AdaHobi – Mainan anak tidak harus selalu mahal. Anda juga bisa membuat mainan anak dari barang bekas yang tak kalah mengasyikkan. Bahkan, anak-anak juga bisa ikut membuat mainan tersebut bersama Anda sebelum memainkannya.

Ada banyak barang bekas yang bisa Anda kreasikan menjadi mainan si kecil. Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa ide kreatif membuat mainan anak dari berbagai barang bekas.

Rumah-rumahan dari Rol Tisu

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://www.todaysparent.com/

Salah satu barang bekas yang sering dimanfaatkan untuk membuat mainan anak adalah rol tisu toilet. Jadi, mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan untuk tidak begitu saja membuang rol tisu tersebut.

Membuat ruman-rumahan dari rol tisu pun tidak sulit. Selain rol tisu, Anda hanya perlu menyiapkan kertas warna, cat, gunting, dan lem saja.

Gunakan cat untuk mewarnai permukaan rol tisu. Kemudian, tempelkan kertas warna yang sudah dibentuk menjadi pintu dan jendela pada rol tisu tersebut. Untuk membuat atapnya, buat saja persegi panjang lalu lipat menjadi dua. Mudah bukan?

Kupu-Kupu dari Rol Tisu

Mainan Anak dari Barang Bekas
http://gugu.ba

Selain dikreasikan menjadi rumah-rumahan, Anda juga bisa menyulap rol tisu menjadi mainan berbentuk kupu-kupu ini.

Sama halnya dengan rumah-rumahan, Anda tidak perlu menyiapkan banyak alat dan bahan untuk membuatnya. Kupu-kupu cantik tersebut dibuat menggunakan rol tisu toilet, kertas warna atau kertas kado, karton, mata boneka, dan pita.

Lapisi permukaan rol tisu dengan kertas warna terlebih dulu. Kemudian, bentuk karton dan kertas warna seperti sayap kupu-kupu.

Tempelkan kertas warna tersebut pada karton lalu pasang pada bagian belakang rol tisu. Setelah itu, tempelkan mata boneka dan pita bagian atas rol.

Kura-Kura dari Piring Kertas

Mainan Anak Kecil dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Setelah merayakan ulang tahun si kecil, terkadang ada banyak piring kertas tersisa. Anda bisa memanfaatkan barang tak terpakai tersebut untuk membuat mainan yang murah namun tetap menyenangkan.

Anda bisa menyulap piring kertas menjadi kura-kura seperti pada gambar. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan cat warna hijau untuk mewarnai piring kertas tersebut. Kemudian sedikan juga kertas warna hijau untuk membuat kakinya.

Anda bisa menambahkan detail tempurung kura-kura tersebut menggunakan spidol atau cat warna lain. Jangan lupa untuk menambah detail seperti mata serta kulit pada bagian kepala dan kakinya.

Mainan Bentuk Hewan dari Botol Plastik

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Mainan dari botol bekas ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya menggunakan botol bekas pewangi pakaian.

Meskipun terlihat sulit, proses pembuatan mainan bentuk hewan ini sebenarnya cukup mudah. Anda bahkan tidak perlu memotong botol bekas tersebut terlebih dahulu.

Anda hanya perlu menambahkan kaki dengan mur dan baut, mata boneka, serta ekor dari tali. Supaya lebih menarik, Anda bisa menambahkan rambut atau telinga menggunakan kertas karton warna-warni.

Roket Mainan dari Botol Plastik

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Anda juga bisa membuat roket dari botol plastik dan kertas karton. Supaya lebih mudah, gunakan botol bekas air mineral dengan tutup yang menyerupai roket.

Kemudian, cat seluruh permukaan botol tersebut dengan warna putih. Anda bisa membuat sayapnya dari karton yang dilapisi kertas warna perak. Siapkan juga empat tutup botol bekas yang berbentuk bulat. Tempelkan pada bagian bawah botol untuk melengkapi roket mainan tersebut.

Pesawat Terbang dari Botol Bekas

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Kreasi mainan dari barang bekas ini tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk membuat mainan berbentuk pesawat terbang ini.

Mainan ini dibuat dengan menggunakan botol bekas minuman bersoda, kardus, dan kaleng. Sedangkan alat yang dibutuhkan hanya lem dan gunting saja. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Anda bisa mengajak si kecil untuk ikut membuatnya.

Daripada membiarkan badan pesawat dari botol tersebut terlihat monoton, Anda juga bisa mengecatnya dengan warna kesukaan si kecil. Tambahkan juga hiasan lain agar semakin menarik.

Pin Boling dari Botol Plastik

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Bermain boling tidak harus di arena khusus. Anda juga bisa memainkannya bersama anak-anak di luar rumah. Daripada membeli satu set pin boling dengan harga mahal, Anda bisa mencoba ide kreatif yang satu ini.

Siapkan sepuluh botol plastik bekas minuman bersoda. Kemudian gunakan cat semport untuk mewarnai botol-botol tersebut. Setelah itu, Anda bisa menggambar karakter wajah pada botol tersebut sesuai kreativitas dan selera.

Setelah selesai, jangan lupa sediakan bola kasti atau bola plastik sebagai ganti bola bolingnya. Meskipun tidak sama persis, anak-anak tetap bisa memainkannya dengan seru.

Rumah-rumahan untuk Boneka

Mainan Anak Kecil dari Barang Bekas
http://ikeahouse.access.ly

Anak Anda suka bermain boneka Barbie? Mainan rumah rumahan ini bisa menjadi alternatif yang murah dan mudah dibuat.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyediakan empat dus mi atau kardus kemasan lain yang masih berbentuk boks. Potong salah satu bagian tutupnya lalu lapisi seluruh permukaan dus tersebut dengan kertas kado atau kertas warna.

Susun empat dus tersebut seperti pada gambar. Anda bisa menempelkan satu dus dengan lainnya menggunakan lem serbaguna supaya tidak mudah terpisah. Setelah itu, biarkan si kecil mendekorasi rumah-rumahan tersebut sendiri.

Mainan Bentuk Kelinci dari Kardus

Mainan Anak Kecil dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Mainan dari kardus ini bisa menjadi pilihan berikutnya. Selain dijadikan mainan, kardus yang dibentuk seperti kelinci ini juga bisa diletakkan di atas meja sebagai pajangan.

Proses pembuatannya pun cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan pola kreasi kelinci dari kardus yang sudah ada di internet. Selain kelinci, pola-pola hewan lainnya juga tersedia. Anda bisa mencobanya jika tertarik.

Setelah tersusun menjadi kelinci, Anda bisa mengecatnya dengan warna favorit si kecil. Anda juga bisa menambahkan hiasan lain pada kelinci kardus tersebut.

Kapal Mainan dari Kardus

Mainan Anak dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Mainan berbentuk kapal ini terbuat dari kardus. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak ada aturan khusus untuk membuatnya, jadi gunakan kreativitas Anda sebisa mungkin.

Anda bisa memanfaatkan kardus bekas kulkas atau barang elektronik lainnya yang cukup besar untuk membuat kapal mainan tersebut. Sebagai hiasan, sediakan juga CD yang sudah tidak terpakai, kertas warna, cat, dan stiker.

Setelah jadi, Anda bisa meminta si kecil untuk menghias kapal tersebut sendiri menggunakan barang-barang yang sudah disediakan.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat versi besarnya, tak ada salahnya mencoba mengkreasikan kardus tersebut menjadi kapal mainan berukuran kecil.

Kostum Mainan dari Kardus

Mainan Anak Kecil dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Bukan rahasia jika anak-anak mempunyai kreativitas dan imajinasi tanpa batas. Oleh sebab itu, mereka terkadang suka bermain peran. Untuk mendukung hobi mereka tersebut, Anda bisa membuatkan kostum mainan dari kardus.

Anda bisa membuatkan perlengkapan baju zirah seperti topi dan perisai perang dari kardus. Anda juga bisa membuat pedang mainan dari bahan yang sama.


Demikianlah beberapa inspirasi mainan anak dari barang bekas yang mudah dibuat. Sekarang, Anda bisa membuat mainan sendiri untuk si kecil di rumah. Ajak juga si kecil untuk ikut berpartisipasi membuat mainannya tersebut. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik