelang tersebut dengan cat kuku atau cat acrylic. Anda juga dapat membuat gambar pada gelang sesuai dengan kreatifitas.

Gelang Cantik dan Modis

Kerajinan dari Botol Bekas
https://luulla.com

Masih tentang aksesori gelang. Gelang yang satu ini merupakan hasil kerajinan dari gelas Aqua. Akan tetapi, Anda juga dapat mengkreasikannya menjadi kerajinan dari botol Aqua bekas. Hal yang terpenting adalah bahan utamanya terbuat dari plastik.

Untuk membuat gelang ini, Anda perlu memotong gelas atau botol Aqua menjadi bagian-bagian kecil. Apabila bagian yang dipotong kurang rapi, Anda dapat menggunakan lilin atau setrika panas untuk merapikannya.

Lalu, buat lubang pada setiap kepingan plastik. Rangaki kepingan plastik dengan rantai gelang, manik-manik, dan beberapa pernak-pernik kecil lainnya.

Agar tampak lebih modis, padukan tampilan Anda dengan gelang plastik ini dan tas hasil kerajinan dari kain perca yang mudah dibuat.

Vas dan Bunga Hias

Kerajinan dari Botol Bekas
https://mycrafts.com/

Kerajinan dari botol plastik memang sangat beragam. Salah satunya adalah vas bunga yang merangkap sebagai bunga hias ini.

Anda hanya perlu memotong dua buah botol plastik berwarna hijau. Buat rumbai-rumbai pada bagian yang dipotong hingga mendekati bagian tutup botol. Masukkan salah satu botol ke botol yang lainnya, lalu tekuk bagian rumbai-rumbai kea rah keluar.

Tambahkan bola-bola kecil yang terbuat dari Styrofoam yang telah diwarnai pada masing-masing ujung rumbai botol. Rekatkan mulut botol pada bagian bawah botol yang berfungsi sebagi penyangga.

Hiasan Gantung

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas
https://www.diytomake.com/

Hiasan gantung ini terlihat cantic dan menarik. Siapa sangka ternyata hiasan ini terbuat dari botol plastik bekas? Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda pasti dapat membuatnya sendiri di rumah.

Yang Anda perlukan untuk membuat hiasan gantung ini adalah botol plastik bekas minuman bersoda, manik-manik, benang senar, gunting, dan setrika panas yang akan digunakan untuk merapikan dan membentuk pinggiran bagian yang telah dipotong.

Hiasan gantung ini akan sangat cocok untuk diletakkan di kamar tidur. Anda juga bisa memodifikasinya, lho. Apabila bagian yang menjuntai diperpanjang, maka Anda akan mendapatkan tirai yang sangat cantic untuk dipasang di pintu kamar.

Pot Bunga Mewah

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Pot bunga merupakan salah satu bentuk kerajinan dari kaleng bekas dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan sebuah kaleng, mengecatnya, lalu memberi lubang pada bagian bawah kaleng sebagai drainase.

Kali ini, Anda akan mengadopsi ide tersebut dan menerapkannya pada barang bekas yang berbeda yaitu botol plastik dan compact disk (CD).

Kerajinan dari CD bekas dan botol bekas ini akan mempercantik teras atau bahkan ruang tamu Anda. Anda hanya perlu untuk memotong sebuah botol plastik bekas minuman bersoda sesuai dengan pola yang diinginkan.

Kemudian, rekatkan mulut botol pada sebuah kepingan CD. Warnai seluruh permukaan botol dan CD dengan menggunakan cat berwarna emas atau perak secara merata. Isi bagian dalam pot dengan tanah dan tanaman.

Bagaimana? Ternyata kerajinan dari CD dan botol bekas ini sangat mudah, bukan?

Lampu Tidur Cantik

Kerajinan dari Botol Bekas
https://wajibbaca.com

Selain menjadi pot bunga, kerajinan dari kaleng bekas juga dapat menghasilkan lampu tidur yang cantik.

Ternyata, bukan hanya kaleng bekas yang dapat diubah menjadi lampu tidur. Botol kaca pun dapat dijadikan lampu tidur yang menarik.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi botol kaca bekas dengan lampu LED hias dan kelereng. Pastikan baterai lampu tersebut menempel pada penyumbat botol. Lalu, nyalakan lampu LED.

Anda akan melihat kilauan lampu yang dibiaskan melalui kelereng dan botol kaca berwarna. Kilauan tersebut tampak berpendar dengan indahnya.

Tirai Tutup Botol

Kerajinan dari Botol Bekas
http://www.premery.net/

Tirai ini tampak seperti lukisan, bukan? Dengan menggabungkan daya imajinasi dan kreatifitas, Anda tentu dapat membuat tirai yang unik dan murah ini dengan mudah.

Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa tutup botol dengan aneka warna. Selanjutnya, biarkan daya imajinasi Anda bekerja.

Dengan mengelompokkan tutup botol sesuai dengan warnanya, Anda akan mendapatkan suatu tirai hias yang bernilai seni dan berdaya jual tinggi.

Kalung Mewah nan Murah

Kerajinan dari Botol Bekas
https://imagez.co

Pada ide kreatif sebelumnya, Anda tealh mempelajari bagaimana cara membuat aksesori gelang yang cantik dari botol dan gelas Aqua.

Kali ini, Anda masih tetap akan mempelajari kerajinan dari gelas plastik Aqua yang dapat disulap menjadi kalung yang mewah.

Ketika melihat kalung ini, mungkin Anda akan berpikir bahwa kalung ini terbuat dari mutiara dan memiliki harga yang mahal. Anda pasti akan terkejut ketika mengetahui bahwa kalung ini ternyata terbuat dari gelas plastik.

Apabila ingin membuat kalung ini, potonglah beberapa gelas atau botol Aqua bekas dengan pola lingkaran. Rapikan bagian pinggiran lingkaran dengan menggunakan setrika panas. Setelah itu, lubangi bagian ujung kepingan plastik.

Agar mendapatkan warna putih berkilau seperti mutiara, gunakan cat kuku atau cat acrylic berwarna putih. Kemudian rangkai dan bentuk kepingan gelas tersebut dengan rantai sesuai selera Anda.

Tirai Bunga Transparan

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Tirai bunga ini akan tampak indah menghiasi ruang tamu atau kamar Anda. Hal yang menarik adalah Anda tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan tirai ini. Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan botol plastik sebanyak mungkin.

Setelah botol plastik terkumpul, potong bagian bawah botol dengan menggunakan pisau atau gunting. Bentuk potongan tersebut menyerupai bunga dengan menggunakan gunting. Rapikan bagian yang dipotong menggunakan lilin atau setrika panas.

Lubangi bagian tepi kelopak bunga, lalu rangkai bunga-bunga plastik tersebut menggunakan benang senar. Gantungkan tirai tersebut pada ruang tamu atau kamar tidur. Anda juga dapat menggantungnya di jendela.

Kreasi Botol Bekas Sederhana yang Bisa Anda Coba di Rumah

Anda memiliki tumpukan botol bekas di rumah? Jika iya, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kreasi botol bekas sederhana. Selain membantu mengurangi sampah, Anda juga dapat menggunakan kreasi tersebut sebagai hiasan dan hal menguntungkan lainnya.

Tempat Pensil dari Botol Bekas

Kerajinan dari Botol Bekas
https://yearofcleanwater.org

Meskipun membuat tempat pensil dari botol bekas sudah umum dilakukan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Anda bisa mengajak si kecil untuk membuat kreasi ini bersama. Supaya terlihat lebih menarik, Anda dapat menghiasnya dengan pita atau cat dekoratif.

Cara membuatnya pun mudah. Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik bekas, ritsleting, gunting, dan lem tembak. Potong botol menjadi dua lalu pasang ritsleting untuk menyatukannya kembali. Gunakan lem tembak untuk memasang ritsleting tersebut.

Media Menggambar Anak

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Mencari media baru untuk bermain anak? Anda bisa menggunakan botol plastik bekas sebagai media menggambar si kecil. Kreasi dari botol ini cocok untuk anak usia dini karena sangat mudah dan aman.

Anda hanya perlu menyediakan spidol warna-warni saja. Selanjutnya, biarkan si kecil menuangkan imajinasinya pada botol bekas tersebut.

Setelah selesai, Anda bisa menjadikan kreasi si kecil tersebut sebagai hiasan meja. Masukan air atau batu ke dalam botol supaya dapat berdiri tegak.

Pot Bunga Sederhana

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Jika Anda suka bercocok tanam, ide kreatif ini patut dicoba. Anda bisa berhemat dan tidak perlu repot membeli pot tanaman. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah botol bekas minuman berukuran besar saja.

Supaya menarik, jangan lepas plastik kemasan yang menempel pada botol. Anda bisa menggunakan botol bekas minuman dari berbagai merek agar lebih variatif.

Kreasi Lampu Gantung

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Buat lampu ruang tamu Anda yang nampak biasa menjadi lebih mewah dengan menggunakan botol plastik bekas. Tanpa mengeluarkan banyak modal, Anda bisa menyulap lampu Anda menjadi luar biasa.

Cara membuat kreasi dari bahan bekas ini pun cukup mudah. Potong botol plastik bening secara melingkar supaya membentuk seperti donat. Bakar pinggirannya dengan lilin supaya tidak kasar.

Rangkai potongan-potongan botol plastik tersebut dengan ring seperti pada gambar. Selanjutnya, pasang rangkaian tersebut pada rangka lampu gantung. Anda bisa menggunakan rangka lampu gantung bekas supaya lebih hemat.

Tirai dari Botol Plastik Bekas

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Anda mungkin belum pernah melihat tirai yang terbuat dari potongan botol plastik. Padahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Kreasi botol bekas ini cukup unik dan dapat membuat tamu Anda terkesima saat melihatnya.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan cukup banyak botol plastik bekas. Jangan lupa untuk menggunakan botol bekas minuman yang sama supaya hasilnya seragam.

Tirai dari Tutup Botol

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Bukan hanya botolnya saja, Anda juga bisa memanfaatkan tutupnya untuk dijadikan tirai. Anda hanya perlu menyiapkan tutup botol dalam jumlah banyak dan benang saja untuk membuatnya.

Mungkin dibutuhkan waktu untuk mengoleksi tutup botol bekas dalam jumlah banyak. Anda bisa menanyakan pada teman atau tetangga apabila mereka punya tutup botol yang tidak dipakai sebagai tambahan.

Kreasi dari Botol Aqua

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas
https://pinterest.ca

Jika Anda punya banyak botol Aqua bekas di rumah, ide kreatif membuat bunga plastik ini bisa dicoba. Untuk membuat kreasi bunga plastik, Anda hanya perlu bagian atas botol saja. Potong bagian botol tersebut agar menyerupai bunga seperti pada gambar.

Supaya lebih cantik, warnai bunga plastik tersebut dengan cat sesuai selera. Tambahkan juga tangkai dari kawat agar terlihat lebih hidup.

Kreasi Botol Bekas dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari Botol Bekas
http://pinterest.com

Mungkin tidak ada yang mengira kalau celengan lucu ini terbuat dari botol bekas minuman. Selain untuk menyimpan koin-koin, celengan lucu ini juga bisa digunakan sebagai pajangan di meja belajar.

Untuk membutnya, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu botol minuman bekas, kain perca, kertas warna, gunting, dan spidol. Selanjutnya, belah botol tersebut menjadi tiga bagian. Anda bisa menggunakan bagian atas dan bawahnya saja untuk membuat celengan.

Gunakan selotip atau lem untuk menyatukan kembali potongan botol tersebut. Terakhir, Anda bisa mempercantik celengan tersebut dengan spidol, kain perca, dan kertas warna.

Tempat Pakan Burung

Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Jika Anda memelihara burung di rumah, kreasi dari botol plastik ini mungkin cocok untuk dicoba. Anda bisa memanfaatkan botol bekas sampo untuk membuatnya.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memotong bagian tengah botol membentuk lingkaran seperti pada gambar. Tambahkan tangkringan dibawahnya supaya burung lebih mudah mengambil pakannya.

Vas Cantik Bertema Musim Gugur

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas
http://www.lovethispic.com/

Daripada membeli vas baru, Anda bisa memanfaatkan botol kaca bekas untuk membuatnya. Anda bisa membuatnya bertema musim gugur seperti pada gambar atau sesuai selera.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Sediakan tiga bol kaca dengan bentuk yang berbeda. Gunakan cat semprot warna oranye, kuning, dan putih untuk membuat gradasi yang menarik pada botol. Jika sudah, Anda bisa menggunakan kreasi dari barang bekas tersebut sebagai vas bunga.

Lampu Gantung dari Botol Sirop

Kerajinan dari Botol Bekas
https://decomanka.blogspot.com

Selain dijadikan tempat air minum, botol bekas sirop dan kecap sering kali dibuang begitu saja. Padahal dibutuhkan sekitar satu juta tahun untuk botol kaca terurai. Untuk itu, Anda bisa mengubahnya menjadi bentuk lain seperti lampu gantung setelah tidak terpakai.

Alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, seperti botol kaca bekas, lampu bohlam warna kuning, fitting lampu, dan tali yang agak tebal.

Kreasi Lampu Duduk

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas
http://reliable-remodeler.com/

Jika membuat lampu gantung terlalu rumit, kreasi yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. Hanya dengan botol kaca bekas dan lampu tumblr, Anda bisa membuat kreasi unik ini.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan lampu tumblr ke dalam botol. Anda bisa menggunakan botol kaca bening maupun berwarna. Selanjutnya, Anda bisa menaruhnya di meja sebagai hiasan atau lampu tidur.

Kreasi Barang Bekas Lainnya

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Selain memanfaatkan botol plastik dan kaca, Anda juga bisa menggunakan barang bekas lainnya. Contohnya adalah kreasi dari kaleng bekas yang ada pada gambar di atas.

Dengan beberapa kaleng bekas saja, Anda bisa membuat wadah multiguna. Supaya terlihat lebih cantik, Anda bisa membungkusnya dengan kertas kado atau kain perca.

Punya koleksi cakram padat atau CD yang sudah tidak terpakai? Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat hiasan rumah. Kreasi dari CD bekas bahkan bisa dijadikan peluang bisnis jika ditekuni dengan baik.


Nah, itulah beberapa kreasi botol bekas yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan membuat kreasi barang bekas tersebut, Anda telah membantu mengurangi masalah pencemaran lingkungan akibat sampah plastik maupun kaca.

Semoga kerajinan dari botol bekas ini dapat membantu mengurangi sampah plastik sembari membuka peluang usaha bagi Anda dan masyarakat sekitar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik