AdaHobi – Beberapa masyarakat menilai bahwa barang bekas hanyalah sekedar sampah yang tidak berguna. Mari pelajari cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas agar sampah-sampah tersebut berubah menjadi barang yang bermanfaat.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://jinni9a.blogspot.com

Semakin hari sampah plastik semakin menumpuk. Hal ini tentu akan berakibat buruk bagi lingkungan. Maka dari itu, beberapa masyarakat mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, salah satunya dengan cara membawa tas belanja.

Tas belanja yang satu ini dapat menjadi alternatif Anda karena berasal dari kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat tas ini adalah kardus bekas, yang berarti tas ini ramah lingkungan, murah, dan praktis. Cara pembuatannya pun sangat mudah.

Untuk membuat tas belanja inj, Anda hanya perlu membentuk kardus bekas menjadi sebuah balok dengan satu sisi terbuka. Lapisi permukaan tas tersebut dengan kerts kado serta jahit setiap sisi yang bertemu agar lebih kokoh.

Jangan lupa tambahkan tali pada tas agar Anda dapat membawanya dengan mudah. Tali tersebut bisa saja terbuat dari tali rafia yang dikepang.

Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://www.inibaru.id/

Batok kelapa merupakan salah satu limbah yang dapat dikreasikan menjadi benda-benda seni yang memiliki daya jual tinggi. Selain indah dan mudah didapat, cara mengkreasikannya batok kelapa pun cukup mudah.

Celengan berbentuk babi ini akan sangat cocok dijadikan suvenir pernikahan. Selain bentuknya yang unik, celengan ini juga memiliki fungsi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menyimpan uang.

Cara membuat celengan ini adalah dengan menyatukan dua limbah batok kelapa menggunakan lem hingga membentuk sebuah bola. Lubangi bagian atas batok kelapa sebagai tempat masuknya uang.

Setelah itu, amplas permukaan batok kelapa agar menjadi lebih halus, sehingga cat pelitur dapat menempel dengan sempurna. Setelah diamplas dan di cat, beri hiasan berupa mata, hidung, dan telinga pada celengan.

Bunga Lavender dari Sedotan Plastik

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://youtube.com

Tentu Anda pernah menggunakan sedotan plastik. Tahukah Anda bahwa sedotan plastik yang sudah tidak terpakai lagi bisa diubah menjadi bunga lavender yang sangat cantik?

Untuk membuat bunga lavender seperti ini, Anda harus menyiapkan sedotan berwarna biru, pitih, dan hijau. Sedotan biru akan digunakan sebagai kelopak bunga lavender, sedangkan sedotan putih digunakan sebagai tangkainya.

Pertama, ambil sedotan biru lalu gunting salah satu sisinya hingga ke sisi yang lain. Akan tetapi Anda harus hati-hati. Jangan sampai sedotan terputus. Lakukan hingga ujung sedotan.

Kemudian, tempelkan double-sided tape pada ujung sedotan putih setelah membuat potongan berumbai pada salah satu ujung sedotan.

Lilitkan sedotan biru tadi pada sedotan putih dengan bantuan double-sided tape. Lalu, gunting sedotan hijau sehingga membentuk daun.

Bunga dari Botol Plastik

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
http://ramesia.com

Selain sedotan, botol plastik juga bisa diubah menjadi bunga yang cantik. Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah didapat ini juga mudah untuk dibuat. Bahkan, semua bagian botol plastik dapat diubah menjadi bunga.

Anda dapat memotong bagian bawah botol plastik, dan merapikan potongan tersebut menggunakan lilin atau setrika panas.

Agar bagian lain tidak terbuang percuma, Anda dapat menggunakannya kembali. Potong beberapa centimeter dari bagian tutup botol. Lalu, gunting bagian tersebut sehingga membentuk kelopak bunga.

Lampu Tidur Berbentuk Burung Hantu

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Selain menjadi bunga, botol plastik juga dapat diubah menjadi lampu tidur berbentuk burung hantu seperti ini.

Yang Anda perlukan adalah sebuah botol plastik bekas minuman bersoda ukuran 1 liter. Kemudian, potong botol plastik tersebut menjadi dua bagian. Gunakan bagian bawah botol. Warnai botol dengan cat berwarna hitam atau putih, lalu gambar pola wajah burung hantu.

Potong sesuai pola menggunakan silet. Lukis detail garis-garis wajah burung hantu. Pasang lampu LED di dalam botol tersebut.

Hiasan Taman dari Ban Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://antijobless.com/

Ban bekas juga ternyata dapat dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat, seperti kursi, meja, ayunan, atau bahkan hiasan taman yang unik seperti ini.

Cara membuat hiasan taman berbentuk binatang seperti ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu memotong ban, lalu mengecatnya agar tampak menarik.

Kini Anda dapat membuat sebuah “kebun binatang” di taman rumah, sehingga para tetangga dan tamu akan takjub dan berdecak kagum ketika melihat hewan yang terbuat dari ban bekas menghiasi sudut-sudut taman.

Gelang Plastik

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Apakah Anda sering menemukan botol dan gelas plastik berserakan di sekitar rumah? Jangan biarkan sampah plastik tersebut berserakan begitu saja karena sampah-sampah tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan, lho.

Salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari botol dan gelas plastik dan memiliki daya jual yang tinggi adalah gelang plastik ini.

Aksesori yang terbuat dari plastik memang sedang digandrungi saat ini. Harga dari aksesori ini murah namun kualitasnya tidak murahan. Di tangan yang terampil, botol dan gelas plastik dapat disulap menjadi aksesori yang terlihat mewah.

Untuk membuat gelang plastik yang modis ini, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa botol dan gekas plastik, lalu memotongnya menjadi beberapa lingkaran kecil.

Tidak perlu khawatir jika potongan-potongan tersebut tampak kurang rapi karena Anda dapat merapikannya menggunakan lilin atau setrika panas.

Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian atas kepingan sampah plastik tersebut. Rangkai gelang bersama dengan manik-manik dan hiasan lainnya menggunakan benang senar atau benang karet.

Kap Lampu Cantik

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://id.pinterest.com

Bukan suatu hal yang baru jika Anda menemukan sebuah kap lampu tidur atau gantung terbuat dari hasil daur ulang sampah botol plastik.

Akan tetapi, ada berbagai macam kap lampu yang dapat Anda temukan. Salah satunya adalah kap lampu berbentuk bunga biru ini.

Untuk membuat kap lampu ini, Anda harus mencari beberapa botol bekas berwarna biru. Lalu, potong bagian bawah botol. Rapikan dengan menggunakan setrika panas bila perlu.

Rangkai potongan-potongan botol plastik tersebut menggunakan benang senar hingga membentuk lingkaran. Pasang pada lampu tidur Anda, dan saksikan cahaya biru temaram yang membias dari botol-botol transparan tersebut.

Kotak Perhiasan dari Kardus Kapur Tulis

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
https://simplecraftidea.com/

Anda memiliki banyak aksesori berukuran kecil seperti gelang, anting, dan kalung? Anda dapat tetap terlihat cantik tanpa harus membuat meja rias berantakan jika membuat kotak perhiasan yang sederhana ini.

Yang Anda perlukan untuk membuat kotak perhiasan ini adalah kardus bekas kapur tulis, sedotan, gunting, lem, dan sedikit kreatifitas.

Pertama, gunting sedotan-sedotan yang telah Anda persiapkan sesuai dengan ukuran kardus kapur tulis. Tempelkan potongan-potongan sedotan tersebut pada seluruh permukaan kardus hingga tertutup sempurna.

Setelah itu, beri hiasan sesuka hati Anda. Tempelkan dua kancing pada sisi atas dan depan kotak tersebut, lalu beri rantai kecil. Rantai ini berfungsi sebagai pengunci agar kotak dapat tertutup rapat. Sangat mudah, bukan?


Ternyata banyak sekali kreasi yang berasal dari kerajinan tangan dari barang bekas. Anda pun telah menyimak beberapa bentuk kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya. Sekarang giliran Anda untuk mengkreasikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda tertarik