AdaHobi – Mempelajari cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas bisa menjadi bekal di saat senggang. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi tumpukan botol yang sudah tidak terpakai lagi di rumah.

Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Jika Anda tertarik mengembangkan kerajinan tersebut, bukan tidak mungkin untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa Anda coba.

Kerajinan Tangan dari Botol Akua

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://privatehiretaximonthly.com

Salah satu barang bekas yang umum ada di sekitar rumah adalah botol Akua. Ternyata botol air mineral ini bisa dikreasikan menjadi berbagai kerajinan tangan. Salah satunya adalah boneka penguin ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda bahkan bisa mengajak anak-anak untuk ikut membuatnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu botol bekas Akua, dakron, kain perca warna hitam, kertas warna oranye, lem, gunting, dan mata boneka.

Pertama-tama, siapkan botol Akua yang sudah dibersihkan. Buka tutupnya lalu masukan dakron sampai penuh. Jika sudah tutup kembali.

Kedua, potong kain perca membentuk sayap penguin seperti pada gambar. Siapkan juga kertas oranye lalu gunting membentuk kaki dan hidungnya.

Selanjutnya, tempelkan sayap dan kaki yang sudah dibuat tadi pada badan botol. Jangan lupa tambahkan mata boneka dan hidung pada bagian tutupnya. Terakhir, boneka penguin pun siap dimanfaatkan sebagai pajangan atau mainan anak-anak.

Kerajinan Tangan dari Botol Akua Gelas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://dombacilik.wordpress.com/

Anda juga bisa memanfaatkan gelas bekas Akua atau air mineral lain untuk membuat kerajinan tangan. Kali ini Anda bisa mengkreasikannya menjadi bingkai foto sederhana seperti pada gambar.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah gelas bekas air mineral, pita warna-warni, lem, gunting, dan foto. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Pertama, ambil gelas yang sudah kosong lalu gunting bagian bawah hingga tersisa ring gelasnya saja (bagian paling atas).

Kedua, ambil pita lalu lem ujungnya pada ring gelas tadi. Kemudian, lilitkan pita tersebut menutupi seluruh ring tersebut. Gunakan lem serbaguna supaya pita menempel kuat. Setelah semua tertutup, lem kembali ujungnya.

Selanjutnya, buat simpul dari pita warna yang berbeda. Tempelkan pita tersebut pada ring yang sudah ditutup sebelumnya.

Terakhir, tempelkan foto yang sudah dipotong melingkar mengikuti ukuran ring gelas. Anda bisa melapisi foto tersebut dengan plastik laminating terlebih dahulu supaya tidak kotor.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral yang Unik

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Bukan hanya botol Akua saja, botol bekas air mineral lain juga bisa Anda kreasikan menjadi kerajinan tangan yang unik. Contohnya adalah terarium sederhana ini.

Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti botol plastik bening, media tanam, tanaman, dan hewan mainan.

Kedua, belah botol bening tadi menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Masukan media tanam berupa batu kerikil, tanah, dan pupuk ke dalam botol bagian bawah. Mulai dari batu terlebih dulu baru kemudian masukan tanah dan pupuk di atasnya.

Selanjutnya, tanam tanaman yang sudah disiapkan. Pastikan tanaman tidak terlalu besar sehingga bisa masuk ke dalam botol. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti hewan mainan ke dalam botol.

Terakhir, satukan kembali botol bagian atas yang sebelumnya dipotong. Anda bisa menutupi bekas potongan pada botol tersebut dengan pita atau selotip warna. Supaya lebih menarik, ganti tutup botol dengan bola bekel.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Pewangi

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
http://hgtv.com/

Ini dia cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang sangat mudah dan praktis. Kreasi tempat charger ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan saat mengisi daya karena kabel terlalu pendek atau stopkontak terlalu tinggi.

Anda hanya membutuhkan botol bekas pewangi dan cutter saja untuk membuatnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama, potong botol bekas pewangi membentuk kantong seperti pada gambar. Kedua, lubangi bagian atasnya (sesuaikan ukurannya dengan charger Anda).

Selanjutnya, haluskan potongan botol tersebut menggunakan amplas jika diperlukan. Setelah itu, Anda bisa langsung mencobanya untuk men-charge telepon genggam.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Beserta Gambarnya

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat pajangan berbentuk burung hantu ini. Setelah jadi, mungkin tidak ada yang mengira jika pajangan unik tersebut terbuat dari botol bekas minuman bersoda. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, siapkan satu botol bekas minuman bersoda ukuran besar, cutter, lem serbaguna, dan cat. Kedua, buat pola pada gambar. Dalam hal ini bagi botol menjadi empat bagian.

Bagian bawah akan digunakan sebagai kepala burung hantu sedangkan bagian bawah tutup dipakai menjadi badannya. Simpan bagian tutup dan tengah botol untuk kreasi lainnya. Anda bisa menggunakan petunjuk pada gambar untuk membuat polanya.

Setelah itu, potong botol sesuai pola yang sudah dibuat. Kemudian, satukan bagian kepala dan badan burung hantu. Gunakan lem serbaguna supaya merekat sempurna.

Terakhir, gambar dan cat botol tersebut supaya menyerupai burung hantu. Anda bisa mengkreasikan gambar tersebut sesuai selera.

Kalung dari Botol Plastik Bekas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
http://naturesbugshield.com

Anda mungkin sering menjumpai aksesori yang cantik dan mewah dengan harga mahal. Kali ini Anda bisa membuat sendiri kalung yang tak kalah cantik dengan modal botol plastik bekas.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah botol atau gelas plastik berwarna, gunting, tang, rantai untuk dasar kalung, dan oven.

Pertama-tama, potong botol plastik menjadi beberapa bagian kecil lalu potong menyerupai bentuk kelopak mawar. Lubangi pola tersebut dengan alat pelubang plastik.

Kedua, taruh kelopak-kelopak mawar plastik yang sudah dilubangi dalam wadah anti panas. Hangatkan dalam oven selama kurang lebih 25 detik saja.

Selanjutnya, keluarkan wadah tadi dari oven. Siapkan tang dan rantai untuk merangkai kalung. Hubungkan setiap potongan kelopak mawar tadi pada rantai hingga membentuk kalung seperti pada gambar.

Mungkin kreasi kalung ini terlihat sulit. Namun, dengan kreativitas dan ketekunan, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Mudah

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://id.pinterest.com

Kreasi wadah serbaguna dari botol bekas ini sangat mudah dibuat. Setelah jadi, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan perlengkapan makeup supaya lebih mudah dicari saat dibutuhkan.

Untuk membuatnya, pertama-tama siapkan satu botol plastik bekas yang agak tebal. Belah botol tersebut menjadi dua lalu ambil bagian bawahnya saja.

Kedua, ambil setrika dan kain. Taruh kain di atas botol yang sudah dipotong tadi. Panaskan setrika lalu tempelkan di atas kain tadi beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk menghaluskan potongan botol plastik.

Selanjutnya, Anda bisa langsung menggunakannya untuk menyimpan perlengkapan makeup atau barang lainnya. Anda juga bisa menghiasnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Misalnya, Anda bisa menambahkan pita atau memasang stiker warna-warni.

Demikianlah beberapa cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa dibuat saat senggang. Beberapa kerajinan tangan di atas sangat mudah untuk dibuat. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Cara Membuat Tempat Pensil dari Barang Bekas yang Lucu dan Unik

Siapa bilang barang bekas tidak bisa dikreasikan menjadi tempat pensil yang bagus? Padahal, ada beberapa cara membuat tempat pensil dari botol bekas maupun barang tidak terpakai lainnya. Bukan hanya bermanfaat, kreasi tempat pensil dari barang bekas tersebut juga sangat unik.

Apakah Anda tertarik untuk membuatnya di rumah? Jika iya, berikut ini beberapa ide kreasi tempat pensil dari barang bekas yang bisa Anda dicoba.

Tempat Pensil dari Botol Bekas Minuman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://ohhangat.com.my

Inilah saatnya memanfaatkan botol Aqua bekas yang menumpuk di rumah. Anda bisa mengkreasikan botol bekas tersebut menjadi tempat pensil yang bagus dan unik ini. Cara membuat tempat pensil dari botol Aqua bekas ini pun tergolong sederhana.

Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah dua botol Aqua atau minuman kemasan lainnya, 1 buah ritsleting (pilih yang sesuai dengan diameter botol), lem tembak, dan gunting. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, ambil kedua botol yang sudah disiapkan tadi. Perlu diingat bahwa Anda hanya akan menggunakan bagian bawah dari masing-masing botol tersebut. Kemudian, potong botol pertama lebih panjang dari botol kedua.

Kedua, sesuaikan ritsleting dengan leher potongan botol. Jika masih terlalu panjang, potong bagian yang menjuntai. Jangan potong bagian yang ada kunciannya.

Selanjutnya, rekatkan ritsleting di bagian dalam leher botol pertama menggunakan lem tembak. Pastikan Anda menempelkan sisi luar ritsleting pada bagian dalam leher botol tersebut. Terakhir, rekatkan juga leher botol kedua pada ritsleting tersebut.

Tempat Pensil dari Botol Plastik

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://www.iga.com.au

Cara membuat tempat pensil dari bahan bekas ini tidak berbeda jauh dari kreasi sebelumnya. Namun kali ini, Anda hanya membutuhkan satu botol saja.

Alat dan bahan yang dibutuhkan kurang lebih sama yaitu botol plastik bekas, ritsleting, dan lem tembak. Pilihlah warna ritsleting yang sama dengan tutup botol.

Untuk membuatnya, pertama-tama potong botol menjadi dua bagian dengan rasio 1:3. Buat bagian bawahnya lebih panjang dari bagian atasnya.

Selanjutnya, satukan potongan botol tersebut kembali menggunakan ritsleting. Tempelkan separuh ritsleting mengelilingi leher potongan botol bawah menggunakan lem tembak. Jika sudah, tempelkan juga leber potongan botol atas.

Setelah itu, Anda bisa memasukan pensil dan alat tulis lainnya ke dalamya. Anda juga bisa menghias botol tersebut lebih dahulu atau mengecatnya supaya lebih berwarna.

Tempat Pensil dari Koran Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://dagelan.co/

Bukan hanya botol bekas saja, Anda juga bisa membuat tempat pensil dari koran bekas. Gambar di atas bisa menjadi inspirasi menarik untuk membuatnya.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti koran bekas, gunting, dan lem.

Kedua, gulung koran satu per satu mulai dari ujung. Anda bisa menggulungnya baik secara vertikal maupun horizontal. Jika sudah, rekatkan ujung koran dengan lem. Lanjutkan dengan lembar koran lainnya hingga ada dua belas sampai lima belas gulungan.

Selanjutnya, ambil empat gulungan koran untuk dijadikan dasar tempat pensil. Pilihlah gulungan yang paling panjang dan kuat untuk dasarnya.

Setelah itu, mulailah menganyam dari bagian tengah bawah ke arah atas secara perlahan dan teliti. Jika sudah jadi, mulailah membuat anyaman untuk bagian dinding tempat pensil. Lakukan dengan perlahan karena diperlukan ketelitian yang tinggi.

Lanjutkan menganyam sampai mencapai tinggi yang diinginkan. Terakhir, Anda bisa memperkuat anyaman tersebut dengan lem. Mudah bukan cara membuat tempat pensil dari koran ini?

Tempat Pensil Bulat dari Stik Es Krim

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://pinterest.com

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat tempat pensil dari stik es krim. Cara membuat tempat pensil ini tidaklah sulit. Berikut ini langkah-langkah untuk membuatnya.

Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti stik es krim, cat warna, kuas, pita, lem serbaguna, kardus, dan gunting. Pilihlah kardus yang agak tebal karena akan dipakai sebagai dasar tempat pensil.

Kedua, ambil kardus lalu gambar lingkaran di atasnya. Diameter lingkaran bisa Anda sesuaikan dengan selera. Kemudian potong lingkaran tersebut. Anda bisa menumpuk dua sampai tiga potong kardus agar lebih kuat.

Selanjutnya, tutup seluruh bagian samping kardus tersebut dengan stik es krim yang disusun vertikal. Rekatkan stik es krim tersebut pada kardus. Anda juga perlu merekatkannya satu sama lain dengan lem supaya tidak berantakan.

Setelah itu, warnai bagian luar stik es krim yang sudah disusun tersebut dengan cat. Anda bisa mengkreasikannya sesuai selera. Tambahkan juga pita untuk mempercantik hasil akhirnya. Bagaimana? Sangat mudah, bukan?

Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
http://tokoonlineindonesia.id

Tempat pensil dari kaleng bekas tidak kalah unik dan cantik. Cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan kaleng bekas susu kental manis atau kemasan lainnya. Siapkan juga pita dan tali rami untuk menghiasnya.

Untuk membuatnya, bersihkan terlebih dahulu kaleng yang akan digunakan. Kemudian siapkan tali rami. Lem ujung tali rami pada kaleng bagian atas lalu mulai lilitkan mengelilingi kaleng.

Lanjutkan sampai kaleng tertutup rapat oleh tali rami tersebut. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Jika sudah, potong tali rami tersebut dan lem ujungnya agar tidak lepas.

Setelah itu, ambil pita lalu simpulkan. Tempelkan pita tersebut pada kaleng yang sudah dibungkus tali rami sebagai hiasan. Anda juga bisa menambahkan aksesori lainnya sesuai selera dan kreativitas.

Tempat Pensil dari Kardus Bekas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://pinterest.com

Mungkin tidak ada yang mengira jika tempat pensil ini terbuat dari kardus bekas. Bukan rahasia jika kardus menjadi primadona dalam hal kerajinan tangan. Dan salah satu kreasi yang bisa Anda buat adalah tempat pensil sederhana ini.

Anda bisa menggunakan kardus atau karton bekas kemasan makanan untuk membuatnya. Pertama-tama, gambar jaring-jaring balok pada karton. Sesuaikan panjangnya agar pensil yang Anda miliki bisa masuk ke dalam balok tersebut nantinya.

Selanjutnya, rangkai jaring-jaring tersebut membentuk balok namun biarkan salah satu tutupnya terbuka. Ambil karton lain lalu bentuk setengah lingkaran. Tempelkan karton tersebut pada tutup balok yang dibiarkan terbuka tadi.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan hiasan pada tempat pensil sederhana tersebut. Terakhir, tempat pensil pun siap digunakan.

Tempat Pensil dari Sedotan

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
http://nantya.blogspot.com

Sedotan juga sering dikreasikan menjadi berbagai kerajinan tangan. Salah satunya adalah tempat pensil. Cara membuatnya pun tergolong mudah.

Pertama, siapkan sedotan yang sudah dipotong menjadi dua. Siapkan juga alat dan bahan lainnya, seperti ritsleting, kain flanel, benang, dan jarum.

Kedua, ambil empat sedotan. Lipat masing-masing sedotan tersebut menjadi dua lalu anyam seperti membuat baling-baling.

Selanjutnya, tambahkan sedotan lainnya satu per satu pada baling-baling yang sudah terbentuk tadi. Jangan lupa membuat sudut tegak vertikal supaya sedotan dapat dianyam ke atas. Lanjutkan sampai membentuk tempat pensil.

Setelah itu, ambil kain flanel dan ritsleting. Pasang kedua bahan tersebut di dalam anyaman. Tempat pensil dari sedotan pun siap untuk digunakan.

Demikianlah beberapa cara membuat tempat pensil dari botol bekas dan barang bekas lainnya. Hampir semua kreasi tempat pensi di atas tergolong mudah untuk dibuat. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya. Semoga bermanfaat!

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas yang Lucu dan Unik

Bingung dimana menyimpan koin kembalian? Celengan bisa menjadi jawabannya. Anda juga tidak harus membelinya, lho! Anda bisa membuat celengan dari botol bekas atau barang tak terpakai lainnya supaya lebih hemat.

Bukan hanya menyimpan koin kembalian, Anda juga bisa belajar menabung sedikit demi sedikit dengan adanya celengan tersebut. Tertarik untuk membuat celengan sendiri? Berikut ini beberapa ide kreasi celengan dari barang bekas yang bisa Anda ikuti.

Celengan Bentuk Babi dari Botol Bekas

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
http://desidees.net/

Siapa yang mengira celengan lucu berbentuk babi ini terbuat dari botol bekas? Menariknya, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini.

Pertama, siapkan bahan yang diperlukan, antara lain botol bekas minuman bersoda, tutup botol, kain perca, dan kertas warna. Siapkan juga gunting atau cutter.

Kedua, potong botol menjadi tiga bagian. Ambil bagian bawah dan atasnya saja. Kemudian sambung kembali. Anda bisa menggunakan lem atau selotip agar sambungan tersebut lebih kuat.

Ketiga, ambil kain perca lalu sesuaikan panjangnya agar bisa menutupi bagian badan celengan. Selain mempercantik, kain perca ini juga berguna menutupi sambungan botol tadi. Setelah itu, pasang tutup botol sebagai kakinya.

Selanjutnya, buat hidung, mata, dan telinga babi dengan kertas warna. Jika sudah, tempelkan semuanya seperti pada gambar. Anda bisa menambahkan kertas bergambar pada sebagian telinganya supaya lebih menarik.

Terakhir, Anda bisa mulai menyimpan koin kembali ke dalam celengan lucu ini. Tinggal buka saja tutup botol yang juga dijadikan hidung babi tersebut untuk menyimpan koin Anda.

Celengan Sederhana dari Botol Susu Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://pinterest.com

Punya botol susu yang terbuat dari kaca dan sudah tidak terpakai? Anda bisa menyulapnya menjadi celengan sederhana. Umumnya botol susu kaca memiliki tutup dari besi atau plastik, jadi sangat mudah untuk mengubahnya menjadi celengan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah botol susu kaca, cat semprot warna putih dan satu warna lain (sesuai selera), lem tembak, hewan mainan, dan stensil huruf.

Untuk membuatnya, pertama-tama lepas tutup dari botolnya. Lubangi tutup botol tersebut agar bisa dimasuki koin maupun uang kertas. Anda bisa menggunakan paku dan palu untuk melubangi tutup botol tersebut. Jangan lupa gambar polanya terlebih dahulu dengan pensil agar lebih rapi.

Kedua, pasang tutup botol kembali. Ambil cat semprot lalu semprotkan ke botol dengan hati-hati. Lakukan sampai seluruh permukaan botol maupun tutupnya tertutup cat.

Selanjutnya, ambil stensil huruf dan cat semprot warna lainnya. Buat tulisan sesuai kreativitas Anda dengan stensil dan cat tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa membuat tulisan “Sekolah” jika uang yang disimpan pada celengan tersebut akan digunakan membayar SPP.

Terakhir, tempelkan hewan mainan pada tutup botol. Anda bisa menempelkannya di sekitar lubang pada tutup botol tersebut. Mudah bukan?

Celengan Unik dari Kaleng Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://theclassychapter.com/

Celengan dari barang bekas ini bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Hanya dengan kaleng bekas dan kertas kado, Anda bisa membuat celengan yang unik dan cantik tersebut. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, seperti kaleng bekas (ukuran sesuai selera), kertas kado, dan cutter. Pilihlah kaleng bekas yang masih ada tutupnya supaya lebih mudah.

Kedua, cuci bagian dalam kaleng supaya bersih. Jangan lupa langsung mengeringkannya dengan handuk atau lap. Jika sudah, ambil tutupnya lalu buat lubang di bagian tengahnya dengan palu dan paku. Bentuk lubang tersebut hingga koin maupun uang kertas bisa masuk dengan mudah.

Selanjutnya, bungkus kaleng tersebut dengan kertas kado. Potong kertas kado sesuai ukuran kaleng lalu tempelkan dengan lem serbaguna. Lapisi juga bagian tutupnya dengan kertas kado. Anda juga bisa mengganti kertas kado tersebut dengan selotip warna.

Terakhir, tempelkan kertas bertuliskan tujuan dari celengan tersebut. Misalnya, tempelkan kertas dengan tulisan “Sepeda” jika Anda ingin menabung untuk membeli sepeda. Selesai.

Celengan Sederhana dari Kardus

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://fourinthedoor.wordpress.com/

Ingin mengajak si kecil belajar menabung? Anda bisa membuatkan celengan dari kardus ini atau bahkan membuatnya bersama. Selain mudah, celengan kardus ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah dus tempat sepatu, kertas kado, lem/selotip, pensil warna, dan cutter. Jika tidak ada dus tempat sepatu, Anda bisa menggunakan kotak kardus lainnya yang sudah tak terpakai.

Untuk membuatnya, pertama-tama ambil tutup dus lalu buat lubang untuk memasukan uang nantinya. Buat polanya terlebih dahulu dengan pensil lalu gunakan cutter untuk memotongnya.

Kedua, rekatkan tutup dus dengan kotaknya menggunakan lem atau selotip. Jika sudah, ambil kertas kado untuk membungkus dus tersebut. Gunakan bagian dalam kertas kado yang berwarna putih untuk luarannya.

Selanjutnya, cari lubang yang tadi dibuat. Ambil cutter untuk membuat lubang pada kertas sesuai dengan yang sebelumnya dibuat pada tutup dus.

Terakhir, Anda bisa mengajak si kecil untuk mewarnai celengan kardus tersebut dengan pensil warna. Celengan pun siap dipakai.

Celengan Unik dari Stoples

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
https://livingwellmom.com/

Punya stoples yang sudah tidak terpakai di rumah? Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat celengan unik dari barang bekas ini.

Cara pembuatannya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menyediakan satu stoples bekas dan cat warna-warni saja.

Mulai membuatnya dengan mencuci stoples sampai bersih. Keringkan dengan lap lalu ambil tutupnya. Buat lubang untuk memasukan uang pada tutup stoples tersebut.

Anda bisa menggunakan cutter untuk melubangi tutup tersebut. Namun, jika tutup stoples yang Anda gunakan terbuat dari kaleng, gunakan palu dan paku untuk melubanginya.

Selanjutnya, pasang tutup stoples tersebut kembali. Siapkan cat warna putih untuk melapisi seluruh permukaan stoples tersebut.

Setelah kering, Anda bisa mulai menggambar pelangi seperti pada gambar atau karakter lain yang Anda sukai dengan cat warna-warni. Biarkan cat tersebut kering. Celengan unik dari stoples ini pun siap untuk digunakan.

Celengan dari Bingkai Foto

Cara Buat Kreasi dari Botol Bekas
https://clublifeglobal.com

Bingkai foto yang sudah tak terpakai ternyata juga bisa disulap menjadi celengan yang unik. Cara membuatnya pun tidak sulit. Namun, Anda perlu menggunakan bingkai foto jenis shadow box (kotak untuk diisi objek seni/barang) untuk membuatnya.

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain bingkai foto jenis shadow box, kertas kado, gunting, dan bor listrik.

Kedua, bongkar bingkai foto tersebut. Ambil bagian belakang bingkai lalu lapisi dengan kertas kado yang sudah disiapkan tadi. Tempelkan kertas kado tersebut dengan lem atau selotip.

Selanjutnya, buat lubang untuk celengan pada bagian atas bingkai. Setelah itu, pasang kembali bingkai tersebut menjadi satu. Celengan dari bingkai foto ini pun siap digunakan. Anda juga bisa menambahkan hiasan lain pada celengan tersebut jika diperlukan.


Demikianlah beberapa ide kreasi dan cara membuat kerajinan dari botol bekas dan barang tak terpakai lainnya. Sekarang, Anda bisa mencoba membuat celengan-celengan unik dan lucu tersebut di rumah. Jangan lupa ajak orang di sekitar Anda untuk ikut berkreasi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik